REKOMENDASI LAGU ASIA FAVORIT DAN BL SOUNDTRACK 2023


Seperti biasa kalau sudah di penghujung akhir tahun, nae kembali menulis rangkuman lagu-lagu asia / OST BL Series yang sering nae putar di 2023 ini, dan meibi bakal menjadi rekomendasi yang harus kamu dengarkan. Atau simpelnya sih disebut "Playlist Lagu" nae selama satu tahun ini (Desember 2022 - November 2023). Nae sarankan kalau baca post ini lebih baik menggunakan laptop/tab, jadi saat kamu membaca satu alinea lagu yang nae rekomendasikan, kamu bisa langsung cek di YouTube dan mendengarkannya. Tanpa berlama-lama lagi, check this out!! ^^

PART 1 : LAGU FAVORIT NAE DI 2023


RED VELVET X AESPA - "Beautiful Christmas"
Yang pertama nae rekomendasikan! kolaborasi dari 2 girl grupnya SM Ent, Red Velvet dan Aespa. Lagu single natal yang rilis 14 Desember 2022 lalu, menjadi salah satu lagu dalam album winter tahunan bertajuk '2022 Winter SMTOWN : SMCU PALACE' -- Lagunya tentang menghabiskan momen-momen terbaik bersama orang yang kita sayangi, and of course say, dimanjakan dengan visual dan vokal yang memukau. Dan bagi nae pribadi sih, actually jarang ada Lagu tema natal yang sesuai selera nae! surprisingly! Beautiful Christmas itu candu parah! vibes lagunya ceria dan ada dancenya pula. Pluss... karena Red Velvet itu 5 member + Aespa ada 4 member digabung jadi satu ini nae jadi teringat SNSD njir T-T sekangen itu woey, iyess! fyi, nae sone! jadi melihat RV + Aespa jadi 9 member nge-dance tuh! tiba-tiba aja nae terharu!!


CRAVITY - "Cheese"
Dari single lagu natal, kita swingggg ke single lagu summer full energy bersama "Cheese" nya CRAVITY yang rilis 11 September 2023 lalu, yang merupakan bagian dari mini album ke-6 mereka bertajuk "SUN SEEKER". -- Bicara tentang "Cheese" lagu ini bernuansa upbeat dangan warna pop R&B yang kentel. -- Kita juga tahu kan kalau "Cheese" itu kata slangnya dari tanda "Klik!" saat berfoto, dan melalui lagu ini memberi tahu tentang bagaimana kita dan si doi menikmati pesta musim panas yang terasa fun and free! pokoknya untuk rileks bareng sambil berduaan dengan orang yang kita sayangi. -- Lagunya candu dan feel so fresh banget chingu! alunan lagunya serasa ngehipnotis untuk ngajak ikut nge-dance. -- Talk about MV, mereka syutingnya di LA, makanya set tempat mereka dance mulai dari komplek perumahan khas orang Amrik, serta jalanan dan pohon-pohon palem. Dancenya asik, lagunya catchy, membernya juga cakep-cakep! dijamin nonton dan dengarin MVnya bakal menjadi triple combo yang super enjoy memanjakan mata dan telinga kamu nih chingu ^^


STAYC - "Bubble"
Masih dengan lagu bertema summer, ada STAYC dengan "Bubble", title track mini album ke-3 mereka bertajuk "TEENFRESH" yang rilis 16 Agustus 2023 lalu. Lagu ini saat nae pertama kali dengar, langsung nyantol ke telinga nae! vibes lagu ini catchy ceria dan mengingatkan nae sama lagu-lagu KPOP era gen-2. Dan siapa mengira lagu ceria + summer pasti identik dengan lagu jatuh cinta? Nope... tidak berlaku bagi Bubble ini. Which is... Bubble mempunyai pesan yang positif vibes banget tentang tetap menjadi diri sendiri, melakukan apa yang kita inginkan dan penuh percaya diri, meskipun pasti bakal ada orang-orang yang bakal tidak suka dengan diri kita. Lagu ini cocok untuk orang yang mudah insecure-an, dan lewat lagu ini serasa disemangatin kalau kita bisa menjadi apa yang kita inginkan, dan tidak akan mendengarkan suara-suara sumbang yang mencoba mengusik kepercayaan diri kita. -- Nae pernah baca info, kalau gak salah sih, bubble itu ibarat omongan-omongan orang yang suka mengusik. Pokoknya chorusnya dapat dan candu banget "Donggeurami! wonhaji! niraeneun geu nugudo molla Nobody Knows!! Eojjeoji! i can't be! eodiro twilji molla, stupid stop! jansorin bubble bubble bubble" -- Feel so addict and freshhh!!


XODIAC - "Only Fun"
Kamu pasti mikir "Kak nae, pasti ngelirik Zayyan ya?" :v Okeyyy! nae tau Zayyan itu idol kpop asal Indonesia yang tergabung dalam boy group XODIAC itu kan... dan jujur nae bukan X-Bliss, but nae sekarang kalau mendengar lagu KPOP, udah gak peduli mau dari agensi mana, orang mana asalkan lagunya nyantol. Termasuk dalam kasusnya "Only Fun" nya XODIAC ini. Lagu Only Fun sendiri termasuk dalam single comebacknya XODIAC yang rilis 30 Oktober 2023 lalu. Arti lagunya sudah jelas tentang keceriaan dan kegembiraan oleh anak-anak muda zaman jigeum yaaa pokoknya bersenang-senang gitu deh.. Lagu nyantol parah sih, pertama kali dengar "Only Fun" langsung membuat nae kecanduan, dan kalau nae gak salah pencipta lagunya itu Giryeon(?).. Giryeon itu salah satu solois KorSel which is lagu-lagunya enak-enak menurut nae, seperti Our Home, Still dan A Way to Forget (kamu wajib dengar!). -- MV Only Fun terasa asik dengan dancenya, outfit warna warni, hari cerah, membernya juga cakep-cakep, jadi mendengar lagu ini akan membuat hati kamu terasa ikut bersenang-senang dan enjoyable banget.. :) BTW, kalo disuruh milih siapa yang nae suka di XODIAC :v lirik ayang Sing! :v koko hongkong kuhhh wkwkwkw!


THE BOYZ - "Lip Gloss"
Waduh! kalo ini sih MV paling nae sukai bangettt :v sukaaa paraaahhhhh! Okay! Pada 7 Agustus 2023 lalu, The Boyz comeback dengan album trilogi pertama mereka bertajuk "Phantasy Part 1 : Christmas In August" dan memilih "Lip Gloss" sebagai title tracknya. -- Nae rasa judul album nya begitu karena di MVnya outfit mereka bertema summer tapi dengan warna-warna bernuansa natal -- Untuk MVnya sendiri berdurasi 6 menit 5 detik ini nggak akan terasa boring karena akan memanjakan mata kamu dengan pemadangan tropis Pulau Siargao, Filipina. -- Gak cuma pemandangannya, alasan kenapa MV ini semakin memanjakan mata justru karena visual membernya dan pamer otot! roti sobek! pokoknya duhhhhhh! nyegerin mata bangetttt!!! apalagi kalo nae lihat roti sobeknya Eric dan Sangyeon! :v Hyunjae, Younghoon, Juyeon, Q cakepnya jugaa ahhhhh... sampe pusing nae lihat ketampanan mereka nih chingu! --- Lip Gloss sendiri bergenre house dan synth-pop yang terasa fun dan easy listening. Untuk artinya udah jelas tentang perasaan cinta yang indah dan berdebar-bedar saat pandangan pertama. Jujurly! nae iri sama model mbak bule di MV Lip Gloss ini yang digoda member-member The Boyz! T-T nae juga mau lah! #Plakkk #SadarDiri ... Pokoknya ini MV Summer Boygrup 2023 yang paling nyegerin mata nae sih! dimana cogan + shirtless + air itu kombinasi yang bakal membuat kamu bsh juga :v wkwkwk! #Plakkk!


GOLDEN CHILD - "Feel Me"
Kencangkan sabuk kamu chingu! setelah lagu natal, lagu summer kita akan berangkat dengan lagu-lagu bergenre ROCKK!! Tepatnya untuk lagu ini bergenre post-grunge rock! -- Golden Child "Feel Me" adalah title track mereka dalam album single ke-3, bersama di dalamnya lagu Blind Love dan Dear, rilis 2 November 2023 lalu. -- Lagu ini termasuk autobiografi rock which is tentang perjalanan bersama para member grupnya yang tumbuh bersama. Baik suka maupun duka yang mereka lalui. Juga mempunyai pesan mendalam dan menghibur kalau suatu saat setiap generasi muda akan menghadapi tantangan yang sama, lalu melihat kebelakang dan menyadari keindahan dari perjuangan mereka itu. -- Warna MVnya terkesan dark tapi memang menunjukkan sisi member Golden Child yang sedang have fun bareng, ataupun menangis bersama. -- Oh ya! ada satu scene yang menurut nae sus banget sebagai fans BL, nae gak tau namanya siapa, pokoknya pas pake baju, terus dipeluk Bomin dari belakang :v awww.. Jiwa fudan nae seketika meronta.. -- First impression nae tentang lagu ini nae gak expect bakal secandu ini sih! "Feel Me" juga meningatkan nae sama lagu KPop Gen-2, dan nae gak tau kamu yang dengar lagu ini akan merasa yang sama kek nae kalo lagu ini vibesnya kayak lagu-lagu Infinite. -- Mendengar lagu ini nggak akan merasa mengantuk, alih-alih merasa semangat kamu akan dipacu! walaupun genre nya Rock! nggak terasa bising! ngerti gak? kan ada tuh lagu yang alunannya berisik banget, ini nggak! Rock nya candu parah dan porsinya pas!


JAY CHANG - "I'll Be There"
Lagu satu ini dari solois bernama Jay Chang! Nae tahu ni anak dari ajang survival Under Nineteen, dia Vocal tim waktu itu, dan ikutan juga di Boys Planet... Tahun ini dia debut solo sebelum akhirnya join menjadi member boygroup ONE PACT. -- Bicara tentang debut solonya, Jay Chang merilis mini album pertamanya bertajuk "LATE NIGHT" pada 17 Oktober 2023 lalu dengan mengambil 2 lagu sebagai title tracknya, Rockstar dan I'll Be There. -- I'll Be There sendiri bergenre Rock/Alt dengan vocal kuat khasnya Jay Chang yang sangat addiktif! -- Lagu ini berkisah seseorang yang lagi kasmaran dan ingin selalu berada di dekat si doi dimanapun berada. Kalau kamu pahami liriknya ini keseluruhan, feel so romantic parah sih! dijamin bakal baper. -- Lagu ini juga pertama kali dengar langsung nyantol di telinga nae! nae suka lagu rock tipikal seperti ini, mengingatkan nae dengan tipe lagunya Kang Seung Yoon "Wild And Young". Rock juga tapi vibesnya terasa bersemangat dan feel so young! maksudnya anak-muda-able banget deh! baik itu dari segi lagu ataupun MV yang disuguhkan. -- Menonton MV I'll Be There ini juga akan memanjakan mata kamu say dengan ketampanan Jay Chang yang handsome parahhhh apalagi dia blasteran kan Filipina-Amerika, jadi mukanya rada-rada bule. Cakep banget deh pokoknya pas nyanyi nge-rock sambil main gitar, natap ke kamera.


STRAY KIDS - "Youtiful"
Dari KPOP Rock, kita beralih ke KPOP slow-slow dulu ya! dengan Lagunya Stray Kids "Youtiful". -- Lagu "Youtiful" ini merupakan salah satu tracklist yang berada dalam album ketiga mereka bertajuk "5-STAR" yang rilis 2 Juni 2023 lalu. -- Menariknya dari lagu ini, diciptakan oleh salah satu membernya alias leader grup Stray Kids, Bangchan sebagai ucapan terima kasih kepada penggemarnya yang selalu ada mendukung mereka. -- Youtiful merupakan gabungan dari 2 kata "You" dan "Beautiful", dengan genre R&B/Soul dan liriknya full bahasa inggris, jadi kita fans inter bisa mengerti langsung arti lagunya. -- Makna lagunya "kamulah keajaiban itu!" -- Bagi nae pribadi pemahaman lagu ini bisa diartikan dalam 2 tipe. Bisa dalam romantic-way! bisa juga dalam self-love-way! -- Romantic-way! bagaimana seseorang mendukung dan menyemangati si doi untuk tidak insecure dan percaya diri kalau si doi itu sudah indah dengan menjadi dirinya sendiri tanpa harus mencoba menjadi orang lain untuk dicintai. -- Self-love-way! tentang bagaimana awalnya kita merasa insecure, merasa kurang! merasa tidak layak menunjukkan jati diri. Terasa disemangatin kalau tak apa kita ada kekurangan, karna dasarnya gak ada manusia yang sempurna, just be yourself, dan menemukan keindahan hidupmu di semesta ini. Damnnn... Jadi baik itu yang sudah punya pacar, ataupun masih jomblo! mendengar lagu ini akan sama terasa heart-warming, terasa calming banget lagunya. Jujur! nae sampe nangis mendengar lagu ini. Rasanya seperti ada yang mengatakan sama nae "kamu harus lebih berani untuk menjadi dirimu sendiri!". I wish i can do it... ^^ Oh ya! coba deh tonton MV Lyric nya! indah banget.


JEONG IN SEONG - "Trust Yourself"
Jeong In Seong merupakan vokalis utama dari boygroup KNK. Dan debut solo setelah 7 tahun dengan single digital bertajuk "The Meaning of Night" (Trust Yourself) pada 30 Oktober 2023 lalu. Lagu ini bergenre synth-pop dengan penggabungan riff gitar lembut dan suara synth yang warm dan full of hope. -- Seperti judulnya "Trust Yourself" sudah ketebak dong lagunya tentang apa? yup! lagu yang terasa fun dan heart-warming untuk terus mempercayai diri sendiri meskipun ketika segalanya terasa kelam. Kita harus meyakini kalau diri kita pasti bisa menemukan jalan keluar dari kegelapan dan jangan menyerah! -- Nae suka banget lagu-lagu tema self-love seperti ini, dan itu penting sih apalagi bagi yang mengalami quarter life krisis, lagu-lagu self-love akan seperti media terapi berbentuk lagu yang bisa membuat perasaan kamu merasa lebih baik. -- MV Trust Yourself walaupun sederhana, bernyanyi di jembatan pinggir jalan ataupun dekat sungai(?) dengan cahaya matahari terbenam, pesan yang disampaikan lagu ini dapat banget, bahkan dari detik intro awal, nae udah feeling lagu ini sepertinya tipe nae dan begitu nae dengar keseluruhan, yeahhh! gak mengecewakan, menjadi lagu yang memang nae butuhkan banget. Terasa hangatttt! terasa ada yang menyemangati! pokoknya jika kamu merasa cemas, merasa sendirian, coba deh dengar lagu ini. Semoga perasaan kamu lebih baik.. always trust yourself!


TAEYEON - "Night Into Days"
Saatnya ngegalau bersama mbak Taeyeon kuy chingu! :v "Night Into Days". Lagu ini merupakan kerjasama yang diproduseri Naul dalam projek bertajuk "Ballad Pop City" yang rilis 02 Februari 2023 lalu. Lagu ini sudah jelas bergenre Ballad, bergaya 90-an. Atau kalau kamu sudah dengar! lagu ini defenisi seperti OST Drakor! Banget!! Ngett! -- Kenapa nae ajak kamu ngegalau bersama lagu ini? Karena lagu "Night Into Days" mempunyai arti yang sakitttttttt banget, tentang perasaan seseorang yang ditinggalin si doi. Alias diputusin! bayangin masih sayang-sayangnya, masih cinta parah eh! diputusin.. mau bersikap baik-baik saja dihadapan sang mantan itu berattt, hingga air mata pun gak bisa dibendung lagi. -- Pertama kali dengar lagu ini, nae mengira mbak Taeyeon ngisi OST Drakor beneran kan, eh! ternyata projek ballad. Lagu ini terasa adem, nyaman tapi kita seperti bisa merasakan betapa perih dan sedihnya lagu ini. Lagu ini cocok didengar saat cuaca lagi mendung atau saat hujan deras terus mati lampu di sore hari, coba dengar lagu ini pake earphone sambil natap ke luar dari jendela, fix! dramatis sudah hidup lu! wkwkwkw! nyesek tapi adem apalagi makin ke ujung lagunya permainan vokal mbak Taeyeon yang Wow!! high note pilunya. Nae suka lirik diakhir bersama high notenya "Ireoseol su itge... Saragul su itge.......... Saenggakaji malgo.. naege wajwoyo......"


&TEAM - "Dropkick"
Saatnya bersemangat lagi yuk chingu dengan "Dropkick" nya &Team. -- Dropkick merupakan salah satu tracklist dalam Full Album mereka bertajuk "First Howling : NOW" yang rilis 15 November 2023 lalu. -- Yang belum tau &Team itu boygroup multinasional yang dibentuk oleh Hybe Labels Jepang melalui ajang survival &AUDITION - The Howling, dan melakukan debut dengan single "Under The Skin" pada 21 November 2022 lalu. -- Untuk Dropkick sendiri, kamu bebas mau milih bahasa yang mana beb, ada versi Jepang dan Korea nya. -- Highlight lagu ini "Wont leave you standing by yourself" -- dan lirik favorit nae itu di chorusnya "Ohh yeah sou kimi to ireba, everything is better hashiridasu yo mirai e!" -- Baik itu vibes lagunya maupun arti lagunya mempunyai pesan mendalam untuk anak muda banget, very youthful! tentang meraih mimpi, jangan takut karena akan ada seseorang yang akan selalu bersama mu, meraih mimpi yang sama di masa depan! pokoknya serasa disemangatin deh!! -- MVnya indahhh banget! sebenarnya tempatnya disitu-situ aja sih kebanyakan, di stadion besarrrr banget, versi siang & versi malam dengan kembang api, terus sisanya tempat doorsmer mobil. Yang menjadikan indah tuh visual membernya yangggg ugghh nae sampe speechless pertama kali nonton MVnya saking cakepnya dengan outfit seragam rugby. -- Fyi! Dropkick merupakan salah satu teknik dalam permainan rugby.. jadi ngeh kan? kenapa judul dan MVnya nyambung :) -- Dan nae thankful banget karena bisa tahu &Team randomly dan nae udah kepoin member-membernya, yang nae suka di &Team itu Top3 bagi nae, K, Jo & Yuma... imut-imut T-T


JO1 - "NEWSmile"
KPOP Zone list sudah berakhir! nae nggak tahu banyak lagu-lagu JPOP, alias masih buta banget!! jadi nae cuma rekomendasikan JO1 dengan single mereka NEWSmile ini. MVnya rilis 22 Juli 2023 lalu. -- Lagu ini bergenre POP Enerjik yang terasa menyenangkan. -- Siapa disini yang bangun pagi dan teringat harus berangkat kerja rasanya bete banget? apalagi kalo hari senin duhh.... kadang masih pagi udah badmood. Nah! NEWSmile defenisi "awali pagimu dengan senyuman". Lagu ini tipikal lagu yang cocok di dengar pagi hari, menyemangatimu, bangun mood mu dengan baik sebelum memulai hari! Alunan lagu ini catchy dan fun! untuk MVnya akan memanjakan mata kamu say, selain membernya yang cakep-cakep, outfit mereka bahkan set MVnya colorfull banget, dan lucu karena diselipin animasi-animasi yang menggemaskan. -- Dari semua MV JO1, NEWSmile yang paling UwU banget, unyu-unyu dan penuh warna! part favorit nae di lagu ini yaitu part bridge-nya ayang Junki. High notenya sopan banget masuk ke telinga nih chingu. -- Dan jujurly! nae bukan penggemar beratnya JO1 sih, tapi yang nae herankan, lagu-lagu mereka pasti ada yang membuat nae kecanduan setiap tahunnya, dan secara otomatis nae enjoy baik itu visual ataupun lagu-lagu mereka. Mulai dari 2020 "Shine A Light", 2021 "Our Season", 2022 "With Us", dan sekarang 2023 "NEWSmile". Semoga di 2024 nanti ada lagu-lagu JO1 yang sesuai selera nae!


STAMP - "Alien"
Kita beralih ke TPOP. Dari solois legend Thailand, STAMP! nae tahu STAMP bahkan saat nae masih SMP. Dan nae suka lagu-lagunya yang catchy! tahun ini tepatnya 9 Mei 2023 lalu ia merilis MV Alien ini. Secara konsep MV tentang bagaimana cewe yang kita temui, dan jatuh cinta padanya, ternyata alien / bukan berasal dari bumi dan suatu hari akan pergi meninggalkan kita karena akan kembali ke dunia asalnya. -- Arti lagunya sebenarnya nyesek, tentang mengenang masa-masa indah bersama orang yang kita cintai, dan perlahan-lahan orang yang kita cintai itu sikapnya mulai berubah dan pada akhirnya pergi meninggalkan kita. -- Makanya waktu menonton MVnya mata nae berkaca-kaca, karena cowonya harus merelakan cewenya pergi sampe menitikkan air mata. -- Poin utama nae dengan lagu "Alien" ini karena nae suka alunannya seperti yaahhhh lagu Pop yang enak dibawakan sambil nge-band dan tentunya candu saat pertama kali didengarkan.


NENE - "All About That Day"
"All About That Day" adalah lagu karya solois Thai-China bernama Nene Zheng Naixin / Pornnappan Pornpenpipat. Yang masuk dalam album pertamanya bertajuk "Gentle On My Mind" dirilis 8 Maret 2023 lalu, dan MV nya menyusul rilis pada 18 April 2023, lagu ini ada versi Inggris dan Mandarin-nya. Tergantung kamu mau dengar versi bahasa yang mana. -- Ini termasuk lagu patah hati, jadi kalau kamu mau bergalau ria dan pengen dengar genre Pop yang enak dibawakan sambil nge-band, maka All About That Day ini pilihan yang cocok say. -- Lagu ini juga tentang mengenang masa-masa indah bersama sang mantan, semua berawal dengan baik dan indah, tapi setelah dijalani banyak hal yang tidak cocok sehingga renggang dan memilih untuk mengakhiri hubungan. -- Lalu bagaimana jika sudah putus, dan suatu hari bertemu dengan si mantan dan teringat pernah saling mencintai dulunya. Yang bisa nae tangkap sih dari MVnya si mbak Nene masih sayang sama ntuh cowo tapi yaaa, karena gak cocok pas pacaran, makanya putus! nae rasa mereka putusnya baik-baik walaupun si cewe masih sayang banget saat itu, soalnya saat mereka gak sengaja bertemu lagi di sebuah acara, si cowo masih mau tersenyum sama mantan cewenya, dan mantan cewenya membalas balik senyumannya walaupun sebenarnya luka dihatinya masih belum sembuh... Damnn.. defenisi love is pain. -- Oh ya, dan di end lagu ini ada quotes yang ngena banget menurut nae kek be like : "beberapa orang bukan berarti harus berada di hidup kita selamanya, tetapi di ingatan kita." yaaa! kurleb begitu lah say!


NANON - "Unidentified Wonder"
Lagu favorit nae berikutnya datang dari ayang Nanon Korapat dengan lagu single kedua miliknya "Unidentified Wonder" yang rilis 9 Februari 2023 lalu dibawah naungan Riser Music. -- Lagu ini nae sebut 'genius' karena lirik dan pengungkapan cintanya so beautiful say! banyak ungkapan cinta yang diibaratkan dengan teori istilah-istilah ilmiah. Dan simpelnya, ini tentang lagu cinta sih! -- Yang semakin unik dengan lagu ini, nae suka ada suara kayak UFO-UFO dan hint ala-ala game 8-bit, dan MVnya juga berkonsep universe, penelitian dan diselipin adegan dari film favorit Nanon itu sendiri dan of course ada juga adegan Nanon dengan cewe yang ia kejar. -- Vibes lagu ini terasa bersemangat, full of love dan unik! one more! catchy! Cocok didengar kalau mood lagi bagus dan sedang bekerja, jadi terasa excited.


BELL WARISARA - "Just Friend"
Just Friend merupakan lagu single ke-4 milik mbak Bell Warisara yang rilis 31 Januari 2023 lalu dibawah naungan Home Run Music. -- Kalau ada seseorang yang dekat sama kamu, ibaratnya udah kek pacar tapi dia belum nembak kamu, ini lagu akan mewakili kamu banget sih beb... lagu ini tentang si cowo yang selalu akrab, dekat pokoknya udah memperlakukan si cewe kayak pacarnya, tapi kenyataannya sampai sekarang mereka belum pacaran. Dan ngeselinnya, saat ada cewe lain mendekati si cowo, si cowo akan lupa sama si cewe yang udah deket banget itu, so.. selama ini cuma si cewe yang hanya merasakan cinta doang! -- Dan konsep MVnya juga persis seperti isi liriknya say, dimana mbak Bell punya cowo yang akrab samanya, bahkan sampe posesif gak boleh ada cowo lain ngedeketin mbak Bell... eh.. tiba si cowo digoda cewe lain, malah pindah haluan ntuh cowo! apa gak bete tuh mbak Bell! makanya di lagu Just Friend ini akhirnya dia speak up "just say goodbye!" untuk apa mempertahankan cowo yang nggak bisa memberi kejelasan dalam hubungan, iya gak girls? :v wkwkwkwk mending ngelirik cowo yang memang tulus perasaannya sama kita.

PART 2 : BL SOUNDTRACK FAVORIT NAE DI 2023


PHUWIN - "Living For You" from Never Let Me Go
Lagu Living For You ini rilis 13 Desember 2022 lalu. Dan mempunyai arti yang so deep bangetttt! ngeet! nget! jika diungkapkan dengan 2 kata, yaitu Cinta Mati. Karena liriknya kek be like : "Jangan takut walau kita terpisah, tetap disitu! tunggu aku dan aku akan menemukanmu! gak peduli apa yang kan terjadi besok, tapi tolong ingat ini! aku hidup, hanya untukmu!" nae aja yang pas baca liriknya aja kayak damnnnn.... Romeo dan Julio sih ini anjirr! berjanji sehidup semetong!! tapi nae rasa make sense sih mengingat Never Let Me Go Series tentang cinta Palm-Nuengdiao yang diteror membahayakan nyawa mereka. Pokoknya hidup dan mati deh! ketar ketir! -- MVnya menampilkan kemampuan pianonya Phuwin bernyanyi di depan ayang Pond, feel so romantic di malam yang dingin serta menampilkan scene-scene Palm-Nuengdiao. -- Pertama kali dengar dari trailer resminya nae sudah jatuh cinta banget sih sama lagu Living For You ini, di chorus pertama itu terasa calming, adem ayem, masuk di reff kedua jadi terasa bersemangat tapi ada hint 'nyesek'nya sedikit, dan keunikan lainnya, spesial di penghujung lagu menggunakan bahasa Mandarin. Pokoknya feel so romantic banget deh lagunya apalagi pas tau makna lagunya. Sebagai PondPhuwin shipper! nae mau pingsoy melihat moment mereka di MV ini tatap-tatapan, saling melempar senyuman, sementara nae terkapar di sudut kamar karena baper melihat keuwuan dua cowo kesayangan nae ini! :v


POND, PHUWIN - "100 Seasons" from OurSkyy2 "Never Let Me Go"
Masih bersama kapal kesayangan nae! PondPhuwin :v dimana mereka merilis single duet pertama "100 Seasons" pada 11 April 2023 lalu. -- Lagu ini awalnya didedikasikan sebagai kado untuk penggemar PondPhuwin (yeahhh! nae suka banget sama kado ini T-T) yang bertepatan juga dengan event fanmeet mereka. -- And then... jadwal OurSkyy2 mereka tayang berdekatan pula dengan jadwal rilis single ini. Nae juga sempat misuh-misuh, soalnya OurSkyy2 judul yang lain punya soundtracknya masing-masing. Dan OurSkyy2 Never Let Me Go gak punya, alih-alih menggunakan single ini sebagai soundtracknya. Tapi yahhhh gapapa deh! berhubung lagu ini, lagu favorit nae! jadi si nurul nae maafin karena gak ngasih OST khusus OurSkyy2 Never Let Me Go. -- Bicara tentang lagu! ini heart-warming banget, yaitu perasaan yang tidak akan memudar walau 100 musim telah berlalu #kesetiaan_cinta. -- Yang membuat lagu ini sangat spesial bagi nae selain karena dinyanyikan kapal kesayangan nae, yaitu vokalnya! so satisfy dimana Pond dan Phuwin menyanyikan lagu ini di nada kunci yang berbeda, Pond bernyanyi di nada rendah, Phuwin bernyanyi di nada tinggi. Part paling favorit nae yaitu di brigde songnya, suara deep Pond berharmonisasi dengan nada tingginya Phuwin itu ugggghhhhh!!! candu banget.. -- MVnya menampilkan behind the scene projek kerjanya PondPhuwin, serta konsep summer, winter dan ditutup dengan nyanyi bareng pakai jas itu nae sampe gak bisa berkata-kata lagi. Mau pingsan nae nonton MVnya pertama kali.


JIMMY, SEA - "Madly In Love" from OurSkyy2 "Vice Versa"
Senang bisa melihat JimmySea lagi sebagai PuenTalay "Vice Versa" di 2023 lewat OurSkyy2! yeahhh! JimmySea juga kapal kesayangan nae loh chingu! :) dan mereka juga punya soundtrack OurSkyy2 nya sendiri berjudul "Madly In Love" yang rilis 09 Mei 2023 lalu. -- Lagu ini tentang cinta yang setia. Sejak awal mereka bertemu, hingga sekarang, cintanya gak akan berubah dan akan selalu ada untuk si doi, mencintainya. -- Madly In Love termasuk lagu yang kalem, alias kagak hebohhh! dan gak ada high note... jadi defenisi lagu yang adem dan bermain di nada kunci rendah, ditambah suara JimmySea sama-sama berat! jadi saat didengar tuh terasa nyaman dan alunannya yang asik berbalut hint alunan saxophone membuat nae yang perlahan-lahan ikut menggoyangkan kepala mengikuti tempo lagunya. -- MVnya so artsy! dengan efek-efek animasi ringan menambah kesan keuwuan JimmySea. Juga menampilkan momen Papa Puen, Papa Talay saat menjaga anak misterius yang hadir di dalam hidup mereka *lirik-Jigsaw :v -- Kamu tau ga, kalau nae menulis postingan akhir tahun begini, nae kembali rewatch MV/cuplikan-cuplikan seriesnya, dan nae jadi baper T-T kangen PuenTalay parenting era! T-T pokoknya penggambaran kisah 2 cowo pacaran punya anak! tapi in happy way! pokoknya hari-hari terasa colorful!


CHIMON - "Wind" from Dangerous Romance
7 tahun setelah berada di bawah naungan si nurul, akhirnya ayang Chimon Wachirawit nae punya MV OST pertamanya "Wind" yang rilis 17 Agustus 2023 lalu (Duarr!! Merdekaa!!). Kenapa dulu pas di My Dear Loser : Edge Of 17 nggak dikasih OST yakk waktu era PluemChimon T-T fyi! dulu, nae penumpang kapal PluemChimon, dan now! Chimon sudah menemukan seme terbarunya :v lirik Ae krab.. ehhh! Perth Tanapon :3 #PerthChimon. Apapun itu yoweslah selagi bxb, nae akan support :v wkwkwkwk! -- Kalau tahu arti lagunya, lagu ini sebenarnya puitis, dimana liriknya banyak menggunakan pengungkapan seperti "akulah angin yang lewat dan menemukanmu, tanpamu hatiku akan galau! :v akulah angin yang memegang erat dirimu, angin sepoi yang gak kan pernah hilang dari pandanganmu!" bisa aeeee lu Sailom!! -- MVnya juga gak kalah bagus say, indah banget Chimon nyanyi, terus dibelakangnya lanskap kincir-kincir angin di hari yang cerah + ber-romantis ria bareng ayang Kanghan! -- "Wind" ini lagu adem dengan nuansa romantis.


EARTHMIX, FIRSTKHAOTUNG, FOURTHGEMINI - "The Moon Represents My Heart" from Moonlight Chicken
Anjirr dah! nulis judul lagunya aja udah kek satu kalimat. Oke! lagu ini dirilis 21 Januari 2023 lalu, dan sebenarnya remake dari versi originalnya yang dinyanyikan Teresa Teng, singer asal Taiwan di tahun 1977 dengan judul asli "Yueliang Daibiao Wo de Xin" (Rembulan Mewakili Hatiku). Ada perbedaan tentunya antara versi ori dengan versi remake, kalau versi ori itu defenisi lagu lawas, jadi saat kamu dengar pun bakal ngeh ini lagu jadul. -- Karena sudah di remake dan supaya fit dengan seriesnya yang dramatis, maka lagu ini diaransemen supaya terkesan dramatis dengan bernuansa orkestra dan alunan biola. -- Liriknya masih sama menggunakan bahasa Mandarin, dan arti lagunya defenisi cinta yang abadi, ketulusan cinta, the greatest of love gitu deh! -- Untuk MVnya menampilkan scene-scene Moonlight Chicken serta Earth-Mix, First-Khaotung, Fourth-Gemini dengan setelan jas rapi di stage gitu. Persis seperti perform orkestra. -- Yang ngena banget dari lagu ini nae suka alunan musiknya yang indah banget, terasa romantis tapi seperti menyiratkan kepedihan. Pokoknya kamu wajib dengar deh!


GAWIN CASKEY - "Unable" from Be My Favorite
Ngegalau yuk chingu dengan OST satu ini, "Unable" bareng babang bule Gawin yang rilis 23 Juni 2023 lalu. Bagi yang menonton seri Be My Favorite, pasti udah tau dong si Gawin memerankan seme-nya bernama Pisaeng! nah! lagu Unable ini defenisi curhatan hati si Pisaeng. Yang mana semakin dia dekat sama orang yang dia suka (lirik-Kawi :v), semakin sulit rasanya tuk menggapai si doi. Sampe-sampe be like : "seberapa sakit yang lo pengen gue lalui, silahkan.. gue akan bertahan, tapi ada satu hal yang gak akan gue lakukan sama lo! gue gak akan pernah berhenti mencintai lo!" damnn... cinta itu memang buta ya say,,, walaupun akan tersakiti. -- MVnya menampilkan adegan Pisaeng-Kawi, dan Gawin bernyanyi di dalam sebuah ruangan setelah hujan reda, jadi di jendelanya masih nampak yes bulir-bulir hujannya, dan ekspresinya duhhhh! cakep T-T tapi kasihan karena perasaannya gak dibalas si Kawi. Gini amat nasib seme tersabar yang di uji kesabarannya.


GEMINI NORAWIT - "Hook" from My School President
Sudahi galaunya! saatnya mode kasmaran bersama love song nong Gemini Norawit "Hook" rilis 3 Februari 2023 lalu. Lagu cinta yang terasa romantis dan di mabok asmara akan si doi. -- Nae suka lagu ini karena liriknya catchy dan easy-listening banget say! "love! love! i need somebody to love!" itu terngiang-ngiang terus dibenak nae beserta dancenya, ada dance challange tiktoknya yang gemeshin.. -- MVnya pun gak kalah gemeshin T-T So adorable, TinnGun (Gemini-Fourth) moments dalam frame persegi! yang nae jamin jika kamu menonton MVnya akan senyam-senyum mulu sampe rematik ntuh bibir kamu. -- Hook juga salah satu soundtrack My School President yang populer banget, dan dancenya juga viral di tiktok saat seriesnya masih tayang! -- Hook bagi nae pribadi overall lagu cinta yang saat di dengar akan membuat mood kamu perlahan menjadi lebih baik dan alunannya lagunya nyaman (bukan tipe lagu berisik) dan serasa mengajak badan kamu untuk ikutan bergerak mengikuti temponya. Manis, lucu, candu, heart-fluttering banget deh setiap kali nae mendengar lagu/menonton MV Hook ini.


MIWA - "Love Me" from Jack O'Frost
Lagu ini rilis 07 Februari 2023 lalu dan dipakai sebagai OST Closing BL Jepang Jack O'Frost. Saat pertama kali dengar, nae sudah kencanduan dengan lagu ini. Lagu ini vibesnya nyesek! sesuai dengan makna lagunya kek tentang rela akan cinta, cinta sepihak yang berharap cintanya dibalas, dia akan siap menunggu walaupun menitikkan air mata, asalkan si doi mau berada disisinya. -- "Love Me" gak punya MV, sebagai gantinya ada video versi lyricsnya dan menampilkan scene-scene matahari terbenam, malam berbintang, suasana jalanan sepi setelah hujan. -- Dan bagi yang sudah dengar lagu ini merasa dejavu gak sih kalau lagu ini rada familiar bagian chorusnya dengan lagu V BTS "Christmas Tree" bedanya Christmas Tree kan slow lagunya, kalau ini bertempo sedang dan enjoyable banget, cocok dibawakan kalau nge-band. -- Mendengar lagu ini akan membuat hati kamu ikut merasa heart-warming dengan hint nyesek. Sadly! gara-gara sibuk kerja nae sampe stop nonton Jack O'Frost dan belum lanjut sampe sekarang. Yaaa! setidaknya ada OST nya yang nyantol di telinga nae.


HI-FI UN!CORN - "U&I" from I Cannot Reach You
Hi-Fi Un!corn merupakan band dibawah naungan FNC Entertainment dalam projek kerjasama SBS Medianet, TBS & FNC melalui ajang survival The Idol Band : Boy's Battle, dan melangsungkan debut tanggal 5 Juni 2023 lalu dengan "Over The Rainbow"... then... dilanjut comeback dengan single kedua mereka berjudul "U&I" rilis 29 November 2023 lalu, sementara MVnya rilis lebih dulu pada 26 Oktober 2023 lalu. Dan lagu ini dipakai untuk soundtrack BL Jepang, Kimi Ni Wa Todokanai (I Cannot Reach You). Yeah!~ ntuh BL cuma punya 1 OST doang. -- Lagu ini bergenre Pop Rock dan arti lagunya persis seperti yang si seme rasakan (*lirik-Yamato). Yaitu perasaan sulit tuh menggapai si uke, mau seberapa keras pun si seme berusaha, rasanya berat karena tidak ternotice si doi. (Yamato gih sahabatan aja sama Pisaeng! sama-sama seme yang perasaannya gak di notice). Mau mengungkapkan perasaan juga kaga sanggup, alhasil cinta tak sampai, hati kretek-kretek tapi tetap berusaha yang terbaik untuk si doi dan berharap si doi menyadari akan ketulusan cintanya. -- Lagunya candu sih, dan apa cuma nae yang merasa lagu ini terasa seperti lagu opening anime-anime gitu yak? nevermind.


WOO JI HAN - "A Breeze Of Love" from A Breeze Of Love
Dari OST BL Jepang, kita ke OST BL Korea! ada A Breeze of Love nya Woo Ji Han. Baru ajaaaa nae selesai bikin review seriesnya seminggu yang lalu :v Dan actually nae nontonnya udah agak lama sih, di penghujung November 2023 lalu. -- Alunan lagu ini terasa romantis, manis, bersemangat, so happy & bright! dan nae gak expect si DoHyun (nama peran Woo Ji Han di series ini) yang menyanyikan lagu ini. -- Lagu ini tentang janji yang dibuat bareng si doi kalau mereka akan saling mencintai, baik itu sekarang maupun di masa mendatang. Gak peduli mau hujan, badai, terik, angin semilir menghampiri hubungan mereka, mereka akan saling menguatkan dan berada di sisi si doi. Lagu yang di seriesnya dipakai untuk scene Ban DongWook & Lee DoHyun lagi ber-romantis ria. Apalagi saat kamu menonton seriesnya + lagu ini fix! bibir nae aja sampai keram karena senyam senyum melihat keuwuan dua oppa kesayangan nae ini!


BLITZERS - "You And Me Now" from Sing My Crush
Berikutnya lagu favorit nae yang datang dari BL Korea musikal kesayangan nae! yaitu "You And Me Now" dibawakan oleh Blitzers, rilis 09 Agustus 2023 lalu. Sebelumnya Blitzers juga pernah ngisi OST BL Cherry Blossom After Winter tahun lalu, dan sekarang mereka berpartisipasi lagi untuk Sing My Crush. -- You And Me Now merupakan lagu tema series ini (lagu utama). Lagu tentang ada 'rasa' sama si doi dan mencoba berani untuk mendekatinya. Awalnya mungkin terkesan gak berjalan dengan baik soalnya cemas, takut, merasa awkward apabila si doi gak membalas perasaannya, tapi dia tetap optimis untuk mendapatkan hati si doi. -- Lagu ini pertama kali dengar dari trailer nya juga udah terngiang-ngiang di benak nae, lagu ini mengingatkan nae juga sama lagu-lagu KPop gen-2 + alunan lagu ini bersemangat banget! cocok didengar pagi hari sebelum memulai menjalani hari. -- Lirik yang paling candu bagi nae itu di chorusnya "seotulleodo neoege, dagagalge... sonjaba jullae.." pokoknya kamu harus dengar, part ini satisfy, candu, excited and feel of love.


ANTS - "Second Wind" from Sing My Crush
Perilisan lagu ini serentak dengan You And Me Now dan lagu OST Sing My Crush lainnya. -- Di seriesnya, lagu ini ceritanya ciptaan si uke (Han Baram) setelah pacaran dengan si seme (Im HanTae), lagu sebagai ungkapan terima kasih karena sudah menemaninya disaat bahagia maupun terpuruk dengan tulus. Dan dinyanyikan di scene penghujung seriesnya. -- Pertama kali dengar lagu Second Wind nae sampe speechless loh chingu, apalagi pas tau liriknya yang super romantis banget kek : "gue tercipta olehmu, kau membuatku memimpikan cinta, kau yang membuatku bernafas, kau yang memelukku saat ku tersesat, kau yang selalu berada disisiku, cahayaku dalam kegelapan, kau menjadi dunia ku, dan ku akan menggenggam tanganmu" -- Vibes lagunya terasa romantis dan full of love. Apalagi setiap kali mendengar lagu Second Wind nae kembali teringat kiss scene HanTae & Baram yang mantulity banget! dan heart-warming banget deh!! bagaimana akhirnya si Baram menemukan pengobat hatinya setelah dilukai cinta pertama, dan kehadiran cinta kedua (Im HanTae) menyadari... pasti suatu hari kita akan menemukan orang tepat untuk kita yang dengan tulus sepenuh hati tuk mencintai. Oh ya! vokal ANTS dan high notenya sopan banget masuk ke telinga T-T


CEON / Anthony Wen & YuFan - "A Tomorrow That Has You" from Kiseki : Dear To Me
Lagu opening Kiseki : Dear To Me ini rilis pada 22 Agustus 2023 lalu. Lagu ini bergenre Mandarin Pop. Dan mempunyai arti yang deep tentang rela berkorban demi cinta kek be like : gak peduli seberapa jauh kita sekarang, aku ingin pergi ke hari esok dimana memilikimu. Seperti cahaya yang terhalang awan gelap, itu gak akan berubah oleh karena halangan siapapun. Bahkan jika semua suara mencoba menjauhkan kita, aku siap melawan seluruh dunia untukmu!" -- Alunan lagu ini terasa bersemangat dan so addict, dan sekilas mengingatkan nae sama lagu-lagu OST HIStory3 Trapped & Make Our Days Count, vibes lagunya mirip-mirip. -- Dan nae asal dengar lagu ini teringat scene openingnya yang candu + pemerannya yang cakep-cakep parah kek Hsu Kai, Taro Lin, Nat Chen, Louis Chang. -- Nae juga merekomendasikan seriesnya untuk kamu tonton say! yang 2019 lalu rencananya tayang setelah Trapped, tapi karena novelnya belum siap, dan siapnya di 2021, maka kesempatan dibuatin ke series terwujud di 2023 ini. Jadi Kiseki : Dear To Me defenisi penantian yang panjang sih bagi nae! dijamin bikin baper baik itu series maupun soundtracknya.


FORD ARUN - "Tomorrow" from Moonlight Chicken
Di 2 lagu terakhir ini, nae emang sengaja menyisihkan paling akhir, karena punya pesan mendalam banget. -- Tomorrow sendiri di rilis 16 Februari 2023 lalu. Lagu mellow, suara Ford yang lembut, dengan makna mendalam tentang hari "Esok" kek be like : "Masih ada hari esok untuk kau temui dan keringkanlah matamu yang berkaca-kaca! ada hari esok! untuk kau rebut dan kau hargai! akan ada hari esok untuk kamu cintai dan bergerak maju! masih ada hari esok untuk kita memulainya kembali. Tunggu saja!" -- Kamu terserah sih mau percaya atau tidak, kalau saat nae menonton Moonlight Chicken + lagu Tomorrow dan ada terjemahan lagunya, saat itu nae sampai nangis kejer di kamar sendirian. Lagu ini benaran defenisi "heal your feeling, everything will be Okay! dont worry!" yes! lagu yang didengar seperti memberikan semangat kalau tak apa kalau saat ini kita merasa lelah, ingin menangis, tak apa! beristirahatlah sejenak, tarik nafas! hembuskan.. masih ada hari esok untuk kita bangkit dari keterpurukan dan menjalani kehidupan lagi. -- Lagu yang serasa memberi pelukan hangat, menempuk-nepuk pundak kita kalau kita sudah bekerja keras dan meyakinkan semua pasti akan baik-baik saja. -- Yeah! emosional banget...


FOURTH, GEMINI, FORD, SATANG - "Once Upon A Time" from My School President
Lagu terakhir yang nae rekomendasikan untuk kamu dengar adalah Once Upon A Time nya My School President yang rilis 24 Februari 2023 lalu, yeahh! di episode terakhir My School President, sementara nae yang udah kecantol sama lagu ini sejak trailer resminya rilis sekitar minggu terakhir November 2022. Bayangkan setiap minggunya nae menunggu kapan giliran lagu ini rilis, eh!! ternyata paling terakhir pula. Kesel sih! tapi mengingat arti lagunya nae pun jadi maklum dan wajar kenapa lagu ini rilis paling akhir. -- Lagu Once Upon A Time adalah lagu perpisahan. Lagu mengenang masa-masa suka duka bersama sahabat terdekat, mengenang apa itu arti kebersamaan yang akan menjadi bagian kenangan berharga dalam hidup kita. -- Alunan lagu ini membuat nae merasa emosional dengan hint youtful, vibes lagu-lagu perpisahan sekolah yang dinyanyikan di acara prom sekolah. Seketika nae flashback dengan masa-masa sekolah nae, teman-teman dekat nae yang sekarang sudah menjalani kehidupan masing-masing bersama keluarga kecilnya! :v dan nae masih jomblo! :v #Prettt ... lagu ini semakin membuat nae haru bertepatan dalam scene TinnGun dkk sudah lulus SMA, Tinn yang sudah selesai menjabat OSIS dan berhasil mempertahankan klub cowo kesayangannya, begitu juga Gun dan geng klub musiknya yang membuat kenang-kenangan di klub musik untuk adek kelas mereka nantinya. -- Lalu apa hubungannya lagu ini dengan lagu terakhir nae rekomendasikan? karena kita akan meninggalkan 2023 dalam hitungan beberapa hari lagi. Nae pengen lagu ini menjadi reminder apa yang sudah kita lakukan dalam 1 tahun terakhir, suka duka yang kita alami! dengan lagu ini akan menjadi penutup yang manis untuk say goodbye dengan kenangan yang kita lewati.

***
Nae rasa cuma segini aja deh lagu yang nae rekomendasikan untuk kamu say! ini aja kesannya udah banyak banget kan? dan sebenarnya masih banyak lagu yang dirilis tahun 2023 ini dalam playlist nae, tapi gak mungkin nae jabarin satu per satu T-T capek woii ngetiknya! jadi nae memilah mana yang kayak "ohhh! ini wajib banget mereka dengar!"
Kalau kamu ngeh! lagu yang nae rekomendasikan ini rata-rata golongan lagu yang pertama kali dengar langsung nyantol ke telinga nae! dan kebanyakan punya arti mendalam tentang self-love disamping lagu lainnya yang emang bercerita tentang cinta (mabuk cinta/putus cinta). -- Lagu self-love itu penting lo say! terkadang sahabat terbaik untuk menyemangati diri kita sendiri adalah justru diri kita itu sendiri, kalau kita gak sayang sama diri kita, bagaimana kita bisa sayang sama orang lain! (nae bisa kok! sayang PondPhuwin :v) #beda-cerita-woey! 

Nae harap salah satu dari lagu playlist nae ini ada yang cocok untuk kamu. Jika kamu punya rekomendasi lagu yang untuk nae dengar (yang rilis di 2023 ini) kamu bisa berbagi dan merekomendasikannya kepada nae di kolom komen ya! :) atau kamu juga bisa sharing lagu-lagu asia / OST BL apa yang menemani kamu di sepanjang tahun 2023 ini.
Dan setiap nae menuntaskan Rekomendasi lagu begini, pasti ada 1 postingan lagi untuk penutupan Kaleidoskop 2023 ini. Kita ketemu disana lagi ya :) nae pamit undur diri, see you and Byebye!
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)