[REVIEW] – SING MY CRUSH (2023)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

SING MY CRUSH adalah BL Musikal Romance yang diproduksi oleh Myung Film x NEW (New Entertainment World). Also memproduksi Blueming, Love Tractor, dan Bon Appetit. Tayang pada tanggal 2 Agustus 2023 lalu dengan total 8 Episode (Iye! langsung Bleb!! Sekali rilis semua.). Series ini bisa ditonton dari platform iQIYI ya chinguu.


CurSing (Curhatan Singkat) :
Sing My Crush pertama kali diumumin bakal dibuatin ke dalam live actionnya sekitar Oktober 2021 lalu dan rencananya bakal tayang di 2022. But... pada akhirnya tayang pada Agustus 2023. (hasil nanya sama mbah gugel lagi :3). Tapi gak ngaruh sih sama nae, yang baru tahu sama series ini sekitar sebulan yang lalu.. berartiii... September yak?  itupun taunya dari Twitter loh! biasalahhh... tweet dari fanpage BL secara randomly muncul di beranda nae dan membahas tentang Sing My Crush yang katanya BAGUSS!! --- So.. apakah emang sebagus itu? mari nanti kita bahas yes! :v


Casts :
Jang Do Yoon a.s. Han Baram 
HBD : 31.08.1995
Riwayat : Do Yoon-ssi, dikenal sebagai penyanyi, model dan aktor. Sebelumnya, dia merupakan trainee di Pledis Entertainment selama kurleb 3 tahun, dan rencananya bakal debut dalam boy group Seventeen. (Tau kan :v) and sayangnya, pada 17 Juli 2014, diumumin deh kalau dia memutuskan untuk keluar dari agensi dan bakal fokus di bidang akting. Btw, nanggung banget gak sih T-T soalnya tahun depannya SVT debut, tapi sudah keputusannya ye kan... lagian andai Do Yoon hyung debut di SVT, dijamin gak bakal dibolehin main BL Drama sama agensinya. Seperti nae yang mengharapkan Kim Mingyu nge-BL :v boro-boro dibolehin.. #Plakk!

Son Hyun Woo a.s. Im Han Tae
HBD : 30.07.1996
Riwayat : HyunWoo-ssi, dikenal sebagai aktor dan model sebelumnya dibawah naungan YG KPLUS. Pada 2021 dia debut dalam boy group ATO6 dengan single berjudul 'Runaway'. Yang bikin unik tuh, semua member-membernya itu model. Setelah merilis itu, gak ada lagi kabar mereka merilis projek lagu di tahun berikutnya, even gak ada juga berita sudah disband pa kaga. Tapi yoweslah, toh pada dasarnya mereka kan model, jadi ngapain repot persiapan jadi idol yang kudu comeback tiap tahun. :v -- Jadi dia ngefokus akting dalam sejumlah drakor. Jujurly! nae shock kalau ternyata dia yang jadi si GangWook di drakor Dear X Who Doesn't Love Me (2022) lalu, nae taunya cuma sekilas aja sih, karena nae kan ngedownload foto-foto DoYoung NCT pas pembacaan naskahnya, terus ada beberapa fotbar sama pemeran lainnya, dan ada ni anak. Update-an terbarunya, sekarang dia sudah berada dibawah naungan agensi Outer Korea.

Storyline :


Mengisahkan siswa SMA yang berbakat bermain gitar bernama Han Baram + lagi dimabok asmara pula. #FirstLove -- Emang ya! yang namanya cinta pertama tuh bikin hati berflower-flower banget say :v kek gitulah yang dirasakan si Han Baram ini, dia les gitar sama seorang guru tamfan bernama Jin SangIn, dan sudah memendam lama perasaannya ditambah pak guru satu ini selalu memberi perhatian dekatttt banget! apa gak makin baper tuh si Baram. Pak Gurunya bilek : "Gausah panggil pak guru! panggil abang hyung aja!" trus ngelus-ngelus jemari Baram yang lecet main gitar dan memberikan hadiah pick gitar bertuliskan nama si Han Baram. Salting brutal anak orang dibuatnya. -- Selain jago bermain gitar, si Baram juga jago nulis lagu, so dia menulis sebuah lagu berjudul "Letter Of Apology" yang terinspirasi dari sang pak guru tersayang. Jadi saat memainkan lagu itu, maka dia akan terbayang akan cinta pertamanya. Oh-Pak-Guru-ku-sayang :3 Dan lagu itu rencana akan dinyanyikan untuk pak guru tercinta sekaligus dia akan menyatakan perasaannya, setelah dia mengikuti audisi. -- Yeah! si Han Baram ikut audisi pencarian bakat gitu deh.


Jadi dia udah optimis banget nih ikut audisi. Eh! saat hendak masuk ke dalam ruangan, dia gak sengaja bertubrukan dengan calon ayang :3 (Ehemm! Cakep banget Im Han,,, tahannn nae! tahannn!). Apesnya, gitar si Baram rusak. Auto panik dong! mana dia gak punya cadangan gitar lagi. And kebetulan pula, calon ayang yang bertubrukan dengan si Baram ini mau ikut audisi juga. Actually bisa tubrukan, karena calon ayang juga panik, dia buru-buru mengira dia sudah telat audisinya. Waitt... posisi jatuhnya itu loh! romantis banget T-T sempat pula lagi tatap-tatapan. Ini masih di menit-menit awal seriesnya loh tapi serbuk keromantisannya sudah bikin nae senyam senyum. -- Lalu, gimana dengan audisinya si Baram? Calon ayang pun meminjamkan gitarnya! Baram be like : "Kalo gue pake, lo gimana?" Calon ayang be like : "Gapapa! Gapapa! lagian gue ikut audisi hanya iseng-iseng aja kok. Kalo lo dah siap, ntar balikin lagi sama gue! Okey! Hwaiting :3"  -- Pas si Baram bergegas masuk, calon ayang be like : "Anjayyy! baik juga gue..! :v" (Hmm... bau-bau cowo green flag nih :v) -- Audisi deh si Baram... but, dia gagal sebelum memulai. (loh kok bisa?) pas dia hendak memainkan gitarnya, dia baru ngeh ada yang hilang. Yaitu pick gitar pemberian pak guru tercinta gak ada T-T Jadi, dia memilih gak jadi ikut audisi dan pergi sambil mevvek. (Soal, pick gitar, dont worry! calon ayang yang menemukannya :v).


Alasan dia ikut audisinya bukan untuk pamer pencapaian sama orang lain! tapi demi pak guru tersayang! supaya pak guru bangga samanya. Dan pick gitar itu, si Baram dah menganggap kek pemberian 'istimewa' dari cinta pertamanya. Na'as.. udah picknya hilang! gagal audisi sebelum mulai! dia pun merasa kecewa sama dirinya sendiri say T-T saat-saat si Han Baram mode mevvek, pak guru tercinta menyemangatinya, memberi support! gapapa gagal, gak semua hal di dunia ini bisa kita kendalikan sesuai harapan kita. Untuk menghibur si Baram yang masih mode mevvek, pak guru pun menyuruh si Baram untuk menyanyikan lagu yang gak jadi dinyanyikannya saat audisi. -- Mood si Baram pun auto stonk say, dia menyanyikan lagu itu merduuuuuuuu banget! nae aja sampe "Wow!" gak nyangka suara Baram sopan banget masuk ke telinga nae. Rasanya seperti hembusan angin sepoi yang mengelus lembut gendang telinga nae. Kabar baiknya! pak guru suka sama lagunya, merasa takjub, muridnya bisa membuat lagu sebagus itu. -- Dan disini deh si Baram mulai membahas alasan di balik lagu itu, which is lagu yang dia ciptakan saat memikirkan pak guru tercinta! + dia menyatakan perasaannya sama Pak Guru. -- Pak Gurunya awalnya mencoba untuk positif thinking, 'suka' yang dimaksud bukan berarti cinta sebagai pacar. Jadi Pak Gurunya ngetes si Baram, berani mencium dia gak? Karena si Baram naksir parah, dia mau mencium pak guru tersayang! Kabar buruknya! pas hendak dicium, pak gurunya langsung menjauh, dan panik!! kemudian menjelaskan dia hanya menganggap si Baram cuma sebatas hyung-dongsaeng doang (kakak-adek, guru-murid) gak lebih dari itu.


Fix! cinta pertama Baram bertepuk sebelah tangan say! Potek! seketika terdengar seperti suara gigitan es krim magnum tau ga *kretek-kretek. (suara hati Baram yang retak ditolak pak guru). -- Jadi si Baram menggalau disuatu tempat, bermevvek ria. -- Eh bertemu lagi deh sama calon ayang :3 Calon ayang merasa bersalah gaes, dia mengira si Baram nangis karena gagal audisi gegara insiden tubrukan itu. Disitu calon ayang pun gentle banget loh, dia kek be like : "pukul aja gue sepuasnya! gapapa!" sambil melibas-libaskan tangan si Baram ke kepalanya. Ekspresi si Baram itu njir bikin nae ngakak cara natapnya, dari sorot matanya kek "Resek amat ni orang, orang gue galau karena cinta tulus gue ditolak". -- Alhasil karena kesedihan si Baram masih segar banget, dia pun mevvek disandaran calon ayang. Calon ayang pun "Nangis aja! gapapa... menangislah, jika itu bisa membuat lo merasa lebih baik." sambil ngelus-ngelus pundak si Baram. -- Wait! ini masih calon ayang loh, tapi perhatiannya luar biasa banget! :3 nae aja yang nonton scene ini be like : "Gile! ini green flagnya jelas banget anjir..." -- Calon ayang juga meminta nomor hengpong si Baram. Si Baram aja sampe heran, baru kenal dah minta nomor hengpong, emang lo siape! dan nae suka sih percakapan mereka disini. Si Baram yang masih berwajah sedih be like : "Untuk apa?" -(gue pengen traktir makan sama lo!) - "Kenapa?" -(pengen aja :v mulai sekarang lo dan gue temenan yak! *sambil-ngembaliin-pick-gitar-si-Baram)- "Kenapa kita harus temenan?" -(pengen ajha :v). wkwkwkwkw...


Bicara tentang calon ayank, namanya Im HanTae, karakternya tipikal seme yang lucu, ceria, hangat, yang paling utama! green flag parahhhhhhhh!!!! funfact! actually si HanTae ini ngefans sama si Baram. Dia belajar les gitar sama Pak SangIn juga, jadi pernah suatu hari dia mengira telat datang les, eh.. melihat si Baram memainkan sebuah lagu yang ademmm banget. Disitu deh dia merasa takjub sama si Baram. (Hmm.. bau-bau bucin detected :v jadi selama ini si HanTae udah kenal wajah si Baram tapi saat itu masih belum tau namanya) -- Pasca ditolaknya cinta si Baram, lalu si Baram bertemu calon ayang HanTae... membuat level hubungan diantara mereka menjadi teman! sering hang out bareng, apalagi saat si HanTae mendengarkan suara Baram yang menyanyi lembut, sampai-sampai salting ni anak melihat video rekaman si Baram nyanyi. Disitulah ambisinya muncul. Nae menyebutnya 'main agensi-agensian :v" jadi si HanTae bikin kontrak perjanjian di kertas, pokoknya isinya tuh 100% akan mendukung, menjaga, mengabdi yang terbaik untuk si Baram. Dan berjanji akan membuat si Baram jadi penyanyi terkenal :v then si HanTae sendiri yang ceritanya jadi managernya. :v Reaksi si Baram kek be like : "Ngawur ni anak!" tapi dia tetap menuruti permainan agensi-agensian yang dibuat si HanTae. -- And waktu berlalu sangat cepat, dimana level teman berubah jadi sahabat dekat, kemana-mana selalu sama, mulai dari masa SMA hingga lulus dan memasuki dunia kerja. Oh ya! mereka juga tinggal serumah lo :3 (Awww!).


Di dunia kerja, si HanTae bekerja sebagai karyawan Bar, dan si Baram jadi vokalis di band bernama "Ddara-baram" bersama 2 member lainnya, yaitu YoungMi & JeongPal. -- Meskipun si Baram belum menjadi penyanyi terkenal, si HanTae benaran mendukung si Baram say, mempromosikan di sosmed, mendesain poster dan menempelkannya dijalan-jalan sampe ke gedung-gedung agensi :v dan dari POV nae sendiri... nae sebenarnya ini menganggap *pacar-berkedok-sahabat. -- Soalnya, pernah saat si HanTae mabok, dia menyatakan perasaannya sama si Baram. Lalu, bagaimana dengan perasaan si Baram sendiri? waktu awal-awal kenal dia emang gak ada rasa sama si HanTae jadi kek pure menganggap cuma sahabat, tapi seiring berjalannya waktu yang mereka lalui bersama, si Baram jadi ada rasa sama si HanTae. (pertanyaannya! kalo emang udah dasar sama-sama suka, kok gak pacaran aja? pertama! si HanTae menyatakan perasaannya pas mabok! logicnya, bisa aja kan cuma asal ngomong, kemudian nae lihat si Baram kek masih mencoba menahan diri gak mau melewati batas dari persahabatan mereka). -- Ada titik dimana si Baram kembali merasakan luka masa lalu, yaitu saat dia dan anggota band pindah tempat latihan ke tempat yang dulunya dipakai pak guru terjahat mengajari si Baram bermain gitar. Jadi setiap kali melihat tempat itu, si Baram selalu terbayang cintanya yang ditolak. But, demi teman-temannya, si Baram mencoba mengaburkan rasa sakit itu, dan bakal fokus dengan masa depan band mereka.


Soal lagu "Letter Of Apology" yang dibuat untuk pak guru terjahat yang teganya menyakiti hati my Baram. Berkat bujukan ayang HanTae, si Baram pun menyanyikannya di bar. Mungkin pemikiran si HanTae : "Lagu sebagus itu, dunia harus tau!" luckily! mendapat respon positif dari netizen! dan kepengen banget dengar versi fullnya (fyi, setiap kali si Baram menyanyikan lagu ini, gak pernah sampai habis, cuma sepotong aja). Karena bagi si Baram lagu ini, 'perih' coy... yang dia kira awalnya saat memainkan lagu ini akan membuat hatinya berbunga-bunga eh.. pada akhirnya, menjadi luka mendalam. Bahkan masih terasa sakitnya sampai sekarang... -- ditambah, ada konflik baru! dimana ada boyband baru debut bernama "BLUEWIN" dengan judul lagu dan lirik yang sama dengan "Letter Of Apology", bedanya cuma di tempo aja, kalau versi si Baram kan akustik ballad slow-slow sendu, kalau versi Bluewin itu temponya cepat jadi cocok dipake nge-dance. Of course hal ini gempar say di jagat maya, tentang siapa pencipta lagu ini sebenarnya? apakah Band Ddara-baram yang nge-plagiat, atau Bluewin yang nge-plagiat? -- Jangan tanya reaksi si Baram gimana say! bekas luka hatinya masih belum sembuh, udah disayat lagi. Ho'oh! pas si Baram tau ternyata di Bluewin itu salah satu membernya adalah Pak Guru SangIn, si Baram hanya bisa terdiam sambil menitikkan air mata. Emang gak tau diri pak guru bgsd itu, cinta milik penciptanya ditolak, tapi karya penciptanya diserobot, gak ngotak!! -- Si HanTae, YoungMi & Jeongpal sampe merasa heran dengan sikap si Baram yang tiba-tiba bersedih! but, si Baram memilih bungkam dan tetap merahasiakan kebenaran akan lagu itu yang berkaitan dengan cinta masa lalunya.


Dari POV si bgsd SangIn, dia ditegur pihak agensinya... kek nanya apa benar itu karya ciptaannya atau nge-plagiat? mau apapun itu, dari pihak agensi menyuruh si bgsd ini untuk menyelesaikan skandal ini. -- Nae rasa urat saraf malu makluk satu ini udah putus tau gak chingu, dia udah mencuri karya orang lain, terus masih berani nunjukin muka kehadapan penciptanya. Yup! Si bgsd SangIn ini menemui si Baram pas lagi perform di bar, disitu pun kondisi si Baram lagi gak stabil, demam, terus masih suasana bergalau ria. Aisshh! YAAA... kalau nae bisa masuk di series ini dah nae tonjok si bgsd itu. -- Jadi kedatangannya, untuk membahas tentang lagu itu. Karena kondisi si Baram lagi belum stabil, jadi dia berencana bakal ketemuan sama iblis satu ini di kemudian hari. -- Dan dari POV si HanTae, sejak skandal plagiat lagu itu beredar, dan melihat ekspresi si Baram yang berubah tiba-tiba mengsedih ria! dia udah cemas... tapi dia gak dapat jawaban apapun dari si Baram yang masih kekeuh gak mau cerita tentang masa lalunya. Hingga tiba si bgsd SangIn menemui si Baram di bar, disitu si HanTae ngeh kalau si SangIn sekkiya ini ternyata punya niat buruk sama si Baram. Jadi di hari pertemuan Baram dan SangIn bgsd ini, actually si HanTae diam-diam ngekor dari belakang, sembunyi disemak-semak (eh ketahuan) :v Kepo soalnya dia.


Oke! apa yang dibahas Baram dan SangIn bgsd? Yaitu kepemilikan lagu "Letter Of Apology" itu. SangIn ajg be like : "Bukannya lagu itu lo ciptakan untuk mengingat gue?!" *sambil-tersenyum-iblis. Disitu nae refleks kesel anjir kek "Yaaa! Shibal sekkiyah!! -,- lagu untuk mengingat lo, tapi yang membuatnya kan tetap si Baram.. bukan hanya karena dia terinspirasi dari lo, terus lo ngaku-ngaku karyanya itu jadi hak milik lo! ngotak dong anjir... anak orang tulus menciptakannya, terus cintanya lo tolak, lo curi pula lagi karyanya untuk tujuan komersil lo.." (emosi nae! :( kesel beut sumpahhh!!) -- Tapi apa daya say... si Baram gak bisa berbuat apa-apa, karena rahasianya ada sama si bgsd itu. Yaitu dia gak kepengen kesebar dan orang-orang jadi tahu, terutama si HanTae dan teman bandnya kalau lagu itu diciptakan si Baram untuk menyatakan perasaannya sama si iblis SangIn. -- So.. si bgsd itu menawari kesepakatan, yaitu membuat klarifikasi kalau si SangIn dan Baram temen dekat jadi kek gapapa lagu itu dipake / ditawari join sama agensi si SangIn! Berhubung si Baram pikiran dan hatinya masih semrawut, dia kek be like : "kasih gue waktu untuk pikir-pikir dulu deh!"


Kembali ke POV si HanTae! yang tiada hari tanpa mencemaskan sang ayang. Alasan si Baram gak mau memberi tahu tentang masa lalu lagu itu sama si HanTae actually karena dia sayang sama si HanTae. Dia kek "Biar gue yang menyelesaikan masa lalu gue!" mungkin pemikirannya, dia gak mau cowo yang dia suka sekarang terseret-seret ke dalam luka masa lalunya, tapi siapa sangka itu menjadikan si Baram kelihatan egois tau ga chingu, soalnya semua tawaran bantuan yang disarankan si HanTae, semua ditolak si Baram. Dengan marah-marah sama si HanTae yang katanya 'terlalu ikut campur!" -- Aishh.. padahal si HanTae udah tulussss banget mau menolong! mau memperjuangkan karya uke kesayangannya. Wajar dong kalau si HanTae jadi kesal dan marah. Jadi dia dan si Baram pun bertengkar, minggat lah itu!, apalagi pas scene si HanTae nge-packing barang-barangnya ke koper sambil ngedumel "tega lo kek gini sama gue! apa gue gak ada artinya sama lo? hah? ide gue salah? gue yang salah disini? hah?" dan pas mau pergi dari rumah pun, dia berpapasan sama si Baram yang jalan sambil nunduk berwajah sedih, si HanTae be like : "Lo gak ada niatan nyetop gue gitu?" -- wkwkwk! ini scene mereka lagi bertengkar, tapi masih sempat-sempatnya ada hint lucu dari si HanTae ini. -- Untuk melampiaskan kekesalannya, si HanTae pergi ke arena boxing! mukul-mukul guling tinju sekeras-kerasnya, eh.. tiba-tiba terbesit aja di ingatannya, kalau dulu dia pernah ngevideo-in si Baram nyanyiin lagu "Letter Of Apology" itu pas masih SMA. So.. dia langsung buru-buru pergi ke rumah emaknya untuk mengambil hengpong lamanya :v


Nae amaze tau gak, dia kesal sama si Baram yang gak mau jujur + egois. Tapi si HanTae masih memikirkan cara lain membantu si Baram. Dengan video itu, sudah jelas bisa membuktikan kalau si Baram lah pemilik lagunya. Jadi setelah mengambil hengpong lamanya, dia kembali ke rumah ayang, melihat ayang yang mabok-mabok ngegalau sendirian. Makin gak tega dong ayang HanTae marah berlama-lama. -- Makanya pas bangun pagi esoknya si Baram heran kok udah disini aja crush gue satu ini, dia pun ngelus rambut si HanTae. HanTae langsung mode kepedean njir bilek : "Tuh kan, pasti kangen sama gue kan? ;v mata lo sembab, pasti lo semalam nangis karena gue gak disini kan, ngaku lo! :v" -- And.. si HanTae ngasih surprise sama si Baram! yaitu rekaman video yang di nyanyikan si Baram saat mereka masih SMA. Gak cuma itu! si HanTae ternyata sudah nge-upload video bukti itu dari page resmi band & sudah lapor ke wartawan soal lapak sebelah yang nge-plagiat karya ayangnya. -- Ketebak gak reaksi si Baram gimana? kumatt!! marah-marah "Udah gue bilang ga usah ikut campur!! kenapa sih lo gak percaya gue bisa nyelesaikan masalah ini?" -- Si HanTae juga kumat kesalnya, dan kali ini dia stand-up! "Gue frustasi! Gue gak bisa melihat lo diginiin si bgsd itu. Apa kelemahan lo sehingga lo gak bisa berkutik? dia hanya memperalat lo tau gak!" -- Dan disini jugalah si Baram memberitahu rahasianya kek : "Lo mau tau banget kan kelemahan gue apa? Gue pernah suka sama Pak SangIn, dia cinta pertama gue! lagu itu adalah lagu yang gue ciptakan saat memikirkan Pak SangIn. Jadi gue pengen berpura-pura itu semua gak pernah terjadi dan melupakannya, jadi gue menahannya walaupun gue tahu, gue sudah diperalat samanya. Tapi lo malah menghancurkan semuanya!" -- HanTae be like : "Damn!" speechless.


Soal video bukti yang sudah beredar, membuat si SangIn bgsd dalam masalah besar. Jadi dia menemui si Baram sambil marah-marah. Scene ini nae benci banget, si Baram udah sampai nangis-nangis dibentaknya, masih sempat-sempatnya mau menghasut si Baram dengan tiba-tiba memperlembut ucapannya, memberikan tatapan seperti ada rasa, kemudian mengusap air mata si Baram. Hadehh! kalau nae jadi si Baram, dah nae bilang : "Singkirkan tangan kotormu itu dari wajah imut gue ajg!!" -- So... si Baram pun mengambil keputusan hengkang dari band, trus berencana join ke agensinya si bgsd SangIn. -- HanTae, YoungMi, dan Jeongpal aja shock dengan keputusan si Baram itu, pokoknya nae gak henti-hentinya amaze sama green flagnya si HanTae. Di saat anggota band lainnya merasa kecewa, si HanTae meyakinkan anggota band kek "Baram bukan tipe orang seperti ini! kalian juga ngerasa gitu kan?" Jadi mereka pun sepakat untuk berusaha mendapatkan kembali si Baram sebelum resmi diambil agensi sebelah. -- Soal si Baram sendiri, dalam mode terpuruk... yang sekarang hanya bisa rebahan dibalik selimut sambil menitikkan air mata kegalauan, si HanTae punya ide untuk mengembalikan Baram yang optimis seperti dulu lagi.


Yaitu membawa si Baram ke arena boxing! membuat si Baram bisa meluapkan emosinya yang selama ini dia pendam... setelah perasaan si Baram mulai melega, gantian, sekarang giliran si HanTae yang meluapkan emosinya. Dan lagi-lagi, nae takjub dengan penyampaian kekesalan si HanTae, dia nge-boxing tapi sambil mencurahkan unek-uneknya sama si Baram : "Kalo lo pergi ke sana, gimana nasib band kita hah? gimana dengan mimpi kita? gimana dengan gue? lo jahat banget tau ga! gimana bisa lo ngelakuin ini semua. Kalau cara lo menyukai seseorang seperti itu, pantas saja lo ditolak." -- Mendengar ucapan si HanTae begitu, si Baram auto mevvek, T-T terus be like : "Kenapa sih menyukai seseorang itu sangat melelahkan T-T apa salah gue?" dan langsung deh dipeluk ayang HanTae, dipuk-puk jangan nangis bebeb, "kamu ga salah kok! Gwencana.. Gwencana..." -- Also, scene ini bikin nae gemes tau gak, si Baram mukul dada bidang si HanTae dengan ucul banget T-T gemoy dengan mata masih berkaca-kaca dan senyuman tipis be like "lo sih, mukulnya kuat-kuat banget T-T makanya gue nangis." -- Berkat ide ini, si Baram bisa bernafas lega, dan mendapatkan kembali keoptimisannya.


Jadi si HanTae membawa si Baram ke taman, dan nyuruh nge-busking membawakan lagu "Letter Of Apology" itu di depan umum. Sebelum tampil pun, si HanTae ngesupport banget kalau si Baram pasti bisa membawakan lagu ini. -- Nyanyi deh si Baram, disela-sela dia menyanyikan lagu ini, dia flashback momen dimana si HanTae sudah banyak membantunya mulai dari awal bertemu hingga sekarang. Jika selama ini dia gak bisa menyanyikan lagu ini secara full karena mengingatkan luka cinta pertamanya dulu. But demi ayang HanTae, no more sadness, no more tears! selamat tinggal masa lalu, dan kamu sekarang ya sekarang, jadi si Baram menyanyikan lagu ini secara full dengan penuh percaya diri dan senyuman. Si HanTae sampe terharu saking bahagianya. T-T -- Kali ini, SangIn bgsd sudah gak ada harapan lagi, jadi dia dimusuhi rekan se-grupnya + di depak dari agensi :v (Mamposss! enjoy that karma b*tch :v) -- Itupun masih gak tau diri say, dia masih berani menemui si Baram. Bilang "Nasib gue jadi begini, semua itu karena lo! itu hanya sebuah lagu, apa hebatnya sih!" (Yaaa!! bgsdd... kalau emang cuma lagu kenapa sampe lo curi? emang dasarnya otak lo aja yang gak guna.) #Kezel. -- Dan kali ini si Baram gak bakal diam + mevvek lagi. Si Baram sudah tegar dan bicara lembut : "Iya, lagunya memang terinspirasi dari elo, tapi sekarang 'dia' sudah tidak ada lagi. 'dia' sudah banyak berubah" then, si Baram mengembalikan pick gitar yang pernah diberikan si bgsd itu. -- Si SangIn sekkiya pun merasa tertampar, termalu lalu memilih untuk pergi, and itulah pertemuan terakhir Baram dengan luka masa lalunya.


Jika luka masa lalu sudah berlalu, it's time to fokus dengan masa depan hatinya Baram. *lirik-ayang-HanTae. -- Actually, sebelumnya... si Baram udah menyatakan perasaannya sama si HanTae. Scene-nya hanya sekelebet dan si HanTae masih belum memberi jawaban perasaannya. Setelah Baram menyelesaikan masalahnya dengan si SangIn bgsd, dia bicara sama si HanTae, kalau dia mau narik kata-katanya yang suka sama si HanTae, jadi lebih baik mereka kembali temenan kayak biasa aja. (Disini, konfliknya memasuki salah paham, si Baram kira si HanTae perhatian samanya memang cuma menganggap sebatas teman lalu merasa membuat si HanTae tidak nyaman, but.. realitanya saat si Baram menyatakan perasaannya, kondisi si Baram lagi super dilema, jadi dia gak tau gimana harus menanggapinya. Jadi bukan karena gak suka ya! Suka... bangettt!!). Begitu si Baram menarik kata-katanya, si HanTae merasa gugup, mau mevvek, terlebih si Baram membuat 'batasan' dalam hubungan mereka yang 'cuma teman' -- Seperti, "kita gak harus pergi sama kemana-mana!" -- "kita gak harus sama pulang!" -- "gue kulkas sebelah bawah, lo sebelah atas!" -- "Kalau lo mau makan ya makan aja duluan, gak usah tunggu-tunggu gue! kita kan cuma teman serumah." -- Awalnya memang si HanTae nurut-nurut ae, tapi setelah dipikir-pikir, "Wah! gak bener ini!" -- si HanTae pun ngomel-ngomel sama si Baram gak mau dibuat batasan cuma 'teman serumah' karena bagi HanTae : "Gue gak mau jadi orang asing dalam hubungan kita" :( *dengerin-tuh-Baram.


Si HanTae juga berencana bakal mengejar cinta si Baram, dengan memberikan music tape yang berisi lagu-lagu cinta, tapi karena batasan-batasan yang dibuat si Baram. Membuat si HanTae kesal gitu loh! mereka bertengkar lagi, but.. dont worry, music tape itu tetap diberikan HanTae, dikirim via paket, tapi gak ada nama pengirimnya. Eh! begitu dibuka si Baram, ternyata sebuah music tape, si YoungMi langsung merasa ngeh! kek : "Loh! ini kan yang mirip dibeli oppa HanTae!" (fyi, si YoungMi sama si HanTae sama-sama pergi ke toko jual kaset saat itu). -- Pergi deh si Baram menunggu seseorang di dekat sungai sambil nge-dengarin lagu cinta itu :v of course nunggu ayang HanTae yang langsung cuss ke TKP setelah dapat teror telpon dari ayang Baram. Di scene ini jugalah kesalahpahaman mereka terselesaikan, mereka sama-sama saling menyatakan perasaan lalu kiss deh! T-T indah banget! (tapi sayang, cuma nemplok doang T-T) -- Jadi resmi Yaaa! Im HanTae & Han Baram pacaran dan menurut nae gaya pacarannya lucuuuuuu bangettt T-T si HanTae bucin anjirrrr... bikin nae ngakak sama tingkahnya, kadang saking terlalu gombalnya, si Baram sampe merasa merinding sama gombalan ayang HanTae. (Duh! kalau nae jadi si Baram rela sih digombalin non-stop). :v wkwkwkw...


Ada kabar gembira, untuk kita semua!! -- Kabar baik tentunya untuk band "Ddara-baram", dimana mereka dapat panggilan dari agensi rekaman. Dan selama prosesi recording pun si HanTae green flag banget, dia memastikan si Baram se-rileks banget... jangan sampai ada bayang-bayang si bgsd itu saat si Baram menyanyikan lagu "Letter Of Apology". -- Luckily! mereka di-ACC. Diterima say!! Ini jadi kabar menggembirakan banget sih bagi Baram, HanTae dan anggota band lainnya, mimpi mereka jadi nyata, dan bakal merilis album + si HanTae yang ceritanya "manager" di Ddara-baram. Dia dapat tawaran kerja juga join di agensi itu. -- Dan untuk pertama kalinya mereka akan live perform di bawah naungan agensi. Wanna see another green flag dari ayang HanTae? Yaitu adegan dimana mereka bakal perform, terus gak sengaja Baram tertubruk staff yang lagi bawa barang berat (Nasib si Baram selalu tubrukan mulu njir), then gak sengaja menimpa gitar si Baram jadi rusak dong. Auto panik!! mereka udah mau tampil tapi gak ada gitar cadangan. Aha! *suara-bohlam-lampu-menyala :v ayang HanTae pun punya ide.. kek : "Baram! Gwencana! gue akan ambilkan gitar yang lain. Lo tunggu aja sini, fokus aja untuk nyanyi. Okeh!" -- So, si HanTae langsung ngambil sepeda dan mengayuh sekenceng-kencengnya untuk mengambil gitarnya di rumah.. nae yang nonton terpukau banget (Wah! anjay! gileee banget green flagnya ini, ga ada sorot mata capek karena tertekan, yang ada dari sorot matanya hanya terpancarkan cinta cinta dan cinta). Plus... pas naik sepeda rambutnya kan jadi naik-naik gitu diterpa angin, cakeppppppp bangetttttt sumpahhhhh demiii neptunusss :v emang yes, oppak tamfan korea kalau gaya rambut pamer jidat damage ketampanannya another level banget.


Si Baram pun saat nunggu auto flashback, dimana waktu mereka belum kenal, si HanTae yang membantunya dengan memberikan gitar. Hingga sekarang pun dimana mereka sudah pacaran, si HanTae tetap membantunya dengan sekuat tenaga. -- Jadi begitu melihat ayang HanTae yang udah balik dengan berkeringat, ngos-ngosan ngejar waktu demi mengambilkan gitar untuk ayang, si Baram auto terharu T-T pokoknya scene ini juga gak kalah manis, dan heart-warming banget dimana si Baram ngelap keringat ayang HanTae dan ayang HanTae tersenyum manis memangkukan wajah lelahnya dibahu mungil ayang Baram! Lumer banget hati nae. -- Finally! si Baram bisa perform dengan tepat waktu. Ada surprise! dimana si Baram akan menyanyikan lagu terbarunya "Second Wind". Lagu yang terinspirasi dari ayang HanTae. Soalnya, setelah HanTae & Baram resmi pacaran, si HanTae pernah be like : "Ayang! gue pengen juga dong dibuatin lagu :v" -- Baram bilek : "Gue pikir-pikir dulu deh!" -- Eh ternyata diam-diam si Baram benaran nulis lagu baru untuk ayang.


Dan dipenghujung seriesnya, nae terharu lagi dimana Baram, HanTae, YoungMi, JeongPal merayakan kesuksesan mereka. Dengan narasi si Baram : "Im HanTae itu... lebih pandai berbuat bodoh dari yang kubayangkan, lebih polos dari yang dipikirkan, lebih mudah disukai dari yang kubayangkan." -- Then, ketika hari esok kembali, walaupun hari biasa.. ada yang berbeda dengan yang dulu, dimana sekarang mereka menjalani hari dengan perasaan lega, bangga, hati yang berbunga-bunga. Series ini ditutup dengan scene Baram & HanTae lagi naik sepeda mau pergi bekerja ke gedung agensi dengan senyuman hangat. :)

Review Time :


Ketika kamu menonton sesuatu dengan 0 (zero) expektasi, kemudian ternyata hasilnya melebihi ekspektasi, itu adalah something yang bikin nae amaze banget. Begitulah yang nae rasakan selama menonton Sing My Crush ini chingu.. Nae tahu seriesnya secara mendadak, nontonnya pun secara mendadak pula, satu-satunya yang nae tahu saat itu "kata orang-orang, bagus!" So.. ketika nae akan nontonnya pun benaran gak ada gambaran apapun. Selain harapan "Pliss.. semoga benaran bagus. Minimal tidak kaku." -- Dan setelah nae selesai menontonnya, nae merasa takjub dengan hati yang berbunga-bunga saking manisnya.


Kita mulai dari alur. Jika dibuat dalam kesimpulan : Ini ceritanya si uke naksir sama cowo, jadi dia buatin lagu untuk menyatakan cinta. Eh ternyata cintanya ditolak. Disaat bergalau ria, ketemu deh sama ayang seme! walaupun belum jadian, hubungan persahabatan mereka erattt banget, hingga suatu hari, karya si uke di curi oleh cowo yang menolak cintanya. Si uke pun merasa terpuruk. Maka disitulah perjuangan ayang seme yang akan mempertahankan apa yang menjadi hak milik uke kesayangannya. -- Dan kunci utama kenapa nae suka sama Sing My Crush adalah karakter dan kemistri yang dibawakan oleh DoYoon hyung (Han Baram) dan HyunWoo hyung (Im HanTae) itu naturallll banget. Jujur! dari segi visual, couple ini sesuai dengan kriteria selera nae sih... jadi begitu awal melihat mereka pun nae udah be like : "Anjirr! cakep beut, ini nih tipe favorit gue visualnya. Mau uke, mau semenya, keduanya memenuhi standar selera mata nae :v" -- But, nae rasa kamu juga setuju gak sih, kalau misalnya visualnya cakep tapi kalau aktingnya masih kaku kek tongkat kayu / awkward, nontonnya jadi merasa sayanggggg banget nontonnya. Kayak, mau nonton tapi aktingnya gak dapet, tapi gak ditonton pun sayang banget lihat visualnya cakep-cakep. Luckily! Sing My Crush berhasil membuat nae amaze dengan aktingnya.


Karakter Baram sendiri, memang tipikal uke yang introvert, gak banyak ngomong! gak heboh! tapi begitu dia menyelam di dalam hobinya, dia bisa menjadi dirinya sendiri. Pembawaan ni anak kalau kamu tonton itu, sendu-sendu, kayak mau nangis... tapi ya ga salah sih kalau kamu bakal menyebut tipikal "uke lemah tak berdaya" soalnya lumayan sering ntar kamu temui adegan si Baram ngegalau, terharu, menangis, mata berkaca-kaca. Emosional emang Han Baram ini :3 hatinya terlalu marshmellow  -- Karakter yang menganggap dia bisa menyelesaikan masalahnya padahal kenyataannya dia gak bisa, alih-alih dia merasa tersiksa. Semata-mata gak pengen calon ayangnya terseret ke dalam luka masa lalu, dan menjadi egois kepada sang ayang. -- Beruntungnya karakter Im HanTae adalah kebalikan dari si Baram. Tipikal seme extrovert yang banyak ngomong! pembawaannya selalu heboh! santuy! jika dari segi tinggi badan, nae juga suka perbandingan tinggi Im HanTae dan Han Baram, si HanTae tinggi besar, si Baram imut mungil gemes. Jadi lihatnya makin UwU. Pembawaan menonjol dari HanTae sendiri adalah green flagnya yang benaran super duper green flag. Nae sampai merasa dia nih tipikal seme sempurna! selama menontonnya gak ada satupun celah yang menurut nae bakal membuat nae merasa gak setuju dengan tindakan-tindakan si HanTae sendiri. Mulai dari awal mereka tubrukan, hingga kesulitan-kesulitan yang si Baram hadapi, dia turut andil memikirkan cara mencari jalan keluarnya.


Nae suka setiap kali si HanTae pengen menolong, ekspresinya itu gak pernah ngeluh.. walaupun ceritanya saat itu mereka masih sahabatan, dia menolong pureee tulusss pengen membantu si Baram. Malah dia ngeluh kalau misalnya si Baram gak mau terbuka dengan apa yang terjadi sebenarnya! karena saking green flagnya itu kali ya... begitu tau akar masalahnya dia langsung "Oh! gimana kalau kita selesaikan dengan cara kayak gini aja? bla.. bla.. bli.. bli.." tapi berhubung si Baram tipikal memendam rahasia, dia sering menghindar / menolak bantuan si HanTae yang berujung pertengkaran. -- Ada kebiasaan si HanTae yang lucu menurut nae... setiap kali dia berdebat, bertengkar sama si Baram. Dia sering minggat, bakal balik ke rumah emaknya. Tapi sesampainya di rumah emaknya, hatinya kek gak tenang gitu loh, selalu saja kepikiran sama si Baram, kadang sampai nangis juga kek : "Aduh! Baram gimana ya?" -- "Ini kan makanan kesukaan Baram T-T" -- Dan si Baram pun nae rasa gak perlu capek-capek membujuk si HanTae supaya balik, ni anak ntar tiba-tiba udah di rumah aja, menyapa si Baram seperti sinar matahari pagi dengan senyuman manisnya :v -- Lalu, ketika hubungan Baram dan HanTae sudah resmi, maka kita akan bisa melihat level kebucinan dan kemanisan HanTae akan berkali-kali lipat memberi perhatiannya, dijamin nontonnya pasti baper. Tipikal bakal annoying! (annoying dalam artian positif ya!) Mengganggu-ganggu si Baram supaya dapat perhatian, dan si Baram pun hanya bisa menggeleng aja, tapi dia sayang juga kok sama ayang HanTae yang selalu berada disisinya.


Adegan favorit! 
Ada satu adegan, gak hot! tapi membuat nae merasa eksekusi dan permainan kemistrinya dapat banget. -- Kalau si HanTae lagi mabok, gaya maboknya itu bakal bucin bin romantis. Jadi ceritanya saat mereka minum-minum, si HanTae yang sudah mabok ngejar-ngejar si Baram, lalu menggendong si Baram dengan tatapan yang romantissss banget ke kamar. Sorot matanya benaran terpancar banget rasa cintanya sama si Baram. Nae sempat expect mereka bakal kiss disini, ternyata kaga dong T-T pas bibirnya dah mau kena, malah keburu molor si HanTae. -- Ini nih namanya si HanTae double mabok tau gak chingu, mabok alkohol sama mabok cinta. Plus... diiringi dengan backsong yang romantis banget. Adegan yang sangat indah sampai nae merasa speechless dan baper akut.


Kiss Scene!
Kita mendapat 2 adegan kiss. Kiss pertama! yaitu saat Baram dan HanTae saling bicara heart to heart tentang perasaan mereka, dan resmi pacaran. Gaya kissnya cuma nemplok doang! walaupun dari cara shootnya menurut nae bagus, gak akan denial dengan perasaan nae yang saat itu dalam hati kek "yahh! cuma nemplok doang? padahal secara keseluruhan sudah bagus banget ini series". -- Kamu pasti berpikir "Ih.. ni adminnya mesum pasti!" (emang iya) T-T Eh.. No... nae gak perlu kiss penuh nafsu birahi yes supaya menurut nae sebagai "kiss scene ideal" -- minimal lumatannya dengan memancarkan kesan romantis. Jadi, nae emang merasa sayang aja sih kalau kissnya cuma itu doang. -- Then, nae dapat kejutan lain... Kiss kedua! yaitu adegan dimana si Baram perform lagu "Second Wind" dihadapan banyak orang. Kemudian menampilkan adegan dimana cuma mereka berdua diruangan itu (nae yakin ini sih scene bayangan imajinasi mereka aja! in halu world, cuma mereka berdua doang disitu, lalu kiss scene). Seketika nae histeriss... nae langsung : "Ini nihhhh! fix! complete sudah harapan gue!" gaya kiss yang sesuai dengan harapan nae, lumat-lumatan tapi vibesnya super romantis banget. T-T Sumpah! setiap kali nae membayangkan scene ini nae jadi baper + terharu sekaligus.


Original Soundtrack : 
Seperti yang kamu tahu kalau Sing My Crush bergenre Musikal, ada 5 lagu : BAIN JUST B "My Fault" & Luce (Lilli Lilli) "With You" rilis tanggal 8 Agustus 2023 lalu, dan disusul perilisan BLITZERS "You And Me Now", ANTS "Second Wind" dan Siwoo "With You" (Ballad Ver.), "My Fault" (Akustik Ver.) pada hari esoknya 9 Agustus 2023. 
Kita mulai dari track pertama : 
BAIN JUST B - "My Fault" (banseongmun : atau di seriesnya disebut Letter Of Apology yang ceritanya lagu yang ditulis si Baram untuk mengingat cinta pertamanya.)  Lagu yang terasa ademm banget dengan sensasi nyesek. Meibi karena nae kebayang cintanya si Baram ditolak kali ya, makanya vibesnya jadi nyesek. Tapi kalau lagu ini dipake / didengar saat adegan bersama si HanTae vibesnya jadi romantis! arti lagunya sendiri defenitely romantis juga, penggambaran cinta yang tulus.
Luce (Lilli Lilli) "With You" -- Lagu ini full berbahasa Inggris. Tipikal lagu yang chill diiringi alunan petikan gitar, cocok didengar saat morning routine gitu ye! :v pas bangun tidur, buka tirai jendela, cahaya matahari pagi yang menembus kabut pagi. Itu sih vibes yang nae rasakan mendengar lagu ini. -- Dan kegunaannya di seriesnya, benaran menekankan kesan romantis di scene favorit nae! jadi kebayangkan saat kemistri HanTae x Baram melakukan adegan romantis dengan tatapan penuh cinta diiringi lagu ini. Fix! itu bikin baper banget. Oh ya untuk lagunya sendiri tentang seseorang yang ingin selalu bersama sang kekasih hingga akhir waktu. Now, i wanna be with you...
BLITZERS - "You And Me Now" -- Lagu ini candu banget, dengan tempo yang semangat! lagu tentang perasaan kepada sang doi dan rasa keberanian untuk mendekatinya. Ada rasa cemas, takut, canggung, tapi dia akan berani mendapatkan sang doi, so.. apakah sang doi akan menyukainya balik? are you ready come and TELL ME NOW. :3 
ANTS - "Second Wind" -- Jangan tanya reaksi nae saat mendengarkan lagu ini, rasanya seperti ada yang memukul hati nae. Tidak sakit, tapi lebih ke membuat hati jadi terasa hangat dan penuh dicintai. Lagu ini lebih terasa dramatis dan super romantis. Lagu yang diciptakan Baram untuk ayang HanTae. Dan jika kamu baca liriknya, ini super ngena banget sih! isinya kek : "gue tercipta olehmu, kau membuatku memimpikan cinta, kau yang membuatku bernafas, kau yang memelukku saat ku tersesat, kau yang selalu berada disisiku, cahayaku dalam kegelapan, kau menjadi dunia ku, dan ku akan menggenggam tanganmu". -- Lagu yang benaran mengungkapkan bagaimana perasaan si Baram yang terpuruk dengan cinta pertama, lalu ayang HanTae yang hadir di dalam hidupnya dan selalu siap sedia menolongnya dengan tulus. Meaningful banget....
Siwoo - "My Fault" (Versi Akustik) : Yang kita dengar dinyanyikan Baram di dalam seriesnya itu yang versi ini ya beb, (jadi bukan si DoYoon hyung menyanyikan). Lagu ini hit different kalau mendengarkan versi akustiknya, membuat nae merasa seperti ada yang memeluk hangat nae, membuat merasa nyaman, chill dan sopan banget masuk ketelinga saking ademnya bagaikan hembusan angin sepoi. -- "With You" (Versi Ballad) : Ini juga gak kalah bikin baper bin romantis. Vibesnya sama yang nae rasakan dengan versi si Luce, bedanya Luce kan dibawakan cewe dengan petikan gitar, yang ini penyanyinya cowo dengan nuansa pop ballad iringan suara piano, bass dan instrumen lainnya. 
Giryeon - "Our Home" -- Bonusss!!! lagu ini rilis tanggal 21 Juni 2020 lalu. Kenapa nae bilang bonus? karena nae galfok sama lagu yang didengarin si Baram saat scene dia mau berangkat les gitar, terus ceritanya dia mau nyebrang sambil bawa sepeda kan, kemudian ketemu sama si HanTae yang mau nyebrang juga. Saat itu mereka masih belum saling kenal. (Lebih tepatnya si Baram yang belum kenal, si HanTae jauh-jauh hari udah kenal sama muka si Baram :v of course karna HanTae itu penggemar si Baram) -- Lagu ini menurut nae adem, romantis dan terasa hangat. Lagu yang menurut nae enak didengar saat pagi hari / bersantai ria.


Kesimpulan :
Sing My Crush adalah BL Korea tahun ini yang nae tonton dengan 0 (zero) ekspketasi + mendadak. Tahu mendadak! nonton mendadak! nae suka dengan kemistri yang dibangun HyunWoo dan DoYoon hyung nge-blend dengan sangat natural + ditambah aktingnya dan membawakan karakter masing-masing dengan bagus. Selama menontonnya nae enjoy banget. Jadi bukan sekedar modal visual doang ya chingu. -- Untuk alurnya, juga berjalan dengan natural, baik itu di awal-awal hingga di akhir, gak ada yang menurut nae diburu-buru, rasanya persis seperti menonton movie. Mengalir seperti air.. -- Berhubung ini genrenya musikal, telinga kita akan dimanjakan dengan lagu-lagu cinta romantis yang candu-candu. Teknik shoot series ini juga bagus banget say... benaran menampilkan scene-scene yang wallpaperable, dengan visual mereka yang tampan & outfit-outfit musim gugur yang stylish. Sukaaa banget deh pokoknya. Gemeshh!


Tambahan :
Jika dibandingkan dengan 2 BL Series Korea yang nae review tahun lalu, Semantic Error dan To My Star 2 yang notabene emang booming banget!!! Nae merasa Sing My Crush ini underrated! Kasus yang sama saat nae nonton Blueming tahun lalu. Series ini bagusssssss! tapi mungkin strategi penayangannya kurang pas, dimana di Hari H itu langsung "Plokk!" semua episode dirilis. Jadi gak ada istilah bersambung untuk minggu depan. Penonton pun pasti bisa menamatkan di hari H nya itu saja, nge-hype di beberapa hari kemudian. Trus.. udahhh... segitu doang! minggu depannya pasti penonton nyari apa yang terbaru / on going saat itu. Sehingga series ini terkesan 'kurang rame' padahal dari segi kualitas ini bagusssss banget, dan layak tuk ditonton. -- Btw... si HanTae mukanya rada mirip San ATEEZ + Mos Panuwat gak sih? :3 (OK! Nevermind).


Apakah series ini nae rekomendasikan?
Tentu saja dong chingu! barisan depan sih Sing My Crush ini. Menontonnya akan membuat hati kamu merasa heart-warming, heart-fluttering, senyam senyum dengan perjuangan ayang HanTae membantu Baram memperjuangkan cinta dan hak karyanya. Penggambaran cinta BL romantis yang tulus, lucu dan menggemaskan + memanjakan mata dan telinga. Jadi jangan berharap ada adegan enak-enak. No! Nothing... bagi penikmat adegan per-ent0dan, series ini gak akan cocok sama kamu chingu. Tapi, bagi yang suka baper-baperan bin manis. Ini pasti cocok banget. Oh ya! nae juga merekomendasikan untuk nonton Behind The Scene-nya juga! soalnya gemeshh banget dan selama syuting pun mereka enjoyy banget...


Bagi yang belum menonton, nae sarankan coba tonton satu atau dua episode dulu, tapi nae rasa kamu pasti suka sihhh sama yang ini! karena memang menurut nae... sebagus, sebikin baper gitu lo chingu melihat betapa green flagnya si HanTae demi ayang Baram. -- Dan bagi yang sudah menonton Sing My Crush, kamu bisa berbagi opini/kritik atau curhatan perasaan kamu selama menontonnya kepada nae di kolom koment. Don't worry, nae pasti reply kok! ^^ Nae rasa sampai disini aja ulasan bin curhatnya, salam cinta green flag HanTae & Baram. Nae pamit undur diri, see you and byebye..! Mmmuachh... :*

Official Trailer "Sing My Crush"

BLITZERS - "You And Me Now" MV

ANTS - "Second Wind"

2 comments

  1. halo min! nae kembali lagi!!!!
    owh ya boleh dong spill IG nya nnti nae follow ya , tapi kalo gk boleh juga gk papa hehe...
    OMO!!!! wisss aku lho udh selesai nonton ini dan nunggu beberapa minggu akhir nya di review juga TT omoo AAAAAa, yup maaf ya min di komen nae yg sebelum nya, nae tu sebenar nya mau nambahkan sing my crush cuma ya lupaa, hehe. Tapi makasihh bnyak lho minnnn AAAAAA Owh ya min cerita dikit nih, kemaren nae noonton my Sweet Dear yah pasti tau lah ya mimin, nh di sana tuh si pemeran han baram itu jadi pelayan di restoran itu lho... aih resto apa tuh nma nya lupa lagi nae, omo ternyata saya melewatkan orang tamvan TT dan nae SANGAT AGREE sama pendapat mimin tentang SING MY CRUSH ini, saya sih suka bgt sama yg merankan si HANTAE ini guaannteeenggg sumpah parah!!!! cocok bgt dia merankan inii TT, owh ya minn boleh dong selanjutnya review BON APPETIT sumpah nonton itu buat gigit bibir terus anjrrr haaaaa, nonton itu serasa diajak main wahana ngeriiii #dalamartianseneng wkwk,awawhhhh ahhhh minn hehe. but TERIMA KASIH BANYAK udh dibuatin REVIEW SING MY CRUSH ini,btw lanjut terus ya min FIGHTING!!!! SEMANGAT!!! MUACH!!!!
    maaf min kalo nae ada salah kata....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. Hi..! hellow :v welcome back...
      utk skrg aq belum punya akun ig khusus chingu, ada sih yg pribadi tapi utk privasi aja.. (real life/yg notaben isinya gak ada samsek nyinggung BL). -- Soal doyoon hyung di My Sweet Dear juga aq nggak ngeh dia ada disana.. meibi terlalu fokus akunya dengan ketampanan euisoo hyung :v wkwkwk... -- Bon Appetit kalo ga salah jadwal tayang nya setelah Sing My Crush tamat.. dari PH yang sama! tapi aq save dulu ya say dalam list antrian.. kalo ada waktu pasti q bikin reviewnya... soalnya masih banyak BL-BL 2023 yang belum selesai ku tonton say XD numpuk parahhh sihhh! -- by the way busway,,, gumawo juga sudah mau mampir yessss! AQ SENENG BUANGETTT! Lapakku udah gak sepi-sepi amat... :) Lafyuuu :*

      Delete


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – LAST TWILIGHT SERIES (2023)