[REVIEW] – MY SCHOOL PRESIDENT (2022)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***
"Kehidupan masa SMA hanya datang sekali. Ini adalah kesempatan terakhirmu. Lakukan saja apa yang kamu inginkan."


MY SCHOOL PRESIDENT #PacarkuKetuaOSIS adalah BL Series Produksi GMMTV yang tayang sejak tanggal 2 Desember 2022 s/d 24 Februari 2023 lalu dengan total 12 Episode. -- Series ini diadaptasi dari novel My Boyfriend is The School President (My President) by Pruesapha. Dan disutradarai oleh mas Au Kornprom Niyomsil. *Tepuk-Tangan-Yang-Meriah-Dong! *Prok-Prok-Prok!

HOLD ON....
Jangan tanya gimana reaksi nae saat dengar kabar series ini bakal tayang awal Desember 2022 lalu.. Pastinya histerissss donggg! jingkrak-jingkrak Yes! Yes! kegirangan ditempat kerja kek orang gila tau ga... -- Ya bayangin aja say, series ini diumumin saat borderless GMMTV2022 pada Desember 2021 lalu, memang tayang sihh tetap di 2022 tapi udahhh di bulan penghujung tahun banget... BL demi BL GMM yang nae tonton di 2022, nae selalu penasaran dan menantikan banget sama My School President ini, karena saat pertama kali nae menonton unofficial trailernya, nae langsung Fall in love. Dan reaksi dari fans BL pun saat itu nae baca disosmed, cukup banyak yang excited... sebagian ada juga yang nge-underestimate. Yang katanya "BL GMM Syariah yang bau-baunya bakal Flop!" Sumpah! nae masih ingat banget sama itu tweet. Mungkin dia mikirnya karena series ini diisi aktor-aktor pendatang baru, tentu tidak sebagus aktor-aktor senior. But... pada akhirnya, we all know kan? bagaimana feeds My School President selama penayangannya seperti apa. YESHH BOOMING.... BANGETTT! -- Hmmm... nae gak bisa banyak curhat di opening ini, karena kalau nae sekali gibahhh suka lupa waktu shay, yang awalnya nae rencanakan mau nulis review, malahhh curhattt panjang kali lebar. So yeah! nanti nae lanjut lagi curhat-curhatnya, untuk sekarang mari kita fokus ke........


Daftar Hadir Siswa (Cast) :
GEMINI Norrawit -- TINN
HBD : 13.06.2004
FOURTH Nattawat -- GUN
HBD : 18.10.2004
SATANG Kittiphop -- SOUND
HBD : 16.11.2001
WINNY Thanawin -- WIN
HBD : 12.11.2000
MARK Pakin -- TIWSON
HBD : 02.06.1998
FORD Arun -- POR
HBD : 18.10.2002
PROM Theepakorn -- PAT
HBD : 07.12.2003
CAPTAIN Passatorn -- YO
HBD : 05.05.2004
AUN Napat -- JORN (Kajorn)
HBD : 06.01.2003

Tahun Ajaran (Storyline) :


Gun! adalah Ketua sekaligus vokalist Klub Musik disekolahnya yang diberi nama Chinzilla. Dia orangnya ceria banget... so bright deh!! apalagi senyumannya ehem...  nackal (nackal yang bisa dimaklumi yaa.. bukan yang aneh-aneh), dan sangat percaya diri. Hobi bermain musik tentunya dan bercita-cita ingin menjadi seorang penyanyi. Di klub musik, dia punya bestie... -- Pat! sebagai Drummer, penampilannya agak nerdy gitu karena pakai kacamata, dan setiap kali klub musik dapat masalah/susah nyari jalan keluar pasti solusi yang diberikannya cuma "bubar aja yok!" wkwkwk -- Por! sebagai Keyboardist, paling mungil di klub musik dan aura pembawaannya selalu ceria, positif vibes banget. -- Win! sebagai Bassist, orangnya mudah emosian, mudah marah! dan kalau ngomong suka ceplas ceplos. -- Yo! sebagai Gitarist, orangnya gak banyak cingcong sih, dan keunikannya, karena dia berasal dari daerah Thailand Utara, jadi dia kadang ngomong pake dialek Thailand Utara, tapi kita nggak bakal ngeh, karena toh kita dengernya sama-sama bahasa Thailand kan :v


Ada satu masalah yang dihadapi oleh Klub Musik, yaitu klub yang nggak memberikan keuntungan terhadap reputasi sekolah, bakal dihapuskan! dan itu jatuh kepada Klub Musik. Ada alasannya kenapa klub musik masuk ke dalam list klub yang akan dihapuskan. Yaitu terkait insiden tahun lalu... Saat ajang lomba bergengsi, Band Chinzilla yang dibawakan senior mereka harus tereliminasi gegara vokalistnya bertengkar sama penonton karena rebutan cewe. Ditambah! banyak keluhan dari klub-klub lain yang katanya klub musik itu hanya embel-embel untuk malas-malasan saja, taunya cuma dijadiin tempat nongkrong main game atau makan-makan babi panggang doang. -- Jika Kepsek yang lama masih menjabat, pasti Klub Musik diberi kesempatan kedua untuk berubah menjadi lebih baik lagi. But, sayangnya... di tahun ajaran baru ini, Kepseknya baru! Bu Potjanee... dari Wakil Kepsek naik jabatan jadi Kepala Sekolah. Dan Bu Potjanee ini paling peduli banget akan reputasi sekolah, Bu Potjanee be like : "udah pake anggaran biaya sekolah, bukannya mengharumkan nama sekolah, malah buat masalah!" -- Jadi daripada masalah-masalah lain muncul, Bu Kepsek semakin gencar pengen menutup klub yang tidak menguntungkan sekolah. -- Makanya si Gun benci dan kesel banget nengok Bu Kepseknya...


But... Bu Kepsek gak punya wewenang untuk menutup klub-klub itu. Jadi, siapa dong? Ketua OSIS. Di tahun ajaran baru ini juga diadakan pencalonan Kepengurusan OSIS yang baru, yang nantinya bakal membantu Bu Kepsek menutup klub yang tidak menguntungkan itu. Si Gun ikut mencalon loh! :v (Dengan andai-andai, misal dia yang menang, dia gak akan menghapus klub musik.) -- Disaat calon-calon OSIS yang lain pake baju sekolah yang rapi, ni anak dengan pedenya datang cuma pake kutang, sandal jepit terus menenteng kresek makanan njir sambil tebar pesona, of course si Gun jadi pusat perhatian banget! pokoknya heboh pas Gun datang... tapi itu gak ada apa-apanya ketika calon Ketos baru lainnya ikutan muncul. yess! Si NobiTinn.. ehh! si Tinn...! cowo yang kalem, suka berlagak-lagak keren, dan rada perfeksionis. Yang sukses mencuri perhatian hingga terpilihlah Tinn sebagai Ketua OSIS yang baru! beri tepuk tangan yang meriah gaes... *Prok-Prok-Prok! -- Fyi! Tinn ini adalah anaknya Bu Kepsek. OhMyGawd!


Oke! kita beralih ke sudut pandang si Tinn. Actually... dia join OSIS bukan untuk pamer supaya nampak keren dilihat murid-murid lain atau bukan mau membantu emaknya menutup klub-klub yang tidak menguntungkan. Justru dia join OSIS demi menyelamatkan klub ayangnya.. Ehem Ehem.. Iya nih... si Tinn naksir si Gun loh.. awal mula kenapa si Tinn jadi fall in love sama uke nackal satu ini terjadi saat mereka masih kelas 10, si Tinn yang lagi ultah gak dirayain karena ortunya sama-sama sibuk. Gak punya waktu sayy... Jadi dia dengan suasana hati sedih gitu ya, nongkrong disebuah kafe deket sekolah (kafe emaknya si Gun). Si Gun yang ikut melayani pelanggan melihat si Tinn yang nampak sedih dan feel so lonely, jadi si Gun mempersembahkan sebuah lagu. Lagu yang membuat Tinn amaze dan fall in love in the first sight gitu loh melihat si Gun. -- Meskipun Tinn dan Gun sekelas... mereka gak dekat, si Gun duduk dibangku belakang bareng temen-temen klub musiknya, sementara Tinn anak baek budi duduk dibangku paling depan bersama bestinya. Si Tinn juga udah berusaha ngasih kode kalau dia naksir si Gun tapi selalu saja gagal... saat masih kelas 10, kelas 11.. hingga sekarang di kelas 12. Si Tinn belum berani mencoba untuk menyatakan perasaannya lagi.


Untung saja Tinn punya bestie yang selalu mensupportnya. Namanya Tiwson... sebangkunya Tinn, Dia Wakil Ketus OSIS, dan dia selalu punya rencana, taktik, solusi untuk mendukung Tinn mendapatkan si Gun. -- si Tinn awal-awalnya masih pesimis, masih takut jika gagal lagi, tapi si Tiwson be like : "Lo udah ditahun terakhir SMA loh! Lo pengen menyesalinya seumur hidup lo karena gak ngungkapin perasaan lo?" -- Setelah dapat motivasi dari si Tiwson, finally si Tinn bangkit untuk mengejar cintanya Gun. Memang gak langsung bilang "Gun! I Love You" tapi secara step by step say. Dimulai dengan hal yang paling penting bin genting dulu.. yang rame dibahas soal klub musik mau dihapus, jadi si Tinn menjadi Ketua OSIS supaya dia bisa mengulur waktu emaknya nggak buru-buru mendesak menghapus klub dan memberi kesempatan untuk klub musik membuktikan kalau mereka bisa mengharumkan nama sekolah. -- Efek samping dari terpilihnya Tinn jadi Ketos, si Gun jadi ikutan benci dan kesel melihat si Tinn. -- habis gimana gak kesel, si Gun mikirnya si Tinn pasti bakal membantu emaknya menyingkirkan klubnya.


Belum lama si Tinn menjabat jadi Ketos, emaknya udah melayangkan surat untuk menarik semua alat-alat musik di klub musik melalui si Jorn (Kajorn), btw... di keanggotaan OSIS cuma dia sendiri murid kelas 11, dia bakal menjadi The Next Ketos. Tapi untuk sekarang, dia jadi Sekretaris OSIS aja dulu. Karakternya agresif, loyalitas dan profesional banget sih menjalankan perannya di OSIS. Semua aturan-aturan, semua perintah! harus segera dilaksanakan. -- Dan yeahh... alat musik klub disita. -- Sedongkol-dongkolnya si Gun melihat si Tinn, pada akhirnya dia gak punya pilihan lain selain memohon-mohon sama si Tinn supaya alat musik klubnya dikembalikan. si Gun be like : "Gue tau lo benci klub musik gue, tapi tolong! kembalikan alat-alat musik klub gue... gue rela deh disuruh apa saja!" si Tinn pun kesempatan emas coy! nyuruh si Gun ini itu segala macem. Tapi dia juga harus membujuk emaknya untuk mengembalikan alat musik klub. Mau tau hasilnya? Yup! Alat musiknya tetap gak dibalikin, jadi si Gun pun marah-marah sama si Tinn. Yeahh... walaupun dimarahi ayang, sang Ketos gak akan menyerah begitu saja, dia tetap memikirkan solusi bagaimana klub cowo kesayangannya bisa mendapatkan alat musik lagi. Mulai dari diam-diam memberikan gitar ayahnya, membuat akun sosmed palsu #NongLion ;P untuk memberi tahu Gun ada event lomba yang hadiahnya alat musik, hingga nyanyi di bar.


Setelah alat musik terkumpul. Baru kita bisa membahas soal ambisi Gun dkk! yaitu pengen memenangkan ajang Hot Wave Music Awards. Ajang ini bukan sekedar ajang fiksi belaka gaes, di real life benaran ada. Ajang kompetisi terbesar musik band SMA di Thailand sejak 1996. Dan sudah banyak melahirkan band-band populer seperti Bodyslam, STAMP, Slot Machine, 25 Hours, LULA dll.. -- Jadi, Tinn sang Ketos, dan Gun sang ketua klub membuat kesepakatan. Tinn dan anggota OSIS akan membantu Gun dkk memenangkan Hot Wave, si Gun sempat merasa aneh sih kek be like : "Lo kan benci sama klub gue, kok lo membantu gue? emang lo mengharapkan apa dari grup gue?" nah ngeles nih si Ketos alasannya sih supaya membangun reputasi sekolah.. padahal ya dia pengen membantu mewujudkan mimpi cowo kesayangannya


And again... maknya Tinn alias Bu Kepsek gak setuju kalo klubnya Gun ikut kontes... tapi berkat bujukan-bujukan Tinn, akhirnya dibolehin deh, but dengan satu syarat! Mereka semua yang di klub musik harus lulus tes ujian di SEMUA mata pelajaran. Berhubung anggota tim musik payah soal pelajaran terutama si Gun sendiri, jadi si Tiwson nyusun rencana supaya Tinn jadi tutor les privatnya si Gun, jadi belajar sekaligus moment PDKT-an. Pokoknya selama seminggu Tinn jadi tutornya Gun, ada scene dimana si Gun mulai merasakan getaran-getarak love gitu say, degdegan tatap-tatapan melihat Tinn saat hendak mau tidurrr... dan perubahan sikap yang Gun tunjukkan udah gak dongkol-dongkol lagi melihat Tinn. Dia udah kek nganggap Tinn sebagai temannya. (So! selevel udah naik ye kan dari enemy to friend) :v


Saat ujian berlangsung, luckily! semua anggota klub musik LULUS di semua Mapel. So yeahhh.. Bu Kepsek pun mau-gak-mau harus membolehkan Band Chinzilla Gun ikut mendaftar kontes Hot Wave. Artinya... Gun dkk harus giat latihan, tapi Gun kek merasa ada yang kurang dari klubnya, jadi dia berencana mencari member baru untuk posisi gitaris baru. -- Kebetulan ada murid pindahan baru ke sekolahnya yang jago bermain gitar solo, namanya Sound, si Sound ini gitaris terkenal gays... sikapnya angkuh, menyombongkan popularitasnya, dan dulunya si Sound ini rivalnya Tinn waktu SMP, baik itu rival dalam popularitas maupun bakat / akademik. Jadi, karena kebetulan ada yang jago main gitar, Gun dkk mencoba mendekati Sound untuk ngajak join Chinzilla. Tapi karena ni anak angkuh banget, boro-boro nolak secara halus, malah ngehina-hina band Chinzilla njir... pokoknya si Win sering ke-trigged kesel akut kalau si Sound suka menghina bandnya. -- But, dont worry.. ntar si Sound join ke Chinzilla juga kok. Itu karena si Sound taunya si Tinn benci klub musik, jadi dia masuk ke klub musik dan mau membantu Gun dkk memenangkan Hot Wave supaya si Tinn, rivalnya merasa tertampar gitu gaes..


Awalnya Gun dkk merasa senang karena si Sound mau gabung ke klub musik. Tapi malah terjadi perselisihan gitu... kan si Sound gitaris professional gitu lohhh, apalagi kan mereka harus berlatih untuk persiapan lomba ajang bergengsi, gak ada waktu untuk berleha-leha... santuy santuy dsb. Nah.. Gun dkk justru sebaliknya, suka berleha-leha.. kek misalnya Gun dkk be like : "yuk makan ini dulu yukkkk..." ujung-ujungnya ga jadi latihan. Atau susah nyocokin waktu, karena alasan "Duh! besok bapak gue ultah nih!" atau "Tunggu ya! mak gue nelpon!" atau "Besok waktunya kita nonton film loh!" pokoknya banyak banget hal-hal yang mengalihkan perhatian Gun dkk jadi gak fokus latihan. Itu yang membuat si Sound murka banget, sampe ngomong gini ke si Gun, "Kalo Pemimpin klubnya kek lo, kalian gak bakal sampe ke Hot Wave." si Gun pun kek merasa *Bleb!! nancep dihati.. tajam banget omongan si Sound tapi menurut nae make sense sih, nae tahu si Gun sayang banget sama bestie-bestienya, tapi kalau soal me-manage waktu untuk latihan, ni anak memang kurang... Malah kadang dia Ketua Klub, dia juga yang ikut-ikutan terpengaruh yang berujung gak jadi latihan. Jadi si Sound mau mengambil alih kepemimpinan klub supaya bisa fokus latihan memenangkan Hot Wave, anggota yang lain gak setuju, enak aja anak baru! mau mengambil alih, mereka tetap pengennya si Gun jadi Ketua Klub, ehhh tapi sayangnya si Gun udah keburu berkecil hati... dan memilih untuk keluar dari klub musik.


Si Gun galau, tentu rasanya berat ninggalin klub musik which is... jantung hidupnya gitu loh.. yang hari-hari selalu bermain musik sama temen-temen gengnya. Tapi sekarang dia gak ada aktivitas lagi. Nah! kesempatan emas lagi bagi si Tinn. PDKT Part II. Si Tinn mencoba menghibur si Gun dengan mengajaknya ikut dalam kegiatan OSIS. Si Gun pokoknya merasa fun banget, dia ikut mengunjungi ke berbagai klub dan menikmati setiap permainan yang dihadirkan. Gak cuma itu saja, idenya Gun mengubah Klub Keanggotaan OSIS yang dikenal "tidak ramah" bagi murid-murid lain, menjadi "Kafe OSIS" yang bisa menarik murid-murid lain mau berkunjung. Si Gun juga dibolehkan jadi penyanyi live musik di Kafe OSIS. -- Kalau dari segi hubungan, tentu ada perkembangannya juga sih, Tinn dan Gun jadi semakin akrab, mereka juga jadi sering curhat pengalaman dan berbagi cerita.


Oh ya.. kondisi klub musik setelah ditinggal Gun gimana? Latihan sih tapi suasananya gak enak banget, gak boleh ini, gak boleh itu... tegang banget, terlalu serius. Sampe-sampe anggota klub musik mencoba membujuk Gun untuk kembali gabung karena gak tahan dipimpin si Sound. Tapi si Gun tetap gak mau, walaupun sudah se-enjoy-enjoynya dia di OSIS, nampak dari raut wajahnya yang masih kepengen gabung di klub musik. Jadi si Tinn yang memperhatikan raut wajah Gun dari kejauhan, dia berusaha menyemangati Gun, mencoba mengembalikan keoptimisan Gun. -- Begitu Gun sudah merasa Pede lagi... Gun pun kembali ke klub musik. Dia kembali saat anggota klub lagi berdebat sama si Sound. Pokoknya semua anggota klub musik memberontak, gak mau mendengarkan lagi perintah-perintah si Sound. -- Karena kembalinya Gun di klub, dan anggota lain gak peduli lagi sama si Sound. Si Sound yang jadinya merasa tertampar gitu gays, dia berkecil hati sambil masang ekspresi dongkol, jadi dia memutuskan untuk pergi meninggalkan klub musik. Nah! nae suka nih liat sikap si Gun, saat si Sound mau pergi, dia memanggil dan mengajak Sound tetap gabung di klub musik. Dan memperlakukan Sound selayaknya teman dekat. Sejak itu... Si Sound udah lumayan jinak, udah gak seangkuh dulu lagi dan ikut have fun bareng band Chinzilla. Malah.. sudah mulai ada rasa cinta yang tumbuh sama si Win.. Cieee..! Cie..! :v SatangWinny or WinnySatang nih? wkwkwkw...


Selama menonton seri ini, karakter si Gun akan dieksplor lebih dalam lagi. Dia orangnya memang ceria. Tapi dia mudah merasa berkecil hati, mudah merasa insecure, kalau ada beban fikiran yang mengganjal dikepalanya langsung nampak hilang semangatnya. Seperti emaknya yang sakit, dan dia tahu ternyata emaknya punya banyak hutang. Si Gun kadang berpikir pengen melupakan cita-citanya sebagai penyanyi, dia pengen kuliah dengan setelah kelulusan bisa dapat pekerjaan stabil membantu keuangan keluarganya. Dia juga sudah mencoba join ke PH gitu, tapi gagal, dia sering merasa pesimis dengan bakatnya. -- Disaat-saat Gun merasa down, si Tinn selalu berada didekatnya, menjadi dekat, menjadi semakin dekat lagi, menjadi tempat dimana Gun bisa curhat dan berbagi rahasia dan kesedihannya selama ini, which is temen-temennya aja di klub musik gak ada dikasih tau si Gun, tapi sama si Tinn, semua dicurahkannya. 


Hingga si Tinn mencoba ngasih "hint" kalau dia suka sama si Gun. Si Tinn udah berharap banget nih si Gun bakal peka akan perasaannya. Tapi gak peka woey, si Gun malah mengira si Tinn naksir yang lain di klub musik. Andaipun Gun peka, mereka tetap gak bisa langsung pacaran, soalnya ada rule di klub musik "gak boleh pacaran hingga kelar Hot Wave" -- aturan itu berlaku, mengingat insiden tahun lalu, gagal kontes karena rebutan pacar. -- Walaupun begitu, ternyata si Gun kepo loh sama siapa cwk yang ditaksir Tinn diklubnya. Bayangkan aja! siangnya mreka bahas Tinn suka sama salah satu anggota klub musik, malamnya si Gun langsung nanyain si Tinn suka sama siapa! wkwkw... pokoknya lucu banget. Of course karena si Gun actually udah ada rasa tapi masih takut dan begitu juga sibaliknya, si Tinn yang udah kepengen banget nyatain cintanya tapi takut ditolak si Gun. Jadi dehh! kita menyebutnya stuck in friendzone :v seperti yang mereka lakukan di video cover audisi Hot Wave. Apakah TinnGun bisa tetap menjalani pertemanan mereka yang dibatasi garis Friendzone? Hmm..


Nope! Karena ada moment dimana akhirnya Tinn & Gun saling jujur akan perasaan mereka masing-masing. Yaitu saat syuting video cover audisi itu... si Tinn gak bisa lanjut karena dia ga tahan lagi bersikap "just friend" gitu lo... begitu juga sebaliknya, si Gun juga ga tahan harus berpura-pura seakan ga menyadari perasaannya terhadap Tinn. So karena mereka dua udah saling tahu punya rasa satu sama lain? apakah TinnGun bakal resmi? No beb, karena aturan di klub musik gak boleh punya pacar. Jadi TinnGun menjalani asmara mereka secara lowkey gitu loh! gak ada yang tau kalau TinnGun pacaran diam-diam, selain Tiwson.. :v


Selain Gun yang melanggar aturan klub, ternyata ada satu member lagi yang ternyata melanggar juga, si Yo... dia naksir cewe yang dia kenal dari medsos... tapi si Yo sendiri nyamar pake akun palsu menggunakan foto si Tinn. Jadi saat ketemuan dan dia ngaku jati dirinya sendiri, dia diputusin... selama putus, dia jadi gak semangat nge-band. Kalau nae pikir-pikir soal aturan klub mereka gak boleh pacaran, itu pasti supaya gak mengalihkan perhatian para anggota dan bisa fokus pada latihan musik. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, cinta gak selamanya menghancurkan konsentrasi dalam menggapai impian. Kek Gun yang kasmaran pada Tinn, si Gun jadi lebih enjoy dan feelsnya dapet saat membawakan lagu cinta... Jadi si Gun bikin vote di klubnya apakah si Yo boleh pacaran? Dan yesshh! saat semua anggota setuju, si Yo pun semangat lagi nge-Band + mengejar cinta cewenya sambil ngedance... :v Asekkk.. NaNaNao... NaNaNaNao... Yimsi Yimsi Yimsi ngow ngow.. :v *candu-banget-woey


Kontes Hot Wave sudah semakin dekat... kita akan bisa melihat fase-fase dimana Gun merasa tertekan, takut.. bagaimana jika dia gak cukup baik dalam penampilannya, bagaimana jika dia gak bisa membuat para juri terpukau? Dan kita pasti tahu, siapa yang akan menyemangati Gun disetiap kali Gun merasa down, yes! ayank Ketos, si Tinn selalu memberi support, meyakinkan kalau si Gun pasti bisa melakukannya. Si Gun be like : "Besok, kalo lo datang menyemangati gue, gue gak kan takut apapun." -- Tapi sayangnyaa.. si Tinn gak bisa datang.. (awalnya sih!) -- kita beralih ke POV si Tinn lagi... bagi yang sudah menonton series ini pasti udah tahu si Tinn anaknya superrr baekk budiiii.. penurut.. sama emaknya, Bu Kepsek, bahkan dia mau dimasukkan ke kedokteran aja nurut-nurut aja, jadi hari dimana Kontes Hot Wave dimulai bertepatan dengan hari dimana dosen fakultas kedokteran datang berkunjung ke sekolah mereka, jadi emaknya mau ngenalin si Tinn. Mungkin rencana emaknya si Tinn kek be like : "Ini lo pack! anak saya, nanti kalau udah lulus SMA ini bakal kuliah kedokteran bla bla bla bla..." -- Tapi, saat hendak bertemu pak dosennya si Tinn selalu kepikiran ayank Gun yang lagi berjuang kontes. Dia gak bisa fokus lagi apa yang dibilang emaknya, dan Tinn pun memutuskan gak jadi bertemu pak dosen, dan berlariiii ke tempat kontes ayangnya.. *Untung-deket-lokasinya! :v jadi bisa tepat waktu pas Band Chinzilla tampil. Sampe love sign-love sign gitu, arggghh.. pokoknya gemesh banget liat Gun yang narakk makk sambil natap ayank Ketos... -- Selesai perform! si Gun be like : "Gue berhasil.." *mata-berkaca-kaca. "Gue senang banget!" dan di kisseu dehh jidatnya sama si Tinn. Tinn be like : "kalau lo menang babak berikutnya, ciumannya udah gak dijidat lagi." mreka pun pelukannnn :)


Berhasil? Yes! Band Chinzilla lolos ke babak berikutnya, alias babak penentuan. Dari tingkat kesulitan, kali ini tantangannya udah bukan sekedar cover song doang, tapi harus bisa membuat lagu sendiri. -- But sebelum fokus membuat lagu, Gun dkk serta Tinn & Tiwson juga bakal pergi ke Kamp Latihan di Bungalonnya p'Yak, yang bertepatan saat libur semester. Rencananya sih mau healing, tapi berakhir jadi latihan benaran karena kebetulan p'Yak ada disana (vokalis Band Chinzilla taun lalu yang berkelahi pas kontes itu :v) -- Jadi, p'Yak menyuruh Gun & Sound membuat lagu sendiri, sementara anggota band yang lain disuruh berbagai macam olahraga, jogging, ngedance dsb. Agak rempong emang itu si p'Yak... -- Mari sekilas kita melihat dari POVnya si Sound, actually disepanjang series ini, EP demi EP, menunjukkan Sound yang awalnya angkuh, semenjak dia gak jadi pemimpin klub lagi, tapi masih diterima, dia sudah mulai bisa berbaur, dan yang awalnya juga sering bertengkar dengan si Win, tapi saat si Win bersikap perhatiannya menumbuhkan rasa cinta Sound kepada Win. Nahhh... perjalanan membuat lagu ini, lebih unggul si Sound karena dia duluan siap! awalnya dia menulis lirik lagu yang gak cocok dengan tipenya, jadi dia dikasih saran gitu sama p'Yak untuk menulis lagu sesuai dengan apa yang dia rasakan saat ini. Jadi dia membuat lagu yang terinspirasi dan teruntuk si Win. So apakah Win akan peka dengan lagu cinta karya si Sound? kita lihat saja nanti.


Beralih ke si Gun, memang butuh waktuuuu... untuk menyelesaikan lagunya. Awalnya dia bingung harus dimulai dari mana? atau kadang bagaimana membuat lagu supaya feelsnya dapet, jadi seperti biasa, ayang Ketos selalu ada disisi Gun untuk membantu. Si Tinn memang gak pandai dalam hal musik seperti Gun, tapi dia pernah mencoba membuat lagu untuk si Gun. Dan dia pun menyanyikannya... disitu deh si Gun kek dapat cahaya ilahi, untuk membuat lagu yang sesuai dengan perasaannya. Jadi selama dia membuat lagu, dia gak mau diganggu, gak mau komunikasian dulu sama si Tinn. Begitu lagunya selesai, si Gun langsung nyamperin ke rumah si Tinn untuk mendengarkan pertama kali. And waktu berlalu hingga final Hot Wave akan mulai dalam beberapa hari ke depan.


But, ada masalah baru lagi... seperti yang kita tahu, emaknya si Gun kan sakit. Awalnya memang cuma pusing-pusing pingsan, tapi setelah dicek ke dokter maknya punya tumor dan harus segera di operasi. Yang tau cuma si Tinn, dan emaknya si Gun menyuruh si Tinn untuk merahasiakannya. Tapi seiring berjalannya waktu, siap-gak-siap si Gun pun harus tahu soal ini. Jadi saat si Gun tahu selama ini Tinn merahasiakan emaknya sakit parah tapi gak mau ngomong sepatah kata (padahal si Tinn udah berusaha mau ngasih tau, tapi takut si Gun ntar jadi kepikiran), si Gun jadi marahhh gitu sama si Tinn. Sampe dinasehati emaknya "Jangan marah sama Tinn nack! emak yang nyuruh dia ngerahasian sakit emak! dan dia sudah banyak berkorban untukmu!" Ternyata.. maknya si Gun udah ngefeeling kalau si Tinn ada rasa sama si Gun, karna logikanya Ketos mana gitu loh sampe mau membantu orang lain diluar jam sekolah, dengan alasan "ini tanggungjawab saya tan sebagai Ketos". Sampe emaknya Gun mencoba mengulik Tinn, hingga si Tinn ngaku kalau dia naksir Gun sejak kelas 10, bahkan si Tinn juga curhat kepada emaknya si Gun kalau dialah alasan dibalik kemenangan Grup Chinzilla saat festival musik rakyat, jadi si Tinn dibalik layar diam-diam nyuruh orang-orang untuk ngevote Chinzilla supaya menang, tapi saat itu ceritanya si Gun masih dongkol melihat si Tinn. Tapi emaknya Gun selama ini diam aja, gak ada ngasih tau/cerita apapun kepada si Gun. Mungkin prinsip emaknya "biarlah anak gue yang menyadari pengorbanan cowo yang naksir dia ini." :v


Jadi, hari operasi emaknya yang seharusnya beberapa hari lagi, rupanya dipercepat pihak RSnya yang kebetulan bertepatan dengan hari final Hot Wave. Mulai nih si Gun kepikiran banget, dia berencana gak mau hadir ke final Hot Wave karena harus menjaga emaknya. Sementara anggota band Chinzilla udah panik diruang tunggu si Gun kok gak kunjung tiba kan~ Tapi emaknya Gun meyakinkan si Gun agar tetap hadir. So yeah si Gun pun bergegas ke TKP :v -- Bagi yang sudah menonton scene ini, apa ada yang sependapat sama nae gak, kalau perform band Chinzilla sangat bagus... baik itu dari segi lagu, kepercayaan diri, serta dukungan dari audience, juri pun nampaknya enjoy sama performancenya... Nae sampe berpendapat kalau "Wahhh ini mereka pasti menang nih!" -- Nahh... waktu pengumuman siapa pemenang Hot Wave, nae ikut degdegan.. tapi saat itu nae tetap optimis banget kan, pasti Chinzilla yang menang. But, takdir berkata lain... Chinzilla kalah! Nae actually gak terima... tapi yaaa namanya juga film kan, udah disetting alurnya gimana. Jadi deh, nae kasihan melihat Gun dkk. Kekalahan mereka di Hot Wave seperti memberi pukulan keras pada setiap member.


Dampaknya apa sih? Gun dkk akhirnya merasakan apa yang p'Yak rasakan saat kekalahan Hot Wave tahun lalu, mereka kehilangan minat bermain musik dan memilih bubar. Band Chinzilla gak bubar sih, tapi sudah gak se-optimis dulu lagi, mereka sibuk nyari alasan masing-masing supaya gak kumpul nge-Band. Kecuali si Por ya, ni anak masih optimis, masih kepengen Band Chinzilla kek dulu lagi, dia sering ngasih ide buat kumpul-kumpul, tapi sering juga dipatahkan keoptimisannya, alhasil dia nongkrong sendiri di ruang klub musik berharap bakal ada anggota band yang mau datang, untung ada ayang Tiwson ya Por yang nemenin :v wkwkwk... #MARKFORD JAYA JAYA JAYA -- Bahkan emaknya si Gun ajak sampe heran, si Gun yang biasanya tiada hari tanpa main musik, sekarang menyentuh hal-hal musik saja udah ogahan. Actually yang dirasakan si Gun seperti  penyesalan akan dirinya. Dia merasa kurang baik dalam melakukannya. Padahal kalau dipikir-pikir, baik itu cara pandangnya si Tinn, cara pandang emaknya Gun, atau bahkan kita yang sudah menontonnya bisa melihat kan? betapa mereka gigihnya berusaha sebaik mungkin mempersiapkan untuk Hot Wave ini.


Ada scene dimana Gun dan para anggota klub musik jadi bertengkar satu sama lain. Yaitu scene dimana mereka bakal pergi menemenin Por kek kuil tempat mereka melakukan Kamp Latihan. Diperjalanan kendaraan mereka gak bisa masuk karena lagi ada perbaikan jalan, jadi mereka akan menuju kuil jalan kaki dengan rute yang panjaaanggg banget, karena kejadian ini diluar dugaan, mereka gak ada persiapan bawa bekal or minuman jadi hanya membawa untuk persembahan saja. Nah! awalnya cuma insiden haus-hausan doang! lama-lama jadi diluar kendali, saling nuduh satu sama lain hingga perdebatannya menyinggung kekalahan mereka di Hot Wave, whichhh is.. sejak kalahnya mereka, mereka gak ada mendiskusikan tentang kekalahannya, cuma masang ekspresi diam-diam-kecewa. Nah.. diperdebatan ini jadi saling menyalahi satu sama lain. Kek be like : "Iya! lo mainnya hancur!" -- "Lo mainnya bersalahan semua!" -- "Kalian payah! kalian hanya beban!!" dan berbagai tuduhan-tuduhan kesalahan lainnya, hingga si Gun kena semprot si Win kek be like : "Gara-gara lo, kita kalah!" -- Nah si Gun sampe terdiam awalnya, akhirnya dia juga ikutan marah "Iya! kita kalah karena gue, hanya gue yang buat kesalahan! puas lo?" -- Tapi kekacauan antar persahabatan mereka berakhir dengan baik kok. Si Por yang dari tadi nyimak bestie-bestienya saling menyalahin satu sama lain, dia minta maaf karena sudah membiarkan bestie-bestienya ikut dia ke kuil kamp disaat hubungan anggota di klub belum stabil, jadi hawanya masih pesimis-kecewa. Gak seperti dulu. Disitulah Gun dkk mulai menyadari kalau apa yang mereka perdebatkan itu salah, dan saling minta maaf sambil berpelukan. T-T huhu! sumpahh.. scene perdebatannya intens banget dan sampe menitikkan air mata, termasuk nae yang terharu... --  Eits! tapi nae jadi dapet pesan moral dari scene ini.. "sediakan air minum kapanpun dan dimanapun." karena kalau haus terus ada masalahhh ya bisa makin berabe masalahnya, kek si Gun dkk ini... wkwkwk..


Soal kekalahan Band Chinzilla ternyata sampe ke telinga p'Yak. Jadi p'Yak ngasih motivasi gitu, untuk membangkitkan semangat Gun dkk nge-band lagi. (Lah~ bukannya, p'Yak udah berhenti ngeBand?) -- Iya memang! tapi itu bukanlah akhir dari segalanya say, p'Yak pas kuliah nge-Band lagi dan bisa mengalahkan saingannya yang menang Hot Wave tahun lalu. So, jika p'Yak aja bisa bangkit, kenapa Band Chinzilla kaga? --- Nae rasa, untuk plot Gun dkk sampai disitu aja kelarnya. Karena kita akan berfokus dengan Tinn dan serba serbi rintangan hubungannya dengan Gun. -- Tinn dan Gun memang udah PDKT-an, udah pacaran diam-diam, tapi Gun belum siap go publik. Kalau si Tinn oke-oke aja sih, kapan si Gun siap, dia akan fine-fine aja.. Nah! jadi si Gun ngomong sama emaknya kalau punya hubungan sama si Tinn dan di approve say :v didukung! tapi untuk Tinn? -- Hmmm! seperti yang kita tahu Tinn itu selalu nurut dan baek budi sama ortunya! terutama emaknya yes! Bu Kepsek! Tapi tahu gak sih? si Tinn tertutup banget sama emaknya, si Tinn lebih sering curhat sama bestienya si Tiwson, kadang-kadang sama ayahnya. Emaknya Tinn merasa kejanggalan dengan kelakuan Tinn selama ini, mulai dari yang nggak pernah-pernahnya nyanyi (terakhir itu waktu SD, ikut lomba nyanyi trus lupa lirik sejak itu dia gak mau nyanyi lagi) tapi emaknya melihat video Tinn nyanyi membantu Gun yang kehilangan suara saat nyanyi di bar. -- Gak cuma itu saja, emaknya tau kalau Tinn membantu emaknya Gun jualan, Tinn juga berbohong kalau dia akan pergi perjalanan OSIS, padahal dia pergi bareng Gun dkk liburan. Its okay jika menganggapnya "Ah namanya juga anak muda, paling mau have fun bareng teman-teman!" Tapi setelah melihat nama kontak Gun di HP Tinn "Chinzilla Baby!" emaknya mulai menunjukkan tatapan yang berbeda.


Bukan tatapan homopobic sih say, lebih tepatnya tatapan cemas, takut... s'perti yang kita tahu juga emaknya Tinn sayang banget sama si Tinn, selalu memikirkan hal-hal terbaik untuk Tinn baik untuk sekarang saat Tinn masih jadi Ketua OSIS ataupun persiapan-persiapan untuk kuliah Tinn. Semuanya sudah diatur dengan se-perfect banget! Tapi siapa sangka, ada rahasia anaknya yang membuat anaknya tertutup dan tidak menjadikan ortu sebagai tempat terbaik untuk jujur dan memberi dukungan. Nah... emaknya Tinn selalu kepengen banget membahas soal apa sih hubungan Tinn dan Gun? Tapi setiap kali maknya mau nanya, si Tinn udah ketakutan banget say, mukanya jadi nampak panik banget, karena si Tinn mikirnya "oh.. ortu gue pasti gak bakal nerima orientasi gue begini" -- jadi sering banget emaknya mengurung pertanyaannya. Tapi kalau dari sudut pandang ayahnya si Tinn, ayahnya bisa menerima sih, emaknya ini nih masih cemas mikirin "duh pa! gimana jika dunia terlalu keras untuk anak kita!!"


Tapi ada moment dimana emaknya Tinn speak up dan mendukung penuh Tinn apapun orientasinya! -- yaitu saat foto TinnGun ciuman diam-diam tersebar di sosmed, dan jadi buah bibir disekolah, baik itu murid-murid sampe guru-guru protes tentang foto itu. Pokoknya mengundang pro dan kontra deh sampe ada salah satu guru yang homopobic yang mencela hubungan TinnGun. -- Si Gun yang melihat reputasi Tinn & Bu Kepsek auto tercoreng gegara foto yang tersebar itu, jadi si Gun mencoba mengklarifikasi kalau hubungannya dengan Tinn hanyalah sebatas teman doang dan soal foto itu yaa untuk keperluan MV aja. -- tapi kalau si Tinn sendiri, dia kek udah siap dengan konsekuensinya, pokoknya "gue akan ngaku dan kita akan melewatinya bersama-sama." -- TinnGun pun pelukan disekolah saat hujan-hujan, nah! jadi rame lagi nih.. ternyata TinnGun benaran pacaran!


And again ada guru yang lancang itu semakin menjadi-jadi menghina TinnGun hingga si Jorn menonjok tuh guru saking kesalnya. (Loh! TinnGun yang dihina kok si Jorn yang kesal). In the beginning saat hubungan TinnGun terekspos, si Jorn kesal banget melihat si Tinn, dia kek merasa si Tinn pilih kasih, seperti tujuan utama OSIS untuk menyingkirkan klub-klub yang tidak menguntungkan sekolah, like klub musik, pantes saja gak ditutup-tutup! wong si Tinn yang ngelindungi klub cowo kesayangannya. Tapi langsung sih si Jorn dinasehati si Tiwson kalau si Tinn join OSIS awalnya memang hanya ingin menyelamatkan klub musik Gun, tapi seiring berjalannya waktu, Tinn melakukan tugasnya sebagai Ketua OSIS dengan sangat baik, dan klub musik juga worth it untuk dipertahankan karena sudah berubah menjadi lebih baik bahkan sampe masuk final Hot Wave walaupun kalah, atleast.. kalah dengan kesan baik sih... gak ada kegaduhan kek tahun lalu. Disitu si Jorn baru sadar akan sikapnya salah... jadi saat TinnGun dihina-hina tuh guru lancang, si Jorn yang diam-diam nguping pun ga tahan lagi dengan hinaan yang dilontarkan ke TinnGun and yapp... si Jorn pun nonjok tuh guru homophobic.


Tinn, Gun, Jorn dan tuh guru dibawa ke ruang Kepsek. Disuruh menjelaskan kejadiannya, nah tu Guru gak ada kapoknya say, dia ngelebih-lebihkan cerita, hiperbola banget! cuih! serasa paling disakiti. Karena emaknya Tinn tau anaknya gimana, emaknya gak berpihak sama tuh Guru, dan membela Jorn, hanya dikasih hukuman ringannnnn banget, sampe-sampe tuh Guru gak terima, alih-alih malah menghina-hina Bu Kepsek karena anaknya ternyata geh. Dan nyaris berkelahi dengan si Tinn. Tapi langsung sih emaknya si Tinn melerai dan ngomong ke be like : "Sebagai Kepsek saya hanya bisa melaporkan sikap anda ke pihak berwenang, tapi sebagai Ibunya,  anak saya boleh menyukai siapapun yang dia mau. Jangan ikut campur!" Disini nae sampe damnnn.... deep banget. Ikut berkaca-kaca mata nae. Alhasil tuh guru pun pergi... tapi sisi positifnya si Tinn jadi tahu kalau emaknya gak keberatan kalau dia pacaran sama Gun. Emaknya juga minta maaf karena selama ini alasan dibalik si Tinn jadi tertutup akan rahasianya. Jika masalah Gun dkk selesai, masalah Tinn dan emaknya selesai. It's time for celebrate...


Celebrate di hari prom (pesta perpisahan sekolah). Gun dkk kembali bersatu sebagai Band Chinzilla, semua murid-murid enjoy dan fun banget dengan performancenya band Chinzilla yang menampilkan beragam lagu-lagu yang mantul-mantul banget. Terlebih saat acara prom ini terasa seperti ajang menyatakan rasa terima kasih cinta Gun kepada ayang Ketos yang selalu berada disisinya disaat suka duka. Ahh! pokoknya baper banget deh! acara perpisahan sekolah yang supportif, mengandung gula banget ditambah SoundWin juga menyatakan hubungan mereka di stage, murid-murid pada histeris kegirangan. Emaknya Tinn juga enjoy saat hari prom, ada juga beberapa guru yang merasa kontra, tapi emaknya Tinn kek be like : "bodo amat, yang penting anak gue bahagia!" :v


Graduated (Ending) : 
Gak terasa lika-liku selama setahun yang dijalani para tokoh akhirnya sampai dimana hari terakhir mereka sebagai murid kelas 12. Kita mulai dari Tinn yang berpidato di hari terakhir dia menjadi Ketua OSIS, membuat nae merasa wah! rasanya kek baru kemaren deh tayang dia berpidato jadi Ketua OSIS baru, sekarang udah selesai saja... -- Seperti halnya perpisahan sekolah di Thailand sana, coret-coret baju, foto-foto, tempel-tempel stiker, ngasih kado perpisahan. Mengharukan banget sih... terutama saat Gun dkk perform terakhir di ruang klub musik, Tinn dkk juga memberes-beresi barang dari ruang OSIS. Dan mereka harus bersiap akan masa depan yang menanti, mereka sudah memilih jalan masing-masing akan melanjutkan study mereka ke kampus favorit.


Soal asmara... SoundWin udah kisseu-kisseu saat hari terakhir di sekolah, Yok berhasil mendapatkan cewe idamannya, TiwsonPor? Hmmm... Gitu dehh,, pokoknya kalau mau bahas TiwsonPor, nae cuma pengen bilang MARKFORD JAYA! JAYA! JAYA! wkwkwk... semoga berlayar. Kalau si Pat, hanya bisa menitikkan air mata yes.. karena semua bestienya punya pasangan masing-masing sedangakan dia ngejomblo wkwkwk... Makanya Prom, suruh si Metas cepetan balik dari Amrik supaya yu gak ngejomblo lagi.. wkwkwk... -- Untuk TinnGun.. Gun diajak makan bareng dirumah Tinn, ketemu ortunya Tinn lagi wkwk.. ketemu camer ya Gun. -- Series ini ditutup dengan scene Gun yang gak bisa pulang karena hujan deras banget + petir, jadi dia nginap dirumah Tinn, saat dikamar mreka tuhhh! nae... ga tahu harus ngomong kek mana lagi, pokoknya manisssssss banget, lucukkkk T-T trus, kisseu-kisseu deh! Aww... Love! Love! i need somebadeehhh to lovvvveeeeee woeyy... baper banget nae sumpahhh! Seriesnya pun berakhir disini. 

Review Time : 


Tarik napas dalam-dalam! keluarkan... fiuhhh... tarik napas lagi!.. keluarkan fiuhh... setelah nonton My School President sampe tamat. Sejenak nae terdiam, terus mengangguk-angguk sambil tepuk tangan meriah sendirian dikamar! rasanya gak sia-sia penantian nae akan series ini dan sesuai harapan nae. Seperti yang nae katakan di awal-awal review tadi, saat unofficial trailer My School President rilis Desember 2021 lalu, ada yang excited, aja juga yang kek underestimate bakal flop! andaipun gak flop, paling gak booming-booming amat. Bahkan saat nae nulis review ini, nae cek unofficial trailernya aja gak sampe 1 juta views yang nonton. But, now.. realitanya kita tau kan betapa boomingnya series ini. Alasan nae excited, karena series ini diisi dengan wajah-wajah aktor pendatang baru, beberapa ada yang sudah nae kenal di series-series BL GMM yang lain itupun mostly jadi cameo or figuran aja. Jadi Fresh Fresh semua! Terus konsep BL di set SMA. Kan biasanya selama ini selalu set anak kuliahan mulu. Anak teknik terutama! Engineer tross... :v


Jika kamu nonton EP.0 My School President - Open House, Open Heart, di episode itu udah dijelasin konsep series ini. Mengingat sekitaran 3 tahun belakangan BL-BL GMM selalu berkisah anak-anak kuliahan, terakhir kali yang konsepnya anak SMA-an kalau nae gak salah keknya Cause You're My Boy / My Tee (2018)The Shipper (2020)? itupun gak pure BL. Jadi memang udah cukup lama banget sih gak ada yang berlatar di SMA. -- jadi GMM pengen kembali menghadirkan BL yang berlatar di SMA. So, bakal nostalgia banget sih.. kehidupan masa-masa SMA, bukan hanya sekedar cinta, tapi juga mimpi, persahabatan dan lika-liku kehidupan masa SMA lainnya.


Alur! Masih masuk dalam kategori ringan. Gak ada sampe yang membahayakannnnn mengancam kehidupan banget kek di series yang bakal nae review selanjutnya! :v wkwkw.. Ayo tebak! (Pokoknya seriesnya tayang berdekatan dengan tayangnya My School President). -- Series ini mengisahkan Gun yang klubnya diujung tanduk akan dibubarkan, jadi Tinn yang naksir Gun dari dulu memilih menjadi Ketus OSIS demi menyelamatkan klub kesayangan Gun. Ditambah ambisi Gun dkk dalam ajang kontes Hot Wave, serta terkuaknya hubungan TinnGun ke publik. Semua konflik yang dihadirkan masih sangat relate dengan serba-serbi problem anak sekolahan, tentang cinta, mimpi dan mengenal orientasi diri sendiri. -- Nae rasa series ini juga gak ada plot twistnya juga ga sih(?) iya gak? soalnya nae merasa series ini seperti mengalir aja gitu.. mungkin karena banyak mengambil dari berbagai sudut pandang, jadi kita bisa memahami karakter demi karakter dan mencoba mencerna alasan dibalik seorang tokoh bersikap seperti itu. Misalnya kenapa si Sound sikapnya angkuh? ataupun kenapa si Gun selalu beruntung klubnya gak ditutup-tutup. Itu semua karena dikasih liat POV dari sudut pandangnya tokoh yang lain juga, jadi menontonnya nae serasa disuruh ikut menjaga rahasia dan saksi kalau si Tinn lah alasan dibalik bertahannya klub musik.


Bicara soal karakter tokoh! nae rasa inilah kunci kenapa series ini sangat sukses. Terutama kemistri Gemini-Fourth. Tinn si cowo green flag, yang selalu mendukung, memotivasi crushnya disetiap keadaan itu membuat Tinn menjadi dream seme banget gak sih.. cowo yang kita harapkan pengen ada dihidup kita. Kalau si Gun lebih banyak dieksplor sisi lain dari dirinya yang percaya diri, riang ceria ternyata bisa mudah merasa insecure. merasa down. Pokoknya moment-moment interaksi antara TinnGun (GeminiFourth) itu demegnya bukan maen woy... feelsnya dapet banget. Manis, imut, bikin baper. -- But, jika nae ditanya satu karakter favorit, (terlepas TinnGun sebagai main couple), nae akan milih si Tiwson sebagai karakter favorit nae. si Wakil Ketua OSIS ini gak hanya sebagai teman curhatnya Tinn tapi orang yang berada dibalik terjadinya momen TinnGun. Kek kadang misal si Tinn pikirannya lagi buntu, gak tau harus gimana cara ngedeketin si Gun, si Tiwson pasti adaaa sajaaa rencananya untuk membantu Tinn. Plus si Tiwson orangnya lucukk banget T-T jujur nih ye! nae penumpang kapal MarkFord loh!

Kita juga tahu kan kalau seri ini adalah BL Comedy Musikal. Which is pasti banjir banget dengan soundtrack-soundtrack yang sangat mantul-mantul say. Ada 14 lagu soundtrack yang dihadirkan dalam series ini. (Sudah termasuk lagu Cover + Lagu Baru) udah bisa dikasetkan nih! cocok 1st Full Album CHINZILLA ft. School President wkwkwk.... Kuy! kita bahas satu per satu lagunya yang menurut nae mantul-mantul banget.


1. Fourth, Ford, Satang, Winny - "You've Got Ma Back"
Soundtrack My School President yang pertama kali rilis + menjadi opening songnya. Kalau dari seriesnya lagu ini terdapat di scene saat Gun yang sempat berhenti dari klub musik akhirnya kembali join klub musik, dan saat si Sound mau pergi... si Gun tetap nerima si Sound dan perform bareng di klub membawakan lagu ini pake jubah Chinzilla T-T #Narakmak gemeshhh banget. Mau beli, tapi mehong! Ehh! -- Lagu ini menurut nae menjadi ikonik banget sih! Alunan lagunya feel so fun, catchy, addict pokoknya asik banget...

2. Gemini, Fourth - "City" (Cover dari Three Man Down,2017)
Lagu ini dari dulu emang udah jadi favorit nae banget sih, dan nae semakin amaze sama lagu ini waktu nae nonton VeeMark di En Of Love - Love Mechanics 2020 lalu, kemudian jadi backsong di unofficial trailernya Vice Versa Series and now! dibawakan Gemini dan Fourth sebagai covernya TinnGun. Kalau diseriesnya lagu City ini adalah lagu persembahan Gun kepada Tinn yang saat itu lagi bersedih ria di hari ultahnya karena gak bisa dirayain bareng ortunya yang sibuk. Jadi dengan lagu ini, Tinn bukan hanya sekedar merasa terhibur, tapi merasa menemukan sang belahan hatinya :v asekk.. lagu ini juga yang dinyanyikan Tinn saat Gun kehabisan suara karena banjir orderan di bar demi hadiah alat musikk :v -- untuk MVnya sendiri, berisi cuplikan-cuplikan seriesnya yang paling ngenaaa banget sama nae pas Tinn dan Gun nyanyi dalam satu ruangan saling tatap-tatapan yang Arggghh! ntahlah! nae mau pingsan saking manisnya, ditambah lagunya manis baper, fix! nae harus cek gula darahh, karena mengkonsumsi yang manis-manis dari cover ini. 

3. Fourth, Ford - "SALIVA" (Cover dari Silly Fools, 2014)
Cover lagu yang dibawakan oleh Gun dkk saat Kontes Lomba Musik Daerah! Nae akan cerita reaksi nae saat scene ini muncul... menurut nae awalan lagunya udah bagus bangettt, kek lagu-lagu Pop yang wwahhh! .. tapi seketika penontonnya bersorak "huhhh! huhhhhh!" baru deh nae ngeh "oh iya, mereka kan kontes musik daerah, kok bawain lagu pop?" tapi nae masih enjoy-enjoy aja dengar lagunya, tapi begitu masuk ke reffnya, lagu SALIVA ini berganti genre dari Pop jadi kek lagu Koplo gitu dehh! serasa konser di Pantura ya Gun wkwkwk.. unik dan fun sihh... nae yang denger musiknya auto ngakak tapi enjoyable kok.. mana TinnGun saat itu masih mode perang :v masih dongkol-dongkolan. 

4. Fourth, Ford - "Want To Sing Loudly" (Cover dari Palmy, 2015)
Lagu ini dalam scene Gun yang minta waktu 1 minggu kepada ayang Ketos, untuk membuktikan kalau klubnya bisa menampilkan perform yang baik. Jadi dalam seminggu itu sibuk nyari kompetisi musik sana sini but gak dapet, jadi Gun berinisiatif perform outdoor, ala-ala busker singer gitu say... Awalnya ditentang ayang Ketos, karena perform diluar jam sekolah pakai seragam sekolah, jadi si Gun pengen membuktikan kalau dia perform outdoor bukan untuk malu-maluin nama sekolah. Kalau dari segi lagu, nae gak akan henti-hentinya mengatakan canduuu banget, apalagi suara nya Fourth itu duh! semua lirik yang keluar dari bibirnya sangat memberkati telinga ini say. Plus! kalau kamu nonton cover ini, bakal senyam senyum karena Gun nyanyi sambil natap Tinn dengan senyum gemeshhh banget, tapi Tinn berusaha tetap cool walaupun kadang dia gak bisa mengendalikan dirinya ikut senyum pula.. wkwkw.. namanya juga cwk bucin gaes. :v


5. Ford Arun - "Come Closer"
Ketika crush ngajak jadi parter menari, tapi karena terlalu cinta dan gugup menatap ayang crush. Tinn yang biasanya jago menari tiba-tiba jadi kikuk gitu.. :v tapi ditenangin sama si Gun kalau si Tinn bisa melakukannya. Alhasil... kita pun masuk dalam dunia halunya si Tinn. Ho'oh.. di ceritanya TinnGun menari untuk tugas sekolah, nah! si Tinn ngehalu dia menari bersama Gun pake jas mevvah gitu, berdua dan diiringi musik ballad penuh romantis yang dibawakan dedeck Ford and Chinzilla band. Lagunya ini juga bagus say, ballad romantis yang dijamin bikin baper, apalagi melihat TinnGun menari bersama, serasa dunia cuma milik mereka berdua iyaa kan Tinn! iyaa kan Gun! kami-kami ini cuma ngontrakk.. BTW, lagu ini nae gunakan sebagai lagu Lullaby nae, adem didenger pas mau tidur. 

6. Fourth, Gemini, Ford, Satang, Winny, Mark, Captain, Prom - "Smile Please"
Lagu ini berada di plot si Yo yang naksir cewe dan berusaha mendapatkan kembali cinta si cewe, dengan cara nge-dance bareng-bareng anggota Chinzilla dan Ayang Ketos. Karena cewenya suka sama cowo yang pandai nge-dance gitu. Lagu ini cute, fun, addict banget, easy-listening, dan tiktokable. Dancenya juga lucu T-T nae sampe senyam senyum nengok mreka dancenya. Pokoknya lagu Smile Please ini nae dengar kalau mood nae lagi bagus banget atau kadang lagi beres-beres rumah ya kan.. misalnya lagi nyapu atau ngepel atau nyuci piring sambil pakai earphone tiba-tiba saja nae suka refleks nyanyiin liriknya "Nananao~ Nana-Nanao~~ Yimsi Yimsi Yimsi! Ngow! Ngow! "Nananao~ Nana-Nanao~~ Leyim Leyim Leyim Le... Ngow! Ngow!" .. wkwkwkwk...

7. Fourth, Ford, Satang - "Just Being Friendly" (Cover dari Tilly Birds, 2021)
Lagu yang ceritanya Gun dkk gunakan sebagai video audisi Hot Wave. -- Kalau dari segi lagu yaaa.. emang dasarnya emang enak sih nih lagu :v apalagi pas di cover oleh Fourth dkk duhh makin candu dah ni lagu. But! yang menarik banget dan membuat nae merasa heart-flutter adalah bukan sekedar cover song juga, tapi mereka membuat parody MVnya dalam versi BL. Jadi bakal ada 3 kapal.. TinnGun, SoundWin, TiwsonPor.. ketiga kapal ini sukses membuat nae senyam senyum menonton parodynya :) trus di endingnya TinnGun kek parody scene di Cherry Magic gak sih? pas di lift mau ciuman, terus pintunya tertutup sebelum bibir mereka ciuman. 

8. Fourth, Ford, Satang, Winny Feat. Lookwa Pijika - "Listen" (Cover dari SIN ft. Ohm Cocktail, 2018)
Gun yang lagi down gegara kepikiran keuangan keluarganya, jadi dia kepengen menyerah bermain musik dan pengen berusaha masuk kuliah yang nanti pas wisuda dapat gaji stabil. Nah! duetnya ini bareng emaknya Gun. Jadi emaknya kek ngasih support lagi untuk Gun supaya tidak menyerah pada mimpinya. Lagunya heart-warmed T-T jujurly, selama menonton series ini, nae iri dengan hubungan Gun dan emaknya, ibu dan anak tapi rasa bestie sayy... kek sahabat dekettt.. Emaknya juga lucu pembawaannya, jadi cukup terharu sih emaknya yang biasanya sering ngelawak-lawak, bercanda ria sama si Gun, tapi begitu Gun ngerasa down, emaknya ikut menyemangati anaknya. 


9. Gemini Norawit - "Hook"
Nae menyebut lagu ini lagu bucin! wkwk.. Lagu ini biasanya untuk scene-scene TinnGun yang manis-manis, atau dalam plotnya Lagu ini ceritanya lagu ciptaan Tinn yang dia buat diam-diam karena naksir si Gun. Lagunya easy listening candu parahhh sih! dan vibes romantis dari lagunya serasa membuat hati nae ikut berflower-flower tau gak. "Love Love I need somebody to love...!" nae rekomenin dengar lagu ini sambil nonton MVnya, dijamin diabetes akut deh melihat kemanisan dan kegemesan Gemini-Fourth yang dikemas dalam MV konsep persegi. 

10. Satang Kittiphop - "No One Else Like Me"
Lagu yang ceritanya ciptaan si Sound, lagu yang dia tulis untuk mewakili perasaannya saat itu kepada si Win. Dia ada rasa, tapi karena mereka sangat berbeda (selalu geludd coy! kek Tom & Jerry) kek apa mungkin bisa si Win peka dengan perasaannya? Kalian akan menemukan jawabannya kalau sudah menontonnya nanti. :v -- Nae suka lagu ini karena catchy juga. Tipikal lagu yang sesuai dengan selera nae. Alunan lagunya agak slow, dan memberi nuansa baper, + pilu(?) sedikit, karena mungkin nae nontonnya pas scene si Sound nyanyiin lagu ini dihadapan orang banyak sambil natap si Win. Which is si Win aja sampe kagum mendengar lagu ini. Love it!

11. Fourth Nattawat - "Let Me Tell You"
Lagu yang diciptakan si Gun untuk final Hot Wave ini berisi pesan terima kasih kepada orang-orang yang selalu mendukungnya. Baik itu ayang Ketos, teman-temannya, emaknya, supporter. Lagu ini menurut nae bisa membangkitkan semangat jika misalnya kita merasa down, dan selama perform lagu ini di Hot Wave, nae benar-benar enjoy banget karena lagunya bagusss banget, ditambah Tinn dan supporter lainnya udah optimis banget Chinzilla bakal menang, bahkan nae! nae sampe bergumam "nih pasti menang nih!" Soalnya Gun dkk juga membawakannya enjoy banget. Tapi yaaaa... kembali lagi ke tim penulis series ini, ceritanya Band Chinzilla kalah Hot Wave. But, nae tetap suka. Lagu ini pemenang in my heart...

12. Gemini, Fourth, Ford, Satang - "Healing"
Seperti judulnya "Healing" ini adalah lagu penyembuh. Di ceritanya lagu ini yang dipersembahkan Gun dkk saat p'Yok (abang kelas mereka tahun lalu kalah tanding Hot Wave). Lagunya slow but feel warm, dan liriknya jlebbb banget kek ngasih tau kita sudah melakukan yang terbaik, jadi ayo! bangkit lagi. Kamu pasti bisa! Nah.. lagu ini juga yang dikirimkan p'Yok kepada Gun dkk saat tahu Band Chinzilla ternyata gagal dalam kontes Hot Wave. Jadi Gun dkk yang udah sempat merasa pesimis dan gak berminat lagi bermain musik, berkat lagu ini mereka berhasil mengumpulkan keoptimisan dan bersatu lagi sebagai Chinzilla. Mengharukan sih.. adem lagi suaranya..


13. Fourth Nattawat - "Rock & Star"
Lagu yang Gun nyanyikan saat acara prom sekolah. Lagu ini bermakna banget bagi Gun yang menyampaikan pesan keberanian ke murid-murid lain kek "Prom adalah waktu terakhir untuk menyatakan perasaaan untuk orang yang kamu sayang. Aku tahu, kalian pasti takut melakukannya, aku ngerti kok.. karena aku pernah mengalaminya. (sambil natap Tinn) jadi kupersembahkan lagu ini untuk semua orang yang butuh keberanian." -- Intro lagu ini membuat nae merasa goseboomps gitu, membuat nae seketika flashback saat nae menonton Hormones The Series di tahun 2013-2015. Dari segi alur tentu Hormones dan My School President beda, but.. persamaannya adalah musikalnya itu loh, banyak lagu-lagu yang disuguhkan di setiap episodenya. Nah! untuk lagu Rock & Star ini mengingatkan nae sama lagu-lagu Hormones yang biasanya ada di EP-EP mau penghujung, biasanya scene saat acara-acara perpisahan sekolah. Nah alunan lagu ini memberi nae vibes nostalgia banget serasa dengar musik Hormones tapi versi BLnya. 

14.  Fourth, Gemini, Ford, Satang - "Once Upon A Time"
Dari ke-14 lagu soundtrack, Once Upon A Time adalah lagu paling favorit No.1 nae, nae kecantol banget sama nih lagu sejak pertama kali dengar dari official trailernya. Setiap jumat, nae selalu menunggu kapan lagu ini rilis, tapi ternyata paling terakhir rilis. Awalnya memang dongkol sih kok gak rilis-rilis kan, tapi setelah membaca liriknya di episode terakhir nae akhirnya bisa maklum kenapa lagu ini memang cocok dirilis paling akhir. -- Lagu ini ngasih pesan yang deep banget tentang arti kebersamaan, dan kenangan suka duka yang telah dilalui, yang akan selalu terkenang dalam hati dan pikiran kita. Yes! ini seperti lagu perpisahan gitu. Mereka menyanyikan lagu ini untuk terakhir kalinya di klub musik. Ditambah scene-scene Gun dkk melekatkan memo di alat-alat kesayangan masing-masing yang nantinya akan dipakai adek kelas mereka, terus berpamitan ama dewa Chinzilla juga T-T -- Begitu juga dengan scene OSIS, Tinn, Tiwson dkk selesai menjabat OSIS dan memberesi barang-barang hingga tersisalah Jorn di Ruang OSIS sendirian sambil tersenyum.. itu sumpah sih! nae nangis banget saat scene ini. Terharu karena lagunya akhirnya rilisss, dan kek gak rela pisah sama My School President.

***
Experience lainnya selama menonton ini!
Series ini membawa nae nostalgia banget sama BL-BL atau mengingatkan nae dengan series-series / film Thailand yang rilis sekitar 2011-2012 gitu karena saat itu banyak tontonan yang berlatarkan kisah cinta anak SMA. Terutama mengingatkan nae akan Hormones! Nae tekankan lagi, Hormones dan My School President itu beda genre... tapi punya kesamaan yaitu menggambarkan kehidupan anak SMA which is nae yang menontonnya serasa ikut hadir merasakan nuansa kehidupan anak SMA lagi.


Ada beberapa Part dalam series ini yang membuat nae teringat akan masa-masa sekolah nae... yaitu scene Gun dkk nempelin memo di alat kesayangan mereka di klub musik, nae jadi teringat saat di hari terakhir nae sebagai anggota Marching Band. Saat kita menyukai suatu hobi, dan harus berpisah... itu sedih! karena sudah banyak kenangan yang telah kita lalui dengan hobi itu. -- Momen-momen kebersamaan Gun dan anggota Chinzilla lainnya, itu mengingatkan nae sama temen-temen se-geng nae dulu saat SMA! Kemana-mana sama, nongkrong sama, ngerjain PR sama, dihukum sama. Suka duka yang dilalui bersama bestie-bestie masa sekolah itu takkan terlupakan sih.. hmm! shiaaa.. nulis ini nae jadi kangen sama teman-teman se-geng nae dulu! -- Soal omongan Gun "Kehidupan masa SMA hanya datang sekali. Ini adalah kesempatan terakhirmu. Lakukan saja apa yang kamu inginkan." --  kata-kata itu adalah benarr! masa SMA hanya datang sekali, jika kita tidak menyatakan perasaan kepada orang terdekat, baik itu sahabat ataupun crush.. itu pasti akan jadi penyesalan. Hanya akan menjadi kisah terpendam yang hanya diketahui diri kita sendiri. Jadi, jika kamu yang membaca review ini masih anak sekolahan, ingat! masa SMA hanya datang sekali! lakukan apa yang kamu mau! eksplor diri kamu! dan jika kamu suka sama seseorang, cobalah untuk menyatakan! emang gak semudah ngomong ceplas ceplos! butuh keberanian. Coba aja dengar lagu Let Me Tell You, semoga kamu bisa berani untuk menyatakannya.


Selain Experience, My School President juga punya pesan moral agar tidak menyerah pada mimpi, kita pasti merasa cemas, takut, apalagi merasakan gagal seperti halnya Gun dkk kalah dalam Kontes Hot Wave, padahal sudah berusaha keras. Remember! Gagal karena sudah mencoba yang terbaik itu adalah gagal yang terhormat daripada gagal karena tidak mau mencoba dan memandang rendah diri sendiri, seakan tidak  bisa melakukannya! karena nae juga bisa melihat betapa gigihnya Gun dkk untuk Hot Wave.. dan gagal sekali bukan berarti gagal untuk seterusnya kan? p'Yok aja yang gagal Hot Wave, eh pas masa kuliah bisa ngalahin saingannya yang Hot Wave itu. Keep optimis! Roda kehidupan itu terus berputar say. -- Kemudian, ada pembelajaran dalam hidup! emaknya Tinn yang takut dan cemas setelah tahu anaknya Geh.. emaknya takut, bagaimana jika dunia terlalu keras untuk Tinn? bagaimana jika dihujat, dikucilkan, didiskriminasi? Sampe-sampe emaknya Tinn be like : "kenapa ya pah! orang lain nggak sebaik karakter di series-series yang kita tonton?" trus jawaban ayahnya si Tinn jlebbb banget! kek be like "Kita gak bisa mengendalikan orang lain. Sekarang giliran kita, apakah kita bisa menjadi orang sebaik di series itu untuk putra kita." -- Jadi yang bisa nae petik dari itu adalah kadang! seorang anak takut untuk mengakui orientasinya kepada orangtuanya karena takut ortunya kecewa. Seperti yang Tinn rasakan. Dan nae gak akan bosan-bosannya bilang "Jangan memandang orang dari orientasi seksualnya, tapi pandanglah dari attitudenya." Yang belok belum tentu jahat, yang straight belum tentu baik. Gak ada yang sempurna, iya kan? Jika orangtua tidak bisa menjadi tempat anak mencurahkan kejujuran perasaan yang ia rasakan dan tidak bisa memberi dukungan / bimbingan, yakinlahhh... hubungan ortu-anak seperti itu tidak akan baik ke masa yang akan datang. Si anak bisa menjadi tertutup.


Kesimpulan :
My School President adalah BL GMM yang nae tunggu-tunggu dan begitu tayang sesuai ekspektasi nae. Nae sukaaa banget.. nget.. dengan series ini, baik itu dari segi aktor, menyegerin mata banget sih cakep-cakep... alurnya ringan dan komedinya dapet banget... Ada yang bilang komedinya "alay" tapi jika kamu menonton Ep.0 My School President, Open House, Open Heart, disitu juga dek Fourth udah menjelaskan kalau series ini komedinya berkonsep kek kartun gitu... memang ada yang dilebih-lebihkan tapi overall itu nggak mengganggu sih. Malah disitu titik kelucuannya -- Soundtracknya juga bagus-bagus dan bikin candu T-T songlist di HP nae pokoknya dipenuhi OST-OST My School President. Experience serasa membawa nostalgia masa-masa kehidupan masa SMA nae... meskipun ringan tetap punya pesan yang mendalam. :) Heart-Warmed deh!


Apakah nae berharap ada My School President Season 2?
Mengingat nae suka banget sama series ini, apalagi GeminiFourth jugaaa duhhhhhhhh! narak narak... ditambah sekitaran minggu terakhir Februari 2023 - Maret 2023 lalu pihak penerbit dan penulisnya ngadain pre-order untuk novel "My School President 2" (TinnGun Edisi sudah Kuliah), dan novel tersendirinya TiwsonPor berjudul "My Boyfriend" (Swasdeekrub Khun Faen). Mengingat betapa boomingnya My School President ini sampe trending di negara-negara ASEAN, dan jika pihak GMM nya mau, nae pasti seneng banget sih! andai dibuatin season 2. 


Apakah My School President nae rekomendasikan?
Yes! My School President nae rekomendasikan wajib ditonton bagi fans yang baru kenal dunia BL. Seriesnya lucu, manis, gemeshin, bikin baper pokoknya stress auto hilang kalau nonton series ini. Bagi yang gak suka BL yang terlalu hawt, series ini juga salah satu solusinya. Syariah banget :V wkwkw... bahkan nae sempat pesimis gak bakal ada kiss scenenya, ehhh ternyata ada dong! :v Nae juga salut, series ini membuktikan sukses tidak harus menyelipkan adegan ewita or cocolita sampe penonton becek menontonnya :v...

Harapan kedepannya sih, nae masih pengen liat GeminiFourth main BL lagi.. (Lah! kan di Moonlight Chicken ada! 23.5 ada!) iyaaa.. tapi maksud nae pengen mereka jadi pemeran utama lagi, semoga saja untuk GMM2024 GeminiFourth dapat projek BL bareng lagi T-T Amin.... pliss.. jangan dulu dipasangin sama kerang T-T terus... nae pengen MARKFORD berlayar yes! MARKFORD JAYA! JAYA! JAYA! awalnya emang b aja liat ni kapal, tapi seiring nae nonton seriesnya, nae jadi suka sama MarkFord, pokoknya nurul, lu harus ngasih series untuk MarkFord juga yaa tahun depan! awas kalau kaga :v


Kalau kalian membaca sampai paragraf akhir ini, nae pengen bilang terima kasih banyak karena sudah mau membaca ulasan bin gibah ini... karena yaaaa... nae aja kadang sampe gasadar sudah sepanjang ini ngetiknya, itu karena nae sesuka itu loh sama My School President, masih banyakkkk! yang pengen nae bahas! mulai dari konser MSP lah! MarkFourth kiss lah! (seketika kapal hantu MarkFourth berlayar wkwkwkw!) Fanmeet lah! apalagi scene-scene favorit nae kek "kenapa sih kamu sangat Sodium-Radium-Pottasium?" ;v tapi ntar gak kelar-kelar nih postingan kalau nae bahas itu. Jadi nae rasa, nae akan akhiri sampai disini saja, jika yang belum nonton, kamu harus nonton karena sebagusss itu... dijamin bakal baper banget, dan bagi yang sudah menonton My School President, kamu bisa berbagi opini/kritik atau curhatan yang kamu rasakan selama menonton series ini kepada nae di kolom komentar ya :) nae pasti reply kok! Oh ya! dibawah ini nae akan ngasih 3 OST MSP Favorit nae.. coba dong kamu kasih tau TOP3 OST MSP yang kamu sukai di kolom komen yaa... mana tau kita sama! :v wkwkwkw.. Oke dehh... kalau gitu nae pamit undur diri.. salam kisah cinta masa SMA TinnGun, see you di next review! :) Byebye say....!

THE END.
*See-you-direview-My-School-President-Our-Skyy2 :)

OFFICIAL TRAILER 'MY SCHOOL PRESIDENT'

GEMINI NORAWIT "Hook" MV

FOURTH, GEMINI, FORD, SATANG, WINNY, MARK, CAPTAIN, PROM "Smile Please" MV

FOURTH, GEMINI, FORD, SATANG "Once Upon A Time" MV
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)