[REVIEW] – BE MY FAVORITE (2023)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

BE MY FAVORITE adalah BL Produksi GMMTV yang tayang mulai tanggal 26 Mei 2023 s/d 11 Agustus 2023 lalu dengan total 12 Episode. Series ini adaptasi dari Novel mbak JittiRain berjudul "Botkawi Khong Pisaeng (You Are My Favorite)" -- Dan menjadikannya novel ke-5 yang diadaptasi menjadi series secara berturut-turut setiap tahunnya : Theory Of Love (2019), 2Gether (2020), Fish Upon The Sky (2021), Vice Versa (2022) Wow!! amaze gitu loh! lucky banget mbak Jitti, karya-karyanya jadi langganan production home ternama disana. Dan nae juga amaze sama diri nae sendiri, kelima judul ini nae tonton semua dan nae suka!  -- Seperti biasa, series ini bisa kamu tonton dari channel official YouTube nya GMMTV ya...

CurSing (Curhatan Singkat) :
Gak afdol keknya nae kalau gak curhat diawal-awal sebelum review yes :v  -- Mungkin kamu bakal bosen sih membaca curhatan nae yang selalu bilang "awalnya gue gak tertarik sih! tapi karena iseng nonton! eh malah suka dan melebihi ekspektasi gue." -- Karena setelah nae baca-baca review-review nae sebelumnya, sekitar bulan-bulan penghujung 2022 hingga 2023 ini, dan BAHKAN di review yang akan nyusul nanti kasusnya bakal sama, dimana nae banyak menemukan BL Series yang awalnya nae tidak tertarik tapi karena iseng nonton malah suka... tapi sukanya bukan berarti sama rata yaa penilaiannya.. ada yang sekedar suka! ditonton terasa oke... ada yang ditonton terasa bagus, dan ada yang benaran melebih ekspektasi nae...

Untuk kasusnya Be My Favorite, saat diumumin tanggal 01 Desember 2021 lalu dalam event GMMTV 2022 : Borderless.. yang termasuk dalam line up Y-Series (BL) ini adalah judul yang gak masuk ke dalam list tontonan nae walaupun dari segi premis cerita nae merasa tertarik! mau tau alasannya kenapa? Mike? dan Krist? dikapalin? Di satu sisi nae shock juga kalau Krist main BL lagi setelah 6 tahun kemudian dari BL terakhirnya Sotus S.  -- Jujur nih ya! selama nae menonton unofficial trailer Be My Favorite saat itu kek merasa janggal gimanaaa gitu nontonnya, bukan maksud ngehate dsb, atau alam bawah sadar nae yang masih melekat bayangan Singto-Krist? Pokoknya Mike-Krist benar-denar defenisi di luar nurul, kapal yang sedikit pun gak pernah terbesit di benak nae. Karena nae merasa 'kurang sreg' sama pemilihan couplenya. Jadilah nae berencana mau nge-'skip' series ini, sejak itu nae gak ada nyari-nyari info tentang Be My Favorite lagi.  -- Di tanggal 13 September 2022 lalu, Pihak GMMTV mengeluarkan pernyataan kalau ada pergantian pemeran pada Be My Favorite ini kan, setelah diskusi panjang akhirnya memutuskan untuk mengganti si Mike menjadi si Gawin Caskey memainkan peran Pisaeng.  -- Jangan tanya reaksi nae gimana ya gays.. masih sama! Kek be like : "Hah? sama Gawin?" benar-benar masih di luar nurul banget bagi nae. Uke di Sotus dan Uke di Dark Blue Kiss disatuin? Lagian karna nae berencana gak mengikuti series ini, nae cuma sekedar bereaksi gitu saja, gak lebih.. dan gak peduli juga.

Lalu bagaimana dari yang awalnya tidak berencana menonton Be My Favorite menjadi nae tonton?
Yaitu banyak respon dari fans BL lainnya yang sependapat sama nae yang merasa Gawin-Krist (diluar-nurul-banget-kok-dikapalin), tapi setelah ditonton ternyata bagus dan kemistrinya dapet. Nae jelas kepo dong, emang sebagus apa sih? apa benar kemistrinya bisa masuk? nae iseng tonton 2 episode sekaligus dan Yupsss! nae merasa tertampar banget kalau series ini baguss bangett.. dan kemistrinya masuk loh! dan nae akan lanjuti curhatannya nanti yaa! lanjut ke part berikutnya!


Cast :
KRIST Perawat  -- Kawi / Botkawi
HBD : 18.10.1995
GAWIN Caskey  -- Pisaeng
HBD : 08.08.1997
AYE Sarunchana  -- Pear / Pearmai
HBD : 25.03.2000
AOU Thanaboon  -- Max
HBD : 09.01.2000
TITLE Kirati Puangmalee  -- Not
HBD : 26.03.1998
JUS Justina Suvanvihok  -- Kwan
HBD : *Sorry-T-T-belum-nemu

Storyline :


Mengisahkan cowo bernama Kawi.. yang mana hidupnya benaran sangat menyedihkan, baik itu dalam hal sosial, keuangan, keluarga bahkan asmara semuanya so miserable banget deh... T-T. Dari dia dulu saat masih anak kuliahan hingga 12 tahun berlalu, si Kawi harus menerima kenyataan pahit kalau dia gak punya teman dekat, bekerja keras sebagai subber demi melunasi hutang, ayahnya tersayang pun meninggal karena sakit jantung, plus... cewe yang dia sukai, si Pear malah bakal nikah sama seorang cowo yang dia benci (*lirik-Pisaeng ^,^) gak heran, dengan semua keadaan menyedihkan itu si Kawi bahkan nge-cap dirinya itu pecundang. Kawi be like : "Gue ini apalah... cuma remahan rengginang dalam kaleng khong guan T-T gue pecundang!" -- Dan kini, si Kawi hanya bisa menyesali setiap kesalahan yang dia pilih di masa lalu, termasuk salah satunya yang paling dia sesali be like, "andai bola kristal ini gak rusak! dan gue berikan kepada si Pear, mungkin gue yang akan bersanding dengannya di pelaminan, bukan si Pisaeng."


Emang sepenting apa sih bola kristal itu? sampai-sampai si Kawi menyesal tidak memberikannya kepada si Pear? Yuk flashback sekitar 12 tahun yang lalu, dimana awal-awal masa kuliahnya si Kawi, di tahun ajaran mahasiswa baru, kek masa-masa ospek gitu, junior mahasiswanya disuruh minta tanda tangan teman-teman seangkatannya gitu kan... si Kawi yang sendirian didatangi si Pear minta tanda tangan... punya si Pear dah banyak nih tanda tangan yang dikumpulkannya, tapi begitu dilihat punya si Kawi, punyanya masih kosong! jadi si Pear membantu si Kawi supaya teman-temannya yang lain mau menanda tangani buku si Kawi. Disitu deh si Kawi kepincut akan kebaikan hati dan visual mbak Pear yang cantique jelita. Perasaan itu semakin dalam saat ada tradisi "Secret Buddy" dikampusnya, yaitu menjaga teman secara diam-diam selama seminggu sesuai nama yang kita dapat dengan cara di undi. Nah! keberutungan berpihak sama si Kawi, dia dapat undian nama "Pearmai" jadi kesempatan itu digunakan si Kawi benaran menjaga/memberi perhatian kepada si Pear (baik itu ngasih memo gombal, minuman bla.. bla.. bla..), sampai-sampai si Pear baper coy!!


Hingga gak terasa seminggu berlalu, dan tiba saatnya untuk pengakuan Secret Buddy secara bersama-sama di dalam kelas. Oh ya! sebelum ke acara itu, si Kawi sempat membeli kado untuk si Pear, ya itu dia.. bola kristal itu... secara rincinya (itu hanya music box, bentuk bola kristal dengan corak dandelion di dalamnya). Dan sialnya, saat menuju ke ruangan, dia gak sengaja tubrukan gitu sama orang dan bola kristalnya JATOH!! then RUSAKK...! mana gak bisa dibalikin lagi. Waktu juga udah kepepet acaranya bakal dimulai. Alhasil selama pengakuan Secret Buddy, si Kawi mengurungkan identitasnya sebagai Secret Buddy nya si Pear... alih-alih malah si Pisaeng yang ngaku njir!! karena itulah si Kawi benci kesumat sama si Pisaeng, mengganggap si Pisaeng ini adalah rivalnya mendapatkan si Pear.


Tapi apa daya! Penyesalan tetaplah penyesalan gays... toh! yang sudah terjadi gak bakal bisa diubah lagi selain mengikuti arusnya. Karena si Kawi di undang ke acara pernikahannya Pisaeng & Pear, dia mencoba mencari kado-kado pernikahan gitu kan... tapi mehong-mehong! sementara dia gak punya banyak uang T-T  Eh teringat deh sama bola kristalnya yang dulu rusak, dan berencana mau diperbaiki supaya bisa dipakai menjadi kadonya nanti. -- But, sudah ke banyak toko yang didatangi si Kawi, gak ada yang mau memperbaiki, bahkan sampai ada yang menganggap remeh, hanya musik box biasa yang gak berguna... ngapain harus diperbaiki? sampe-sampe si Kawi cerita kisah sedihnya pun tetap si pemilik toko gak mau memperbaiki. -- Si Kawi auto kesal, putus asa, stress... lalu saat dia ber-stress-ria, datanglah seorang bapak menghampiri! bapak ini ada di toko dimana si Kawi bercerita kisah sedihnya, tapi si Kawi gak ngeh si bapak ini ada di toko itu juga tadi. -- Obrolan si Kawi dan bapak ini awalnya cuma sebatas basa-basi doang nanya jalan, lalu semakin lama semakin deep pembahasannya menyinggung bola kristal yang rusak itu, hingga si bapak bertanya "Andai! bola kristal ini bisa diperbaiki, apa yang akan kamu lakukan?" si Kawi pun menjawab dia bakal ngasih sama seseorang, dengan andai-andai, dia bisa memperbaiki sesuatu dari masa lalunya. Si Bapak lalu menawari bakal memperbaiki bola kristal itu! lalu meminta alamat si Kawi supaya diantar pake Sicepat halu kalau sudah bagus. :v wkwkwk.. -- Selang beberapa hari kemudian, si Kawi dapat paket, isinya yaa bola kristal itu.. sudah BAGUS!! dan jelas dong si Kawi senang banget bola kristalnya bisa berfungsi lagi seperti sedia kala. But.. ada yang aneh! selama bola kristal itu menyala, cahayanya semakin lama semakin terang dan berputar semakin kencang, menampilkan kehidupan si Kawi di-"Undo" alias mundur kembali ke awal saat si Kawi membeli bola kristal itu yang nantinya akan diberikan kepada si Pear di acara pengakuan Secret Buddy.


Feel like a dream, but its real you know :v (Sok Enggres!) Iya, si Kawi merasa seakan percaya-gak-percaya, tapi nyatanya dia memang kembali ke masa lalu. Dan rentetan adegan demi adegan hidupnya kembali dia alami lagi, feel deja-vu! dimana dia dapat telpon dari bapaknya yang ceritanya saat itu masih hidup, terus bakal bertubrukan sama orang, nah! disini deh si Kawi belajar dari kesalahannya, dia memperhatikan sekeliling dulu "ada yang mau nubruk gue nggak nih?" setelah dirasa aman, baru bergegas masuk ke ruangan. Sialnya! begitu si Kawi sampai ke ruangan, acara pengakuan Secret Buddy sudah selesai... Kawi be like : "Diulang pun jalan hidup gue, sama aja anjir!! gak ada bedanya." its too late... udah keburu si Pisaeng ngaku sebagai Secret Buddy nya si Pear. -- But, si Kawi gak tinggal diam dong, gak bakal pasrah kek dulu, jadi dia berdebat sama si Pisaeng yang dianggapnya rival, padahal dari POV si Pisaeng sendiri, dia ngaku sebagai Secret Buddy nya si Pear karena si Kawi gak hadir, dan ga tega lihat si Pear sedih... Secara gitu.. si Pear ini udah temenan sama si Pisaeng sejak mereka bocil, orang tua mereka juga saling kenal. -- Jadi si Kawi pun mengajak si Pisaeng untuk mengklarifikasi sama si Pear kalau dialah Secret Buddy nya si Pear. Bukan si Pisaeng.


Bicara tentang POV si Pisaeng! yok ulik sejenak... si Pisaeng ini cowo populer di kampusnya, udah cakep! body oke! famous! tajir! multi-talenan (bisa nyanyi, main gitar, model, main basket, ngeDJ dll), green flag lagi...! Kesannya hidupnya pasti bahagia banget dengan kesempurnaan itu, iya kan? but kenyataannya tidak... si Pisaeng adalah lonely boy, dia tinggal bareng emaknya tapi hubungannya gak baik, emaknya lebih sering keluar kota sibuk kerja, sekalipun di rumah selalu saja debat gak sependapat dengan si Pisaeng. Ada rahasia yang selalu dipendam si Pisaeng akan jati dirinya, kalau dia ternyata gehhh T-T #Omaygatss! -- Dan dia naksir si Kawi dong.... (Danggg!) rasa itu bermula saat masa-masa awal kuliah, seniornya nanya bakat si Kawi apa, karena si Kawi orangnya insecure-an, kikuk! dia gak bisa menampilkan bakatnya dengan baik dan jadi bahan tertawaan... disaat orang-orang menertawai, cuma Pisaeng lah yang menghargai dan memberi perhatian penuh kepada si Kawi, bahkan mencoba mengakrabi si Kawi loh, tapi karena si Kawi orangnya tertutup banget, dia gak ngepeduliin si Pisaeng... gak sampai disitu saja, si Pisaeng yang juga beruntung jadi Secret Buddy si Kawi aja be like : "Lo Kawi ya? Gue secret buddy lo! bilang aja apa yang lo mau, ntar gue beliin... karena gue lebih suka ngasih perhatian terang-terangan daripada sembunyi-sembunyi." Kalau nae digituin si Pisaeng dijamin bakal pingsan sih nae wkwkwk! :v tapi nggak bagi si Kawi kek : "Gile lu sarap anjir!" -- Nah! karena Pisaeng & Kawi mau membuat pengakuan sama si Pear. Itu membuat si Pisaeng senang banget bisa deket sama si crush... secara tidak langsung, Pisaeng & Kawi dari yang hubungannya di level rival, kini naik selangkah menjadi teman.


Kesimpulan sampai sini apa yang sudah kamu tangkap beb? Belum ada atau belum kepikiran? okay, lemme tell ya : jika sebelumnya penyesalan si Kawi berupa Si Pisaeng yang ngaku Secret Buddy si Pear dan dia memilih bungkam. Ketika hidupnya di-Undo, dia memperbaiki penyesalan itu, walaupun dia telat dan gak bisa memberikan bola kristalnya kepada si Pear, setidaknya dia berusaha akan mengakui kebenaran Secret Buddy itu bersama si Pisaeng. -- Karena dia sudah mencoba memperbaiki beberapa penyesalan, kira-kira bagaimana masa depannya? apakah ada perubahan? karena kepo! si Kawi pun memutar bola kristal itu dan membawanya kembali ke masa depan, alias di-"Redo" -- Dan bener ada perubahan dalam hidupnya!! kan ceritanya si Pisaeng dan Pear bakal nikah! Nah.. di hari H-nya, si Pisaeng kabur njir, dan menemui si Kawi dalam keadaan mabok, si Pisaeng be like : "Gue gak bisa menikahi Pear T-T gue suka sama orang lain." -- Si Kawi : "Hah? suka sama siape lo?" Nae yang nonton be like : "Sama lo anying!" #greget_coy -- Eh Kena cipok deh si Kawi dengan bibir ranumnya Pisaeng :v Kalau nae sih gak bakal nolak kalau diposisi Kawi. #Ngelunjak :v -- Reaksi si Kawi gimana saat bibirnya dicipok Pisaeng? SHOCK AKUT... dan kabur meninggalkan si Pisaeng di kamarnya... dia juga bertanya-tanya kok bukannya hidupnya jadi lebih baik, malah jadi berantakan.


Ditengah-tengah kebingungannya, dia bertemu lagi sama si bapak, si Kawi ngomel-ngomel menyalahkan si bapak yang membuat bola kristalnya jadi ajaib yang bisa membawa ke masa lalu dan membuat hidupnya jadi berantakan. Si bapak pun marah kek be like : "Gak tau diuntung ni anak! kamu beruntung dapat kesempatan seperti ini.. coba orang lain yang mendapatkannya, mereka pasti menjalani hidupnya dengan baik. Kalau aku tahu kamu gampang nyerah gini, buang-buang waktuku saja memperbaiki bola kristalnya." si Kawi pun ngejelasin kalau dia sudah berusaha memperbaiki penyesalannya ketika kembali ke masa lalu, tapi kenapa hasilnya jadi kacau? si bapak pun menjelasin kalau bola kristal itu fungsinya hanya membawa ke masa lalu dan si Kawi bisa membenahi kesalahan demi kesalahannya, dan andaipun misal si Kawi sudah mencoba memperbaiki beberapa hal, tapi hasilnya gak sesuai harapannya, berarti masih ada 'hal' yang belum diperbaikinya secara tepat! terus si Kawi juga dikasih warning, kalau kekuatan magis bola kristalnya gak akan bertahan selamanya, jadi jangan keseringan bolak balik Undo-Redo-Undo-Redo. Jadi harus digunakan secara bijak yagesya....


Karena dirasa masih ada 'hal' yang belum dituntaskan dengan tepat! kali ini si Kawi memutar bola kristalnya, nge-"Undo" kembali ke masa lalu. Bedanya jika nge-Undo yang pertama situasinya dia masih kebingungan, kalau sekarang dia nge-Undo dengan mempersiapkan rencana. Dia membuat list gitu, yang bisa nae simpulkan ada 4 hal utama yang akan diperbaiki si Kawi di masa lalu, yaitu : 
1. Berteman lagi dengan si Max! (Ho'oh, sebenarnya dulu si Kawi punya bestie di kampusnya bernama Max, cowo geh! tapi karena banyaknya masalah si Kawi, dia sampe ngelupain si Max, si Max pun merasa tersinggung, mengira si Kawi menjauhinya karena dia cowo geh, lalu si Max pun memutuskan untuk berhenti kuliah dan pindah ke luar negri.)
2. Memastikan ayahnya mendapatkan perawatan medis. (Karena sewaktu ayahnya masih hidup, setiap kali si Kawi ngajak ayahnya berobat, ayahnya selalu enggan gitu karena merasa gak mau membebani si Kawi dengan biaya perawatan yang mehong. Hingga akhirnya dari waktu ke waktu kondisi ayahnya semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia karena penyakit jantungnya itu.)
3. Mendekati si Pear (Klarifikasi soal Secret Buddy sudah selesai, si Pear udah tau kalau ternyata Secret Buddynya si Kawi. Walaupun begitu, si Pear nganggapnya cuma sekedar tahu, dan memandang si Kawi cuma sebatas teman.)
4. Jaga jarak dengan si Pisaeng (Ini karena si Kawi udah tau kalau si Pisaeng diam-diam naksir dia, jadi kadang kalau ngobrol sama si Pisaeng, dia kebayang-bayang saat bibirnya dicipok si Pisaeng. Auto merinding lah itu si Kawi :v) --- Dan apapun planningnya di masa lalu / apa yang dia lihat hasilnya di masa depan nanti, si Kawi selalu menulisnya di dalam buku diary.


Kita mulai dengan penyelesaian dari misi yang paling "mudah" : Berteman lagi dengan si Max. Jadi si Kawi mencoba mendatangi ke tempat kerja si Max, dia seorang barista cafe gitu. Awalnya si Max masih ngambek gitu melihat si Kawi, Max kek be like : "ngapain sih lo kesini -_-!" -- karena si Max nampak ogahan, si Kawi pun minta maaf dan menjelaskan kalau dia menjauhi si Max bukan karena si Max cowo geh, tapi karena dia punya banyak beban masalah.. sampe-sampe lupa sama bestienya sendiri. Si Kawi juga kek memohon, jangan sampai pindah hanya karena pertengkaran mereka. Eh dijelasin si Max dong, kalau dia berencana berhenti kuliah dan bakal tinggal ke luar negeri bukan karena masalahnya sama si Kawi, tapi masalahnya dengan orangtuanya. Karena sudah saling tahu penjelasan masing-masing antara Kawi dan Max. Mereka dua pun kembali bersahabat. Dan si Max bakal jadi pendengar curhatan si Kawi :v wkwkwkw... easy kan!


Next... jaga jarak sama si Pisaeng! -- si Kawi pernah dapat info dari si Pear, kalau si Pisaeng ini lonely boy, dulunya si Pisaeng satu tongkrongan sama si Not dkk, tapi si Pisaeng memilih menjauh gitu karena si Not ini toxic banget anjir! ngeselin! dikit-dikit berpikiran kotor asal melihat cewe! bertentangan banget dengan watak si Pisaeng. Nah! karena si Kawi tau si Pisaeng dulu se-tongkrongan sama si Not, dia mencoba mengakrabkan lagi si Pisaeng dengan Not dkk. Si Pisaeng jelas gak suka dong... wong dia ogah temenan sama bajingan kek si Not. Hingga akhirnya keceplosan deh si Kawi menyebutkan alasan dia mengakrabkan lagi si Pisaeng dengan Not dkk. Yaitu supaya si Pisaeng gak deket-deket lagi samanya. Ini membuat si Pisaeng sakit hati banget sih! dia deket sama si Kawi pun selama ini dalam konteks membantu! pokoknya kalau kamu nonton ini, kamu bakal lihat sih se-green flag apa si Pisaeng membantu si Kawi dalam berbagai hal mulai dari hal sepele... sampe yang serius. Tapi hanya karena si Kawi tau si Pisaeng naksir dia, terus kebayang ciuman itu, dia sampai tega menyakiti perasaan si Pisaeng... walaupun di satu sisi si Kawi merasa gak tega... dampaknya! si Pisaeng pun benaran jaga jarak sama si Kawi udah gak nempel lagi kemana-mana. (jujur! ini gak akan bisa sih! awalnya aja jaga jarak, ntar nempel lagi :v)


Next stop... Mendekati si Pear(?) atau mari kita perjelas, bagaimana kalau menyatakan cinta sama si Pear! lebih cocok kan? lebih to the point! ntar ceritanya dari kampusnya si Kawi ngadain trip junior-senior gitu ke pantai, tapi si Pisaeng gak ikut. Dan trip junior-senior mempunyai tradisi, yaitu tradisi menyatakan cinta setiap tahunnya bagi junior yang naksir sama seseorang di kampus itu! si Not yang tau si Kawi naksir Pear, dia ngerekomendasiin kepada seniornya untuk membantu si Kawi menyatakan cinta sama si Pear. Dan seniornya setuju! mereka udah nge-prepare segala macam, hingga dapat momen dimana cuma Kawi dan Pear berduaan saja, senior dan yang lain nguping dari jauh dengan menggunakan telepon diam-diam supaya bisa mendengar obrolan Kawi dan Pear. -- Fyi! si Pisaeng ternyata datang dong... dia gak ikut trip pagi karena ada urusan, dan nyusul datang malamnya. Bertepatan dimana senior dan yang lain mendengar si Kawi yang menyatakan perasaannya sama si Pear. Dan cintanya Kawi ditolak. T-T -- Senior dan yang lain termasuk si Not -_- awalnya menertawai si Kawi karena cintanya ditolak, and seketika terdiam setelah mendengar alasan si Pear gak bisa menerima cintanya si Kawi, karena si Pear naksir si Pisaeng. -- Malam itu hawanya panas banget, perseteruan Kawi dan Pisaeng, dimana si Kawi yang galau cintanya ditolak, lebih memilih nongkrong sama si Not dan mesra-mesraan sama cewe di bar. Nae ngerti sih, perasaan si Pisaeng disini, dia gak mau si Kawi terpengaruh buruk oleh si Not, seperti yang nae bilang, Si Pisaeng ini green-flag! walaupun dia naksir si Kawi, tapi si Kawi naksir si Pear... si Pisaeng gak akan menghalangi si Kawi mendapatkan si Pear, malah dia menyemangati kek : "Kalau lo suka dia, ya lo perjuangin! buktikan kalau lo bisa milikin dia. Perjelas perasaan lo samanya!" .. Eh.. di Skak-Mat si Kawi : "Jadi lo gimana banget? lo udah perjelas perasaan lo sama si Pear?"


Ekspresi si Pisaeng pas di-skak-mat omongan si Kawi kek merasa tertampar banget... kalau dia juga selama ini juga belum memperjelas perasaannya baik itu kepada si Pear ataupun si Kawi. Bukan sekedar memperjelas perasaan ke orang lain, tapi nae suka bagaimana di series ini menampilkan si Pisaeng yang berperang dengan dirinya sendiri kalau dia 'berbeda' ... sampe-sampe si Pisaeng nekad masuk ke gay bar untuk meyakinkan jati dirinya... tapi dia buru-buru keluar karena ketahuan sama si Max yang kebetulan nongkrong di bar itu. -- Of course si Pisaeng ketakutan andai bocor kabar kalau dia belok, jadi si Pisaeng esoknya menemui si Max mau membahas kejadian malam itu. But, don't worry! si Max mulutnya gak ember kok! malah dia menanggapinya dengan bijak(?) walaupun sempat ngomel awalnya sama si Pisaeng wkwkwkwk... si Max juga terbuka loh orangnya, dia siap mendengarkan curhatan si Pisaeng... dan facts about si Max! dia juga merupakan aktivis kampanye pro LGBTQ+ gitu...


Nah! untuk memperjelas perasaannya kepada Pear & Kawi. Kalau untuk si Pear sebenarnya udah langsung sih saat si Pisaeng kena skak-mat si Kawi, besoknya si Pisaeng langsung jujur mengatakan kalau gak ada rasa sama si Pear. Sampai-sampai si Pear potek bin ngambek. -- Dan untuk si Kawi, sebelum si Pisaeng jujur akan perasaannya, dia udah mempersiapkan diri, dalam artian... andaipun ditolak, dia gak akan sakit hati. Begitu si Pisaeng menyatakan perasaannya sama si Kawi, yup! tepat sekali, dia ditolak. Tapi si Kawi tetap ngajak temenan sama si Pisaeng, dan si Pisaeng pun gak keberatan gitu loh! malah si Pisaeng bisa merasa lega, plong gitu! karena bisa mengeluarkan unek-unek terpendamnya. Terlebih lagi, dia bisa jujur kepada dirinya sendiri, dan gak takut lagi menyadari jati dirinya yang berbeda. Soal perasaannya sama si Kawi, dia masih suka! tapi dia memilih untuk tetap sabar hingga pintu hati si Kawi terbuka untuknya.


"Memastikan ayahnya mendapatkan perawatan medis." -- Disepanjang series ini, kita juga akan melihat disela-sela si Kawi mencoba memperbaiki kesalahannya yang lain, dia selalu kepikiran dengan ayahnya. Dan mari berterima kasih kepada ayahnya si Pear... yang akhirnya mau menolong ayahnya si Kawi. -- Oh ya! akhirnya si Kawi dan Pear semakin dekat loh! itu semenjak si Pear ditolak Pisaeng, si Pear pun beralih membuka hatinya untuk si Kawi. -- Ada scene dimana Kawi, Pear & ayahnya lagi dinner bareng kan, disela-sela pembahasannya si Pear membahas ayahnya si Kawi yang sakit dan mintol supaya dibantu perobatannya. Si Kawi jelas kaget... nae nontonnya keknya dia merasa malu gitu gak sih? kek gak sopan, kesannya dia deket sama si Pear hanya karena ada maunya aja. Dan si Kawi menyalahkan si Pisaeng karena ngasih tau keadaan ayahnya sama si Pear. -- Padahal niat si Pisaeng baik loh! Nae setuju sih sama omongan si Max disini kek : "Kasihan ya si Pisaeng dia udah berkorban banyak untuk lo, tapi ego lo menyakitinya." -- Si Kawi pun merasa bersalah lagi, jadi dia mabok-mabokan dan pergi menemui si Pisaeng untuk minta maaf. Dan katanya kalau orang mabok ngomong pasti jujur kan... disini juga si Pisaeng dan Kawi kiss kedua :v bahkan si Kawi yang deket sama Pear aja belum pernah cipokan, karena apa? sebenarnya si Kawi ada rasa sama si Pisaeng, tapi dia masih belum menyadari, andaipun dia kek hampir tersadar akan perasaannya itu, dia langsung buru-buru menepihnya. Kek.. "Ih.. nggak! nggak! nggak mungkin." -- Oh ya.. soal perawatan ayahnya si Kawi, fixed! si Kawi memilih waktu yang tepat untuk ngomong sendiri sama ayahnya si Pear kalau butuh bantuan. Dan syukurlah, ayahnya si Pear mau nolong.


Dari keempat list itu! mari kita cek ya..! berteman dengan Max lagi? Sudah!! -- Memastikan ayahnya mendapatkan perawatan medis? Sudah!! -- Mendekati si Pear...? juga sudah...! Jaga jarak sama si Pisaeng? Gak kan bisa jaga jarak, atleast, si Kawi membuat perubahan better, dimana dia dan Pisaeng jadi temenan. Gak cuma itu, si Kawi juga berhasil mengembangkan dirinya, mencoba lebih percaya diri, dan mengeksplor bakat diri sendiri hingga dia ikut nge-band jadi vokalis. -- Dengan semua perubahan itu, dan masa lalu yang sudah diperbaiki, kita pasti mikir, misi memperbaiki masa lalu si Kawi sudah selesai kan? begitu jugalah yang ada dipikiran si Kawi, dia kira semuanya sudah beres! dan yakin masa depannya pasti sudah lebih baik... lalu, dia pun memutuskan untuk memutar lagi bola kristalnya.. nge-"Redo" kehidupannya.


Apakah ada perubahan? Nae menyebutnya PERUBAHAN BESAR!! dannn... BENCANA BESAR!! - Perubahan besarnya tentu pada kehidupan si Kawi, di masa depan, dia menjadi penyanyi terkenal, harta melimpah. But, dibandingkan kesenangan, si Kawi lebih banyak merasakan kesedihan. Dan kenapa nae menyebut Bencana Besar? Karena hidupnya bukan hanya sekedar berantakan, tapi benaran hancur, rapuh, lebih nyesek walaupun bergelimang harta. Ntar si Kawi orangnya jadi pecandu alkohol, dikit-dikit mabok!-dikit-dikit mabok, si Max ntar jadi managernya si Kawi, itupun hubungan mereka gak baik, mereka sering berdebat. Ayahnya tetap meninggal dunia, hubungan cintanya sama si Pear singkat banget, ntar mereka dua putus, lalu si Pear menikah dengan cowo bajingan, si Not... pernikahan si Pear dan Not, mengorbankan perasaan si Kwan. (Iya, si Pear, punya besti bernama Kwan, dan si Kwan ini ada rasa sama si Not, tapi si Not naksir si Pear). Karena udah keburu hamil, si Pear gak punya pilihan lain selain nikah sama si Not. So.. kebayang dong, sehancur apa persahabatan Pear & Kwan.


Pisaeng? Dari semua bencana besar ini! Si Kawi paling nyesek sama keadaan si Pisaeng. Ntar si Pisaeng menjauh, hilang kontak, gak ada satupun yang tahu! selain si Max. Jadi si Kawi memohon-mohon sama si Max, supaya dikasih tau dimana si Pisaeng berada... -- So, dimana kah Pisaeng? Dia menjalani hidup di dekat tepi pantai, tinggal dalam mobil van. Dan si Kawi menyusul kesana. Actually itu membuat si Pisaeng merasa senang.. mereka menghabiskan waktu bersama, until... mereka ciuman lagi.. kisseu-kisseu. Eh! tersadar deh si Pisaeng : "Mau sampai kapan gue diginiin?" -- logikanya, ciuman sekali bisa saja karena mabok, ciuman berikutnya apa bisa dianggap karena mabok juga? Nope! udah jelas itu ada rasa saling sama-sama suka, terlebih si Pisaeng kebayang alasan dia memilih menjauh, hilang kontak. Yaitu ketika si Kawi menjadi penyanyi terkenal.. si Kawi dirumori kencan sama seorang cowo yang selalu nempel samanya. Dan si Kawi kek menuduh secara tersirat yang menyebar rumor itu si Pisaeng, karena merasa sakit hati, si Pisaeng pun memilih menjauh.... -- Disaat si Pisaeng memilih menjauh, si Kawi datang lagi tuk mengingatkan luka itu, membuat si Pisaeng benaran pergi dari hidup si Kawi. Setelah kisseu-kisseu malam itu, si Pisaeng pergi entah kemana, dan kali ini benaran tidak ada yang tahu si Pisaeng dimana. Jadi dia hanya meninggalkan kartu perpisahan untuk si Kawi. Yang isinya kek : "Gak usah merasa bersalah, jalani kehidupanmu, rilis lagu baru untuk ku dengarkan, muncul di TV supaya ku tonton, anggap aja, aku memperhatikanmu dari suatu tempat di bumi ini... jangan khawatirin aku!" Damn... si Kawi benaran terpukul banget... sampai nangis kejer ni anak baca tulisan perpisahan ayang Pisaeng... disini jugalah si Kawi menyadari kalau dia juga sayang sama si Pisaeng, dan selama ini salah jalan dalam memperbaiki kesalahan masa lalunya.


Jadi si Kawi kembali memutar bola kristalnya, nge-"Undo" -- Btwey, nangis kejernya si Kawi masih berlanjut loh! begitu dia kembali ke masa lalu dan melihat si Pisaeng, dia langsung meluk sambil nangis-nangis bilang "gue kira gue gak bisa melihat lo lagi T-T!" -- Oke! misi nge-Undo kali ini, nae menyebutnya "The Right Things" dimana si Kawi akan menemukan jawaban-jawaban kenapa masa depannya jadi bencana besar penuh kesedihan.  -- Si Kawi juga ngasih buku diarynya sama si Pisaeng, nyuruh si Pisaeng membacanya supaya mengerti, tapi kaga ngerti tu anak. Si Pisaeng kek be like : "Lo lagi nulis novel ya?" karena si Pisaeng kaga mudeng-mudeng. Si Kawi pun ngaku kalau dia datang dari masa depan, agak sulit sih awalnya bagi si Pisaeng kek nganggap masih diluar nurul :v (but, sebelum itu si Pisaeng pernah juga dengar saat si Kawi mabok dia ngucap kalau dia datang dari masa depan berkat bola kristal yang ada di kamarnya) -- tapi begitu si Kawi memberitahu soal pembahasan Pisaeng & emaknya yang ngajak pindah tinggal ke luar negri, yang notabene gak ada orang yang tau selain mereka dua. So.. logikanya, darimana si Kawi tahu? ya karena dia sudah melaluinya di masa depan. Baru deh! agak percaya tuh anak. -- Jadi ada scene dimana, si Pisaeng mau ngantar emaknya ke bandara, nah! si Kawi langsung overthinking mengira si Pisaeng juga bakal pergi keluar negri... sampe ketakutan lo dia.. jadi saat Pisaeng dan Kawi bertemu, si Kawi jujur akan perasaannya be like : "Gue gak suka Pear, gue suka sama lo! bisa gak lo dan gue bersama?" -- Kebayang dong betapa shockkk nya Pisaeng ditembak si Kawi, nae aja sampe tepuk tangan sendirian di kamar lihatnya. Finally woyyy.. finally! Pisaeng dan Kawi resmi pacaran. Buah hasil kesabaran Pisaeng berbuah manis polll... wkwkwk...


Sialnya kemesraan Pisaeng & Kawi gak sengaja dilihat si bajingan Not. -- Of course momen ini dipake si Not untuk ngekomporin si Pear. Seakan-akan baik itu si Pisaeng ataupun si Kawi, adalah cowok yang hanya bisa menyakiti hati cewek sebaik Pear.. :v Cuihh... jadi sampe dongkol banget nae, emang lo gimana banget sih Not! -,- ngaca deh lu ajg! -- Untungnya si Pear gak mudah terkompori gitu, walaupun disatu sisi dia juga merasa potek. Jadi si Pear mendatangi si Pisaeng untuk menanyakan kebenarannya, and yeahhh! si Pisaeng pun ngaku kalau dia pacaran sama si Kawi. -- Yang bisa nae tangkap disini, si Pear bisa maklum sih, tapi si Pear pengennya si Pisaeng dan Kawi mau berterus terang, secara si Pear sudah menganggap Kawi dan Pisaeng tuh temen dekat bangettt... Jadi Pisaeng dan Kawi sudah minta maaf, dan siap tuk menjadi sahabat yang selalu membantu si Pear dikala sedih... -- dan untuk si Not, si Pear berterima kasih karena sudah memberitahunya soal hubungan Pisaeng & Kawi, dan meminta si Not untuk tidak membocori berita ini, karena Pear be like : "itu privasi mereka, lagian mereka teman dekat gue, termasuk teman lo juga kan..?" -- Nah, begitu si Pear mau pergi, si Not gak terima, dia mengira dengan memberitahu tentang hubungan Pisaeng & Kawi, hati si Pear bakal beralih untuknya. Pfff... sampe-sampe si Not kek gak tau diri gitu lo say "Kenapa sih lo gak bisa mencintai gue? apa alasannya? kasih tau gue!" seketika nae pengen nyodorin cermin ke biji matanya itu anjir. Dan nae suka jawaban si Pear disini kek : "Oke! lo mau tau alasannya? Kwan adalah besti gue, dan gue gak akan merusak hubungan persahabatan kami hanya untuk cowok seperti lo! maaf kalau gue terlalu jujur, walaupun gue kecewa, tapi gue gak seputus asa itu." refleks nae ngucap "MAMPOSSS.. SYUKURIN LO NOT!" :v lagian si Kwan kok bisa suka banget sama cowo toxic begitu sih? yang ada sakit hati ntar lo Kwan.


Soal ayahnya si Kawi, kok tetap meninggal? bukannya sudah dibawa berobat? ternyata setelah dioperasi ayahnya mengalami kek komplikasi gitu sama penyakitnya jadi tetap gak tertolong. Tapi si Kawi sudah mempersiapkan hatinya  kok, setidaknya perpisahan kali ini berbekas ketimbang masa lalu nya dulu yang ayahnya meninggal secara tiba-tiba. -- Kenapa berbekas banget bagi si Kawi, karna saat sebelum ayahnya di operasi, ayahnya berpesan andai misal operasi ini tidak berjalan lancar, ayahnya gak pengen si Kawi bakal putus asa dan larut dalam kesedihan. Alih-alih memberi semangat "jalani hidup yang kamu banggakan, hidup bahagia!" disitu nae ikutan terharu, deep banget, raut wajahnya si Kawi tersenyum bangga tapi matanya berkaca-kaca  pengen nangis... T-T penyampaian emosinya itu loh dapat banget.. T-T -- Oh ya, nae ada nyinggung soal Pisaeng yang berdebat sama emaknya kan? intinya begini sih dari perdebatan mereka, si Pisaeng kan suka sama cowo, dia mengira emaknya gak bisa menerima orientasinya, dan maknya memilih mengajak tinggal di luar negri. Padahal niat emaknya baik, emaknya pengen si Pisaeng ke luar negri dan tinggal dimana lingkungannya orang-orang pada berpikiran terbuka, bisa saling menghargai perbedaan. Tapi si Pisaeng kekeuh gak mau pindah karena gak mau pisah sama si Kawi. Dan lagi si Pisaeng mengira emaknya gak menyetujui hubungannya sama si Kawi dengan ngotot ngajak keluar negri mulu. Dan terungkaplah kalau emaknya si Pisaeng bersikap seperti ini karena gak kepengen si Pisaeng bakal bernasib sama kek emaknya, dimana demi mau mempertahankan banget hubungan sama satu orang yang dicintai eh ujung-ujungnya berpisah.. jadi emaknya tersadar, kalau gak seharusnya membandingkan kehidupan anaknya, dengan apa yang sudah emaknya lalui. The last, emaknya si Pisaeng : "Siapapun yang membuatmu bahagia, itu membuat emak merasa bahagia juga!" lalu pelukan deh Pisaeng dan emaknya sambil nangis-nangis. T-T yup! mevvek lagi nae disini.


Okay! sampe sini, evaluasi lagi yok! -- Pertemanan dengan Max masih aman! sudah baikan juga sama si Pear, kepergian ayahnya si Kawi juga sudah diikhlaskan, Pisaeng dan emaknya sudah baikan, Pisaeng & Kawi dimabok kebucinan, falling in love everyday :v tiada hari tanpa bermesraan, mereka juga pernah saling menguatkan : "apapun yang terjadi kedepannya, gue percaya, gak ada yang lebih baik selain kita bersama." -- And mereka pun tinggal bareng! -- ada scene dimana pas mereka udah tinggal bareng, si Kawi takut kalau si Pisaeng 'minta jatah' .. ahh! nae yakin kamu tau dong yes ngapain :v ehemehem gitu.. jadi si Kawi pura-pura tidur, sementara Pisaeng yang baru selesai mandi, gak sengaja melihat bola kristal itu di atas meja, mungkin entah teringat omongan si Kawi waktu mabok itu, dia putar nih bola kristalnya, tapi yaa.. cuma musik box biasa, gak terjadi apa-apa. -- Ketakutan si Kawi soal 'Pisaeng minta jatah' masih berlanjut hingga esoknya, jadi dia mencoba mengalihkan si Pisaeng supaya gak dikamar-kamar mulu, dengan ngajak bermain ke taman hiburan, si Kawi juga sempat kek bad mood gitu selama ditaman hiburan, nae rasa karena si Kawi terlalu memikirkan jatah itu. But, akhirnya dia minta maaf sama si Pisaeng karena sikapnya, and malamnya dia siap tuk diunboxing :v ehh.. Pisaeng itu gentle loh orangnya! bahkan sebelum ngeunboxing si Kawi, dia kek be like : "Lo serius mau ngelakuinnya?" Tipikal seme yang berprinsip "uke tuh dijaga, bukan dirusak :v" and saran nae.. jangan berharap banyak sama adegan unboxingnya ya, sangat-sangat halal :v wkwkwk...


Yeah.. begitulah kisah Kawi memperbaiki masa lalunya, kini dia sudah hidup bahagia dengan cowok kesayangannya :) ayang Pisaeng! hingga tak terasa masa-masa kuliah berlalu, Kawi pindah ke rumah Pisaeng, masuk ke dunia kerja, kesibukan masing-masing tak melunturkan rasa cinta mereka. Bahkan si Pisaeng meminta si Kawi untuk menerima tawaran jadi penyanyi terkenal, tapi si Kawi gak mau, karena dia sudah melihat masa depannya menjadi penyanyi terkenal akan menjauhkan hubungannya dengan si Pisaeng. Jadi si Kawi masih tetap berkarya, nulis lagu gitu, tapi hanya untuk dinyanyiin di bar aja. -- Bulan berganti bulan, tahun berganti tahun. Hingga si Pisaeng menyadari rambutnya mulai tumbuh uban T-T -- Dan ini realistis banget sih adegannya, kek fase-fase awal bulan madu dengan fase sudah berumah tangga lama, kek awalnya : "Morning baby! pelukan... makan suap-suapan" -- sekarang : "heh.. bangun, udah pagi! pelukan pun kalau pengen, makan sih ya makan kek biasa.." but bukan berarti hubungan Pisaeng dan Kawi renggang ya, tapi logikanya kan kalau berumah tangga lama, pasti ada momen-momen pengen bermesraan atau mode biasa aja.


And One day,, si Pisaeng jatuh sakit. Flu dan demam biasa, dia bilang : "gue gapapa kok, gue bisa jaga diri sendiri, lagian ntar lo ketularan gue..." eh disela-sela ngomongnya, si Pisaeng random banget omongannya bahas soal kematian, kek : "andai gue sudah tiada, lo jangan terlalu sedih, lo harus jadi pengganti yang lebih baik dari gue." -- Nae kira sakit si Pisaeng bakal lebih parah gitu kan? ternyata malah si Kawi T-T -- Oke! ceritanya beberapa hari kemudian, si Pisaeng sudah sembuh, udah bisalah bekerja, udah siap-siap kan! eh dia lihat si Kawi kok masih rebahan aja cowok gue satu ini? setelah di cek... badannya panas banget, lebih parah dari dia sakitnya kemaren. Jadi langsung deh buru-buru di bawa ke rumah sakit. -- Sampe di rumah sakit, dokternya pun ngasih tau kalau sakit si Kawi ini parah, ada virus apalahhhh gitu di paru-paru. Si Kawi benaran diambang kematian coy! dan si Pisaeng merasa bersalah gitu, dia menyalahkan dirinya kek : "ini gara-gara sakit gue kemaren nular samanya T-T" -- sampe-sampe dia gak mau makan, gak bisa tidur, Max dan Pear aja dah berusaha menenangkan kecemasan Pisaeng yang semakin menjadi-jadi. -- Pisaeng benar-benar merasa putus asa, andai si Kawi gak tertolong. Hidupnya pasti gak terbayangkan sedihnya T-T Begitu sampai rumah, si Pisaeng gak sengaja melihat bola kristalnya, dan kembali teringat omongan si Kawi soal dia berasal dari masa depan berkat bola kristal itu. -- Walaupun waktu itu sudah dicoba si Pisaeng tapi hanya musik box biasa, entah kenapa kali ini si Pisaeng percaya, dan mencoba memutar bola kristal itu lagi.


Dan bener dong! si Pisaeng melihat cahaya yang berputar semakin lama semakin terang, dan meng-"Undo" kehidupan yang semua dia jalani, hingga berhenti, di scene dimana si Pisaeng pertama kali memegang bola kristal itu dan hanya musik box biasa. -- Sumpah! nae sampe speechless dengan plotnya, ini diluar dugaan banget sih... bahkan diluar dugaan si Pisaeng juga yang sampe shock parah. Dan kembali merasa deja-vu mulai si Kawi ngajak bermain ke taman hiburan karena takut 'Pisaeng minta jatah' :v -- Hingga si Kawi merasa aneh, dia sadar "perasaan, hari ini sudah pernah gue lalui deh..!" begitu dilihatnya si Pisaeng, si Pisaeng raut wajahnya udah sedih, galau gelisah. Dia juga ngaku kalau dialah yang memutar bola kristal itu dan mengulang kembali waktu, karena gak mau melihat si Kawi sakit parah... -- Si Kawi pun heran banget kenapa si Pisaeng sampe setakut itu, emang dia sakit apa di masa depan? dikasih tau si Pisaeng deh kek : "ntar lo bakal sakit parah, gara-gara gue, dan gue gak bisa nolong elo! T-T gue sayang sama lo, tapi kebersamaan kita akan merugikan elo! kalau lo tau masa depan lo seperti itu, apa yang bakal lo lakukan?" si Pisaeng juga membahas keknya lebih baik mereka pisah aja... -- Mau tau apa jawaban si Kawi? disini nae terharu, jawabannya bijak banget.. "kali ini yang datang dari masa depan itu elo! bukan gue, coba tanyakan pada diri lo sendiri, apa yang akan elo perbaiki di masa lalu!" (tersenyum-optimis) disaat-saat Pisaeng merasa pesimis, si Kawi kembali menguatkan dengan janji mereka, kek be like : "gak ada yang lebih baik selain kita bersama. Lo adalah orang yang tepat dalam hidup gue. Apapun yang terjadi kedepannya dan lo merasa takut, genggam tangan gue dan kita hadapi bersama-sama." -- Damn! netes dah air mata nae nontonnya T-T si Pisaeng & Kawi pun menjalani hari dengan penuh kebahagiaan, senyuman dan keoptimisan.


Ending :
And itulah terakhir kali mereka bisa nge-"Undo" / kembali ke masa lalu. Karena kekuatan magis bola kristalnya sudah habis, kini hanya menjadi musik box biasa. -- Apakah ada perubahan dalam hidupnya sekarang setelah dia saling menguatkan dengan Kawi di masa lalu? Yup! ada dong... :) si Pisaeng dapat kabar si Kawi keadaannya semakin membaik, dan setelah siuman, si Kawi disambut dengan hangat dirumah dengan ngadain party kecil-kecilan bareng Max, Pear & Kwan.


Oh ya, si Pear bakal nikah lo! (sama si bajingan Not?) :v nggak dong! si Pear bakal nikah sama cowo yang tepat. -- Si Not apakah masih bajingan? gak kok, dia udah tobat! dia jadi penulis terkenal, si Kwan juga udah gak berharap lagi akan cintanya sama si Not. -- Jadi Pisaeng & Kawi datang ke acara pernikahan si Pear, meriah banget!! T-T si Kwan dan Max sampe rebutan buket bunga... Pisaeng dan Kawi pun saling menggenggam tangan. Kawi be like : "Bagi gue, apapun yang terjadi, selama saling memiliki satu sama lain, adalah hal yang paling benar!" -- and si Pisaeng juga kepengen suatu hari nanti nikah sama si Kawi :v pokoknya lucu banget deh, pas debat si Pisaeng pengen nikah juga, tapi si Kawi belum mau. -- Dan ternyata, si bapak yang membuat bola kristal magis itu hadir di pernikahannya si Pear, dan memperhatikan Pisaeng & Kawi yang sudah bersama dan saling mencintai dari kejauhan. Si bapak pun mengangguk kek kagum turut senang gitu akhirnya si Kawi berhasil memperbaiki masa lalunya dengan tepat, lalu si bapak pun mengilang sekelebet mata.


Dan di penghujung cerita banget, ada scene dimana Pisaeng & Kawi duduk berdua di tepi pantai saat sunset. Si Pisaeng ngasih pick gitar untuk si Kawi. Si Kawi flashback akan pick itu, andai saat itu dia belum memutuskan pacaran sama si Pisaeng, masa depannya pasti akan berantakan dengan si Pisaeng, dimana si Pisaeng akan benaran menghilang, dan pick gitar itu akan cuma jadi kenang-kenangan aja dari si Pisaeng, pengingat kesedihan. -- Tapi setelah membuat keputusan yang tepat, maka pick itu menjadi pengingat kebahagiaan, karena diberikan saat hubungan mereka saling mencintai. -- Kawi pun bertanya : "andai masih bisa kembali ke masa lalu, apa masih ada yang bakal lo perbaiki?" .. Pisaeng : "Ada" (seketika raut wajah si Kawi jadi kek sedih gitu, karena kalau si Pisaeng masih pengen ke masa lalu, berarti masih ada penyesalan yang belum selesai. Dan belum puas dengan hasil kehidupan sekarang.) "Gue pengen balik supaya bisa mendekati lo terus-terusan! :v" wkwkwk... refleks deh senyum si Kawi, dan mereka berdua pun ciuman. T-T sumpah! kiss cwk x cwk + lagu cinta + sinematografi yang indah, ini salah satu adegan favorit nae sih. Series ini ditutup dengan scene Pisaeng & Kawi duduk bermesraan menatap laut di hari yang semakin senja. Ini membekas banget sih, dimana si Kawi akhirnya paham banget kalau hikmah melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, bukan fokus bagaimana memperbaiki kesalahan-kesalahannya dulu, tapi bagaimana dia harus memilih mengikuti kata hatinya dan menjalani kehidupannya sebaik mungkin. Kehidupan bahagia, yang nantinya gak akan ada penyesalan, dan berharap pengen kembali mengulang waktu untuk memperbaiki kesalahan itu. -- Wow.. so deepppp woyyy!

Review Time :


Wow! Be My Favorite benaran awesome banget sih! selesai nonton... terharu banget nae sampe tepuk tangan di kamar! iya! nae kalau nonton BL yang bagus kadang pas dah tamat suka refleks tepuk tangan sendirian. -- Ada beberapa poin yang pengen nae bahas, soal akting/kemistri, alur, pesan moral dan beberapa ghibah-ghibah seputar Be My Favorite ini. -- Di mulai dari akting aktornya / kemistri yang dibangun oleh Gawin-Krist. Seperti yang nae bilang di part CurSing di atas, nae menganggap Krist! dikapalin sama Gawin? adalah hal yang masih gak masuk akal sama nae. Apakah setelah menonton Be My Favorite pandangan nae masih sama? walaupun nae masih gak bisa membayangkan Gawin-Krist sebagai kapal, (ya emang kan cuma fan service), maksud nae... kalau couple-couple lain bermesraan kek nae bisa melihat "ih cocok nih kalau pacaran benaran!" tapi untuk Gawin-Krist nae gak bisa melihat seperti itu.. tapi ada perubahan lebih baik dalam pandangan nae yang lihatnya phi-nong vibes banget, dimana si Krist pembawaannya dewasa banget, dan Gawin memang menghormati Krist sebagai abangnya. Ya kira-kira begitulah dari sudut pandang otak udang nae... :v


Kemistri yang tak terduga! ini paling shock banget sih bagi nae pribadi. Serasa tertampar! selama Gawin-Krist memerankan Pisaeng-Kawi. Semua keraguan-keraguan dan bayangan buruk nae jika Gawin-Krist dipairing jadi pemeran utama ternyata nggak seburuk itu, malahh sangat-sangat baikkkk... Dimana mereka berdua berhasil membawakan peran masing-masing dengan baik dengan kemistri yang benaran masuk dan cocok, gak cuma mereka dua sih, bahkan pemeran lainnya dimana berkat kemampuan akting mereka semua, menonton series ini gak ada terasa cringe sama sekali. Serius! -- Untuk karakter seme dari 5 novel mbak JittRain yang diadaptasi menjadi series. (Khai 'Theory Of Love' -- Sarawat '2Gether' -- Mork 'Fish Upon The Sky' -- Puen 'Vice Versa' -- Pisaeng 'Be My Favorite') nae lebih suka karakter seme seperti Pisaeng ini, benaran green flag banget!! sepanjang menonton series ini kita bakal banyak melihat perjuangan Pisaeng dalam membantu, memberi perhatian kepada si Kawi, walaupun perasaannya gak dibalas. Tapi dia tetap sabar loh menunggu, seme paling sabar malah! dia tetap mau berteman seperti biasa tanpa membuat si Kawi merasa risih akan kenyataan "Pisaeng suka sama gue!" -- Malah yang ada, si Kawi yang kadang terlalu denial sama perasaannya dan menganggap si Pisaeng selalu menganggu hidupnya. Padahal kalau dia pikir-pikir, dia juga setuju kalau Pisaeng banyak banget menolongnya. This is.. defenisi cowo yang kita butuh dalam hidup kita.. #Ehh...


Untuk si Kawi, waktu awal-awal nonton, nae merasa deja-vu akan perannya waktu di Sotus, kek si Arthit :v soalnya suka marah-marah, ngomel-ngomel, tapi seiring nae nontonnya, nae menemukan perbedaan, kalau si Arthit kan ngomel + garang + nampak gagah(?) banget marahnya :v wkwkwk... kalau si Kawi, dia marah, dia ngomel, tapi di sela-sela marahnya kadang dia merasa kikuk sendiri, merasa canggung kek "eh.. gue terlalu kasar gak sih ini ngomongnya?" -- dan disuatu waktu, kadang si Kawi ini pembawaannya kek anak-anak lagi marah, imut banget sambil mulutnya agak maju-maju ke depan ngedumel. Salah satu ciri khas Kawi yang memoriable banget sama nae, yaitu kalau saking kesalnya si Kawi sama si Pisaeng, dia suka mukul gitu loh, tapi gaya pukulnya itu lucu banget! pokoknya kamu harus nonton supaya bisa melihat gaya memukulnya gimana. -- Dan yang sudah menonton Be My Favorite, kalian ada merasa gak sih? kalau si Kawi lagi dalam mode serius, vibesnya kek bukan si Kawi malah kek si Krist. (Ya emang si Krist pemerannya anjirrr!).


Alurnya! adalah kunci utama terkuat kenapa nae betah banget nontonnya. Sedari awal unofficial trailernya nae udah merasa alurnya pasti menarik. Dan setelah nae tonton, sumpah! bagus parah! dan banjir plot twist, kita gak bisa menduga di episode berikutnya apa yang bakal terjadi. Juga penggambaran tiap karakter nampak realistis semua, tiap karakter punya masalahnya masing-masing, sekalipun se-bajingan si Not, ya dia cuma sebatas bajingan yang gak sadar diri. -- Nae pengen nanya nih, kamu yang sudah nonton, apakah konsep cerita kembali ke masa lalu seperti ini terasa membingungkan? soalnya cerita nya kan bakal nge-Undo & Redo kehidupan. Kalau nae pribadi, agak membingungkan awalnya. Tapi kalau kamu merasa "ah... gue sekali nonton udah paham alurnya" berarti kamu harus maklum dengan otak udang nae yes... nae emang agak lemot orangnya :v -- Nae rasa saat itu agak membingungkan karena nae gak begitu mengerti cara kerja bola kristalnya. Nae mengira kembali ke masa lalu, ntar jalan hidupnya si Kawi bakal terulang persis sama yang sudah pernah dialaminya. Ternyata cara kerjanya, ketika si Kawi membuat keputusan, maka alur cerita hidupnya ke depannya pun pasti berubah. -- Contoh : Penyesalan Si Kawi yang gak jadi ngasih kado karena rusak, terus si Pisaeng ngaku secret buddy si Pear, tapi si Kawi memilih tetap diam dan pasrah. Alhasil si Pisaeng & Pear yang jadian dan bakal nikah. -- dan berkat bola kristalnya, mengulang kejadian yang memang sama, tapi dimana kadonya sudah diperbaiki, tapi karena dia telat, si Pisaeng ngaku secret buddy si Pear, tapi si Kawi gak tinggal diam, dia bekerja sama dengan si Pisaeng untuk mengaku tentang kebenarannya. Itulah kenapa saat si Kawi mengecek ke masa depan (Redo), jalan hidupnya kok jadi berubah, karena dia mengambil keputusan yang berbeda. -- Jadi untuk si Kawi sendiri, perjalanan masa lalu ini gak semuanya kejadian hidupnya terulang persis sama... setiap keputusan yang diambil adalah perubahan jalan hidupnya, entah itu bakal lebih baik? atau lebih buruk? itu tergantung si Kawi bagaimana cara dia menyikapinya.


Perkembangan karakternya juga bagus banget. Nae amaze dengan karakter Pisaeng & Kawi. Dimana mereka masing-masing mencoba memahami diri sendiri. Seperti Pisaeng yang bergelut dengan dirinya sendiri karena dia 'berbeda' terus suka pula sama cowok yang rasanya mustahil bisa suka samanya. Bagaimana dia ketakutan orang-orang bakal tahu dia suka sama cowok. -- Begitu juga si Kawi, yang awalnya merasa gak berbakat, gak berguna, beban, pecundang! nyatanya... dia bisa mengeksplor dirinya dan menggali bakatnya, hanya saja selama ini dia kurang dukungan, gak ada yang bisa memotivasinya untuk lebih percaya diri. Tapi semenjak dia semakin akrab dengan cowok se-green flag Pisaeng, rasa pesimis-pesimis itu bakal dihalau, si Pisaeng bakal ngasih support, meyakinkan kalau si Kawi pasti bisa! -- T'rus... yang nae perhatikan, si Kawi selama kembali ke masa lalu, dia selalu punya pemikiran kayak "gue kembali ke masa lalu! untuk memperbaiki kesalahan gue di masa lalu." sampe-sampe merasa kadang apa yang dilakukannya sudah benar banget. Eh.. begitu di cek ke masa depan, masih salah. Padahal si bapak udah kek ngasih hint waktu awal-awal series, kek omongan "kalau orang lain dapat kesempatan ini, pasti sudah menjalani hidupnya dengan baik." -- Jadi disini kita bisa mikir, kembali ke masa lalu, bukan untuk fokus memperbaiki penyesalan itu, tapi bagaimana kita menjalani kehidupan dengan baik, sebaik mungkin tanpa membohongi isi hati diri sendiri. Nae yakin, waktu scene dimana kehidupan si Kawi di-Redo menjadi bencana besar! padahal dia merasa sudah memperbaiki penyesalan dengan sangat benar, karena jauhhh dilubuk hatinya, dia masih membohongi perasaannya yang juga suka sama si Pisaeng. -- Terus si bapak gak pernah bilang "bola kristal ini bisa membawamu ke masa lalu untuk memperbaiki kehidupanmu" -- alih-alih "bola kristal ini bisa membawa mu ke masa lalu untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik" dari sini saja kita bisa paham, ada hal-hal di masa lalu yang memang tidak bisa kita ubah! atau sudah takdirnya seperti itu. Seperti ayahnya si Kawi tetap meninggal. Sedih... tapi setidaknya kali ini si Kawi sedih dengan merasa jauh lebih baikan, dimana dia bisa mendengar pesan-pesan terakhir dari ayahnya.


Soundtrack : 
1. Krist Perawat - "Redo" rilis 22 Mei 2023. 
Lagu opening dan closing Be My Favorite ini yang menurut nae candu.. bakal terngiang-ngiang awal reffnya "Yon wela... :v" untuk arti lagunya, defenisi apa yang dialami si Kawi, yaitu tentang seseorang yang stuck dengan kehidupan gitu-gitu aja, dan punya kesempatan untuk kembali ke masa lalu menemukan cinta yang begitu indah dan membuat masa depannya menjadi cerah dan berwarna. Kebayangkan, mau itu isi plot series, ataupun soundtracknya, punya tema yang sama. Oh ya, btw nae salfok sama Gawin & Krist di MV ini kayak duo uke yang have fun banget wkwkwk...
2. Gawin Caskey - "Unable" rilis 23 Juni 2023.
Nah! ini nih lagu favorit nae.. spesialis lagu adegan galau.. jika Redo lagu yang mewakili Kawi, maka Unable ini mewakili isi hati si Pisaeng. Bagaimana ketika dia semakin dekat dengan orang dia suka, tapi rasanya semakin sulit tuk digapai. Kek be like : "seberapa sakit yang lo pengen gue lalui, silahkan! gue akan bertahan. Tapi ada satu hal yang tidak akan gue lakukan kepada lo adalah tuk berhenti mencintai lo!" Wow... ini benaran isi jeritan hati Pisaeng banget sih, T-T Seme paling sabar ini, bisalah bikin novel Catatan Hati Seorang Seme. Mana set mvnya mendukung lagi bergalau ria dekat jendela saat hujan. 
3. Krist Perawat - "Thankful" rilis 8 Juli 2023
Untuk lagu ini berhubungan dengan plotnya, dimana si Kawi dikenalkan si Pisaeng sama anggota band. Dan ditawari jadi vokalis. Lagu ini lebih menjurus ke isi hati si Kawi, dimana dia yang awalnya merasa sendiri dan useless, lalu bertemu dengan si doi yang selalu memberinya semangat dan bangkit. Jadi kek berterima kasih banget karena sudah hadir dalam hidupnya. Lalu berjanji akan melewati hari-hari kedepannya menjadi lebih cerah dan bahagia. 
4. Gawin, Krist - "It Might Be You" rilis 21 Juli 2023
Kalau ini lagu spesialis adegan mesra-mesraanya Pisaeng & Kawi. Pokoknya saat-saat lagi have fun / berromantis ria. Lagunya tentang hanya lo yang gue pengen :v kek "mungkin kamu! hanya kamu! maunya sama kamu! kamulah yang selalu kuimpikan, kamulah yang pengen selalu ku peluk, sekarang dan selamanya." -- Satu kata pas nae baca lirik lagunya. "Bucin!!" dasar bucinnnnn :v lagu bucin nih. Yang jomblo kek nae baca liriknya hanya bisa manyun-manyun :v wkkwkwk...
And ada satu lagu lagi sih, lagu kolaborasi Krist x Stoker "You're So Beautiful" yang rilis pertengahan tahun 2020 lalu, di scene dimana si Kawi memutar bola kristal (nge-redo) dan di masa depan dia menjadi penyanyi terkenal dan bakal perform. Dan saat perform dia membawakan lagu ini. Adem banget nih lagu... telinga dan hati auto tenang.


Kesimpulan : 
Be My Favorite adalah BL yang pengen nae skip karena mengira Gawin dan Krist gak bakal cocok. Tapi begitu nae tonton! fix.. benaran Menjadi Favorit Nae banget. Dimana Gawin & Krist berhasil membangun kemistri, plot yang super menarik, kunci terkuat kenapa nae sangat amaze sama series ini. Genre fantasi kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan eh malah bertemu cinta yang tak terduga, dan membuat nae merasa seperti nonton film disney. Yaitu dimana tokoh utama udah merasa putus asa, datang peri menolongnya dengan memberi kekuatan sihir. Begitu juga, saat si Kawi merasa putus asa, datang seorang bapak-bapak memperbaiki bola kristalnya dan membuatnya berkekuatan magis tuk membawa si Kawi kembali ke masa lalu. Dan di endingnya juga seperti film disney, biasanya ibu peri di ending akan melihat si tokoh utama dan pangeran bersama dan bahagia, lalu tersenyum dan pergi seketika. Begitu juga ini, dimana Pisaeng dan Kawi akhirnya jadian, lalu si bapak-bapaknya tersenyum bangga dan pergi menghilang seketika.


Sensasi plot twist, dimana kita tidak akan bisa menebak bagaimana alur hidup si Kawi di episode berikutnya. Jadi setiap mau nonton ke episode berikutnya, akan terasa sangat excited. Ada adegan kiss scene, ada adegan gitu-gitu tapi cuma sebatasnya aja... but it's not big problem. -- Salah satu BL Series dimana saat nae nontonnya tidak terasa cringe! soundtrack-soundtrack yang enjoyable. Dan penyampaian pesan moralnya dapat banget, tentang bagaimana kita harus memahami apa isi hati kita, dan bagaimana kita harus mengambil keputusan yang tepat dalam menjalani kehidupan. Tanpa membuat kita menyesal dikemudian hari. Series ini juga banyak seperti memberi nae refleksi, tentang andai nae ataupun kamu berada di posisi si Kawi. Apakah kita bakal mau kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat? kalau nae pribadi sih iya... T-T nae ada penyesalan, tapi mustahil sih bakal bisa kembali ke masa lalu seperti si Kawi, andai bisa beneran ya kan, mau minjem bola kristalnya :v


Harapan : 
Jujur! berkat series ini, nae jadi tergila-gila banget sama Gawin Caskey. Padahal nae udah lama kenal, udah lihat dia di Dark Blue Kiss, Not Me, Enchante. Tapi rasa sayangnya baru tumbuh sekarang! :v gapapa ya Gawin yaaa... -- Dan ini adalah series pertamanya dia dimana menjadi pemeran utama. And nae akui... ini sukses!!! (but underrated! T-T nae ada baca tweet-tweet banyak yang mengira Gawin-Krist gak bakal cocok! please.. nae awalnya anggap gitu, ternyata pas ditonton bagus banget loh!) Alasan nae suka dan tergila-gila pertama! karakter! sumpah! karakter Pisaeng adalah cowo yang wajib ada di hidup kita! termasuk di hidup kamu yang lagi baca ini. Se-green flag itu woy. Nae aja yang nonton seriesnya merasa kasihan lihatnya setiap kali dia kek bilang "udah, temui dia, katakan perasaan lo samanya. Gausah pikirin gimana gue, gue gapapa kok." Eh padahal dalam hatinya udah galau merana. Terus selalu membantu, sekesel-keselnya pun dia sama si Kawi tetap mau menolong. Behhh... ini nih cowok yang patut diperjuangin coy! -- Kedua! nae suka hairstylenya disini, bahkan di beberapa 'angle' sekilas kayak mirip Mingyu Seventeen. Entahlah, entah cuma nae yang merasa dia agak mirip si Mingyu, tapi versi agak bulenya.. -- Ketiga! matanya... bulu matanya lentikkk.... bola matanya coklat terang itu pas kena cahaya beuhhh indahh banget sayyy.. serius, nae baru perhatiin sekarang sebegitu indahnya matanya, mungkin kalau nae tatap-tatapan sama Gawin, pingsan duluan nae gakuat menahan pesonanya :v awww....


Harapan kedepannya... nae pengen setelah projek Be My Favorite ini berakhir, dia dapat tawaran main BL lagi. Mau itu sama Krist lagi, nae akan support banget!! kemistrinya dapet, dan di luar series, hubungan phi-nongnya juga erat! dan nae ada baca info juga katanya sih..., si Krist mau nge-BL lagi kalau lawan mainnya itu sudah terasa dekat dan akrab kayak saudara. Seperti si Singto, tapi karena udah beda agensi, jadi agak susah se-projek. Tapi si Singto berteman baik dengan si Krist dan menjadi bintang tamu di konser solo si Krist. Dan pergantian pemeran dari si Mike menjadi si Gawin, nae baru paham kenapa si Krist nyaman banget main BL sama si Gawin, karena kek udah anggap kek adek sendiri, kalau kamu nonton reaction-reaction Gawin-Krist baik itu reaction trailernya atau cuplikan seriesnya, si Krist sering muji kayak : "aktingmu bagus! kerja bagus! kamu sangat tampan!" si Gawin juga gitu : "phi juga tampan kok.." jadi heart-warming banget kesannya. 
Andaipun, misal si Krist gak main BL lagi! maunya si Gawin dapat couple BL Baru, kan banyak tuh aktor-aktor baru GMM. Apalagi nae denger-denger infonya.. GMM Borderless untuk series 2024 mendatang bakal diumumin bulan Oktober 2023 ini. Sayang banget sih seberbakat Gawin yang aktingnya bagus, suaranya merdu, visualnya behhh... tapi kurang dilirik dan malah balik masuk goa. Please Gawin T-T jangan masuk goa lagi... kamu pantas dapat perlakuan seperti couple-couple BL lain, yang event sana sini, show wara wiri sana sini.


Bagi yang belum menonton Be My Favorite, bisa icip satu atau dua episode dulu mana tau tertarik. Dan yang udah terspoiler besar-besaran karena sudah membaca postingan ini, tenang! gak semua keseluruhan cerita secara detail nae tulis disini, ini hanya plot ditarik secara garis besarnya aja. Masih ada hal-hal yang tidak nae tuliskan, jadi supaya kamu bisa menyaksikannya sendiri nanti pas nonton. -- Dan bagi yang sudah menonton Be My Favorite, kamu bisa berbagi opini/kritik/curhatan kamu selama menonton series ini di kolom komen ya :) nae akan reply kok. Apakah kamu bakal sama kayak nae yang mengira Gawin, Krist gak bakal cocok dicouplein? pokoknya tulis aja unek-unek yang pengen kamu sampaikan di kolom bawah ya... mari kita menggibah bareng sayy! wkwkwk...

Blurbbbb....
Ini pertanyaan terakhir! : "Andai kamu bisa memutar dan kembali ke masa lalu, apa yang akan kamu lakukan untuk hidupmu?
Akhir kata, salam cinta tak terduga Pisaeng & Kawi, nae pamit undur diri, see you!! :)

THE END

OFFICIAL TRAILER 'BE MY FAVORITE'

KRIST PERAWAT - "REDO" MV

GAWIN CASKEY - "UNABLE" MV
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)