[REVIEW] – KISEKI : DEAR TO ME (2023)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

KISEKI : Dear To Me adalah BL Seri asal Taiwan yang diadaptasi dari novel 'Miracle' (Dear To Me) by Lin Pei Yu. Oh ya! KISEKI sendiri diambil dari Bahasa Jepang yang artinya "MIRACLE" ya say. Series ini Tayang mulai tanggal 22 Agustus 2023 s/d 7 November 2023 lalu dengan total 13 Episode. Series ini bisa ditonton di WeTV, Viki Rakuten, GagaOOlala dan Channel YouTube GTV Drama.


CurSing (Curhatan Singkat) :
Waktu nae baca info kalau 'Miracle' dibuat ke dalam versi series. Nae sampe histeris sendirian kek "Haaaaa? Finallyyy T-T Finally woyyyy dibuatin seriesnya." -- Ada alasan kenapa nae sangat excited banget dengan KISEKI : Dear To Me ini, dan itu berkaitan dengan mbak Lin Pei Yu sendiri, kalau kamu baca review-review BL Taiwan yang nae buat, mostly tuh kebanyakan series yang diadaptasi dari novelnya mbak Lin Pei Yu. Because... nae sesuka itu loh sama karya-karyanya seperti HIStory 1 (Obsessed), HIStory 2 (Right Or Wrong / Crossing The Line), HIStory3 (Trapped), We Best Love (No.1 For You / Fighting Mr. 2nd), My Tooth Your Love. -- Bagi yang ngikutin HIStory Series, tepatnya di tahun 2019! "Miracle" ini dijadwalkan tayang sebagai judul kedua setelah Trapped. Tapi pada akhirnya, "Miracle" digantikan dengan "Make Our Days Count" ... karna mbak Lin Pei Yu berhenti kerjasama dengan PH HIStory, dan alasan yang make sense menurut nae saat itu, novelnya masih belum selesai ditulis.


Dan pada tanggal 20 April 2021! dirilis deh Trailer Novel "Miracle" ini. Dibintangi oleh Stan Huang (Fan Zhe Rui) & Benjamin Tsang (Bai Zong Yi). Saat itu rameeee bangetttttt di dunia perBL-an, apalagi yang demen sama BL-BL Taiwan kan, termasuk nae yang saat itu ngehype berharap "Miracle" ini dibuat versi BL Seriesnya. -- Walaupun saat itu statusnya 'Trailer Novel' promosinya benar-benar gencar dan bagus banget say, sampe dibuatin 2 MVnya by Ray Huang! "Too Late" rilis 13 Mei 2021, dan favorit nae "Us" rilis 29 Juli 2021. T-T yang "Us" pernah nae bahas di Rekomendasi BL OST 2021 dan lagu ini masih nae dengarin sampai sekarang T-T secandu itu woey lagunya. Apa gak makin menjadi-jadi nae berharap dibuatin versi seriesnya. -- And then.. nae menyebut ini wish come true banget, pas tau 'Miracle' dibuat seriesnya di tahun ini. Ada rasa terharu! ada rasa excited! rasanya tuh penantian panjang akhirnya membuahkan hasil juga T-T -- Tapi, ada satu hal yang membuat nae agak 'kecewa' saat itu, kalau untuk pemerannya bukan Stan Huang & Benjamin Tsang. Soalnya dari Trailer Novel hingga ke MV-MVnya, dua cowo ini kemampuan aktingnya bukan kaleng-kaleng say! jjinjja daebak. Tapi nae mencoba membuka hati sih dengan cast baru.. luckily! nae bisa nerima bahkan sukaaaaaa banget dengan cast baru. -- Bagi yang kecantol dengan cast versi novelnya, mereka sebenarnya punya projek BL masing-masing kayak Stan Huang (VIP Only) udah tayang 24 November 2023 lalu, dan Benjamin Tsang (The Only One) *belum-tayang*.


Casts :
Hsu Kai a.s. Fan Zhe Rui
HBD : 03.02.1993
Taro Lin a.s. Bai Zong Yi
HBD : 11.12.2002
Nat Chen a.s. Chen Yi
HBD : 19.12.1996
Louis Chiang a.s. AiDi / Eddie
HBD : 21.12.2000

Storyline : ZongYi X ZheRui


Nae sempat bingung! kok tiba-tiba aja ceritanya si Bai ZongYi baru keluar dari penjara dan masih penuh harap akan cintanya dengan Fan ZheRui. Ternyata! ceritanya alur mundur say! kita akan flashback sekitar 4 tahun yang lalu, awal mula pertemuan Bai ZongYi dan Fan ZheRui. -- ZongYi sendiri saat itu masih anak SMA, tipikal cowo cool, berprestasi, dan bercita-cita pengen jadi dokter, meskipun nampak sempurna! kenyataannya tidak say... dia juga sama kek manusia umumnya yang punya kekurangan :v dan relate sama nae! :v gak jago masak juga, dia tinggalnya ngekos (tapi masih punya ayah dan adeknya cewe), sepulang sekolah, si Bai ZongYi kerja part-time di sebuah resto/toko kue. -- Awal mula pertemuan dengan si Fan ZheRui? Yaitu saat si Bai ZongYi berjalan di sebuah gang ye kan sambil mainin uang retceh,,, terus uang retcehnya jatoh.. eh! pas mau diambil tiba-tiba aja ada seseorang yang sudah berlumuran darah memegang tangannya.. -- Awalnya juga si ZongYi ogah nolong, tapi berhubung dia kena jebak! iya! begitu si ZheRui memegang tangannya si ZongYi, dia langsung memberikan sebuah pisau berlumur darah juga ke tangan ZongYi and be like : "Sidik jari lo ada di pisau ini, lo bantu gue, kalo nggak, lo bakal dianggap sebagai pembunuhnya!" -- So, mau gak mau si ZongYi harus nolong ni cowo.


Dibawa deh ke kost-annya. And actually! si ZongYi agak was-was juga sama cowo ini. Logikanya! membawa anggota gangster gitu low ke dalam rumahnya. Jadi, kadang si ZongYi takut dia bakal dibunuh pas lagi tidur atau saat dia pergi ke sekolah, tau-tau udah kena colong aja barang-barangnya dibawa si ZheRui kabur. -- But, dont worry! si ZheRui gak kabur kok, dia malah be like : "gue bakal bersembunyi disini sementara waktu" :v -- Yang bingung dengan latar belakang si ZheRui... secara tipisnya, dia holkay sih, tapi join dengan gangster yang dipimpin oleh (Chen DongYang), dan diketuai oleh si ChenYi serta punya anggota AiDi dkk. Dengan misi melacak markas si ZhangTeng! ZhangTeng sendiri dikenal sebagai pemimpin gangster sebelah yang punya bisnis obat-obatan terlarang and doyan mengedarkan narkoboy ke sekolah-sekolah. -- Berhubung si ZheRui tinggal sementara di kostnya si ZongYi. Si ZheRui membantu si ZongYi ngerjakan tugas sekolah dan sering memasakkan makanan di kost-an! temen-temen si ZongYi aja sampe heran, tumben si ZongYi bawa bekal ke sekolah :v -- Si ZheRui juga perhatian banget lo say.. jadi si ZongYi ini punya trauma... kalo hujan lebat dia kebayang masa lalunya pas masih bocil sering dilibas emaknya T-T jadi pernah tuh! hujan lebat, si ZheRui mencoba menenangkan si ZongYi yang udah panik sambil nangis-nangis.


Yang nae suka lagi, si ZheRui lucuuuu banget T-T ini gangster tapi kelakuannya bikin ngakak. Dia menggoda si ZongYi pas mau ngajak tidur di ranjang. Ataupun saat tengah malam si ZongYi mimpi buruk, dia berusaha menenangkannya biar nyenyak tidurn lagi. Even... pas bangun pagi juga! jujurly, nae shock banget... disini mereka dua cakeppppp banget, bangun tidur tatap-tatapan! terus ZheRui be like : "Pagi ayankkk!" sambil ngecipok bibir si ZongYi.. :v Aw!!! ZongYi yang kena cipok auto shock dong, dan refleks nonjok si ZheRui. And then ngambek..! dont worry, si ZheRui berhasil kok nyari cara supaya nggak marahan lagi sama si ZongYi. -- And then mereka pun berteman baik! atau dengan kata lain, si ZongYi sudah ada rasa sama si ZheRui. Tapi sayang banget.... suatu hari saat dia bakal pulang ke rumah sambil membawakan kue favorit si ZheRui, udah gak ada lagi tu orang, dan hanya meninggalkan secarik note dan uang bayaran karena udah membiayai hidup si ZheRui beberapa waktu ini. -- Langsung sih! ekspresi si ZongYi seketika lemah letih lesu gak bersemangat T-T membayangkan momen-momen indah pas masih tinggal bareng ayang ZheRui.


Si ZheRui juga nampak sih kayak 'gak rela' pas pergi ninggalin rumah si ZongYi. Secara.. hari dimana dia pergi dari rumah itu dijemput si ChenYi dan AiDi, dia gak sengaja melihat si ZongYi lagi jalan menuju pulang. -- Di bar pun sering merenung ni cowo kepikiran ayang ZongYi. Tapi yaaaa... mau gimana yes, misi adalah misi. -- Tapi mereka tetap bertemu sih, dan cukup membuat si ZongYi shock, secara si ZheRui tiba-tiba aja ngajar jadi guru baru disekolahnya si ZongYi, but... dengan nama samaran, sebut aja Guru Gao! :v alasan si ZheRui menyamar jadi guru, of course berkaitan dengan misi mencari siapa pengedar narkoboy disekolah itu yang masih belum tertangkap. -- Si ZongYi auto heran dong : "Siape sih elo sebenarnya? apa maksud lo menyamar begini? apa maksud lo ninggalin uang banyak? datang sesuka hati, pergi sesuka hati?" pokoknya debat rumah tangga lah itu, apalagi pas si ZheRui bilang "anggap kita pura-pura gak kenal!" :v makin menjadi-jadi dah ngambek si ZongYi. -- Baikannya ntar si ZheRui mabok deket tempat kerja part-time si ZongYi, dan dibawa deh ke-kost-an lagi.. kembali deh akrab kek dulu :v


Soal alasan si ZheRui nyuruh si ZongYi supaya mereka pura-pura gak kenal disekolah, karena itu berkaitan dengan misi yang dia usut! even.. si ZheRui udah kerjasama dengan pihak sekolah untuk melacak siapa pelakunya. Si ZongYi yang udah tau alasannya pun jadi mengerti dan gak kan ngambek-ngambek club lagi :v (kita lihat aja nanti!) -- Jadi, suatu hari, saat si ZheRui lagi di sekolah, dia dapat info dan melacak lokasi markas si ZhangTeng! ChenYi dkk pun cuss ke TKP! sesuai prediksi, memang itu markasnya.. terjadi deh adegan perkelahian, but.. sayangnya... ZhangTeng berhasil kabur saat nyaris dibunuh si AiDi. Apa gak marah tuh si ChenYi selaku ketua gengnya, "bos pengen dia ditangkap hidup-hidup anjirrr!" -- Ya walaupun gak dapet bosnya, atleast dapat beberapa biji anak buahnya, mana tau bisa dipake buka suara ye kan... -- Sedangkan rencana yang dijalani ZheRui untuk mencari siapa pelaku pengedar di sekolah itu, masih belum ada progress samsek say! soalnya dari sekian banyak murid, cukup sulit menemukan siapa pengedar sebenarnya. -- Meskipun ZheRui selalu on mission, dia tetap memperhatikan si ZongYi kok, misalnya kek pas jam pelajaran dia masuk, terus dia lihat kursi si ZongYi kosong "ni anak kemane?" eh... pas tau difitnah temennya, auto ditolong dong! Iyes! ada cewe naksir si ZongYi, ditolak mentah-mentah, eh... difitnah deh! tuh cewe gak sengaja menjatuhkan cairan di lab, jadi ditolong si ZongYi, didorong dari depan supaya gak kena! tapi ni cewe malah bilangnya "aku dibully! aku didorong sampe jatoh dan lututku sampe luka!" Pfff! Gile ni cewe... untung saja si ZheRui pintar yes kek be like : "Kalo didorong dari depan, seharusnya yang terluka pantat lo, bukan lutut lo!" si cewe seketika speechless :v kenampakan banget begonya.


Sebagai ucapan xiexie! si ZongYi ngajak si ZheRui untuk dinner bareng! -- Nah! si ZheRui menemukan dessert dari kulkasnya si ZongYi. -- Actually! ada behind story dari dessert itu. Ketika si ZheRui masih dalam mode 'persembunyian' di kost-an-nya si ZongYi, si ZheRui suka dessert, terutama yang pake stroberi! -- Jadi, si ZongYi belajar membuat dessert itu untuk si ZheRui. Alasan lebih rinci! akan perasaannya kepada si ZheRui karena dia udah naksir parahhhh! nae jadi teringat scene ini loh, pas si ZheRui ngasih saran supaya si ZongYi lebih dalam lagi mempelajari membuat dessert, karena nampak dia punya bakat di bidang itu, si ZongYi menanggapinya dengan mantap "Oke! aku akan mempelajarinya!" -- ZheRui pun "Gue lagi ngimpi kali yak? kenapa lo baik banget sama gue!" and then ZongYi "Karena gue suka sama lo!" refleks... nyembur deh minuman dari mulut si ZheRui karena shock! + kena pula semburannya itu ke muka si ZongYi. -- Jujurly! nae aja sampe shock juga sih! shock yang bahagia yes.. apalagi melihat muka si ZheRui yang shock panik salting buru-buru pergi keluar, sementara muka si ZongYi basah kena sembur, ada bikin baper, ada lucunya juga.


Yeah! ternyata itu belum membuat kedua cowo ini jadian dong -_- Meskipun si ZongYi nampak serius banget akan perasaannya, sadly, cintanya gak diterima. Bcoz, si ZheRui selama ni cuma menganggap si ZongYi kek adeknya sendiri, lagian si ZongYi masa 17 tahun! masih bocil-lah di mata si ZheRui :v masih labil, dianggap masih belum bisa ngebedain mana rasa kagum, mana rasa suka yang sebenarnya. Karena potek, si ZongYi pun be like : "Kalo lo gak bisa nerima cinta gue, lebih baik kita jangan bertemu lagi. Gue gak bisa berpura-pura jadi adek lo! disekolah pun anggap kita gak saling kenal, mana tau dengan cara itu perasaan gue bisa perlahan menghilang!" (hmm... kan... ngambek lagi dah T-T). -- Kita melipir bentar! malamnya si ZheRui dapat telpon dari boss-nya ngajak dinner. Bossnya ini kenal dekat dengan Kakeknya si ZheRui (pokoknya dari keluarga Fan lah). Dan memberitahu kalo si ZheRui disuruh pihak keluarganya untuk pulang! si ZheRui ogah dong "Gue gak dibutuhkan disana, gue pengen disini!" tapi dia benaran diremehkan sih! seberapa keras si ZheRui mencoba berbaur, dia dianggap belum sanggup untuk menjadi seorang gangster! -- jangan cemas! walaupun diremehkan! si ZheRui gak bakal kemakan omongan itu dan berubah jadi pesimis, justru sebaliknya, dia tetap fokus untuk membuktikan mencari siapa pelaku pengedar narkoboy di sekolah si ZongYi.


Hubungan ZongYi & ZheRui gimana dong? apakah bakal berakhir gitu saja dimana mereka gak jadian? Nope! si ZheRui sebenarnya ada rasa kok sama si ZongYi, itu dibuktikan pas lagi hujan deras, si ZheRui yang lagi di markas tiba-tiba teringat dan be like : "ZongYi!!" dia pun langsung bergegas pergi ke kost-an-nya si ZongYi. -- Seperti dugongannya, si ZongYi udah nangis-nangis karena trauma masa kecilnya, sambil memberesi barang-barangnya di luar yang berantakan diterjang badai. Dicoba deh ditenangin si ZheRui, awalnya nolak sih ni anak kek be like : "Ngapain sih lo kesini? lo pergi aja deh!" pas mau diobatin lukanya pun : "Udah gausah bersikap baik gini sama gue.. pergi aja sana! jangan buat gue malah semakin menyukai lo!" -- ZheRui be like : "DIEMMM LO ANJIR!!" (meibi.. dalam hati si ZheRui, "bebal amat brondong satu ini! mau diobatin banyak omel!" wkwkwkwk). -- Perasaan si ZongYi mana bisa beralih sih, apalagi sampai hilang! defenisi sudah dimabok cinta, dia kembali menyatakan perasaannya sama si ZheRui. -- And then.. cipokan deh! Ahhhh... Nae sampe terpelongo!! :v siap cipokan terus saling buka bajuuuu... Aw... nae yang nulis ini jadi kebayang-bayang mereka bersenggama dalam kelam :v (karena mati lampu ceritanya). Ngevve dehhhh! si ZheRui digagahi si ZongYi.


Yes! si ZheRui ternyata uke! si ZongYi seme! :v wkwkwkw... adegannya nae akui hot! so hawttt malah! yang bikin lucu tuh! setelah episode ini, banyak fans bl di sosmed yang bilang "anjirrr! ku kira selama ini si ZheRui seme! ternyata boty!" wkwkwk... banyak yang tertipu shayyy! ternyata malah dia yang dimasukin pake buyungnya ZongYi :v wkwkwk... Tapi nae gak begitu shock sih... nae udah dapet bocoran dari MV promosi novelnya, ada adegan "ngeue" sekilas dan menampilkan scene ZheRui yang ditusbowl si ZongYi dari belakang :v wkwkwkw... --- Keesokan paginya, ZongYi dan ZheRui masih mesra-mesraan, dan kabar gembira!! mereka sudah resmi pacarannn! :v asikkk!!! bisa dong sering-sering anu,, eh! ahm anu.. :v -- Oh ya! Nae juga ngakak, keperawanan si ZheRui keknya lecet yes, karena si ZongYi pertama kali mainnya terlalu kasyarrrr! Ouchhh!! pelan-pelan pak sopir masukin buyungnya... dan saat masih asik-asikan mesra-mesraan in the morning! dikagetkan dong kedatangan ayah dan adeknya si ZongYi yang datang berkunjung. -- Tetapi karena kost-an-nya si ZongYi lagi bocor dan berantakan karena hujan lebat semalam. Si ZheRui berinisiatif mengajak tinggal di apartemennya.


Namanya juga holkay ya say... ZongYi dan keluarganya terpukau melihat apartemen mevvahnya si ZheRui. ZongYi selaku suami, eh! selaku seme, merasa insecure dong... kek masa ukenya menafkahinya :v tapi si ZheRui ga masalah kok, malah dia cerita tentang background keluarganya... -- Kalau ternyata dia cuma anak haram T-T dulunya dia tinggal sama emaknya, dan hanya tau ayahnya sudah lama meninggal dunia... aslinya masih hidup! and one day... ayahnya datang menjemputnya. Dan ternyata dia punya adek! dan digadang-gadang sebagai penerus keluarga! jadi demi menyenangkan adeknya, maknya menyuruh si ZheRui pura-pura jadi orang bodoh, pokoknya gak boleh lebih unggul dari adeknya. Perih! karena semua kepintaran dan bakat si ZheRui terpaksa dia pendam demi adeknya yang dibangga-banggakan. Karena itulah dia merasa gak dibutuhkan dikeluarganya dan join anggota gangster. -- Mendengar background dark story si ZheRui, si ZongYi pun refleks menenangkan ayangnya... 


Oke! kembali ke misi! berhubung si ZheRui menyamar jadi guru dan belum menemukan siapa bandar di sekolah itu. Dia bekerja sama dengan si AiDi. Jadi si AiDi ikut menyamar di sekolah itu menjadi murid pindahan :v -- Malam dimana ZheRui cerita tentang background dark story hidupnya, kan ditenangin si ZongYi sambil cipok-cipokan di sofa! nahh.. gak sengaja jatuh tas si ZongYi dan tertumpah isinya termasuk salah satunya tempat obat milik si ZongYi. Jelas curigong si ZheRui, setelah di cek "Anjir! narkoboy! darimane lu dapet?" dijelasin si ZongYi deh kalau pil itu dia dapet dari temennya, katanya sihh... obat supaya bisa lebih fokus belajar. -- Jadi keesokannya si ZheRui dan AiDi pergi mengintrogasi temen si ZongYi itu. Dan dikasih tahu deh cara menjebak si bandar dengan pura-pura mau bertransaksi membeli narkoboynya! -- Adegan kejar-kejaran pun terjadi! luckily... berhasil ditangkap oleh si ZongYi. -- Akhirnya bisa bernafas lega gak sih T-T akhirnya keciduk juga si bandar utamanya di sekolah. ZongYi dan ZheRui pun hidup dengan sangat romantis, cipokan bareng, mesraan bareng, bahkan melihat pernikahan GL/BL di Taiwan (Secara di sana kan udah legal same-sex marriage), jadi kek memotivasi mereka suatu hari nanti mereka berdua juga bakal married. Dan hidup penuh kebahagiaan yang seperti mereka inginkan.


Yeahhh seharusnyaaa yaa... eh! siapa sangka di hari itu justru menjadi malapetaka tau ga. si ZongYi dan ZheRui kena teror, dikejar-kejar si ZhangTeng dan gengnya (gangster lawan). Alhasil terpojok deh si ZongYi dan ZheRui. Si ZheRui dihajar habis-habisan, sempat sih.. si ZheRui nyuruh si ZongYi untuk kaburrr T-T tapi mana tega dong dia ninggalin ayangnya, eh.. malah ikut kena hajar sampe babak belur. Tapi untung aja sih... si ZheRui sudah sempat nelpon si AiDi, jadi dari gangsternya langsung buru-buru cuss ke TKP. -- Selama mereka belum sampe! nae gak tega tau melihat mereka dua dihajar! apalagi si ZhangTeng mau mencoba membunuh si ZongYi. Sampe memohon-mohon dah si ZheRui "jangan bunuh dia T-T dia gak salah! dia gak ada sangkut pautnya!" -- Mana peduli si ZhangTeng! dah kerasukan setan ni anak makin menjadi-jadi mau nikam si ZongYi. Saking marahnya si ZheRui, the power of love kali ye kan, dia bangkit dan menghajar si ZhangTeng sampe meninggoy! btw... kalian pasti kepo! kok anak buahnya gak nolong? keburu kabur cok... soalnya ChenYi cs sudah sampe.


Berhubung si ZheRui lukanya cukup parah, dia dibawa ke Rumah Sakit, kebetulan milik keluarganya si ZheRui. Sementara si ZongYi, 'dikurung' di markas ChenYi cs... gak dibolehin pergi menemui si ZheRui mau seberapa cemas pun si ZongYi, alasan gak dibolehin sih... karena anak buah si ZhangTeng masih berkeliaran coy di luar sana, bisa saja mereka dendam dan meneror si ZongYi kan (yang notabene sebenarnya bukan anggota gangster, tapi karena dekat dengan si ZheRui, dikira komplotan juga). -- Perasaan si ZongYi semakin rumit saat dia dapat telpon dari adeknya yang nangis-nangis ngasih tau keadaan ayahnya sekarat karena punya sakit jantung! -- Lalu, boss geng, si Chen DongYang membolehkan si ZongYi pergi asalkan membuat kesepakatan terlebih dahulu! Jadi si ZongYi diberi opsi..! Ayahnya si ZongYi bisa dibantu dapat transplantasi jantung asalkan si ZongYi mau mengaku sebagai pembunuh si ZhangTeng! -- Berat sih T-T bagaimana si ZongYi harus melepaskan sekolahnya, ataupun mimpinya... tapi yaaaa... mau gimana lagi T-T dia gak punya pilihan selain menyetujui kesepakatan itu. Jadi dia rela masuk penjara, ayahnya dapat transplantasi jantung, dan cowoknya memang pasti akan baik-baik saja, pasti sehat! tapi hubungan mereka menjadi terputus hingga 4 tahun lamanya T-T actually! logiknya kasus meninggalnya si ZhangTeng bisa aja dihilangkan dengan mudah, secara ZheRui dari keluarga tajir gitu loh! embel-embelnya sih supaya Keluarga Fah gak malu sama kelakuan si ZheRui, padahal realitanya kakek si ZheRui tahu hubungan si ZheRui pacaran sama ZongYi. Dan gak merestuinya. -- Selama di penjara pun jangan kira si ZongYi bakal fine-fine aja / aman! hari-hari selalu nangis... merindukan ayang ZheRui + kena getok kepalanya sampe kena gangguan ingatan. Iyes! si ZongYi orangnya jadi muda lupa, jadi dia selalu nulis di notes kecil tentang kejadian/pekerjaan yang dia rasa penting tuk diingat.


Plot berjalan 4 tahun kemudian... seperti waktu awal-awal episode series ini, nae bingung kok tiba-tiba ceritanya si ZongYi baru keluar dari penjara! ternyata dia rela dipenjara demi pengobatan ayah dan cowo yang dia sayang. -- Begitu keluar... dia pergi ke rumah ayahnya, dan haru moments sih T-T bagaimana ayah dan adeknya yang sangat senang bisa kembali berkumpul sama si ZongYi. -- Si ZongYi juga berencana membuka toko roti, which is... dia akan menjual cake yang sudah dia pelajari untuk si ZheRui. Alasan lainnya! toko roti si ZongYi adalah sebuah harapan! berharap suatu hari nanti si ZheRui akan datang dan menemuinya di toko roti itu. Yes! walaupun hubungan mereka kandas sudah 4 tahun, si ZheRui masih percaya akan cintanya terhadap si ZheRui. --- And then... bagaimana kabar si ZheRui selama 4 tahun ini? Dia sudah sehat, terus menjalankan bisnis perusahaan keluarganya, but! ada yang beda! si ZheRui ternyata amnesia T-T (pura-pura sih sebenarnya!) dan satu-satunya yang tahu kalo si ZheRui pura-pura doang yaitu adeknya, si Fan Jiang RuiChen. -- Ada scene dimana suatu hari si ZongYi dan ZheRui gak sengaja ketemu! sebuah keajaiban yes T-T pas mau mencet lift, eh! ketemu ayang! tapi berhubung si ZheRui mode pura-pura amnesia, dia malah be like : "Siapa ya? apa kita saling kenal?" -- Oh ya! kamu mau tau gak kenapa si ZheRui pura-pura amnesiong? Karena dia merasa bersalah atas kejadian 4 tahun yang lalu. Dia merasa gara-gara dia, hidup si ZongYi jadi hancur!


Nae salut sih sama si Fan Jiang RuiChen, disaat-saat si ZheRui merasa bersalah, dan pengen menghilang dari hidupnya si ZongYi. Dia mencoba kek be like : "Lo yakin gak mau nemui dia? sebuah keajaiban lo bisa ketemu lagi sama orang yang lo cintai!" -- Gak cuman itu saja, dia ngechat si ZongYi dan ngasih tau yang sebenarnya kalau si ZheRui cuma pura-pura amnesiong, dan menyuruh si ZongYi untuk mengejar cintanya kembali, serta ngasih lokasi keberadaan si ZheRui sekarang. -- So, si ZongYi pun langsung cusss... OTW ke hotel penginapan si ZheRui. -- Pertemuan mereka benaran melepas rindu banget T-T setelah sekian lama akhirnya bisa saling melepaskan baju dan celana juga :v iya... mereka kembali ngevve! tapi vibesnya nyesek! bisa bayangin gak say? adegan nyesek tapi hot, bingung mau becek tapi hati pengen nangis T-T mata nae udah berkaca-kaca nontonnya. Disela-sela ngevvenya si ZheRui sampai nangis karena merasa bersalah sama si ZongYi. -- So! sejauh ini hubungan ZongYi dan ZheRui kembali punya kekuatan untuk kembali bersama. But, this time! they are stronger!! (asekk!!) -- Ada beberapa tantangan lagi dalam hubungan mereka dua! tapi yang bakal dihadapi duluan adalah salah satu akar masalah dari 4 tahun lalu. Campur tangan keluarga Fah alias kakeknya si ZheRui gak pengen si ZheRui pacaran sama cowo.


Kakeknya dapat kabar kalau si ZongYi dan ZheRui sudah kembali bersama. Jadi kakeknya datang menemui toko roti si ZongYi ngasih tau kalo dia gak akan menyetujui hubungan ZongYi dan ZheRui even be like : "Di dunia ini gak ada yang gak bisa dibeli dengan uang! lo bilang aja mau apa, gue akan wujudkan, asalkan jauhi ZheRui!" mana mau dong si ZongYi! malah dengan nada lembut bin sopan kek be like : "Saya maunya ZheRui. Kamu pasti sudah melewati banyak hal, sampe gak bisa ingat seberapa banyak kamu kehilangan, itulah kenapa kamu berpikir uang bisa membeli segalanya!" -- Damn! apa gak merasa tertampar tuh kakeknya :v By the way.... Obrolan ZongYi dan kakeknya ZheRui diketahui oleh si ZheRui. Dan kali ini, dia akan stand up untuk ayangnya! so.... si ZheRui mengumpulkan beberapa barang bukti kebusukan-kebusukan kakeknya terkait skandal 'pencucian uang' supaya bisa mengancam tuk mendapatkan kebebasan. -- Awalnya kakeknya masih gak merestui njir! sumpah! nampak banget homophobicnya karena si ZheRui bilang "gue suka sama ZongYi!" terus ditawari untuk menikah sama cewe anak holkay, ya ogah dong! "Andaipun nikah! Aku maunya nikah sama ZongYi! Sekarang cowo sama cowo udah bisa nikah kok, kami akan kirim undangannya nanti untuk kakek :3" -- Auto murka dong kakeknya : "Pantqqq!! berani banget lo bicara kayak gitu sama gue ajg!!"


Then si ZheRui ngungkapin kekecewaannya terhadap kakeknya, tentang bagaimana dia mencoba menjadi cucu yang baik, yang bisa diandalkan, tapi semakin dia mencoba, kakeknya makin kenampakan gak suka samanya. So... dia kekeuh minta diberi kebebasan aja! dibantu juga sama adeknya, karna kakeknya kek nampak banget kebelet ngejodohin si ZheRui sama ntuh cewe nak holkay, tapi karena si ZheRui gak mau, si Fan Jiang RuiChen mau kok dijodohin sama ntuh cewe :v disitu deh... kakeknya mulai melunak... -- Siapa mengira jika si ZheRui diberi kebebasan dalam artian didepak dari keluarga? Nope! adeknya baikkkkk banget sumpahhhh! dia masih ngasih kesempatan untuk si ZheRui mengurus perusahaan sebelah miliknya :v bagus deh gitu! daripada di perusahaan kakeknya, tertekan batin..  

To Be Continued...

Storyline : ChenYi X AiDi


Rehat dulu yes! dari cerita CP utamanya, kita beralih ke CP sebelah :v kisah cinta yang serba serbi bertepuk sebelah tangan. Si ChenYi sebagai ketua geng! tipikal seme yang cool, selalu berusaha yang terbaik dalam mengarahkan anggota-anggotanya, meanwhile... AiDi! dari semua anggota geng, ni anak defenisi "kecil-kecil cabe rawit!" selain emang karena doyan makanan pedes, dia paling mungil dan punya kesan lebih "pemberontak" dari anggota lainnya. -- ChenYi dan AiDi sudah saling kenal sejak mereka bocil, jadi satu sama lain saling menjaga but... hanya sebatas "brother!" sementara si AiDi sendiri menganggap perasaannya lebih dari sekedar saudara. Yes.. dia naksir si ChenYi. -- Sadly, si ChenYi gak peka akan perasaan si AiDi karena dia sendiri naksir sama bossnya, mulai dari gaya rambut hingga ke tato-tatonya pun, dia buat mirippp seperti milik bossnya. Jangan tanya perasaan bossnya terhadap si ChenYi. Dia cuma menganggap si ChenYi anak buahnya! gak lebih dari itu. Lagian bossnya udah punya cwk yang dia taksir :v


Satu-satunya di geng yang tahu kalo si AiDi naksir si ChenYi adalah si ZheRui. Jadi.. kadang si AiDi curhat tentang perjuangan / perhatian yang dia berikan untuk si ChenYi, tapi kaga dilirik coy! seperti salah satunya setiap kali si ChenYi ultah, dan si AiDi pengen ngerayain cuma berdua, si ChenYi gak pernah peka, dan prefer merayakan bersama boss dan anggota geng yang lain. -- So far kita nganggapnya si ChenYi kok gak pekaan amat sih? tapi herannya kalau si AiDi lagi deket sama cowo lain, ni anak langsung ngajak "Ayo pulangg!!! cepatt!!" alasannya sih :v "Kita kan saudara, gue harus menjaga elo!" Pretttt!!! -- Ternyata gak cuma nae aja lo yang ngeh akan sikap si ChenYi ini, sampe-sampe si ZheRui pernah bilang : "Apa artinya AiDi bagi lo? Apa arti boss kita bagi lo? rasa cinta dan kagum itu berbeda, lo harus pikirkan baik-baik."


Dari POV si ChenYi sendiri, dia sebenarnya sadar sih kalau perasaannya kaga dilirik bossnya, boro-boro dilirik, yang ada dia nampak cemburu setiap kali bossnya nampak perhatian sama cwk yang disukai bossnya. -- Dan biasanya kalo udah mode cemburu ni anak, udah pasti pergi mabok-mabokan. Dan kalau sudah mabok-mabokan begini, yang membawa si ChenYi pulang tentu si AiDi. -- Sering juga sih, si AiDi menyinggung si ChenYi secara langsung kek be like : "Lo suka sama boss, tapi gak berani nyatain perasaan lo!" -- karena dianggap lancang bener mulut ni anak, dicipok dehh sama si ChenYi :v -- Dalam situasi ini perasaan si ChenYi sebenarnya dalam fase pertimbangan, apakah dia benaran suka sama si AiDi atau cuma sayang sebagai saudara doang.


Sadly! hubungan ChenYi dan AiDi juga bernasib sama seperti ZongYi dan ZheRui. Yes! terpaut selama 4 tahun, dan ini berkaitan dengan insiden tewasnya si ZhangTeng. Saat kejadian itu diketahui bossnya, bossnya marah banget sama si ChenYi, selaku ketua geng tapi dianggap kek gak becus, dan membuat rencana seenak jidat tanpa sepengetahuan bossnya, sampe menyeret-nyeret orang yang bukan anggota geng lagi (lirik si ZongYi) dalam misi mereka itu. -- Fix! ChenYi potek! dia mabok-mabokan sambil nangis menyalahkan dirinya sendiri. Melihat si ChenYi mode terpuruk gini, si AiDi mencoba ngasih tau kek : "Seberapa keras lo mencoba, seberapa cinta lo sama boss.. dia gak akan pernah melirik elo! cuma gue.. dan hanya gue yang dengan bodohnya suka sama elo!" Damn... -- Malam itu disaat ChenYi mabok, dia ngevve sama si AiDi, and again vibesnya tuh nyesek tapi hot!! nyeseknya ketika si AiDi punya rasa dan terang-terangan nunjukin perasaannya sama si ChenYi tapi cuma dianggap saudara + si ChenYi potek karena merasa sudah mengecewakan orang yang dia suka, akhirnya ngevve bersama :p hmmpp... ngevve sambil menangis juga. -- Karna siapa kira, itu ngevve pertama dan terakhir sebelum akhirnya si AiDi memutuskan nyusul si ZongYi ke penjara.


Jadi si AiDi memilih keluar dari geng dan masuk penjara untuk menebus kejadian itu, dia gak pengen si ChenYi menanggung rasa bersalah itu sendirian + alasan lainnya, dia pengen melindungi si ZongYi. Dia tahu, kalau pihak keluarga si ZheRui berada dibalik terpautnya hubungan ZheRui dan ZongYi, serta menyuruh suatu oknum di penjara untuk menyakiti si ZongYi. Mana tega dia melihat temannya disakiti, dan dia pun menyerahkan diri untuk menjaga si ZongYi. --- Selama si AiDi di penjara, dia pernah didatangi si ChenYi. Yang akhirnya baru peka akan perasaan si AiDi selama ini padanya... Iyes! saat malam dimana mereka ngevve, si ChenYi gak sepenuhnya mabok, masih setengah sadar!! dan begitu si AiDi memutuskan masuk penjara, baru deh defenisi "kalau sudahhhh tiadaaa, baru terasaaaaa!" si ChenYi merasa kehilangan banget, dia juga baru ngeh selama ini dari tahun ke tahun si AiDi selalu menyiapkan kado ultah untuknya, tapi dia gak pernah peka akan hal itu. -- Makanya dia datang ke penjara menemui si AiDi, setiap kali mereka merayakan ultah... dan saat 4 tahun kemudian si AiDi sudah bebas dari penjara... dia dibawa si ChenYi lagi ke markas, dan disambut anggota geng yang lain walaupun statusnya bukan anggota lagi. Kali ini, si ChenYi tidak menyia-nyiakan perasaan si AiDi lagi. Dia berusaha mendapatkan hati si AiDi, sekaligus ngajak join lagi ke geng secaraaa... si ChenYi ditunjuk bossnya untuk naik pangkat :v bossnya mau pensiun gengs... 

To Be Continued..

Final Chapter :


Well! Jika ZongYi & ZheRui, ChenYi & AiDi sudah bersama. Ada 1 tantangan lagi yaitu terkait anak buah si ZhangTeng yang masih dendam sama gengnya si ChenYi. Waktu si ZongYi baru keluar penjara dia sempat panik, andai dia diserang lagi.. don't worry! bukan ancaman besar, kasus itu langsung beres karena si ChenYi menyuruh anak buahnya untuk melindungi si ZongYi. -- Eh! siapa sangka ada impostor diam-diam menyamar di dekat si ZongYi. Yaitu cewe bernama SihNing (teman akrab si ZongYi waktu SMA). -- Ni cewe pura-pura bekerja di toko roti si ZongYi hanya untuk memata-matai si ZheRui demi membalaskan dendamnya. -- Yash! ternyata dia adeknya si ZhangTeng, dan dia jugalah pengedar bandar narkoboy sebenarnya di sekolah, jadi yang ditangkap 4 tahun yang silam itu cuma antek-anteknya doang...


Dalam dua paragraf ini! kita akan ulik dari POV si ZhangTeng dan hubungannya dengan adeknya satu ini. -- Pada awalnya, Geng si ZhangTeng dan ChenYi emang "gelud" mulu kerjaannya! dan suatu hari... dia pernah ditolong si ZheRui saat dikejar-kejar ChenYi cs... Situasinya saat itu si ZheRui masih mencoba supaya diterima dalam gangsternya si ChenYi, seperti yang kita tahu kalau di geng, si ZheRui sering diunderestimate gitu loh! dianggap belum sepenuhnya sanggup bisa jadi seorang gangster. -- Jadi si ZhangTeng pernah mau menghasut si ZheRui supaya berada di pihaknya! tapi dia kekeuh berada di geng, but in other side... dia selalu membantu si ZhangTeng, mulai dari membantu bersembunyi, ataupun mencoba menenangkannya saat berdebat dengan si AiDi, dan siapa sangka si ZhangTeng mulai ada rasa sama si ZheRui. -- Hubungannya dengan adeknya! mereka sebenarnya saling sayang satu sama lain, yang nae sesalkan kek "kenapa harus bisnis narkoboy sih? segitu banyak kerjaan halal diluaran sana :v" dia dan adeknya sudah berencana akan pergi dari kota itu, dan memulai hidup baru dengan tenang setelah si ZhangTeng menyelesaikan misi mau membunuh ChenYi cs...


Kemudian! rasa benci dan kesal ZhangTeng memuncak setelah tahu kalau si ZheRui yang selama ini membantunya ternyata diam-diam ikut serta membantu ChenYi untuk memburu/melacak markasnya. + Melihat si ZheRui bermesraan sama si ZongYi. Double sakit hati dah tuh anak! dan mencoba untuk menghajar dan membunuh ZheRui dan ZongYi. -- Na'as... malah dia yang terbunuh T-T mati dengan sia-sia dah! -- Jadi adeknya sengaja kerja di toko roti si ZongYi, untuk menemukan timing yang tepat untuk membalaskan dendam atas kematian abang yang dia sayang. -- So! saat si ChenYi dan AiDi lagi enak-enak dikamar cipokan, si AiDi dapat kabar kalau pengedar narkoboy sebenarnya di sekolah mereka dulu adalah si SihNing, langsung deh buru-buru si AiDi nelpon si ZheRui ngasih tau, ada impostor di dekat ZongYi selama ini. But... too late... ni cewe sudah menemukan timing yang tepat, saat itu si ZheRui telponannya lagi di luar, di jalan sepi! nyerocos aja nih cewe menikam si ZheRui pake pisau! -- Itupun sebenarnya dia gak tega say! dia juga merasa kehilangan orang yang di sayang, dan melihat pelaku pembunuh abangnya kini hidup penuh kebahagiaan dengan orang yang dicintai, membuat ni cewe marah dan kesal sementara dia hidup dengan penuh rasa berkabung, masih gak rela abangnya sudah tewas. Lalu! mendorongnya hingga untuk membalaskan dendam atas nama abangnya.


Si ZheRui juga merasa bersalah, dia yang udah kena tikam pun, be like : "Pergi... selamatkan diri lo sebelum orang lain menemukan lo!" bahkan dia rela menggantikan sidik jari tangan ni cewe, menjadi tangannya. -- Beruntungnya! si ZheRui masih selamat. Dan si ZongYi masih sempat ngambek lo :v dia kek merasa : "kenapa gak hubungi gue cepat sih, supaya gue bantu!" ternyata alasannya demi menebus rasa bersalahnya sama si ZhangTeng. Waktu si ChenYi ts ngasih tau bakal melacak tu cewe, si ZheRui melarangnya dan membiarkannya kabur, karena tujuan utama si SihNing sudah terbayar, pengen membalaskan dendam abangnya. Tapi! mereka kudu harus waspada juga ye kan, jadi ZongYi dan ZheRui membuat janji, andai ni cewe kembali, mereka harus menghadapinya bersama-sama.


Ending :
Si ChenYi udah jadi boss geng :v dan hidup penuh cinta bersama ayang AiDi. Mereka punya janji juga lo! si AiDi kek be like : "Lo gak boleh mati ya sebelum gue! gue gak sanggup memikirkannya. Jika lo benaran mati, gue bisa gila dan melakukan hal-hal gak masuk akal. Jadi, lebih baik gue mati lebih dulu daripada elo!" -- terus kiss mukbang deh di dalam mobil T-T sumpah! ciuman ChenYi dan AiDi romantis banget T-T nae sampe baperrr nontonnya. AiDi : "Keknya kita lebih baik mati bersama deh, dengan cara kayak gitu, salah satu dari kita gak akan sedih, iya kan?" -- The last ChenYi be like : "Diem lo!" *sambil-senyum dan lanjut menyeruput bibir mungilnya AiDi.. Aww... :v dan sampe di markas auto ngevve! dan dalam scene ini juga ditampilkan kembali flashback sejak awal mula hubungan ChenYi dan AiDi masih sebatas saudara, terpaut hubungan 4 tahun hingga akhirnya si ChenYi menyadari akan perasaannya sama si AiDi ternyata lebih dari saudara.


Untuk ZongYi dan ZheRui. Seperti yang kita tahu kalau ayah dan adeknya si ZheRui welcome banget menerima kalau ZheRui pacarnya si ZongYi. -- Dan di ending seriesnya, itu mereka tunangan(?) gak sih? soalnya si ZongYi kek lagi menghapal janji pernikahan & ngasih cincin ke jari manisnya si ZheRui. Lalu, mukbang kiss juga deh di dapur :v wkwkwk... scene ini emotional juga bagi nae! mereka kissnya hot, tapi vibesnya romantis dan haru, menampilkan perjuangan cinta mereka selama ini, dan si ZongYi juga mengutarakan akan takdir yang mempertemukannya dengan si ZheRui adalah sebuah keajaiban! mulai dari awal bertemu, hingga 4 tahun terpaut hubungan, dia masih dipertemukan kembali dengan orang yang dia cintai. Sebuah keajaiban dari hati 2 insan yang saling mencintai dan mendukung satu sama lain dan menemukan kebahagiaan yang pantas didapatkan. Damnn... Deep banget gak tuh T-T nangis banget dah nae pas di endingnya. Ditutup dengan so Beautifully!

Review Time :


Duh! nae nulis ini kok emotional sih T-T mata nae berkaca-kaca! meibi karena nae teringat betapa nae kepo dan excited banget pengen melihat "Miracle" dijadiin series. Mulai dari pertama diumumin 2019, dan akhirnya tayang di 2023. Nae merasa : "Wah! penantian gue gak sia-sia!" -- nae mencoba kembali melihat kebelakang di tahun sebelum-sebelumnya, saat nonton trailer novel dan nonton MV promosinya, saat itu nae nangis juga! penuh harap "kapan ini dibuatin seriesnya?" soalnya trailer novel dan MVnya bagus banget T-T walaupun cuma berkisar 5 menitan, tapi feelsnya dapat banget! bagaimana cinta yang akan diselimuti teror bahaya setiap harinya! -- Akting Stan Huang & Benjamin Tsang benaran *muuachhh! *chef-kiss .. sebagus itu. Dan akan selamanya nae ingat sebagai bagian dari "Journey of My BL History" Okey... kesannya memang nae lebay banget anjirrr!!!


Nae menyebut KISEKI : Dear To Me ini sebagai adeknya Trapped! karena vibes dua judul ini mirip yeah because dari penulis yang sama. Trapped kisah cinta Boss Mafia dan Polisi, dan Miracle kisah cinta Anak SMA dan Gangster. -- Dan di Trailer Novelnya, penggambaran "Miracle" ini auranya dark, dramatic, romantic! meibi kalau KISEKI : Dear To Me pakai konsep seperti versi trailer novelnya, dijamin setiap nontonnya bakal banjir air mata banget deh! -- Untung saja, yang dihadirkan dalam versi seriesnya tidak se-dark versi trailer novel. Di KISEKI : Dear To Me, dengan cast baru, kita masih bisa merasakan dramatic, romantic tapi masih menunjukkan sisi dark berbalut humor dari karakter-karakternya jadi selama menontonnya kita gak akan selamanya terbawa suasana tegang, kita masih bisa senyam senyum, berngakak ria, bahkan becek :v Hmmmpp!!


Seperti yang nae bilang di part CurSing (Curhatan Singkat) di atas, saat diumumin kalau "Miracle" dibuat versi seriesnya, dan ternyata pakai cast baru, nae sempat gak terima.. "kenapa gak mas Stan atau mas Benjamin aja sih? soalnya mereka kan udah jadi model actor novelnya, ngapain harus repot-repot nyari aktor baru sih memerankannya?" -- Tapi nae beradaptasi dengan cepat kok menerima cast baru! :v apalagi mas Kai dan dek Taro T-T imuttttt banget... mas Nat dan dek Louis juga gemoy kok. Akting mereka berempat! nae gak akan complain, karena nae suka mereka bisa membangun kemistri dengan CP masing-masing. Kalau BL Taiwan yang nae tonton pun selama ini, so far kemampuan akting aktor-aktornya memang bukan kaleng-kaleng, bukan sekedar akting di series juga, momen fanservice promosi seriesnya, aktor-aktor Taiwan selalu totalitas, bahkan berani ciuman dihadapan orang banyak. Which is.. fanservice seperti ini susah ditemuin baik itu di event promosi BL Thailand, BL Jepang, apalagi BL Korea....


Alur dan Jumlah Episode -- Well! Dua hal ini menurut nae sangat berkaitan. Terutama jumlah episode yang selalu mempengaruhi perkembangan alur. Jika melihat ke Trapped sebelumnya yang mana sampe 20 episode. Nae sebenarnya kurang puas sih pas tau KISEKI : Dear To Me cuma 13 episode mengingat konsep seriesnya rada mirip dengan Trapped. Selain emang karena durasinya per-episode itu sedikit, ditambah cuma sampe 13 episode sementara series dengan alur cerita yang disuguhkan KISEKI : Dear To Me ini cocoknya butuh episode lebih supaya beberapa part cerita di dalamnya tidak terkesan buru-buru atau cepat. Iyes! untuk perkembangan keromantisan dalam cerita series ini nae akui dari 2 couplenya sukses membuat nae heart-fluttering! manis sampe senyam senyum bikin becek. Tapi untuk alurnya tentang misi-misi dalam gangster, kadang dibeberapa scene nae merasa ada yang terlalu mendadak! misal kayak scene melacak-lacak, kadang ceritanya tiba-tiba saja udah dapat info siapa pelakunya tanpa menampilkan scene si tokoh mencoba berusaha keras melacak siapa pelakunya. -- Meibi karena jumlah episode dan durasi jadi yeah! nae mencoba memakluminya.


Banjir Familiar Cast + Cameo!
Selain karena senang akhirnya "Miracle" dibuat versi seriesnya. Dengan cast baru, ternyata menyuguhkan cast-cast yang familiar yang dibintangi aktor-aktor BL Taiwan sebelumnya, pokoknya yang doyan nonton BL Taiwan, menonton KISEKI : Dear To Me ini juga serasa pelepas kangen karena bisa melihat aktor BL Taiwan yang lain yaa walaupun mereka memerankan peran yang berbeda juga dong! Seperti bossnya ChenYi cs... Chen DongYang (Liang Che) om-om satu ini pernah meranin jadi si ZhiChen tapi versi dewasa di BL Red Balloon (2017) lalu, Fan Jiang RuiChen (Michael An Jung Peng) dari HIStory4 - Close To You (2021), di series ini dia ceritanya bakal jadi adeknya si ZheRui yang cool tapi supportif banget... --- ZhangTeng (Wayne Song) & Juan (Huang ChunChih). Ceritanya jadi villain dan anak buahnya (musuh gangsternya ChenYi cs). Kalau kalian menonton Episode Kiseki+ disitu dijelasin awal mula kenapa si ZhangTeng naksir ZheRui & si Juan yang sebenarnya ada rasa sama si ZhangTeng, sadly! si ZhangTeng gak pernah melirik perasaannya, hingga si ZhangTeng tewas dengan sia-sia. -- Plis deh....! bisa gak sih, Wayne dan ChunChih punya BL ceritanya kaga mati-matian segala! nae masih ingat betul nae sampe mevvek gara-gara nonton HIStory3 - Make Our Days Count (2019), si YuXiGu meninggoy ketabrak pas mau beli garam dan sad ending si HaoTing yang masih belum merelakan kepergian YuXiGu. -- Tiba, dapat peran main BL bareng lagi, walaupun bukan pemeran utama! endingnya juga membagongkan, si ZhangTeng mati dan si Juan telat menyampaikan perasaannya. Lagi-lagi sad ending cok!! -- Oh ya! catatan! selama si Wayne memerankan ZhangTeng, dia emang tipikal villain yang ngeselin dan rada psycho! tapi kalau diulik dari POVnya dia sendiri, dia gak sepenuhnya jahat! dia sayang sama adeknya! dan berencana akan hidup bahagia bersama adeknya ditempat baru. Gara-gara rasa marahnya dan bisnis sesatnya akhirnya membawanya ke nasib yang tragis. Untuk Juan (ChunChih)! Jujurly! Kamu gak gak cocok meranin anggota gangster nak! T-T nae selama menontonnya kebayang YuXiGu yang anak hidup miskin ketimbang menjadi gangster! Kayak kurang gitu vibesnya jadi anggota gangster.


Cameo lainnya! Xian (Aaron Lai) & Shuo (Hank Wang) yang pernah meranin Be Loved In House (2021) ceritanya di series ini ntar jadi teman bossnya si ChenYi, yang ikut di pemandian air panas. Adegannya sebentar sih.. tapi senang bisa melihat Hank Wang yang cakep banget T-T dan mas Aaron yang bodynya hmmmp!! bikin nelen ludah :v #Plakkk (kena gaplok) -- Then, aktor dari Plus & Minus (2022), si Zheng QiLei cameo sebagai costumer bar, dan Max Lin & Shi ChengXuan sebagai costumer di toko roti si ZongYi sambil mesra-mesraan. Awww..


Original Soundtrack :
Ada sekitar 6 lagu OST yaitu : CEON / Anthony Wen & YuFan - A Tomorrow That Has You (Opening song), lagu ini punya 1 versi lagi yang dinyanyikan oleh para cast KISEKI : Dear To Me (Kai, Taro, Nat & Louis). -- Amy "It Turns Out I Don't Have The Right To Love You Anymore", lagu ini juga punya versi lainnya yang dibawakan oleh YuFan. -- Jiang Yao-Lun "Marry Me", Chance "Once And For All", Kenny Wen "Dangerous Love" & "Dont Say Goodbye". -- Dari semua OSTnya ini... favorit nae yaitu : A Tomorrow That Has You! pertama dengar langsung nyantol ke telinga nae! ya karena emang secandu itu tempo alunanya, untuk lagunya sendiri kek be like : "gak peduli seberapa jauh kita sekarang, aku ingin pergi ke hari esok dimana memilikimu. Seperti cahaya yang terhalang awan gelap, itu gak akan berubah oleh karena halangan siapapun. Bahkan jika semua suara mencoba menjauhkan kita, aku siap melawan seluruh dunia untukmu!" Defenisi rela berkorban demi cinta. #Asekk..


Kesimpulan :
KISEKI : Dear To Me adalah BL yang sudah lama nae nanti-nantikan supaya dibuatin menjadi series. Dan finally! terkabul T-T kalau membayangkan penantian itu, nae always terharu T-T -- Oke! nae menyebut "Miracle" ini sebagai adeknya "Trapped" secara dari penulis yang sama dan konsep yang nyaris mirip. Mengisahkan Bai ZongYi yang secara gak sengaja bertemu Fan ZheRui yang bersimbah darah kabur dari kejaran komplotan ZhangTeng dkk... siapa sangka pertemuan itu membuat keduanya saling jatuh cinta dan halangan demi halangan cinta turut menghantam perjalanan hubungan mereka. -- Waktu awal-awal tayang nih series, cukup rame yang agak kontra dengan konsep hubungan ZongYi & ZheRui, yang anak SMA yang masih berumur 17 tahun, sudah pacaran sama cowo dewasa. Dan beberapa kasus, tepatnya di EP.7 ya kalo gak salah, saat scene ngevve ZongYi & ZheRui, banyak yang kaget kalau si ZheRui yang dikira seme ternyata uke :v nae yang udah tau kalau si ZheRui pasti uke hanya bisa tersenyum sih baca tweet-tweet fans BL yang mempermasalahkan hal itu. -- Lagian make sense juga sih kenapa mereka shock kalau si ZheRui uke, karena dari segi muka, body bahkan pembawaan si ZheRui benaran LAKIK banget :v ini mengingatkan nae sama si Apo di KinnPorshe, pembawaannya manly tapi perannya uke. Saran nae gak usah diperdebatin siapa uke, siapa seme! :v toh selagi yang kita tonton cwk x cwk, please sit down and enjoy the show babe :v wkwkwkwk....


In other side, second couple, ChenYi & AiDi. Karakter yang tidak dihadirkan dalam trailer novel / MV promosi novelnya. Begitu nae menonton mereka di versi series, nae merasa surprise! soalnya nae gak expect bakal ada second couple, walaupun logicnya.. BL Taiwan tuh mostly punya second couple. Untuk plot ceritanya definisi "teman masa kecil yang sudah dekatttt banget, dari hubungan saudara menjadi pacar di dalam komplotan gangster" -- Alasan terkuat nae menonton series ini selain karena memang menanti-nantikannya sejak lama, nae suka keempat aktor utama series ini membawakan peran masing-masing dengan totalitas, no kaleng-kaleng! pokoknya aktingnya top markotop deh!! ditambah kemistri yang dibangun kedua CP itu so sweet, romantis... bahkan nae suka bagaimana dalam adegan hotnya masih memberikan kesan pilu akan konflik perasaan yang tokoh perankan. Kebanyakan di BL Thailand yang nae tonton selama ini saat adegan hot, yaaa sekedar adegan yang bakal bikin kita gigit bibir + becek :v -- beda banget sama yang disuguhkan di KISEKI : Dear To Me, kita menontonnya bakal merasa panas dingin tapi dilain sisi, hati ikutan nyesek mengingat background pilu karakternya.


Alur dan Jumlah Episode yang sangat mempengaruhi. 13 Episode nae merasa gak cukup untuk konsep alur cerita seperti ini. Kamu tau gak berapa lama nae menamatkan series ini? Hanya 3 hari! di hari pertama nae langsung cusss sampe 9 episode, setelahnya nae berpikir "anjir! cepet amat ni series bakal tamat gue tonton!" makanya di 2 hari berikutnya nae nyicil 2 episode per hari. Di beberapa part nae merasa alurnya ada yang agak cepat! terlalu mendadak tapi masih bisa dinikmati selama menontonnya. -- Soundtracknya candu-candu sih... bahkan emotional, tapi dari semuanya favorit nae yang opening songnya "A Tomorrow That Has You". Serta banjir familiar cast & cameo dari BL-BL Taiwan lainnya. Bakal feel so nostalgic juga melepas rindu.

Apakah KISEKI : Dear To Me nae rekomendasikan? Tentu!!! Berada di barisan depan. BL Taiwan yang nae tonton dan nae review gak pernah mengecewakan nae, selama menontonnya terasa enjoy! dan menikmati keunikan ataupun permainan emosi yang disuguhkan bukan kaleng-kaleng.


Bagi yang belum menonton, please jangan ragu T-T tonton aja! seru! bikin baper! aktornya cakep-cakep lagi, btw.. untuk si AiDi, jujurly! nae lebih suka dia rambut hitam daripada pirang T-T rambut hitam dia lebih imut T-T -- Bagi yang sudah menonton series ini, kamu bisa berbagi opini/kritik atau curhatan kamu selama menonton KISEKI : Dear To Me ini di kolom komen yaaa ^^ nae pasti reply kok. Dimana ada cinta, disitulah ada keajaiban, percayalah pada dirimu sendiri maka keajaiban akan datang untukmu. Huahhh!! mata nae berkaca-kaca nulis ini T-T masih nggak nyangka, penantian nae akan "Miracle" sudah berakhir dengan indah. Salam cinta penuh keajaiban ZongYi-ZheRui, ChenYi-AiDi. Nae pamit undur diri, see you di review berikutnya... Byebye!!

THE END

Official Trailer KISEKI : Dear To Me

CEON / Anthony Wen & YuFan - A Tomorrow That Has You
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – LAST TWILIGHT SERIES (2023)