[REVIEW] – TO SIR, WITH LOVE (2022)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

Kali ini, nae pengen buat review yang agak beda dikit dari review-review nae pada umumnya. Dan ini bukan series biasa, tapi Lakorn BL Thailand berjudul Khun Chai (To Sir, With Love) produksi One31 yang tayang mulai tanggal 3 Oktober 2022 s/d 28 November 2022 lalu, dengan total 17 Episode. Lakorn ini bisa ditonton di channel GMM One & official YouTube Channelnya One31. -- Yes! ini lakorn BL Thailand pertama yang nae review. Sebenarnya kalau bicara lakorn, ada 2 judul yang nae tonton tahun lalu, The Miracle Of Teddy Bear & Khun Chai ini, berhubung karena kesibukan nae pertengahan tahun lalu, nae gak bisa menyelesaikan review The Miracle of Teddy Bear. Sementara Khun Chai prediksi nae reviewnya selesai akhir Desember 2022 lalu ternyata karena kesibukan kerjaaa... siapnya baru sekarang...! Tapi gapapa lah ya kan telatnya 2 bulan lebih setelah lakornya tamat, yang penting reviewnya selesai dan sudah nae posting. :v


Casts :
Film Thanapat Kawila - TIAN
Jam Rachata Hampanont - JIU
Tongtong Kitsakorn Kanogtorn - YANG
Milly Camilla Kittivat Kirn - PHIN

Characters : 
(Ini adalah part pemeran & penggambaran karakter yang harus kalian ingat! karena ini deretan orang-orang PENTING! :v nama-nama karakter di bawah ini saling berkaitan satu sama lain. Jika kamu mulai bingung dengan perannya, coba kembali ke part ini yes! biar gak puyeng! wkwkwk)
Tian -- anaknya Tuan Song dari istri utama Ny. Li. 
Yang -- anaknya Tuan Song dari istri kedua Ny. Jan.
Tuan Song -- Pemimpin Asosiasi Lima Naga
Ny. Li -- Istri utama Keluarga Song 
Ny. Jan -- Istri kedua Keluarga Song
Me Bua -- selir Tuan Song, tapi gak bisa punya anak.
Pao -- Asisten / sidekicknya Tuan Song
Jia -- Asisten / sidekicknya Ny. Li, jago meracik ramuan herbal karena berguru sama Dokter Qi.  
Nuan -- Asisten / sidekicknya Ny. Jan. Tukang gosip! :v 
Tuan Ma -- Anggota Asosiasi Lima Naga, syirik, iri, dengki
Tuan Zhang -- Anggota Asosiasi Lima Naga, T-T kasihannn...
Tuan Chun -- Anggota Asosiasi Lima Naga (paling netral jiwanya...
Xiaotong -- Anggota Asosiasi Lima Naga, Menggantikan suaminya, Tuan Cai yang sudah meninggal. (Janda) :v
Gui -- Asisten / sidekicknya Tuan Ma
Mat -- Asisten / sidekicknya Xiaotong, dia pura-pura bekerja sebagai pembantu di keluarga Song untuk mendekati Tian, dan memata-matai semua kejadian dikeluarga Song untuk dilaporkan ke Xiaotong. 
Phoj -- Pekerjanya Tuan Zhang, sekaligus pacar diam-diam Tuan Zhang
Jiu -- Pembunuh Bayarannya Tuan Ma, pacarnya Tian.
Mei -- Saudari Jiu. Penyakitan adeknya T-T sakit muluuu... obatnya hanya ada satu-satunya dari Tuan Ma :v
Fu -- Saudara Jiu. 
Phin -- Putri Pangeran Pat yang dijodohkan kepada Tian, (pacarnya Yang).
Pangeran Pat -- ayahnya Phin.
Dokter Qi -- dokter Keluarga Song yang sudah berhenti, dan sekarang digantikan Bi Jia. 
Tong -- Pekerja di Gudang Keluarga Song / Korban pembunuhan.

Storyline :
(Ini hanya alur jika ditarik lurus, coba tonton deh! dan nikmati plot twistnya :v)


Ceritanya berlatar tempoe doeloe, di tahun 1931. Ada satu organisasi rekan kerja keturunan Chin-Thai (China-Thailand), yang diberi nama Asosiasi Lima Naga, Asosiasi ini dikelola oleh 5 klan yang sudah dianggap kek saudara sendiri. Yaitu : Tuan Song, Tuan Zhang, Tuan Ma, Tuan Chun & Xiaotong. Pemimpin Asosiasi dipegang oleh Tuan Song, dan kekuasaan Tuan Song bisa diwarisi kepada anaknya kelak. But, jika pewaris selanjutnya membuat kesalahan yang mencoreng nama keluarga Song, maka pewarisnya bisa diganti dari klan lain. -- So! lakorn ini bakal mengisahkan 3 inti penting yang diperebutkan, HARTA, TAHTA, dan RAHASIA. -- Meskipun katanya kek dianggap seperti "saudara" sendiri, No! jangan percaya say... nyatanya! mereka saling menjatuhkan satu sama lain.


Seperti yang terjadi pada pertemuan rapat Asosiasi Lima Naga kali ini. Tuan Zhang ditunjuk Tuan Song untuk mengelola bisnis ekspor impor. Which is... logikanya, semakin banyak bisnis yang kita pegang, maka keuangan kita makin banyak coy! dan itu yang membuat Tuan Ma merasa iri, syirik and dengki. Tuan Ma be like : "Seharusnya gue yang megang bisnis itu bukan si homo sialan itu!" -- Ho'oh! Tuan Ma ternyata udah menyelidiki rahasia Tuan Zhang selama ini, dan membeberkan kalau Tuan Zhang suka sesama jenis. Dan menjalin hubungan dengan pekerjanya bernama Phoj. Dan sontak semua orang kagettt dong!! -- ingat! karena ini berlatar tempoe doeloe, orang-orang masih menganggap percintaan cowo x cowo itu hal yang tabu banget, aib yang sangatttt-sangatttttt memalukan. -- Karena Tuan Zhang ketahuan suka sama cowo, dia kena diskriminasi, semua bisnis yang dia pegang dicabut dan diserahkan kepada Tuan Ma. Padahal Tuan Zhang ini orangnya baikkkkk banget, kinerjanya bagus, bisa diandalkan, tapi karena orientasi seksualnya berbeda, Tuan Zhang dianggap mencoreng nama Asosiasi Lima Naga, dan kebaikan-kebaikan serta perjuangan Tuan Zhang kek serasa gak dianggap woey T-T sumpahh! kasihan banget. Tuan Zhang pun pasti sakit hati digituin cok! Tuan Zhang diusir, dan sebelum dia pergi meninggalkan Asosiasi Lima Naga, dia mengungkapkan rasa kekecewaannya kepada Tuan Song lalu memilih bundir tepat dihadapan keluarga Song. Semua orang shockkk, dan didetik-detik terakhir Tuan Zhang kek be like : "Suatu hari nanti, kakak akan menerima rasa sakit yang kutanggung, maka kakak akan mengerti bagaimana rasanya." -- Damnnn... kena sumpahiii dehhh Tuan Song. Siap-siap deh Tuan Song icip kurma.


Setelah masa duka Tuan Zhang berlalu, semua mulai berjalan baik. Tian & Yang saudara yang saling menyayangi, nggak kek emak mereka dua, Ny. Li & Ny. Jan yang bertengkar mulu kek Tom & Jerry njirr,, gak pernah akur! dan selalu berusaha membuat anak mereka unggul untuk mewarisi kekayaan keluarga Song & penerus Pemimpin Asosiasi Lima Naga. Sampe-sampe anaknya diajari untuk saling membenci juga. Untung saja yes, Tian & Yang gak mudah terpengaruh, mereka sering bermain bareng dan lebih akrab sama Me-Bua. Selir Tuan Song, sekaligus istri yang paling dicintai Tuan Song, karena gak bisa punya anak, Me-Bua pun memilih mundur alon-alon dan tinggal dirumah yang berbeda. -- Ada awal mula rahasia Tian, Tian yang diajak nonton opera dan merasa tertarik dengan karakter cowo yang berdandan seperti cewe yang ditampilkan diacara itu. Bibit-bibit kebotty-an Tian makin hari makin nampak. Dia sering pake-pake selendang menari-nari, terus Yang jadi penontonnya akan tepuk tangan meriah!. -- Hingga satu hari, Ny.Li & Bi Jia melihat kelakuan Tian itu. Ny Li auto shock, marah, takut dong, karena Tian kek Tuan Zhang. Apalagi Tian yang digadang-gadang bakal jadi pewarisnya. Ny.Li gak mau Tian bernasib sama kek Tuan Zhang, lalu Ny.Li menghukum Tian, kena libas cokk! semua barang bukti yang dipake Tian untuk menari auto dibakar. Sejak hari itu, Ny.Li & Bi Jia merahasiakan rahasia Tian yang suka sesama jenis rapat-rapat, dan menyuruh Tian untuk selalu bersikap normal. Mulai dari Tian anak-anak, hingga beranjak dewasa.


Plot berjalan dimana Tian & Yang sudah dewasa. Meskipun Tian belum resmi diangkat jadi pewaris. Si Tian sudah diandalkan mengurus keuangan bisnis keluarga Song. Dan jadi kebanggaan Tuan Song. Nggak seperti Yang, dia gak mau belajar bisnis dan suka keluar main-main sesuka hati. Sering juga loh Tuan Song & Yang bertengkar! berdebat! terus si Yang dibanding-bandingin dengan si Tian. Emaknya si Yang sendiri aja, Ny. Jan udah bolak balik menghasut Yang supaya membenci Tian & merebut posisi Tian sebagai calon pewaris tapi namanya sayang kepada saudara sendiri ya say,,, walaupun beda emak, tapi satu ayah, masih sedarahh... bagaimana mungkin bisa setega itu. Si Yang bisa saja ngelakuin itu semua, tapi karena dia sayang sama abangnya itu, dia gak mau bersaing, kalau memang pewarisnya harus anak tertua dan itu Tian, ya si Yang merasa "No problem!". Logikanya ya... meskipun si Yang bukan pewaris, kan tetep dia keturunan holang kaya cuy! tapi nggak bagi emaknya, Ny. Jan yang selalu iri dengan Ny. Li sebagai istri utama yang lebih dihormati & punya kekuasaan dirumah itu dibandingkan Ny. Jan sebagai istri kedua, nah! karena itulah Ny. Jan berusaha membuat Yang jadi pewaris, supaya dia bisa merebut posisi Ny. Li. Dan Ny.Li pun gak mau posisinya digeser, dia akan berusaha mempertahankan posisinya dirumah itu. Apapun caranya.


Tian bertemu dengan ayank Jiu!
Pertemuan JiuTian. Saat si Yang ngajak Tian diem-diem nonton opera, nahh! ceritanya si Tian mau beli cemilan dan salfok sama akang gulali yang tampan gagah perkasa cool abissss... lagi membuat karya-karya gulanya :v iya.. si Jiu.. -- Nah! saat pertunjukan opera berlangsung, tiba-tiba saja mereka diserang pasukan Jepang. Dan si Tian diselamatin oleh si Jiu. Bicara soal latar belakang si Jiu, dia orang kismin ya say, dia harus jualan gulali untuk bertahan hidup dan menafkahi kedua adeknya, Fu & Mei (btw.. si Mei ini sakit-sakitan). Jadi supaya bisa mendapatkan obat untuk adeknya, si Jiu diam-diam bekerja sebagai pembunuh bayarannya Tuan Ma. -- Pertemuan berikutnya saat si Jiu lagi menjalankan aksinya untuk membunuh orang yang disuruh Tuan Ma, tapi gak berhasil karena Tian diam-diam mengikutinya. -- So yeah! Tian merasa merasa berutang budi gitu lohh! dia udah diselamatkan tapi buru-buru pergi waktu itu, jadi ini gantian, Tian mengobati lukanya Jiu yang belum sembuh. -- Adegan Tian mengobati lukanya Jiu dengan tatap-tatapan benih-benih cinta yang mulai tumbuh itu dilihat Yang. Dan Yang disitu makin yakin kalau Tian kek Tuan Zhang, tapi dia gak membeberkannya kok, malahhh dia sampe memelukk Tian dan memberitahu secara tersirat, kalau apapun yang akan terjadi nantinya (misalnya ketahuan si Tian suka cowo) si Yang tetap berada disisi Tian (selalu mendukung dan nggak akan membenci si Tian). Awww! brothership goalsss bangett gak sih T-T *diem-diem-nae-ngeship-kapal-hantu-YangTian. wkwkwk... njirrr...


Kalau dilihat dari segi umur, sebenarnya si Tian sudah bisa menjadi pewaris resmi keluarga Song & menjadi pemimpin Asosiasi Lima Naga, tapi kenapa belum? karena syaratnya, si Tian harus menikah dulu... Ada 2 cewe yang mendekati Tian, si Mat & si Phin. Abaikan si Mat, karena dia cuma pembantu dia gak pantes jadi istrinya Tian, beda kasta!! (bukan nae yes bilang gitu :v tapi diplotnya begitu). Mari fokus ke mbak Phin. Melihat latar belakangnya, dia cewe keturunan bangsawan, tapi karena dia cewe, dia susah dalam mengelola bisnis. (Nae rasa ini ada hubungannya dengan pada tjaman doeloe derajat cewe itu dibawah cowo, nanti nae akan bahas part ini). Kebetulan keuangan keluarganya Phin lagi dililit utang, dia berusaha menjual artefak-artefak palsu untuk melunasi utang keluarga tapi itu tidaklah cukup, jadi jalan satu-satunya supaya rumah keluarganya nggak disita, dia harus menikah dengan cowo kaya, dan itu Tian. Dan untungnya! Ny.Li setuju kalau Tian menikah dengan mbak Phin. Dan masalahnya! Tian gak mau nikah dengan mbak Phin.


Jadi Ny.Li & Tian berdebat, emaknya pengen Tian buru-buru menikah dan mewarisi kepala Asosiasi Lima Naga, tapi si Tian ngotot gak mau nikah sama orang yang gak dia cintai. Dan dari perdebatannya, si Tian yang marah keceplosan menyebut dirinya suka sama cowo. Dan sialnya didengar oleh pekerjanya yang lagi nguping, bernama Tong! -- si Tong ini orangnya kang onar yagesya, sering bikin masalah sama pekerja lain, apalagi setelah dia tahu rahasia si Tian, dia jadikan ladang cuannya untuk mengancam Ny.Li. "Kalau gak mau tersebar, kasih gue duit." -- si Tong jadi kurang ajar seenak jidat cok, dia bikin keributan, bersikap gak sopan. Karena merasa dia gak bakal diapa-apain karena dia udah tau rahasia besar Tian. Dia juga berencana melaporkan rahasia Tian kepada Ny.Jan asalkan yaaaa... duitnyaa cukup sesuai permintaannya! -- Seperti yang nae bilang tadi, Ny.Li pasti berusaha mempertahankan posisinya & merahasiakan rahasia Tian, apapun caranya. Walaupun harus merenggut nyawa. -- Yes! jalan satu-satunya untuk menyingkirkan si Tong ya harus dimetongin. Jadi Bi Jia meramu racun anggrek kumbang, dan menjebak si Tong ketempat sepi, dan byarrrrrrrrrr! dilemparkankan deh tuh racun ke si Tong hingga sekarat and dead... #RIPTong.


Hilangnya si Tong secara mendadak jadi trending topik dirumah itu gays. Dan Ny.Jan menuduh Ny.Li yang membunuh si Tong walaupun gak ada bukti, karena terakhir kali si Tong pergi bersama Ny.Li saat si Tong mau memberitahu rahasia si Tian kepada Ny. Jan. -- Tapi Ny.Li & Bi Jia itu pandai banget loh strateginya... mereka dua sama-sama bersikap tenang, pura-pura gak tau apa-apa walaupun dongkol dituduh-tuduh Ny.Jan didepan orang banyak, tapi mereka pandai ngilangin buktinya dengan menyusun rencana B supaya gak ketahuan. Dan mayat si Tong didapati tenggelam di atas perahu yang bocor! -- Saat diselidiki, gak ada tanda-tanda kekerasan... seharusnya lega dong! Ny.Li bebas dari tuduhan Ny.Jan, tapi mayatnya gak langsung dimakamkan karena harus menunggu kabar dari kerabat si Tong untuk datang. Nah.. disinilah masalah baru muncul lagi, kalau mayatnya gak segera dikubur, efek jamur anggrek muncul pada mayat, ntar tubuh si Tong ditumbuhi jamur-jamur, dan jika itu diselidiki pihak polisi, bisa ketahuan  kalau kematian si Tong bukan tenggelam tapi diracun. Jadi Ny.Li kenampakan banget gelisahnya, sampe nyuruh Bi Jia menjaga peti mati si Tong malam-malam. Tentu dong Ny.Jan makin curiga akut, jiwa suudzonnya pengen nuduh Ny.Li kembali berkobar-kobar, dan karena dia gak bisa melakukannya sendiri. Ny.Li pergi menemui musuh besar untuk nyari bantuan. Tuan Ma!


Ny.Jan & asisten dongonya si Nuan pergi diam-diam ke rumah Tuan Ma & membahas tentang kematian si Tong yang berkaitan dengan rahasia Tian yang disembunyikan Ny.Li selama ini. Jadi istilahnya, jika Tuan Ma bisa membantu Ny.Jan dalam menguak kematian si Tong, dan terbukti pelaku pembunuhnya Ny.Li & rahasia si Tian terbongkar, maka Ny.Li & Tian akan didepak dari istri utama & pewaris, dan Ny.Jan naik pangkat, dan Yang jadi pengganti pewarisnya. -- Tuan Ma juga gak bodoh ya say, dia mau membantu karena niat utamanya! Pengen mencari titik terlemah keluarga Song untuk menyingkirkan Tuan Song sebagai Pemimpin Asosiasi Lima Naga. Dan dia yang jadi berkuasa. -- Jadi di hari pemakaman si Tong, Tuan Ma datang merusuh, dan menyewa orang lain untuk ngaku sebagai kerabat Tong, supaya bisa dicek kondisi mayat si Tong sudah seperti apa? -- Ingat! Ny.Li & Jia jauh lebih pintar menyusun strategi, sebelum hal ini terjadi, mereka udah bersiaga dengan menukar mayat Tong dengan mayat orang lain. Jadi saat Tuan Ma datang, dan untuk pembuktiannya, malahhh kek jasad orang mati umumnya yang udah membusuk berhari-hari. -- So, apakah mayat Tong berhasil ditemukan? No... akhirnya Ny.Li & Bi Jia berhasil menyingkirkan kasus ini, dengan menggunakan situasi kondisi, ceritanya saat itu lagi diserang pasukan Jepang, jadi saat semua keluarga Song sembunyi ke basement, Bi Jia diam-diam pergi membakar rumah tempat peti mayat palsu diletakkan, supaya gak bisa diotopsi pihak kepolisian, mayat Tong yang asli dikuburkan di halaman belakang, Bi Jia menyiramkan ramuan untuk menghancurkan tulang belulang dengan cepat dan menyatu dengan tanah. Beresss!


Dari tadi kita belum membahas si Xiaotong, janda satu ini kalau dibilang nggak berbahaya, iya!! berbahaya, juga iya!! Jadi yaaaa... masih abu-abulah.. suka-suka dia mau membantu siapa. Kemana angin bertiup kencang, kesitu janda satu ini bergoyang. Nah! dia mengadu kepada Tuan Song, kalau orang-orang yang mengaku sebagai kerabat si Tong itu suruhan Tuan Ma. Bukti lain kalau Tuan Ma membuat kecurangan dalam pembukuan keuangan!! Membuat Tuan Song marahhh dong! Dan dirapat dadakan, Tuan Ma terpojok, dan bisnis-bisnis pentingnya dialihkan menjadi tanggungjawab si Xiaotong! (Lumayan yes si Xiaotong, cuannya bertambah!). Gak cuma kecurangan Tuan Ma yang keciduk! tapi Ny.Jan nyarissss keciduk. Karena orang suruhan yang mengaku sebagai kerabatnya Tong itu mengaku mendengar kabar kalau ada Nyonya dari keluarga Song yang membahas tentang kematian Tong ke pihak luar. -- Logikanya! ini kan masalah pribadi keluarga Song, kok bisa-bisanya sampai ke orang luar kalau tidak orang dalam yang membocorkannya. Ny.Li langsung nuduh Ny.Jan, tapi.... Tuan Ma melindungi Ny.Jan, dan gak membeberkan kalau yang menyampaikan kasus itu memang Ny.Jan. Mau tau kenapa? Karena Tuan Ma masih butuh informasi-informasi lain yang bisa dipake untuk menjatuhkan keluarga Song dengan pura-pura berada dipihak Ny.Jan.


Jadi diam-diam Ny.Jan masih sering memberitahu Tuan Ma situasi kondisi tentang Keluarga Song, hingga Tuan Ma menyuruh pembunuh bayarannya, Ayang Jiu untuk membunuh si Tian. -- Awalnya si Jiu gak tau orang incarannya adalah ayanknya sendiri, tapi pas di TKP, si Jiu juga shockkk... ternyata Tuan Ma menyuruhnya untuk membunuh si Tian. -- The power of cinta yes, si Jiu gak tega membunuh cowo kesayangannya. -- Dan karena gak berhasil, Tuan Ma berfokus dengan berita yang lagi ramai diperbincangkan dikeluarga Song. Yaitu Rahasia Tian. Jika Tuan Ma berhasil membongkar apa rahasia Tian, maka Tuan Ma menggunakan alasan itu untuk mengeser posisi Tuan Song untuk menjadi Pemimpin Asosiasi Lima Naga. Jadi, Tuan Ma mengirim Jiu untuk melamar pekerjaan sebagai pekerja di Keluarga Song sebagai mata-mata. Itu si Jiu mau karena termakan omongan Tuan Ma akan menjaga adeknya yang sakit. Dijaga bentar dah! setelahnya disekap! *oops! :v -- Dan Jiu diterima dong! Apalagi pas si Tian tau yang mau melamar kerja ternyata ayanknya sendiri... :v Walaupun gak pandai nulis dan baca, tetep diterima! Tian be like : "Gapapa mas! ntar aku ajarin yaa caranya menulis dan membaca!" :v *because-I-Love-You-Mas :v Awww!


By the way, Pernikahan Tian & Phin dipercepat OTW 1 bulan lagi... itu karena didesak-desak Ny.Li. -- Meanwhile... Tian, Yang & Phin udah kerjasama. Tian & mbak Phin udah saling setuju kalau mereka sama-sama gak mau menikah karena mereka gak saling mencintai,, mbak Phin maunya nikah sama si Yang :v ehemehem... cie.. cie... ceritanya panjang deh! gimana akhirnya mbak Phin jadi falling in love sama si Yang. Jadi rencana mereka adalah, bagaimana bisa mencari uang tebusan membayar aset rumah milik keluarga mbak Phin, berbagai cara mereka lakukan, tapi sialnya, ketahuan oleh Ny.Li. -- Ny. Li gak tinggal diam. Karena Tian & mbak Phin kek sama-sama berusaha mengulur waktu. Ny.Li membuat rencana lain, dengan ramuan terbarunya Bi Jia, membuat ramuan anggrek jangkrik. Bukan untuk membunuh yagesya,, bubuk anggrek jangkrik dipake sebagai obat kuat. -- Ceritanya mbak Phin & Tian akan dijebak, dikasih minum minuman yang sudah dicampur bubuk anggrek jangkrik. Lalu, dikurung di kamar kosong. Saat obat kuatnya bereaksi, Tian yang sange gak bakal peduli mau itu kerang or terong pasti disodokk ampe lumer. :v


Rencana Ny.Li nampaknya kek udah matang banget, sebelum ngejebak Tian & mbak Phin. Ny.Li menyuruh Bi Jia untuk menyibukkan pekerja lain sampe seisi rumah kosong, menjebak lalu mengurung si Yang, Ny.Jan & si dongo Nuan digudang belakanggg banget *mau-teriak-teriak-pun-gak-ada-yang-denger!, sampe-sampe si Jiu merasa ada yang gak beres, jadi dia diam-diam pergi menguntiti. Sementara Tuan Song kebetulan saat itu lagi pergi keluar kota. -- Actually, yang meminum ramuan anggrek jangkrik itu cuma Tian sendiri, Mbak Phin gak meminumnya karena keburu panik nyari bantuan melihat ayahnya tiba-tiba pingsan(?) *sebenar-nya-dikasih-obat-tidur-kedalam-minuman-ayahnya-Phin. -- Karena rencana mulai tak terkendali, akhirnya nekad deh... mbak Phin digetokk palanya pake balok kayu, sampe pingsan anak gadis orang, trus dibawa ke kamar kosong untuk digagahi Tian. -- Jiu yang menguntiti, melihat Tian dibawa ke kamar kosong itu. Yang juga ada disana loh! dia mendengar suara mbak Phin minta tolong, tapi seketika suara itu hilang *gegara-digetok! -- dicari dan dicari, ketemu deh dikamar kosong. Jadi si Yang menyelamatkan mbak Phin yang kepalanya berdarah karena ditimpuk tadi. Sementara Tian yang sange,, terus melihat ayank Jiu tampan dan berotot endol dihadapan mata arghhh... auto minta digagahy dong :v Enak ya Tian, diemwe cowo endol berotot kek Jiu.


Saat Tuan Song kembali pulang, Ny.Li berakting seakan-akan gak tau Tian & mbak Phin pergi kemana. Terus Bi Jia juga berakting seakan-akan shock melihat Tian dan Mbak Phin di suatu ruangan. Ekspektasinya mungkin kek, saat kamarnya dibuka, semua orang bakal shock melihat Tian & mbak Phin udah ehem-ehem, terus pernikahannya makin dipercepat lagi deh. But, realitanya, saat Ny.Li membuka pintunya, Ny.Li shock duluan,  ternyata Jiu & Tian yang lagi telanjang berbalut selimut T-T -- Refleks nih Ny.Li nutup pintu, dan gak membolehkan siapapun masuk. Semua orang sampe terheran-heran melihat Ny.Li, emang si Tian kenapa di dalam sana? Ditambah, Mbak Phin & Yang datang menjelaskan kalau si Phin kena serang, digetok kepalanya sampe berdarah dan di dalam ada Tian & Jiu berdua. -- Tuan Song makin kepo apa yang sebenarnya terjadi di dalam, karena Ny.Li bersikeras dengan panik, gak membolehkan siapapun masuk ke dalam. Dan Tuan Song akhirnya membuka paksa pintu kamar itu dan begitu dibuka............. Lah! kok kosong! gak ada siapa-siapa. Jiu & Tian udah kabur. Lalu, Tuan Song panik dan memerintahkan anak buahnya untuk mencari keberadaan si Tian. -- Kalian ingat kan tadi nae bilang Tuan Song pergi keluar kota. Nah... Tuan Song buru-buru balik, karena dia dapat info dari si Xiaotong kalau si Jiu adalah mata-matanya Tuan Ma untuk membunuh si Tian.


Jiu & Tian kabur dari rumah keluarga Song. Or nae bisa menyebutnya *kawin_lari(?) wkwkwk. Mereka tinggal di rumah gubuk bambu, walaupun gak mevvah, mereka berencana untuk memulai kehidupan baru disana, Tian siap kehilangan segalanya, asalkan bersama cowo yang dia cintai. Mungkin Tian be like : "Persetanlah sama kekayaan hidup gue! bahagia kaga! tekanan batin iya!" -- Tapi kehidupan baru mereka tetap tidak menyenangkan, bukan karena miskin, tapi status Jiu & Tian dianggap sebagai orang hilang dan dicari-cari. Sampe-sampe mau beli makanan aja, si Jiu harus bergegas banget dan menyembunyikan identitasnya. -- Nyaris ketahuan Asistennya Tuang Song, si Ah-Pao. Yang & Mbak Phin juga sempat mergokin Jiu & Tian di pasar tapi keburu kehilangan jejak. Selain Ah-Pao, Yang & Mbak Phin yang tau, ternyata Tuan Ma juga tau. Itu karena Tuan Ma gak sengaja melihat Jiu pergi keluar. Pluss... Tuan Ma juga tahu soal kabar Jiu & Tian yang kabur bareng. Mungkin dibenak Tuan Ma kek be like : "dibawa kabur? tapi kok gak dibunuh?" -- Jadi saat si Tian pergi keluar. Jiu yang dirumah sendirian kepergok sama Tuan Ma. Disitulahhh si Jiu gak punya pilihan lain selain mengakui soal Rahasia si Tian yang suka sama sesama cowo, dan sukanya sama si Jiu pula. -- Scene dimana si Jiu membocorkan rahasia Tian kepada Tuan Ma, actually didenger oleh si Tian yang udah pulang. Saking kecewanya si Tian, dia pergi meninggalkan Jiu. Nangis-nangis + hujan deras + lagu sedih beuhhh... T-T ikutan nyesek.. yaa bayangin aja cok, saat orang yang paling dicintai dan paling dipercaya ternyata mengkhianati kita. Sakittt bangeettt! Sampe si Tian jatuh sakit benaran. -- Tian kembali pulang ke rumah.


Si Jiu merasa bersalah gayss.. jadi dia mengendap-endap masuk ke rumah keluarga Song, tapi Tian masih sakit hati, dia menyuruh si Jiu untuk pergi T-T karena kebetulan juga keberadaan si Jiu dianggap kek "buron" dalam keluarga Song. Si Jiu dikejar-kejar penjaga keluarga Song. Ny.Li & Bi Jia ikut andil dalam membunuh Jiu. Yes.. Ny.Li melemparkan serbuk racun anggrek kumbang ke lukanya Jiu. -- Dan dapat kabar singkatnya! Si Jiu udah meninggal. T-T -- Si Tian pun potek, jadi dia pun mengikuti alur skenario emaknya, si Tian mau menikah... bukan sama mbak Phin, tapi sama si Mat, itu semata-mata untuk formalitas gitu aja say, sampe akhirnya diumumkan secara resmi Tian sebagai Pewaris Baru Asosiasi Lima Naga. -- Tapi masalah lainnya belum kelar, yaitu Tuan Ma yang udah tau kalau Tian suka sama sesama cowo, dan akan membongkar aib Tian itu dihari rapat pertemuan Asosiasi Lima Naga. Actually, Tuan Ma orangnya licik banget, dia akan merebut Asosiasi Lima Naga baik itu secara ngomong baik-baik atau bahkan melakukan kekerasan sekalipun. Dia bekerjasama dengan tentara Jepang untuk membantunya. Jadi Ny.Li & Bi Jia nyusun strategi baru, Ny.Li & Bi Jia berencana akan membunuh Tuan Ma.


Di hari H... Sebelum rapat dimulai. Ny.Li berakting pura-pura gak enak badan. Dan memilih untuk beristirahat di kamar. Sampe dikamar, Ny.Li & Bi Jia buru-buru pergi diam-diam untuk menjebak Tuan Ma. -- Diperjalanan menuju rumah keluarga Song, Ny.Li & Bi Jia udah membuat paku dijalan, so... saat mobil Tuan Ma melewatinya, kempess dong! disitulahhh Ny.Li & Bi Jia melancarkan aksinya, mreka memukuli Tuan Ma & anak buahnya si Gui sampe mati. Tuan Ma dihajar habis-habisan, jarinya kena potong, matanya ditusuk (Jiwa sikopet Ny.Li & Bi Jia menggebu-gebu membantay Tuan Ma wkwkwk) dan sialnya! cadar yang dipake Ny.Li gak sengaja terbuka dan terkuaklahh identitas yang menyerang Tuan Ma adalah Ny.Li. Dan terakhir... Ny.Li menaburkan bubuk racun anggrek kumbang kepada Tuan Ma... THE EN.. Nope! To be continued.. :o


Kita beralih ke... Rapat Asosiasi Lima Naga. Semua anggota rapat sudah hadir kecuali Tuan Ma. Mulai nih bakal dibahas tentang pernikahan si Tian terus Ny.Jan dan si dongo Nuan membawa barang bukti kalau si Tian itu geh. Actually, si Tian sengaja menyusun rencana supaya identitasnya terbuka dan sekaligus mengaku kalau dia yang membunuh si Tong. Di barang bukti itu ada sepucuk surat cinta (permintaan maaf ayank Jiu karena mengkhianati cinta tulusnya Tian T-T) dan serbuk anggrek kumbang yang asli dipake untuk meracun si Tong. -- Sontakkk dong, semua orang kaget karena Tian seperti Tuan Zhang, + "membunuh?" orang-orang shockkk sekaligus gak percaya, karenaaaa orang sebaik Tian gitu loh.. membunuh seekor semut aja gamau T-T apalagi sampe membunuh orang. Rasanya mustahil. Tapi Tian ngotot berbohong dan mengakui kalau dialah yang membunuh Tong. -- Mau tau kenapa Tian melakukan itu? Karena begitu misalnya dia diangkat jadi Kepala Asosiasi, emaknya, Ny.Li bakal mengaku kalau dialah yang membunuh si Tong & berencana akan bundir untuk menebus nyawa-nyawa yang hilang demi melindungi rahasia si Tian. T-T -- Tuan Song aja sampe gak habis thinkinggg... gak bisa berword-word hanya bisa shock + menamparrr Tian... -- Si Tian juga udah lapor polisi jauh-jauh hari supaya dirinya ditangkap di hari H Rapat Asosiasi Lima Naga.


Nae kira... rahasia Tian yang terbongkar kalau dia suka sesama cowo itu bakal lebih berbahaya. Tapi ternyata nggak.. Mau tau apa yang lebih berbahaya? Yaitu pembantaian oleh Tuan Ma. -- Masih ingat saat Ny.Li menaburkan bubuk kepada Tuan Ma yang sekarat? itu bukan bubuk racun. Karena bubuk racunnya udah ditukar si Tian, untuk dipake sebagai barang bukti dia mengaku membunuh si Tong. So, it means Tuan Ma masih hidup dong? :o Yess... Tuan Ma murka banget + dia kerjasama dengan pasukan Jepang untuk membasmi keluarga Song... -- Saat si Tian mau dibawa ke kantor Polisi, Tuan Ma datang menerobos, dan membunuh siapapun yang mencoba menghalangi mereka masuk. Tuan Ma juga menyandera Tian dihadapan seluruh anggota keluarga Song untuk memberitahu dimana Ny.Li & Bi Jia berada, dan pengen membalas dendam karena merasa hampir terbunuh. -- Tuan Ma juga gak segan-segan membunuh anggota Asosiasi Lima Naga yang lain kek Tuan Chun T-T -- Ny.Jan yang sekutunya aja sampe dihajar habis-habisan sama Tuan Ma. Yang yang mencoba menolong emaknya juga dihajar. T-T Dan disitu jugalah Tuan Ma membongkar kedok Ny.Jan sebagai pengkhianat di keluarga Song, kalau Ny.Jan memang selama ini selalu melaporkan huru hara yang terjadi di keluarga Song kepada Tuan Ma. Disitu para anggota keluarga Tuan Song udah pasrah banget T-T rasanya kek be like : "udahh dehhh! bakal dibantai nih kita semua."


Dan Jengjengjeng!! Ny.Li & Bi Jia datang menyelamatkan. Saat Tuan Ma sibuk pengen membunuh kek "Siapaaa ya duluann? Lo? lo? atau lo?" sambil ketawa iblis ya say... Ny.Jan melihat Ny.Li dari sudut jendela ngasih instruksi, pokoknya kek ngasih tau dalam hitungan ketiga disuruh mengalihkan perhatian Tuan Ma, lalu menarik kain merah besar yang berada di hadapan mereka, disuruh berlindung dibalik kain itu, karena Ny.Li bakal menabur racun anggrek kumbang. -- Dan bener dong! begitu hitungan ketiga, Ny.Jan mendorong Tuan Ma sampe jatuh, terus langsungg ditarik kainnya untuk berlindung... Saat racun kumbangnya ditabur dari atas para tentara Jepangnya metonggg gess keracunan, tapi Tuan Ma masih selamat dan mencoba melarikan diri walaupun lukanya kena serbuk racun. -- Nahh... anggota keluarga Song yang dibalik kain merah semua selamat, dan buru-buru bakal pergi meninggalkan rumah keluarga Song karena dikira sudah nggak aman lagi. Ehhh... saat mau pergi, ternyata Tuan Ma masih belum pergi dan berhasil membunuh si dongo Nuan T-T -- Pokoknya scene keluarga Song bakal melarikan diri itu intenss banget tegangnya. Bahkan nae yang nontonnya sambil ngemil, sampe gabisa menyuapkan cemilannya ke mulut. Kek! shock! kaget! degdegan, rasanya kek ikutaan terbawa suasana. -- Yang lain berhasil kabur, kecuali Tuan Song, Tian & Ah-Pao yang disandera Tuan Ma.


Ny.Li & Bi Jia gak ikut kabur. Mereka berdua mencoba menyelamatkan Tuan Song, Tian & Ah-Pao, jadi mereka dua masuk lagi ke dalam rumah dan berkelahi dengan Tuan Ma. Bi Jia langsung menaburkan racun ke Tuan Ma, mereka nyaris dibunuhhh! tapi Bi Jia langsung ngancam "Lo udah kena racun! jika lo pengen obat penawarnya! lepasin mereka."  Sambil pura-pura megang botol berisi obat penawar :v *padahal-penawarnya-gak-ada. -- Tapi Tuan Ma be like : "Tinggal gue tembak lo pade, udah dapet gue penawarnya!" Saat Ny.Li & Bi Jia terpojok bakal dijedorrr Tuan Ma. Disitulahhh ayank Jiu datang menyelamatkan. (Lah! bukannya si Jiu udah diracun?) :v nanti dibahas! -- Pokoknya sengittt banget deh! si Jiu melawan tentara-tentara Jepang, sementara Ny.Li & Bi Jia melawan Tuan Ma, sampe-sampe Bi Jia terkena racun anggrek kumbang juga. Tapi dia bungkam. Gak mau ngasih tau sama Ny.Li kalau dia terkena racun. = Karena pasukan Tuan Ma terlalu banyak, si Tian menyuruh ayang Jiu untuk membawa emaknya & Bi Jia bersembunyi ditempat aman dulu. Karena Tian tau dia gak bakal diapa-apain karena yang diincer Tuan Ma adalah Ny. Li & Bi Jia.


Mereka bersembunyi di sebuah rumah. Milik Dokter Qi. Fyi, dokter Qi ini pernah hampir dibunuh Ny.Li karena ikut menyelidiki kasus kematian Tong, dan gak mau kalau rahasianya terbongkar. Jadi Ny.Li menjebak Dokter Qi dan mencoba membunuhnya dengan menaburkan bubuk racun anggek kumbang. Tapi untung saja, Dokter Qi bisa selamat karena Dokter Qi berhasil menemukan obat penawar untuk racun itu jauh-jauh hari. -- Dan soal Jiu yang terkena racun... yess.. si Jiu memang sekarat, didetik-detik sekaratnya itu, dia gak sengaja bertemu dengan Dokter Qi dan diobati dehhh hingga sembuh! -- Tapi sayang, Bi Jia yang udah keracunan, akhirnya meninggal begitu sampai dirumah Dokter Qi dan racunnya udah menyebar keseluruh tubuh, bahkan obat penawarnya gak bisa menolong! -- Selama berada ditempat persembunyian... Jiu, Me Bua, Ny.Li, Ny.Jan, Yang, mbak Phin & Dokter Qi menyusun strategi penyelamatan.


Sebelumnya si Jiu diam-diam pergi ke rumah keluarga Song untuk mencari tahu dimana si Tian disekap.. kek digudang gitu ga sih? T-T ayang Jiu dari lantai kolong bawah ngasih support ke bebebnya, kalau dia pasti akan menyelamatkan si Tian. -- Dan rencana dimulai... Dokter Qi gak ikut dalam "peperangan" ini, dia hanya membantu membuat obat penawar saja, dan begitu obat penawarnya sudah jadi, Ny.Li, Ny.Jan, Jiu & Yang bakal pergi untuk menyelamatkan Tian dan pekerja-pekerja Tuan Song yang masih disandera, sementara Me Bua & mbak Phin berada di hutan menunggu yang selamat akan dibawa bersembunyi di rumah keluarga mbak Phin. -- Tapi shitt... ketauan si uler Xiaotong & Mat. = Kilas balik! saat Tuan Ma & tentara Jepang membantai pekerja-pekerja Tuan Song, si Xiaotong & Mat buru-buru pergi menyelamatkan diri. Terus pura-pura seakan gak terlibat dan gak tau-menahu soal apa yang terjadi. Nah! hari dimana si Jiu memata-matai keberadaan si Tian disekap, gak sengaja dilihat si Mat dan diikuti deh sampe tahu dimana Jiu dll bersembunyi. Tapi tenang kok, walaupun si Xiaotong ini kek uler, tapi dia gak seiblis Tuan Ma, jadi si Xiaotong & Mat ikut serta untuk menyingkirkan Tuan Ma.


Rumah keluarga Song udah dikuasai oleh Tuan Ma, tentara Jepang & pekerja-pekerja Tuan Ma berjaga-jaga dipenjuru rumah keluarga Song. Jadi si Xiaotong dan pasukan cewe-cewenya datang membawa peti-peti besar yang katanya "kami kesini mau membahas bisnis sekaligus merayakan kemenangan Tuan Ma." -- Tuan Ma agak curiga, dan menyuruh untuk membuka peti itu. Dan ternyata isinya cuma buku-buku keuangan & alkohol. Jadi dibolehin dek masukkk... -- Nahhh... untuk peti-peti besar yang masuk berikutnya isinya bukan buku-buku atau alkohol lagi say, tapi berisi si Jiu & Yang. Hampir ketahuan pekerja Tuan Ma tapi berhasil dilumpuhkan oleh Jiu & Yang dan berhasil menyelamatkan pekerja-pekerja Tuan Song, untuk segera dievakuasi ke rumah mbak Phin. -- Ny.Li & Ny.Jan emang sengaja supaya ketangkap dan dibawa ke hadapan Tuan Ma. -- Jadi saat Tuan Ma mau mengerahkan pasukannya, udah pada metong say :v alkohol-alkohol yang dibawa si Xiaotong udah dicampur sama bubuk racun anggrek kumbang. Ny.Li & Ny.Jan juga melemparkan bubuk racun ke pekerja-pekerja Tuan Ma yang masih hidup. Jadi Tuan Ma udah terpojok nih... Tapi dengan sigap dia mengancam bakal membunuh Tian & Tuan Song yang kebetulan disembunyikan di bawah meja tempat Tuan Ma berdiri. Sampe-sampe Tuan Song kena tembak T-T (untung cuma lengannya yang kena!)


Yang & Jiu is cominggggg... membantu Ny.Li & Ny.Jan, jadi Tuan Ma semakin terpojokkk, jadi dia membawa Tian sebagai sandera. Disinilah... The real of Perjuangan seorang ibu nampakkkkk banget... Ny.Li pergi sendirian mengejar Tuan Ma. Dan dijebak dikurung dalam suatu ruangan yang sudah disiram bensin! Jadi adegan barter pun dimulai, Si Tian dikembalikan asalkan penawarnya diberikan. Tapi... sebelum penawarnya diberi, Tuan Ma curiga dan menyuruh Ny.Li untuk mengkonsumsi penawar itu terlebih dahulu. Dan begitu yakin... Tuan Ma pun ikutan mengkonsumsinya. Racun Tuan Ma seketika hilang, dan mulai akan membantai Tian & Ny.Li dengan senyuman iblisnya... Kemudian Ny.Li ketawa sambil memuntahkan darah dari mulutnya sambil be like : "Penawarnya sudah gue campur sama bubuk racun! segera lo juga bakal ikutan metong secara menyakitkan!" :v begitu Ny.Li menunjukkan gejala-gejala keracunannya, sesaat kemudian Tuan Ma pun ikutan merasa kesakitan, Tuan Ma juga sengaja menjatuhkan obor api ke ruangan itu kek be like : "ayok mati sama-sama kalau gitu!" -- Ny.Jan, Yang, Jiu masuk ke ruangan itu mau menyelamatkan tapi Ny.Li menyuruh untuk selamatkan Tian aja. Karena urusan Ny.Li & Tuan Ma belum selesai. -- Ny.Li kembali mendatangi Tuan Ma, mereka berkelahi didetik-detik sekarat mereka dalam sekeliling ruangan yang dilahap kobaran api. Sampe Ny.Li berulang kali kena tembak T-T tapi amarah seorang ibu, walaupun udah sekarat Ny.Li mendorong Tuan Ma ke balok kayu runcing hingga Tuan Ma metong tertusuk T-T Disitu Ny.Li be like : "Tian adalah anakku! Tak peduli siapa dia, dia masih tetap anakku. Jangan coba-coba menyentuhnya!" setelah itu Ny.Ji terjatuhh lemas gak berdaya.


Apakah Ny.Li selamat? NO T-T Ny.Li juga metonggg... andaipun dibawa ke rumah sakit pasti udah keburu meninggoy diperjalanan say, yaa bayangin aja udah lebih 4x kena tembakan + keracunan anggrek kumbang yang obat penawarnya susahhhhh banget ditemuin / proses pembuatannya butuh berhari-hari. Jadi Ny.Li udah pasrah, dan menggunakan menit-menit terakhirnya untuk meminta maaf & mengucapkan kata-kata perpisahan kepada orang-orang yang dia sayangi & dia musuhi selama ini. Nae yang menontonnya duhhh!! ikutan lemes bestihhh T-T bombay banget.


Ending :
Setelah masa berkabungnya Ny.Li berlalu, semua berada di tahap pemulihan, para pekerja Keluarga Song sudah bisa kembali ke rumah Keluarga Song. Dan Yang & mbak Phin bakal segera menikah. Asosiasi Lima Naga lagi dalam tahap pemulihan juga, mencari rekan kerja baru lagi... Tapi si Tian memilih untuk tinggal bareng ayank Jiu dan 2 adek iparnya, Mei & Fu di rumah lain, menjalani kehidupan sesuai keinginannya. -- Si Tian akhirnya bisa bernafas lega coy, walaupun harus menguras air mata, dia bisa tersenyum bahagia semua kekhawatirannya yang dia pendam selama ini akhirnya berlalu juga.


Dan tiba-tiba dapet surprise gitu loh! Tuan Song, Ny.Jan, Me-Bua, Yang & Mbak Phin datang bertamu! mau ngasih undangan adeknya Yang & mbak Phin bakal segera married :v, lalu apakah Tuan Song gak benci JiuTian? Malahhh Tuan Song secara tersirat ngasih restu sama Jiu :v uhuyyy menantu cowonya cakep gagah perkasa endoll lagi :v -- Si Tian juga ditawari untuk balik ke rumah dan mengurus keuangan bisnis keluarga Song... Tapi Tian be like : "Nggak ah yah! ntar kalau mereka tau gue suka sama cowo, gue bakal merusak nama keluarga kita." -- Tuan Song pun akhirnya jadi mengerti dan bomat sama omongan orang... "Bakat kita, dan orientasi kita adalah 2 hal berbeda." Jika kita punya talenta suatu bidang, hanya karena orientasi kita berbeda, bukan berarti talenta kita jadi menghilang. Cam kan itu! -- Sekalian Tuan Song minta tolong Tian untuk ngajarin Yang dalam mengurus bisnis :) So yeahhh... Tian pun "bersedia". Jadi scene ini ditutup saat hujan reda, mereka semua (Tuan Song & Ny.Jan, Yang & Phin, Jiu & Tian, Me-Bua & Mei dan Fu) pergi keluar menatap langit yang kembali cerah, dan indah karena pelangi setelah hujan. THE END....

Review Time :


Serius! ini lakornnn parahhhh banget bagusnya. Nae sampe bolak balik nangis nontonnya. Karena ini lakorn (sinetron), ada hal-hal yang membuat nae agak mikir dua kali sebelum menontonnya. Karena kebayang sinetron, pasti durasinya bakal lamaaa banget dan pasti ada scene-scene sinetronable gitu loh, ngerti gak kek misalnya : mau buka pintu aja mau menangkap siapa pelakunya itu lamaa banget, sampe keburu kabur tersangkanya. Or scene... nyaris ketahuan tapi disorot satu persatu pemerannya yang shock dengan slow mo trus muncul *bersambung..." -- Nah,, vibes seperti itu ada di lakorn To Sir, With Love (Khun Chai) ini, tapi jika dibandingkan dengan sinetron Ikan terbang Ind*siar. Lakorn ini jauhhhhhhhhh berlipat-lipat kali lebih bagus, dan persiapannya sangat matang, baik itu dari pemilihan casts (baik itu pemeran utama sampe pemeran pendukung semua berhasil membawakan perannya dengan baik). Kenapa nae tulis "Casts & Characters" di atas dan wajib kalian ingat? Karena supaya kalian gak mengalami apa yang nae alami saat pertama kali nonton yang kebingungan dengan pemeran-pemerannya dan sangkut pautnya apa dalam cerita.


Sedikit info tentang Khun Chai ini, masih ingat insiden yang rame mendiang Tangmo Nida yang ditemukan meninggal pada 24 Februari 2022 lalu? yang jatuh dari speedboat & ditemukan jasadnya di Sungai Chao Phraya. Mendiang itu memerankan Ny.Jan dalam lakorn ini, tapi karena kejadian duka itu, proses syuting Khun Chai terpaksa terhenti. Bagaimana pun projek ini harus tetap dilanjutkan karena rencananya akan ditayangkan pada Oktober 2022 lalu, jadi sutradaranya memutuskan mencari aktris pengganti mendiang Tangmo Nida, yaitu Pei Panward (yang jadi Ny.Jan di lakorn ini). Maka lakorn ini syuting dari awal lagi (tapi di ending lakorn; kita akan menemukan foto mendiang Tangmo Nida sebagai tanda penghormatan!). #RIPTangmoNida T-T


Oke! Apa yang membuat nae akhirnya jadi amaze dan sukak banget sama Khun Chai? 
Plot. Harta, Tahta, Rahasia. Walaupun ini genrenya BL. Fokus utamanya bukan ke BL itu saja, rebutan harta, rebutan kekuasaan, plot twist disetiap episodenya membuat kita gak bisa menebak apa yang akan terjadi, or tokoh mana yang akan mati di episode yang akan datang. Perseteruan Ny.Li & Ny.Jan serta susunan strategi untuk saling menjatuhi satu sama lain, itu seruuu nya bukan main gays... kek ikutan emosi saat Ny.Jan menyudut-nyudutkan Ny.Li, terus serasa puas saat Ny.Li melawan balik dan akhirnya Ny. Jan terpojok dan gak bisa berkutik. Membuat durasi 1 jam 10 menitan kek gak terasa woey... rasanya kek cepet bangett padahal udah satu jam lebih ditonton...


Konsep lakornnya juga unik, jika tontonan zaman now lebih banyak berlatar dikehidupan era modern sekarang, Khun Chai yang notabene berlatar waktu sekitaran abad ke 19-an membuat kita yang menontonnya serasa dibawa ke masa lampau. Mulai dari pakaian, gaya rambut, alat transportasi mobil-mobil jadoel, gak ada internet, gak ada telepon, sms, kalau mau berkomunikasi jarak jauh harus saling mengirim surat. -- Juga nuansa-nuansa pemahaman zaman dulu yang terkesan 'sensitif' seperti contohnya : kisah cinta cowo x cowo! nae akui, bahkan zaman sekarang pun hubungan cowo x cowo masih menimbulkan pro & kontra dikalangan publik, tapi bedanya kalau sekarang orang-orang udah banyak yang terbuka dan menerima, menganggap "love is love" 2 orang yang saling mencintai. Tapi karena ini berlatar zaman doeloe, yahhh! bayangkan betapa aibnya andai ketahuan suka sesama jenis dan dianggap lebih hina, sebaik apapun perbuatan kita gak akan ada gunanya jika orientasinya berbeda. Itulah yang dirasakan Tuan Zhang, kena diskriminasi, dianggap rendah hingga akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya. -- Contoh lainnya : 'cewe tidak bisa diharapkan seperti cowo' -- Kenal si Xiaotong? Nae rasa tuh janda penganut feminisme ga sih? (kalau kalian perhatikan selama menonton lakorn ini, si Xiaotong inilah Anggota Asosiasi Lima Naga yang prajurit-prajuritnya semua cewe). Walaupun status si Xiaotong juga pemimpin bagi prajurit-prajurit cewenya, nyatanya itu tidak mudah, karena cewe-cewe kala itu dianggap hanya sebagai penghibur, pemuas hasrat, dan dalam hal pekerjaan, baik itu si Xiaotong ataupun Mbak Phin akan kesulitan dalam memimpin. Intinya : 'derajat cewe di bawah cowo' -- Tapi nae suka, pemahaman jadul itu terpatahkan dengan karakter-karakter cewe tangguh seperti Ny.Li & Bi Jia, siap bertarung berjuang hingga tetes darah penghabisan! Ataupun mbak Phin yang bisa membuktikan "menikah dengan orang kaya yang tidak kita cintai" bukanlah satu-satunya pilihan terakhir untuk menyelamatkan masa depan. Mungkin secara keuangan bisa selamat, tapi soal perasaan? apakah kita bisa jamin akan bisa bahagia hingga tua kelak?

Scene Favorit :


MOMEN ROMANTIS JIUTIAN SAAT BELAJAR BARENG
Actually, momen romantis JiuTian sangat langka diseriesnya, lebih banyakk nyesekk-nyeseknya, -- Nah! tapi sekalinya ada beuhhh damagenya bukan maen gays,, scene saat Tian mengajari Jiu belajar menulis. Suara si Tian deep hangat perhatian, suara si Jiu lembut saat mengucapkan terima kasih kepada Tian yang sudah baik samanya selama ini. Plusss mereka dua sambil melemparkan senyuman satu sama lainnn duh! nae kalau teringat scene ini auto ikutan senyum lagi. :D Trus ditambah scene Jiu gak sengaja mencium pipinya Tian + tatap-tatapan + ost Khun Chai by NuNew itu fixx.. ini kemistrinya luar biasa banget sih. Kek definisi gak harus adegan ngeue untuk membuat kita baperr, scene ini aja udah bikin bibir nae keram karena senyum terus.. Menurut nae ini moment paling romantis JiuTian dalam lakorn ini. :)


TIAN KENA ANGGREK JANGKRIK DAN SAGNE LIHAT JIU
Jika kalian bertanya-tanya, apakah Khun Chai ini punya kiss scene? Ya! ada... di part ini, tapi cuma nemplok doang :v SE-PER-SE-KIAN-DE-TIK! -- Masih ingat kan saat Ny.Li & Bi Jia mencoba menjebak Tian & Mbak Phin ke kamar kosong setelah dikasih Anggrek Jangkrik ke minumannya, Nah! Tian yang ditolong Jiu akhirnya gak bisa menahan gejolak efek dari anggrek jangkrik itu, dia jadi sagne berat liat ayank Jiu berotot endol didepan mata. Jadi yeahhh ceritanya bakal ehem-ehem *walaupun-kaga-dinampakkan. Kenapa nae ngefavoritkan scene ini? pertama! pengen liat JiuTian kisseu ya walaupun cuma nemplok doang. Kedua! jujur nih yes jujur! nae suka melihat scene mereka shirtless :v wkwkwkw... maaf ya gaess... mata gak bisa bohonggg, indah banget cuy otot-ototnya! wkwkwk --Eh.. Btw... dibandingkan trailer pertama Khun Chai dengan versi lakorn tayangnya, scene Jiu bakal menggagahi Tian keknya banyak perubahan deh!


PESAN-PESAN TERAKHIR NY. LI & ENDING SCENE
Scene satu ini adalah scene puncak klimaks tangisan nae tau gak! dari semua scene-scene nyesek Khun Chai, nae paling nangis kejerrrrrr bombayyy asliii saat Ny.Li berhasil membunuh Tuan Ma dan sekarat karena terkena tembakan bertubi-tubi + keracunan anggrek kumbang. Jadi di menit-menit sekaratnya, Ny.Li meminta maaf kepada orang-orang yang dia sayangi, bahkan sama orang yang dia musuhi sekalipun. -- Nae sampe bolak balik ngepause + play + pause lagi... sesedih itu loh! Sumpah! ga bo'ong. Nae aja sampe heran sama diri nae sendiri, gak pernah-pernahnya nae nangis sampe sekejerrrrrrr ini... Dan di ending scene ini nae nangis lagi karena terharu lo say... Kek seneng bangettt, akhirnya Tian bisa bersama cowo yang dia sayangi, dan seluruh anggota keluarganya yang tersisa bisa menerima Tian apa adanya, tanpa menilai buruk dirinya hanya semata orientasinya berbeda. Itu deep banget! Kehangatan saat makan bersama, terus menatap langit yang sama kembali cerah setelah hujan. Dan membuat nae tepuk tangan meriahhh sambil ngelap air mata begitu tulisan "TAMAT".. nyesek, terharu juga indahhhh...


Pesan Moral : 
Sebenarnya, ada banyak pesan moral yang bisa diambil selama menonton lakorn ini. Yang paling dapat menurut nae yaitu : "Terkadang kita harus mengabaikan suara-suara sumbang yang mencoba mengusik kita. Jika kita selalu berpikir "apa kata orang nanti......" maka yakinlah hidup kita tidak tenang!" (terinspirasi dari Ny.Li yang mencoba menyembunyikan rahasia Tian). Karena begitu Ny.Li tau si Tian kek Tuan Zhang, hidup Ny.Li sudah tidak sama lagi gaes. Yang ada rasa cemas, takut apabila orang-orang tau anaknya suka sesama cowo. Sampe rela nekad membunuh. Memang niatnya pengen menyingkirkan satu orang, tapi lama-lama jadi pengen menyingkirkan orang-orang yang tau tentang rahasia si Tian. -- Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Apapun jati diri kita, ataupun kondisi diri kita, dan kita melakukan hal yang kita sukai tanpa merugikan orang lain, kemudian ada orang yang ngomongin, please gak usah didengerin. Toh! selagi kita gak merugikannya, kenapa kita harus mencoba menjadi orang lain demi tidak diomongin orang. -- BTW, karakter Ny.Li adalah salah satu karakter yang paling ngenaaaa banget bagi nae.. mungkin terkesan kek pembunuh berdarah dingin tapi dibalik itu semua dia berjuang sebagai ibu yang melindungi anaknya, hingga akhir hayatnya...


"Orientasi berbeda, bukan berarti membuatmu menjadi orang yang berbeda." (Terinspirasi dari Tuan Song yang akhirnya bisa memahami kesalahannya kepada Tuan Zhang, kalau orientasi berbeda, tidak mengubahmu menjadi orang jahat.) Nae masih ingat banget scene saat Tuan Zhang ketauan punya cowo, trus kena diskriminasi habis-habisan. Dianggap aib, tapi pada akhirnya setelah mengalami sendiri, anaknya suka sesama cowo. Tuan Song jadi mengerti! Orientasi anaknya berbeda tidak akan mengubah anaknya menjadi Tian yang jahat. Malahh kalau dipikir-pikir, Tuan Ma yang notabene straight aja, malah tega mau menghancurkan keluarga Tuan Song... -- So! penerapannya... jangan menilai seseorang dari orientasi seksualnya, tapi nilailah dari kepribadiannya. Soal dia mau suka cewe or cowo yaaa itu urusan pribadi masing-masing, tapi soal berkehidupan bermasyarakat, selagi dia orangnya baik dan tidak melakukan hal-hal merugikan, kenapa kita harus mendiskriminasinya, iya kan? -- Juga, pesan moral ini seperti menyiratkan kepada kita untuk berpikir "andai kita berada diposisi Tuan Zhang..." bagi sebagian orang kek Tuan Song tidak akan pernah mengerti jika berada diposisi Tuan Zhang, hingga akhirnya kena karma, anaknya seperti Tuan Zhang, dan akhirnya Tuan Song mengerti, apa yang Tuan Zhang rasakan saat di diskriminasi.


"Kesetaraan sesuai hak asasi manusia." (Terinspirasi dari Tuan Song yang disekap Tuan Ma, terus saat tidur dia bermimpi bertemu dengan Tuan Zhang dan membahas tentang kesetaraan.) -- Gak cuma di masa lalu, bahkan di era sekarang, hal ini masih pro dan kontra, tentang kesetaraan! dan anti-diskriminasi. Baik itu soal agama, ras, gender, orientasi seksual. Terutama dalam hal orientasi seksual ini sih... seperti halnya yang dikatakan Tuan Zhang dalam mimpi Tuan Song... "memperjuangkan kesetaraan... kita harus respect! semua derajat sama sebagai manusia, tidak lebih tinggi.. tidak lebih rendah... tapi sama..." But.. nae rasa ini sulittt sih apalagi di negeri +62 konoha ini :v -- Dan diskriminasi? banyak orang-orang yang mencoba mengajak ke jalan yang benar, berkedok 'sekedar mengingatkan' tapi menggunakan kata-kata yang kasar dan menjatuhkan mental. Dan pada satu titik, saat orang itu sudah tidak tahan dengan diskriminasi tersebut, memilih untuk mengakhiri hidupnya seperti Tuan Zhang. Maka secara tidak langsung, orang-orang yang sok berniat "sekedar mengiatkan" sudah jadi pembunuh karena menjatuhkan mental seseorang hingga seputus asa itu. 


Original Soundtrack :
Khun Chai punya 2 OST, Opening & Closing... "True Love" By NuNew (rilis 16 September 2022) &  "Just Love Enough" by Ice Sarunyu (rilis 4 Oktober 2022). 2 Lagu favorit nae di 2022! T-T suwerrr... sesuka itu loh, sampe nae masukin ke list lagu-lagu yang sering nae dengar di 2022. 
True Love -- Lagu yang bikin baperr banget, suara lembut dan alunan musik ala-ala musik klasik TiongHoa yang syahduu duhh... kalau nae dengar lagu ini sambil nutup mata, nae serasa berada di kuil-kuil China gitu, terus kain-kain tirainya berhembus perlahan kena tiupan angin-angin sepoi. #Plakk_Halu :v -- Tapi walaupun kek ada nuansa musik klasik TiongHoanya lagu ini masih terkesan modern :)
Just Love Enough -- Lagu palingggggg favorit nae di 2022. Funfact about Nae! waktu dengar lagu + nonton MVnya, nae sampe nangis. Okeh! memang lebay! tapi masuk akal juga kenapa jiwa keibuan nae tersentuh... pertama! lagu ini nyesekkkknya bukan main, alunan lirik dan musiknya terasa piluuu banget, ditambah ditunjukkan scene saat si Tian hidup jadi orang kismin + dia ketahuan geh dan mau nyalam bapaknya, bapaknya ga mau dan malah natap kecewa. Itu Dugghh! nancep banget sih ke hati. -- Arti lagunya juga meaningful banget. 
Jadi dari 2 lagu ini sebenarnya seperti saling memberi motivasi, True Love kek ngasih tau "jangan pernah menyerah untuk cinta sejati, seberat apapun rintangannya, yakinlah kepada cintamu..." trus Just Love Enough kek "jangan beri syarat apapun pada cinta." -- Eh BTW... Yang "True Love" versi Mandarinnya by NuNew & Film Thanapat udah rilis 21 November 2022 lalu.


Kesimpulan :
So, Khun Chai (To Sir, With Love) menurut nae lakorn yang bener-bener bagus banget. Perkembangan plotnya seperti akar serabut, awalnya hanya dari satu cabang, makin bertambahnya episode cabang-cabangnya semakin banyak, dan akan dibuat shock dengan plot twist di setiap Episodenya, kita gak bisa menduga apa yang terjadi di episode yang akan datang. -- Soal akting nae acungi jempol semua. Baik itu pemeran utama ataupun pemeran pendukung. Mereka membawakan peran masing-masing dengan baik. OSTnya juga mantul-mantul, langsung nyantol ditelinga nae. Dan banjir pesan moral! Sumpah! kisah rebutan Harta, Tahta dan Rahasia Tian yang geh seperti banyak memberi cerminan dan sudut pandang baru cara menilai orang lain. Orang geh tidak selamanya buruk, orang straight gak selamanya baik. Konsep lakornnya juga unik karena berlatar di tempo dulu jadi nuansa jadoel-jadoelnya gitu akan jarang kita temui di era sekarang karena mostly kan BL sekarang konsepnya selalu yang kekinian. Soal durasi yang berkisar 1 jam 10 menit lebih per episodenya yakinlah selama menontonnya itu gak akan terasa lama, malah terasa kek cepat banget saking serunya alur ceritanya.


Apa ada yang menurut nae kekurangan dari series ini?
Walaupun genrenya BL, kalian jangan berharap bakal banyak adegan fanservice. Nope! Nae merasa moment-moment JiuTian yang manis-manis itu sangat jarang & sebentar-sebentar banget. Bahkan waktu awal-awal nonton lakorn ini, nae sampe capek nungguin scene BL nya dimana. Spoiler! di EP.1 belum ada sama sekali scene BLnya. Jadi konsep BL nya seperti keju dalam sandwich. (Roti, Telur, Keju, Saos, ditutup Roti). Nah! BLnya itu kejunya. Jadi saat digigit "oh iya.. ada asin dari kejunya.." pas nontonnya "Oh iya... Khun Chai ada part BLnya.." -- Jadi yeahh memang tipis moment mesraan JiuTian. Tapi jika dibawa ke positif thinking, logicnya, ya gimana bisa bermesraan saat dunia masih tabu dan jijik dengan kisah cinta perBLan? 
Kedua! CGI. CGInya mengingatkan nae sama CGI Indosiar njir T-T terutama scene uler, itu nae kek merasa hadeuhhhh......... tapi yaaa atleast CGI yang dipake untuk lakorn ini hanya untuk sekedarnya saja. Misalnya ngasih efek-efek anggrek kumbang saat disiramkan kepada korban, efek-efek racun yang menyebar pake tubuh, efek-efek warna pada kumbang, belalang terbang... itu masih dalam hal yang bisa nae maklumi. Gak sampe kek sinetron ikan terbang :v yang Langit Bumi Bersaksi! :v ular raksasa lah, menjelma jadi naga raksasa, naik burung elang, naik kupu-kupu raksasa, No! untung saja scene begituan gak ada yes... kalau nggak, duh! walaupun BL nae pasti kurang tertarik nontonnya. -- Itu aja sihhh yang nae rasa kurang pas menurut pandangan nae. 

So, apakah Khun Chai (To Sir, With Love) nae rekomendasikan?
Yes! Sangat-Sangat nae rekomendasikan banget di barisan paling depan. Dijamin emosi bakal mix feeling banget. Degdegan, takut, senang, sedih, kesal, shock duh! gak tau lagi deh harus gimana lagi mendeskripsikannya. Saking bagusnya. Terus walaupun ini lakorn alias sinetron, ingat! ini sinetron yang digarap dengan sangat-sangat seriussssssss... jadi jika mendengar kata "Sinetron" dan kalian kebayangnya sinetron tipikal ikan terbang,, Please hilangkan pemikiran s'perti itu, karena Khun Chai jauhhhh berlipat-lipat kali lebih bagus, dan menarik dari berbagai aspek. Bukan sekedar ngejar rating or jam tayang doang! :)


Bagi yang sudah menonton Khun Chai, kalian bisa berbagi opini, kritik, saran or curhatan kalian selama menonton lakorn ini di kolom komen ya :) nae pengen tau reaksi kamu selama menonton Khun Chai. Dan bagi yang belum menonton Khun Chai, coba dehhh tonton... awalnya mungkin asing, apalagi kek nae yang udah lama gak nonton sinetron, tapi lama-lama nae jadi enjoy dan bisa merasakan lakorn ini kualitasnya sangattt bagus... -- One31 nae nyatakan Sukses dalam menggarap lakorn ini! rating penayangannya bagus-bagus bahkan sering jadi rating No.1 setiap minggu di apps OneD dan review dari penonton lokal or fans internasional semuanya amaze dengan plot yang disuguhkan lakorn ini. -- Dan jika kamu tertarik menontonnya, jangan langsung buru-buru pengen ke adegan BLnya, karena jika kamu nontonnya diskip-skip yakinlah kamu bakal kebingungan dengan plot ceritanya. Setiap detik dilakorn ini sangat berharga, dan seruuu!!! T-T dijamin banjir air mata jugaaaa... 

Duh! itu saja sih yang pengen nae sampaikan, ga terasa udah sepanjang ini nae nulisnya... wkwkwkwkw... Semoga di tahun ini One31 membuat lakorn BL lagi, dan pemerannya JamFilm please T-T mau liat mereka lagi... soalnya era Khun Chai serasa cepet banget... cuma 2 bulan.. (sekitaran 8 minggu doang karena dalam 1 minggu 2x tayang saat itu), andaipun bukan JamFilm yang ngeBL, semoga aktor-aktor lainnya juga ngeBL. Gosip bentar! One31 aktor-aktornya cakep-cakep banget woyyy sumpahhh! endol-endol lagi :v wkwkwkw... tapi selama ini selalu main di genre straight. Jadi yahhhh yuk bisa yuk One31 bikin lakorn BL lagi :v Jangan sampe ketampanan aktornya mubazir wkwkwk..., terima kasihhh banyak bagi yang sudah baca ulasan bin curhat nae ini (iya kalau ada yang baca! :v) Kalau gitu, nae pamit undur diri, Salam cinta tulus JiuTian, see you di next review! Byebye....

TRAILER TO SIR, WITH LOVE (KHUN CHAI)

NUNEW - TRUE LOVE MV

ICE SARUNYU - JUST LOVE ENOUGH MV

10 comments

  1. Kak,,, nanti kalo Laws Of Attraction selesai jgn lupa bikin review nya YAHHHHH
    thnk u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awww! thank you so much sudah mau mampir :3 wkwkwkw.... -- Soal Laws Of Attraction pasti aku buat review nya kok say, soalnya udah masuk list review yang wajib q tonton. Ditunggu ya!! wkwkwk... Soalnya q nunggu tamat dulu... masih on going kan besok ep.7 nya :v btw... denger2 katanya bagus, dan sampe trending di thailand sono. Jadi makin ga sabar mau start nonton T-T

      Delete
  2. Ini bl pertama yang aku nonton bareng emak ku (yakali kalo bromancenya c-drama gak dihitung). Yes my conservative innocent mother. Sanking serunya dia gak mikir itu pemeran utamanya gay πŸ˜…
    Dan kopel jamfilm ini jadi obsesi baruku yang mana biasanya aku jarang ngeship real people.
    Ada gaksih bl lain yang gak fokus ke couple-nya tapi lebih ke story-telling yang macam gini? Saranin dong.

    Harusnya lgbt representasi film/drama tuh kek gini biar semua kalangan bisa nonton gak cuma cater ke pecinta bl doang. Biar orang orang-orang awam lebih aware dan kalo tengok orang dari komunitas tersebut gak padaan aneh.
    Jujur ya bl thai sekarang banyak adegan seks yang cringe dan gak penting mana dengan acting yang mediocre dan story yang tidak menarik. Aku udah jarang ngikutin thai bl. Bl terakhir aku nonton sebelum khun chai itu "step by step" suka sih slow burn gitu, mana top-nya om-om lagi. Tappii botty nya cengeng banged bikin ga sreg tengoknya, akhirnya aku setop di episode 9. πŸ˜‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kan T-T Khun Chai seru banget T-T aku aja gak expect lakornnya bakal sebagus itu plotnya. Bahkan kalau kuingat2 lagi pas nonton KhunChai sampai nangissss njirrrr... T-T memang ada juga sih case temen aku fujo, dia nobar KhunChai sama teman2 sekolahnya, dan katanya temen2 nya itu enjoy banget nonton KhunChai sakingggg serunyaaaa, bahkan KhunChai tuh momen BL nya jarang banget, karena saking fokusnya dengan plot harta, tahta dan rahasia... --- Kalau rekomendasiin yang mirip2 Khunchai ini aq belum nemu lagi sis, tapi kalau mau yang dari segi plot aku rekomenin Not Me Series, Be My Favorite, 1000Stars, Moonlight Chicken, ehhh! BTW kamu kan ngeship JamFilm nih! coba deh tonton BL baru mereka, Laws Of Attraction T-T itu juga seruuuuu.... konsepnya spy, law gitu! nggak tahu deh emak kamu bakal suka atau nggak.,.even gak ada adegan hotnya walaupun ada ceritanya ntar mereka maw ngevve. Kalau bagiku sih seru T-T fokus plotnya ke mengungkap siapa pelaku pembunuh keponakannya si Tin (Jam).

      Aku juga setuju sama kamu sis, kalau BL sekarang, terutama Thailand yes! kebanyakan jual "adegan hot" tanpa mementingkan plotnya menarik apa kaga. -- Jujurly! waktu awal-awal aku kenal BL, aku gak munafik kok, sukaa banget BL yang byk adegan anu2nya... tapi semakin lama aku di dunia BL, aku merasa kayak adegan hot gak menjamin seriesnya bagus! -- makanya BL-BL yang q review pun di tahun2 skrg itu rata2 gak fokus ke adegan hawtnya, tapi lebih fokus ke alur cerita. Lagian logika nya ya say, kalau kita mau lihat adegan anu2 kenapa nanggung? kenapa kudu dari BL series, mending nonton b0kefnya aja langsung.. aku sih lebih prefer BL yang alurnya bagus, andaipun alurnya b aja atleast aktingnya kaga kaku jadi pas nonton bisa enjoy! sama kunci yang q rasa perfect dalam BL series, harus ada kiss scene (ciuman cuma nempel doang, aku nggak terima XD wkwkwk), ga masalah gak ada adegan hawttnya, andaipun terlanjur ada ya gapapa, setidaknya nggak keseringan. (kan ada tuh BL yang tiap episode wajib ngewong, jadi nontonnya terasa boringgg, dikit2 ngeue! dikit2 ngeue! ya kali dikira penonton BL setiap detik sanqean semua). -- Salah satu contoh di KhunChai ini yang membuktikan gak perlu adegan hawt untuk membuat penonton baper. Ada scene JiuTian lagi belajar menulis terus tatap2an... damage kemistri romantisnya itu beuhhhhh...aq sampe senyam senyum nggak karuan, hati q serasa happppyyyyyyyy bangettttt!!! sampe q ulang2 scenenya saking manisnya. --- Makanya untuk BL Thailand, setiap ada BL baru, aq nggak begitu excited lagi, paling main amannya BL GMM lah, itupun gak semua yang q tonton... Btw juga, Step By Step aq malah stuck di EP.5... dan ga lanjut2 lagi, meibi salah satu alasannya castnya bukan tipeku, mau si seme ataupun ukenya... plotnya menarik diawal, tapi kok lama-lama makin agak gimaannaaa gittuuuu...
      Wahhhh! nggak nyangka sampe sepanjang ini balasannya :v wkwkwk... maklum ya say, jiwa ghibahhhh ya gini... gumawo sudahh mau mampir di blog akyuhh :* xoxo

      Delete
    2. Bl yang kamu sebutkan cuma not me yang udah selesai aku nonton, menurut aku biasa aja sih ceritanya πŸ˜… tapi mending lah dari pada anak kampus mulu. Be my favorite aku belum coba, bakal masuk ke watch list nih. 1000 stars ini yang main si earthmix ya? Udah nonton bagus aku suka. Kalo moonlight chicken aku keburu put off sama adegan ngeweu di episode awal, mungkin aku bakal coba nonton lagi πŸ€”.

      Aku juga udah nonton loa. Woilah the unhealthy amount aku rewatch ini series gak terhitung lagi. Ingin ku berkata kotor, anjiiing gumush banget nih si jemfilm disana😭😭. Adegan fav ku itu waktu si tin nyanyi sambil ngelamar si chan, terus waktu si kang mantan nonggol. Aku suka banged uke macam si chan ini gak mleot(?) Dan aku suka banget ketika dia sok sadis sama si tin sewaktu nyuruh ngupas apel bentuk kelinci dan waktu ngancam si tin untuk gak selingkuhin dia sehabis lamaran tu. Oke semua adengannya favorite aku.
      Dinamik mereka tuh yang aku suka, simptop x powerbottom dan shorttop x tall bottom gitu. Yang mana dinamik yang jarang kutemui di bl, sepertinya cuma utsukushii kare deh yang dinamiknya kek begitu, mungkin ada juga bl lainnya lagi tapi aku belum nonton, pitbabe sepertinya gitu juga deh dari yang kulihat-lihat di video nongol diberanda, belum dinonton sih. Karena kan biasanya bl kebanyakan dominant top x shy blushy virgin bottom dan juga si top nya harus tinggi dua meter, keker, manly keyak apalah. ini jenis macam tu biasanya sering ditemukan di bl korea, entah apa obsesi korean dengan power play.
      Anyway, aku gak berani kasih tengok loa ke mak ku, screen time-nya terlalu fokus ke mereka.


      Jujur woy khun chai ini tuh bagus banget, pengen nonton lagi bareng temen tapi merekanya padaan jauh. Nonton sendiri gak seru gak bisa fangirling, walaupun sendirian aku juga nontonnya udah berulang kali πŸ˜…
      . Udah nonton the miracle of teddy bear gak? Itu juga sejenis dengan khun chai. Aku juga suka itu lakorn. Coba juga nonton Gray rainbow short series sih, tapi ceritanya ngena bangeud. Keknya aku punya perasaan deh sama bl yang characternya struggle dengan orientasi seksual mereka πŸ˜‚. Karena kan kebanyakan bl sekarang pada buka bukaan dengan orientasi mereka, bahkan di satu series padaan gay semua. mau heran tapi bl, tidak diversity sekali πŸ˜‚.


      Jujursih kalo aku dari pada bl thailand aku masih lebih milih bromance nya china yang cuma nglirik lirik, lempar senyum dan sentuhan yang sedikit tapi bermakna. Menurut aku chemistry antara karakter mereka itu lebih dapat feelingnya ketimbang kissu kissu-anya di thai bl.
      Emang kalo ngegosip tentang bl ini seru banget, belum lagi kalo ngebicarain ke-handsome-an para actornya 😀.

      Delete
    3. yang LOA... si Chan (Film) defenisi uke premium T-T apalagi kalau dia nge-flirting sama si Tin(Jam). Gak nampak murahannn samsek... malah nampak sexyyyy hmm! tapi ngegemeshin, no menye-menye klub yes kalo Chan.. LOA juga diluar expektasiku, kirain ada projek BL mereka bareng hanya sekedar menuruti permintaan fans, eh! plotnya ternyata menarik banget! dan bikin baper! mana aku kecantol sama second couplenya tapi part mereka memang dikit sihhhh yang itu tuh p'Thee & Tanthai...

      Miracle of teddy bear!! Sudahhhh T-T aq masih ingat episode terakhirnya pas lebaran tahun 2022 lalu dan aq sampe nangis jugaaaaaa.... seruuuuuu! Tofu polossss bangettt, p'Nut emosian mulu, sampe takut gw tu cowo kena darah tinggi... dan endingnyaaa aq rada terima-gak-terima gitu loh! pengennya p'Nut sama Tofu, tapi p'Tathan deserve bahagia juga sama cowo yang dia suka.. *lirik-p-Nut. Sampe aku berharap mending endingnya pacaran bertiga aja dehhh :v wkwkwk 3some! soalnya tofu balik jadi teddy bear.

      Gray rainbowww konflik nya berat banget ga sih? XD beside... ini tergantung selera juga sihhh,, kalau aq BL yang benaran bercermin sama kehidupan eljibitih itu sendiri, aq kurang tertarik! takut nyesekkk!! wkwkwkw.. padahal bl2 yg notabene romance2 yang ceritanya BL diterima dengan mudah juga kadang nyesek kalau nemu judul pas yang dihati. --- Untuk akhir2 ini yang hanget ku dengar BL Thai tuh, Pit Babe,,, yang katanya konsep BL omegaverse... antara seme x ada tingkatan lagi diatas seme. Jadi gak ada uke2an, tapi aq belum cek sih soalnya sibuk kerja T-T... sama The Sign! aq juga belum cek...

      Bromance china aq belum nemu lagi! lagian jujurly! aku kalau bromance udah nggak terasa lagi say... Stay With Me udah nonton? Wubi dan Suyu? remake Addicted heroin web series!! itu jlebbbb banget aku nonton T-T --- Aku juga kalau misal ketemu sama fans BL di real life diajak gibahin aktor2nya aku gak akan bosennnn kok :V wkwkwkwk mulai dari yg imut2 unyu2 sampe yang endol2 sispekkk siapp dibahas tuntas... wkwkwkw! jiwa gatall masih melekat :v wkwkwkwk..

      Delete
    4. Yakan! Banyak yang ngamok sama endingnya si nut balekan dengan si mantannya, mana si tofu balek lagi jadi boneka! Tapi aku suka juga si thatarn, jadi gak banyak komen deh.
      Yang sampe saat ini jadi pertanyaan aku itu kenapa si tofu mukanya kek crush-nya si nut sedang dia kan terbangun dari consciousness si thatarn waktu dia koma?

      Yes, pitbabe sama the sign itu udah masuk watch list. Tapi dari yang kutengok2 para komenter, yang terlihat macho si uke nya, ntah lah aku pun belum baca sinopsisnya itu tntang apa. Mereka kan masih ongoing, biasa aku suka nonton kalo udah keluar semua episode. Biar ketinggalan hype, aku paling males kena tanggung nungguin episodenya keluar.

      Gray rainbow itu kan episodenya tuh sikit lebih ke struggle si karakternya sih. momen manisnya juga sedikit mana ending bikin nangis bombay lagi. Aku pikir kamu gak bakal suka itu.
      Aku ini tipe yang nonton apa aja asal ceritanya dan aktingnya ok, ending mau ngimana pun terserah mau sad end, open end. Ayok aja aku mah. Aku paling suka liat kalo ada karakter yang hidupnya lebih ngenes dari aku πŸ˜….

      Aku juga udah nonton stay with me, meski pun aku masih lebih suka yang versi lebih dulunya.
      Kalo bromance/blnya china dan taiwan aku yakin udah padaan aku nonton, karena merka gak punya banyak pilihan.
      Ininih thailand yang banyak pilihan tapi mentok di acting dan ceritanya yang soso aja. Sepertinya sudah hal yang wajar di thai sana aktor newbie main bl cuma sebagai kunci untuk masuk dunia entertaiment, bagus kalo actingnya ok lah ini cuma modal muka tamvan saja. Aku sih no.

      Delete
    5. pit babe aku sama nunggu tamat aja dulu T-T tim maraton sih akunya, males jadi tim on going, nunggu seminggu sekali tuh berat banget,,,,
      -- Soal aktor2 thai sih yang emang BL (Batu Loncatan) utk mereka T-T tes-tes ombak dulu!

      Delete
  3. Izin ninggalin jejak.
    Aku belum nonton lakorn To Sir, With Love ini, tapi pengen tau aja gimana alur cerita sinetron yang salah satu Ost nya dinyanyikan sama NuNew (favoritku).
    Habis baca ini, ternyata seru banget, walaupun ga nonton lakornnya langsung, tapi baca perinciannya di sini udah kaya lagi nonton lakornnya, aku bacanya enjoy banget, sampai ga kerasa udah habis aja.
    Makasih kak reviewnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Hai.. helloww.. ^^ terima kasih banyak ya sudah mau mampir dan membaca ulasan yg udah kek novel saking panjangnya T-T
      Lakorn ini emang seseru itu, dan soundtracknya secandu parahhhh, mau itu yg dinyanyiin NuNew / Ice Sarunyu beuhhh... love banget pokoknya... meibi kalau kamu kamu luang, coba deh icip lakornnya dan rasakan sensasi mix-feelingnya. hehe^^ aku nontonnya sampai nangis njir T-T padahal awal2 icip nih lakorn, gak ada feeling bakal bisa nangis nontonnya, eh endingnya nangis bombay aku sampai sesenggukan.. terlalu menghayati kali ya aq nontonnya. haha... once again, terima kasih jg sudah mampir di blog aku ^^

      Delete


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – LAST TWILIGHT SERIES (2023)