[REVIEW] – VICE VERSA SERIES (2022)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

VICE VERSA SERIES (Cinta Beralih Dunia) adalah BL Series produksi GMMTV yang tayang mulai tanggal 16 Juli 2022 s/d 1 Oktober 2022 dengan total 12 Episode dan bisa ditonton langsung dari channel YouTube officialnya GMMTV yes... -- Sebelumnya, nae senang juga karena ini BL Series GMM yang ke-4 nae review, which is BL yang diadaptasi dari novelnya mbak JittiRain. Sumpah yes mbak! lu beruntung banget, tiap tahun selalu adaaaaaa saja novelnya yang dijadiin series. Mulai dari Theory Of Love (OffGun), 2Gether (BrightWin), Fish Upon The Sky (PondPhuwin) and now.... Vice Versa era.. (JimmySea). Oh yaaa.. ada sih satu lagi yang belum tayang, Be My Favorite.. yang katanya tayang tahun ini. Berhubung sekarang udah bulan penghujung akhir tahun, dan slot tayang GMM bulan ini kebetulan juga udah diisi penayangan My School President & Never Let Me Go, nae yakin Be My Favorite tayangnya tahun depan. -- Nah! untuk sekarang, nae akan membahas kisah yang berbeda dengan 3 kisah romansa BL karya mbak Jitti sebelumnya, bukan kisah cinta anak fakultas perfilman, bukan kisah cinta saraleo-saraleoan, bukan kisah cinta ikan-ikan cupang di langit. Which is ketiganya berlangsung di bumi tercinta ini.  Tapi kali ini membawa kita tentang kisah cinta swap-body yang tumbuh di dunia lain.


Casts :
SEA Tawinan Anukoolprasert as Talay (Vice Versa Tess)
JIMMY Jitaraphol Potiwihok as Puen (Vice Versa Tun)
NEO Trai Nimtawat as Up
AOU Thanaboon Kiatniran as Aou (beh! sama namanya..!)
PEPPER Phanuroj Chalermkijporntavee as Kita 
BOOM Tharatorn Jantharaworakarn as Fuse
JEAB Lalana Kongtoranin as Phuwadol 
AE Maneerat Kam-Uan as Jupjaeng
NAMTAN Tipnaree Weeratnodom as Pang
OHM Pawat Chittsawangdee as Tess (Vice Versa Talay)
NANON Korapat Kirdpan as Tun / Pakorn (Vice Versa Puen)
*Vice Versa maksudnya? Vice Versa kalau diterjemahin ke bahasa Indo "Sebaliknya" jadi maksudnya.... Talay (Vice Versa Tess) artinya jiwa Talay berada ditubuh Tess. Dan sebaliknya. Jiwa Tess berada ditubuh Talay. Sampe sini ngerti anak-anak? Any Question? oke! lanjuttt genggsss...

Storyline :


Series ini berkisah, cowo bernama Talay yang seorang Colorist. -- TUNGGU! yang belum tau apa arti Colorist kalian pasti be like : "Colorist apaan sih?" iya kan? soalnya saat pertama kali nae nonton series ini nae kek orang dongo, kek "emang ada ya di dunia ini pekerjaan Colorist? kok gue baru denger?" wkwkwk.. -- Nah Colorist itu adalah orang yang bertugas memberi/mengatur warna pada sebuah film untuk mempertegas suasana suatu adegan, seperti menakutkan, mencekam, bahagia, sedih sendu. Semua itu gak luput dengan pengaturan warna. (hasil nanya dari mbah google :v wkwkwwk!) -- si Talay ini bisa dibilang, anak yang baek budi, pekerja keras, hidupnya punya tujuan coyyy... gak kek nae ini kaum rebahan, nae gak tau masa depan nae ntah kek mana! (Lahh! kok jadi adu nasib gue! :v) dia udah tau step demi step apa yang harus dia ambil untuk mewujudkan impiannya hingga diterima di sebuah perusahaan (BFB). -- Tapi sayangnya, takdir berkehendak lain... Dia dan bestienya pergi hang out ke pantai. Eh saat berenang, kaki si Talay keram dan dia tenggelam. Dan begitu dia sadar.. dia sudah berada di dunia lain. :o Omaygaddd...


Dunia lain? bukan yang tayang di Tr@ns7 itu yes, yang uji-uji nyali. Lambaikan tangan ke kamera kalau tidak sanggup! No! Bukan itu gengs... -- Mari mainkan imajinasi yuk! Kalian percaya gak sih, selain bumi ini, tempat dimana kita jadi beban ortu kita ini.. (adu nasib part II :v) ada dunia lain persisssss seperti bumi. Dunia paralel. Tampak seperti dunia yang kita tinggali, tapi sebenarnya bukan dunia asal kita. -- Nah! jiwa si Talay terbangun di tubuh seorang cowo di dunia paralel itu bernama Tess. Lalu jiwa Tess kemana? Ya sebaliknya... si Tess juga kebetulan mengalami insiden, dia dihajar sampe babak belur dan gak sadarkan diri. Dan begitu sadar, dia sudah berada ditubuh Talay di bumi. -- Reaksi si Talay saat tau dia berada di universe lain + di tubuh orang lain. Satu hal pasti! SHOCKKKKKK COKK... Shock bercampur bingung! orang-orang yang gak kita kenal sama sekali tiba-tiba datang SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) ehhh pas ngaca... si Talay be like : "Njirr.. gue jadi Ohm Pawat...!" wkwkwk! ga deng, dia gak ngomong gitu. -- Dia shockkk bangettt sampe-sampe ricuhh seisi rumah sakit mencoba menenangkannya.


Di rumah sakit itu, Talay bertemu dengan perawat yang bernasib sama dengannya. Namanya Phuwadol (Panggil p'Dol ajha..) di bumi, dia seorang cowo yang pekerjaannya memang perawat. Nah, di dunia paralel ini, jiwanya masuk ke perawat cewe. (Btw... outfitnya boyish banget sih! cewe tampan nih boss..!). Bukan sekedar perawat doang sih, p'Dol ini bisa dibilang Mbah Maridjan (Juru Kunci) di dunia paralel itu, dia mengumpulkan orang-orang yang melakukan perjalanan antar semesta dalam satu organisasi. Di organisasi itu orang-orang yang dari bumi bisa curhat tentang siapa diri mereka, dan berbagi pengalaman serta mendiskusikan cara supaya bisa kembali ke tubuh asli di bumi. p'Dol gak melakukannya sendiri kok, ada cewe 1 lagi, bernama p'Jupjaeng, orang yang selalu bersemangat 45, ceria, mudah senyummm..


Talay be like : "Kak, gimana cara supaya gue bisa balik ke dunia asal gue?"  -- Caranya adalah kita harus menemukan "Portkey!" ... Portkey adalah sebutan untuk orang yang akan membawa kita kembali ke dunia asal. Syarat portkey tuh,, harus orang yang juga mengalami perjalanan alam semesta, dan harus punya kecocokan yang sama dengan kita.  Jika kita menemukan orang yang tepat dan "Klik!" maka suatu hari kita akan bermimpi dan terbangun kembali di tubuh yang asli di bumi tercinta. #FaktaMenarik  Orang yang melakukan perjalanan antar semesta, kalau tidur gak akan pernah bisa bermimpi di dunia paralel, tapi sebaliknya, orang yang di dunia paralel itu kalau tidur, bisa bermimpi seperti umumnya. -- Walaupun rasanya bakal sulit nemuin Portkey di dunia paralel yang luas, saat kita deket dengan si portkey, perasaan kita akan merasakan kehadirannya. 


Jika Talay adalah orang sederhana yang bekerja sebagai Colorist, maka dia akan menjalani hidup sebagai Tess si anak CEO Perusahaan Film terkenal di universe itu (26Picture). Holang kaya cuy! Tapi si Tess sering dimarahi bapaknya karna pembuat masalah... Tess juga punya temen deket, Namanya Kita & Fuse. Kita nih tipikal cowo yang suka memberi nasehat-nasehat, kalau Fuse orangnya fun, dan jurus andalannya main duit :v #nyogok. -- Kita, Fuse dan Tess(Talay) pergi ke bar tempat dimana Tess yang asli dihajar, dan mereka mencek CCTVnya, eh Tess(Talay) salfok sama cowo yang datang mencoba menolong Tess. Muka cowo ini kek ga asing gitu, ternyata mirip dengan cowo yang Talay liat di album foto Tess. Nama cowo itu Pakorn / Tun. 


Pakorn/Tun cowo berasal dari keluarga sederhana, pekerjaannya sebagai penulis skenario film. Tapi jangan kira di dalam tubuh si Tun diisi Tun yang asli. No beb! No! si Tun juga mengalami perjalanan antar semesta, dan di dalam tubuh si Tun, diisi jiwa cowo yang bernama Puen. Puen di dunia asal, adalah aktor yang terkenallllll banget... Jadi, si Puen pun harus menjalani hidup sebagai Tun yang berusaha menjual naskahnya ke perusahaan-perusahaan film termasuk ke 26Picture. -- Tess(Talay) dan Tun(Puen) awal-awal bertemu yaaa sering berdebat, si Tun(Puen) selalu kek kebelet pengen kaburrrrrrr...... Hingga suatu hari si Tess(Talay) mendengarkan Tun(Puen) menyanyikan sebuah lagu. Which is lagu yang populer di bumi, tapi lagu asing di dunia paralel. Disitu si Tess(Talay) makin yakin, kalau si Tun(Puen) ini orang yang mengalami perjalanan antar semesta juga sepertinya. -- Gak perlu berlama-lama lagi dong, si Tess(Talay) nanya langsung, dan si Tun(Puen) pun ngaku! tapi dia gak mau ngasih tau siapa namanya, dia hanya ngasih clue "gue aktor terkenal di bumi!" :v Sifat asli si Puen nampak, dia orangnya rada usil... suka mengjahili si Tess(Talay). si Tess(Talay) pun orangnya mau-mau aja meladeni keusilan si Tun(Puen). 


Sebelumnyaa di dunia asal...
Puen dan Talay udah pernah bertemu. Saat Talay dan bestienya yang ngefeenssss berat sama Puen, hendak menyambut Puen di bandara. Dia ke toilet dan kebetulan bertemu Puen disana... Talay juga memberikan hadiah suruhan bestienya :v -- Eh! Btw, di scene ini actually udah nampak bibit-bibit asmara antara Puen & Talay, tapi sayang pertemuannya yang singkat. -- 1 lagi ada sih, pas si Talay disuruh jadi pemeran pendukung, jadi mayat! untuk syuting drama yang akan dibintangi si Puen. Dah cuma itu aja. 
Tess(Talay) & Tun(Puen) berusaha untuk mencari cara menemukan Portkey masing-masing sesuai saran p'Dol... tapi sayang gak berhasil. Sebenarnya... mereka dua gak masalah kalau mereka portkey satu sama lain. Kek be like : "Gapapa! bagus dong kalau lo portkey gue, gue gak perlu capek-capek nyari!" tapi sayangnya, walaupun nampak ada bibit-bibit gejolak cinta, mereka gak punya kesamaan, yang satu usil, yang satu mau-mau aja diusili, debatttt muluuu... yang satu suka pink, yang satunya benci pink. Jadi rasanya gak mungkin mereka portkey satu sama lain. Daripada stress mikirin Portkey yang ga kunjung nemu-nemu. Tess(Talay) & Tun(Puen) memutuskan untuk menjalani kehidupan mereka sebagai Tess & Tun sebaik mungkin.


Kalau Tess(Talay) nae yakin dia melakukannya memang sebaik mungkin. Tess yang selama ini dikenal nakal, pembuat masalah, berdebat sama bapak dan abangnya. Sekarang menjadi anak yang tenang, penurut, dan mau membantu keperluan di perusahaan film bapaknya. -- Sementara, Tun(Puen) dia awal-awalnya aja sih yang agak nakal(?) Mungkin karena selama di bumi dia adalah seorang aktor terkenal, which is setiap gerak gerik detil hidupnya selalu diawasi media. Dan membuatnya nggak bebas menjadi dirinya sendiri. Nah! berhubung jiwanya didalam tubuh orang lain. Dia gunain tuh untuk berleha-leha... memanjakan diri, datang selalu terlambat dan teledor dalam mengerjakan file naskah skenario sampe-sampe dua bestienya kecewa dan marah kepada Tun(Puen).
Temen Tun bernama Up dan Aou. Up ini orangnya humoris, dia suka nulis genre komedi, sementara Aou, orang yang sering berdebatt dengan Up tapi lucuuu, dia suka nulis genre sindiran sosial -- Tapi akhirnya si Tun(Puen) serasa mendapat cahaya ilahi setelah dinasehati si Tess(Talay) be like : "Kita berada ditubuhnya, seharusnya kita menjalani hidupnya dengan baik. Apa lo gak bakal sedih, jika misalnya Tun menghancurkan hidup lo?"


Hal pertama yang akan mereka lakukan untuk menjalani kehidupan di dunia paralel adalah, Membuat Film. Which is... itu adalah mimpi terbesar Tun bersama dua bestinya Up & Aou. So yeahhh... Tun(Puen) yang seumur-umur kaga pernah jadi penulis naskah skenario, harus berusaha menekuni bidang itu, dan of course dibantu Tess(Talay). -- Mulai dari menemukan set tempat yang cocok, hingga adegan demi adegan yang akan Tun(Puen) tulis, itu terinspirasi dari adegan-adegan dia yang ngebaperin Tess(Talay)... Sampe-sampe si Tess(Talay) baper benaran njirrrr.... setiap kali si Tess(Talay) tahu ternyata Tun(Puen) cuma bikin baper untuk inspirasi nulis, dia sering masang ekspresi kecewa... T-T -- Oh ya, Tess(Talay), Tun(Puen), Up & Aou menamai geng mereka sebagai Friend Credits. Jadi ada satu kek markas khusus  mendiskusikan tentang perkembangan naskah novel mereka. Singkat cerita, naskahnya selesai, dan akan segera difilmkan.. :v (Itu karena ayahnya Tess(Talay) CEO perusahaan 26Picture makanya langsung di ACC) tanpa seleksi ketatttttttt. The power of orang dalam yes. Tapi sayang, saat filmnya tayang, ternyata kurang diminati. Disitu, Up & Aou merasa pesimis, dan memilih untuk berhenti jadi penulis film. Yup! Friend Credits bubar. 


Satu-satunya yang optimis of course si Tess(Talay). Setelah Friend Credits bubar, dia merasa kek ada yang hilang dalam hidupnya. Rasanya kek gak bersemangat... Nae yakin dia gak bersemangat sebagian besar karena dia udah gak ketemu lagi sama Tun(Puen), baru deh sisanya karena kangen kehebohan Up & Aou. Setelah yakin dengan keputusannya, dia berencana untuk membangkitkan kembali Friend Credits. -- And Yeshh! kebangkitan Friend Credits pun kembali lagi, mereka berempat kembali berkumpul, dan markasnya pindah ke mobil Caravan milik keluarganya Tun. Oh ya... ada satu tambahan lagi! Beri tepuk tangan yang meriah dengan p'Pang!.. prokk.. prokk.. prokk... p'Pang siapa sih? Dia cewe yang mengalami perjalanan antar semesta juga. Dia jarang hadir dipertemuan organisasi. Di dunia asal, p'Pang seorang aktris terkenal dan pernah main drama bareng Puen.


Actually, saat pertemuan pertama p'Pang & Tun(Puen) yang udah saling kenal akrab. Membuat Tess(Talay) cemburu. *loh-kalau-cemburu,-kok-diajak-gabung? -- Tess(Talay) punya alasan sendiri. Karena p'Pang lebih berpengalaman dan bisa membantu Tun(Puen) menulis naskahnya lebih baik karena langsung dibantu pemeran cewe. Sekaligus, bisa saja kan p'Pang adalah portkeynya Puen. -- Atau nae bisa menyebut ini sebagai pencomblangan secara tersirat! si Tess(Talay) ngajak p'Pang gabung untuk dicomblangin sebagai portkeynya Puen. Tapi dia sendiri juga yang cemburu saat Puen & p'Pang menghabiskan waktu bersama. Hadeuhhh....
Nae suka karakter p'Pang bukan karakter cewe yang bakal merusak hubungan kedua tokoh BL tersebut. p'Pang menjelaskan kalau dia dan Tun(Puen) nggak cocok sebagai Portkey. Akrab sih akrab. Tapi akrab sebagai teman. Gak lebih dari itu. Walaupun awalnya p'Pang merasa Tun(Puen) bisa jadi portkeynya, ehh sehari saja saat bersama Tun(Puen), bahasannya cuma Talay! Talay! Talay! disitu p'Pang sadar Tun(Puen) bukan portkeynya, tapi cocok menjadi portkey Talay. 


Kecemburuan Talay telah berlalu. Saatnya memasuki kecemburuan Puen. -- BTW, Friend Credits berhasil merampungkan naskah baru, tapi karena kegagalan film mereka sebelumnya, 26Picture nggak bisa membantu mereka lagi membuat film. Karena itulah mereka memakai uang pribadi masing-masing untuk menyiapkan film. Dan dibantu oleh Fuse & Kita (asalkan mereka jadi aktor utamanya :v) -- Ada 1 sutradara kenalan Up, namanya Mek. Mek ini temen satu sekolahnya Tess & Tun. Mek gasuka melihat Tess karena waktu pas SMA, mereka berencana bikin film pendek untuk kontes, si Tess jadi pemeran utamanya. Tapi dia memilih kencan ama cewe daripada mementingkan rencana kontes film dan itu membuat Mek & Tun kecewa. -- Karena Tess(Talay) yang sekarang gak tahu cerita sebenarnya! ya hanya planga plongo kebingungan :v Untung Tun(Puen) berhasil membujuk Mek agar mau menyutradarai film baru mereka. Itupun awalnya Mek setuju untuk berencana menggagalkan film tersebut.


Sampe sini, kita pasti mikirnya si Mek ini orang jahat kan? soalnya nae pas nontonnya mengira begitu. Ternyata dia cuma menyulitkan Tess(Talay) doang, suruh ini, suruh itu segala macem, gak sampe membahayakan pembuatan filmnya kok. Aslinya dia baik... Apalagi saat Tun(Puen) tahu kalau dulunya si Mek naksir si Tess. Kebetulan juga si Mek ini mirip dengan cowo yang disukai Talay, dulunyaaaa...... -- Meskipun sama-sama dulunya, Tun(Puen) rela jadi orang ketiga saat Mek & Tess(Talay) pergi mencari lokasi syuting berkedok kencan(?) meibi? -- Awalnya si Tun(Puen) masih bisa menahan cemburunya tapi lama-lama dia kenampakan banget cemburunya. Dan disinilah... si Tess(Talay) mengungkapkan kalau dia gak suka Mek, tapi dia suka sama si Tun(Puen) walaupun dia nggak tahu muka si Tun(Puen) gimana... (Ingat! Puen nggak ngasih tau namanya sejak awal. Puen pun cuma tahu nama Talay, tapi nggak kenal muka Talay yang mana ini? Ada banyak orang bernama Talay di bumi ini)... Jadi meskipun kita liatnya JimmySea/PuenTalay, diceritanya mereka belum tahu bagaimana wajah asli lawan mainnya. 
Tun(Puen) & Tess(Talay) pun jadian... :v bau-bau dimabok asmara semakin terasa. Soal Mek, meskipun dia menciduk Tun(Puen) & Tess(Talay) lagi ciffokan. Dia gak marah kok, dia pura-pura naksir Tess supaya Tun bisa cemburu dan segera menyatakan perasaannya kepada Tess, karena Tun udah lama naksir Tess. Tess pun sebenarnya naksir Tun, but keduanya belum ada yang berani menyatakan perasaan. 


Kita terlalu fokus dengan kehidupan serta mimpi Tun & Tess yang mereka jalani, yaa walaupun sisi baiknya perkembangan cinta Puen & Talay membuat mereka jadi pasangan. Tapi ada moment scene dimana Puen & Talay bertengkar... yaitu dimana Puen membahas keinginannya nggak mau balik ke dunia asal. Talay be like : "Ehh gabisa gitu dong! itu sama aja lo mencuri hidupnya Tun!" -- Saking gak habis thinkingnya, si Talay menanyakan temennya sendiri, si Kita yang notaben dari dunia paralel, andai kehidupannya di universe lain lebih baik, apakah dia pengen kembali di dunia asal. Dan jawaban si Kita, dia akan memilih tinggal di universe lain itu karena Kita be like : "Itu karena lo bukan gue! Kita semua punya luka masing-masing yang kita tanggung. Lo gak bisa membandingkan hidup lo dengan hidup orang lain, dan menilai apa yang harus mereka lakukan." -- Talay pun kek merasa tersadar apa yang dilakukannya gak sepenuhnya benar.


Dia menemui p'Pang dan bertanya si Tun(Puen) kehidupannya gimana di dunia asal. -- Ternyata si Puen udah gak punya ortu lagi sejak masih kecil, dia gak punya kerabat dekat. Dia mencari nafkah untuk dirinya sejak kecil hingga menjadi aktor terkenal. Si Puen selalu merasa kesepian di dunia asal. Bahkan p'Pang yang senasib dengan Puen sering juga berpikir "Atau gue gak usah balik ke dunia asal gue?" -- karena kehidupan yang mereka miliki di dunia paralel jauh lebih baik daripada di dunia asal... mereka punya keluarga yang hangat, temen-temen yang menyayangi. -- Nggak seperti Talay, yang di dunia asal memang mempunyai keluarga yang hangat, temen-temen yang mencintainya, ataupun mimpi yang tercapai. Andai Talay gak punya itu semua di dunia asal, nae yakin dia bakal memilih untuk tinggal di dunia paralel juga.


Tapi kesalahpahaman itu segera berakhir kok. Gak berlangsung lama. Karena ada juga scene dimana Tess(Talay) ngasih kado kepada member Friend Credits, which is kado yang sama Talay berikan kepada Puen saat bertemu di toilet. Disitu juga Tun(Puen) jadi tahu, cowo yang dia temui saat itu bernama Talay dan terjebak di dunia paralel bersamanya. -- Selain itu, Tun(Puen) & Tess(Talay) harus bersiap-siap kembali ke dunia asal. Ho'oh! mereka udah menemukan "persamaan" antara mereka dua yang mreka sadari? Yaitu.. Warna Pink.. masih ingat nae bilang diawal-awal tadi, Puen yang suka pink, Talay yang benci pink. Actually, disepanjang seriesnya, ada detil-detil kecil setiap episodenya dimana Puen selalu memberikan hal-hal berwarna pink. Baik itu makanan, pakaian, bunga, hadiah, dll... which is lambat laun Talay yang gasuka pink secara gak sadar sudah menyukai pink. Karena saat melihat pink, dia akan teringat Puen. Yang sangat menyukai pink.


Persiapan Tun(Puen) & Tess(Talay) bakal balik ke dunia asal menurut nae mengharukan sih.. terutama Tun(Puen). Mereka pamit sama p'Dol, Tun(Puen) pamit dengan ortunya Tun, serta temen-temen di Geng Friend Credits, Up, Aou, Fuse, Kita. Berpamitan kian, soalnya bisa saja kan besok terbangun udah kembali ke dunia asal. Dan bener dong, malam dimana Tun(Puen) & Tess(Talay) ngucap perpisahan. Mereka dua sama-sama bermimpi, tapi ada yang aneh! Tun udah kembali ketubuh aslinya, dan sebaliknya... sementara Talay masih stuck ditubuh Tess. -- Puen yang udah tersadar di bumi, yang kebetulan lagi diambulance gara-gara kecebur ke kolam pas syuting, auto shockkkk mencari-cari "Talay mana? Talay mana?" -- Nah Talay yang masih terjebak di dunia paralel, auto kek jadi anak hilang njir... stress, panikk, kesel, pengen cepet-cepet pulang!. Tapi dia berhasil menyusul kok sebulan kemudian.


Di Dunia Asal :
Kita bahas Puen dulu yaa, dia balik duluan kan? Nah!, begitu kondisinya sudah membaik, dia langsung nyari info keberadaan Talay. Ketemu sih! tapi karena yang ngisi tubuh Talay waktu itu masih Tess, dia ngecek tiap hari, apakah Talay udah kembali apa kaga? Tapi selalu aja.... gak ada tanda-tanda kembalinya Talay. Reaksi Talay(Tess) setiap kali Puen datang : (-_-) "Dia belum balik njir! Pergi luh!" -- Sejak itu, Puen fokus lagi ke karirnya sebagai Aktor.


Dan Talay kembali? Dia kembali pas di dunia paralel kondisinya udah burukkkk banget sih nae bilang, udah depresi sampe mabok-mabokan pengen pulang banget. Dan begitu dia sadar auto terharuuuuuu dong! bisa kembali melihat ibunya, kakaknya... Emaknya aja kaget! Talay yang pemarah kok tiba-tiba jadi tenang lagi kek dulu. But, sebelum fokus nyari Puen, dia harus menyelesaikan kekacauan hidupnya yang dibuat Tess. -- Talay jadi pengangguran. Dia berhenti dari BFB, sempat jadi manager Puen(Tun), tapi didepak karena membuat Puen (Tun) mengalami kerugian. Jadi si Talay harus membangun kembali mimpinya, dia melamar pekerjaan lagi di BFB dan untunggggg sajaa karena keahliannya, dia dikasih kesempatan kedua. Dan fakta mengejutkan lainnya, di perusahaan BFB, bagian Tim Editing, ada karyawannya yang mirip Up & Aou namanya Tup & Tou.


Its time untuk Talay bertemu Puen. Awalnya Talay susah bertemu Puen karena yang pertama! Puen aktor terkenal.... kedua! gara-gara kesalahan Tess menjalani hidup Talay sebagai manajer Puen dulunya, manajer baru sangat melarang Talay bertemu Puen lagi. Dan mereka  pun bertemu di cafe yang mirip dan mereka sukai di dunia paralel. -- Setelahnya, Puen pun diterpa skandal, karena foto Puen & Talay tersebar di internet lagi ciuman. Disitu Talay yang udah pasrah merelakan Puen daripada karir cowo kesayangannya rusak. Puen dihadapi banyak pertanyaan, intinya memilih pekerjaan atau cinta? Karena Puen udah berjanji pada Talay, kalau dia akan lebih memilih cintanya daripada pekerjaannya. Talay auto dapat semangat lagi mengejar cintanya Puen.


Ending :
Melakukan perjalanan antar semesta gak hanya memberi Puen & Talay pelajaran arti hidup, tapi arti cinta sejati. Lalu, bagaimana kabar temen-temen mereka yang di dunia paralel? 
Talay sering bermimpi, kek dapat gambaran sekilas-sekilas kabar temen-temen dunia paralelnya sana. -- Kita mulai dari Up & Aou jadi penulis naskah yang terkenal banget sejak film kedua yang mereka buat ternyata sukses dan mendapat respon positif, si Kita jadi aktor terkenal, si Fuse belajar akting ke luar negeri, Tun & Tess menjadi bagian Friend Credits dan berencana membuat film terbaru yang terinspirasi dari perjalanan antar semesta. p'Dol gak pernah nampak di dalam mimpi Talay, tapi pernah suatu hari, di dunia asal ini, Talay gak sengaja bertabrakan dengan perawat cowo bernama Phuwadol. Nae yakin itu pasti p'Dol. P'Jupjaeng jangan ditanya yagesya.. T-T dipertengahan series ini, dia sebenarnya udah meninggal. Kasihan gak sih? meninggal di dunia paralel. Gak sempat balik ke dunia asal bertemu keluarga nyata yang di bumi. 


P'Pang gak ada dikasih tau  kabarnya gimana, kalau berdasarkan spekulasi nae sih dari scene terakhir dia muncul, nae merasa keknya p'Pang benaran lebih memilih tinggal di dunia paralel, andaipun berhasil ketemu portkeynya kek "ya bagus" kalau gak ketemu-ketemu portkeynya pun dia kek ga keberatan. -- Kalau mereka lagi kangen sama Up & Aou, si Talay ngajak Puen main-main ke kantornya :v karena ada Up & Aou KW (Tup & Tou). Puen juga jadi lebih suka pekerjaan di balik layar, mereka mendirikan studio  Friend Credits di bumi :) Series ini ditutup dengan scene Puen & Talay ciuman duhhh sampe ikutan monyong-monyong bibir nae ngikuti tempo lumatannya :v Ekspresi si Talay itu loh kek lemes keenakan diciffok Puen :v Kini, Puen dan Talay bahagia selamanya..... Yeyyy! Happy Ever After... 

Review Time : 
Gila! Gila! Gila! Sumpah demi apapun. Series ini bagusssss dan terasa berbeda banget. Dan nae rasa selama nae jadi BL fans selama 9 tahun ini, baru inilah seri yang berkonsep swap-body & multiverse sekaligus. Genre jiwa tertuker sebenarnya udah banyak, tapi bagaimana sih jika tertukarnya di dunia lain? di dunia paralel. Selain memikirkan bagaimana kembali ke tubuh asal, mereka juga memikirkan cara bagaimana bisa kembali pulang ke dunia asal. 


Kita mulai dari Alur! Seperti yang nae bilang barusan.. konsep swap-body & multiverse. Saat berpikir tentang dunia-dunia paralel, yang dibenak kalian apa sih say? kalau nae jujurly, sebelum menontonnya, nae mengira bakal pake-pake portal atau ada ritual-ritual gitu saat akan melintasi dunia asal ke dunia paralel, nae kira bakal rumit banget. Kalau kalian baca part storyline di atas kesannya meibi kek rumit kan? tapi pas ditonton ternyata gak serumit yang nae bayangkan. Series ini menyuguhkan nuansa perjalanan ke dunia paralel, tapi dengan penjelasan yang mudah dimengerti. Gak ada portal-portalan or ritual-ritual, hanya lewat mimpi doang tukeran jiwanya. -- BTW, ada hal menarik.. meskipun dunia asal & dunia paralel sama-sama ber-set di bumi. (Ya kali syutingggnya di galaksi lain :v) ada hal-hal yang membedakan diantara dua dunia itu. Misalnya di bumi ada Google, di Thailand gak ada salju, harga wine lebih mahal daripada bir, kita menulis di kertas putih, kue ultah ya dari kue, lilinnya ditiup, nah! kalau di dunia paralel beda! yang ada Qooqle, Thailand di dunia paralel bisa turun salju, harga bir lebih mahal dari wine, mereka nulisnya di plastik mika njir.. iya, sampul plastik untuk menjilid itu... apa gak sakit tuh mata mau baca tapi media nulisnya nembus pandang, terus kalo ada orang mau ultah, gak pake kue, tapi kembang gula dikasih lilin, lilinnya gak ditiup, tapi dipelototin sampe padam! gile! lilin pendek keknya laris deh dijual disana...


Selain detail-detail tersebut, di dunia paralel akan membuat kita sangattt sering merasa deja-vu. Deja-vu pemeran, Akk & Theo Enchante ada disana! Di Ending Enchante kan si Akk ngelamar Theo, di series ini scene Akk & Theo jadi pengantin baru (BTW, scene ini nae yakin tambahan dari pihak GMM, kalau dari novelnya mana mungkin ada karna penulis Vice Versa & penulis Enchante tu beda orang), Third dari Theory of Love juga ada disana. Atau deja-vu dengan berbagai orang yang kita kenal di bumi kek Tamagodji, Tay Tawan, Mix Sahaphap yang memang dokter hewan... di dunia paralel, mereka juga ada.. tapi dengan nama, sifat, dan kehidupan yang berbeda. -- Deja-vu secara kalimat. Kalimat-kalimat populer dari series Theory Of Love, 2Gether akan sering kita dengar di Vice Versa ini. Kek contohnya : "Terus menatapku seperti itu, nanti aku akan menciummu sampai kau jatuh!" :v -- "Karena kamu bukan film, kamu nyata!" -- "Mau gak, mencoba untuk saling kenal, kamu gak harus menyukaiku, cukup biarkan hatimu terbuka untukku."  -- Reaksi nae setiap kali merasa deja-vu kek be like : "Eh! Eh! ini kan si anu... eh! ini kan kalimat yang diseries itu! Eh itu kan....."


Karakter! terlepas dari nae yang memang suka JimmySea. Menurut nae akting mereka fine-fine aja sih. Karakter Talay yang tenang, kalem tapi mau-mau ada diusilin dan dibaperin Puen itu gemeshhh banget.. Puen pun astaga!!!! nae sampe gak bisa berword-word lagi. BTW, nae sering salfok sama ototnya :v wkwkwk Dari semua novel JittiRain yang dibuat jadi series, nae rasa Vice Versa nuansa couplenya tuh romantis. Eitss! KhaiThird, SarawatTine, MorkPi sebenarnya ada adegan romantisnya, bedanya PuenTalay ini romantisnya defenisi romantis berkepanjangan, mereka sering berbicara heart to heart dengan kata-kata puitis. Ditambah suara JimmySea sama-sama ngebass. Bayangkan 2 cowo tampan saling mengatakan kata-kata romantis dengan suara deepnya. Astaga! Lumer dah nae... apalagi kalau kebayang kiss scene nya.. Brrrrrr! :v wkwkwk #JadiBecek -- Terus, bagi yang sudah menonton Vice Versa, kalian sadar gak sih diseries ini totally ga ada pemeran antagonisnya sama sekali. p'Pang & Mek yang udah sempat nae suudzonin bakal merusak hubungan PuenTalay ternyata baik banget orangnya. si Tess? yaa.. dia cuma nakal-nakal biasa, ngerti kan? nakal, tapi bukan sampe kek "gue akan menghancurkan hidup lo ampe berkeping-keping!" -- "Yah! kalau gak ada pemeran antagonisnya, ya mana seru dong?" -- Nah nae amaze karena walaupun gak ada pemeran antagonisnya, sebagai gantinya, mereka membuat "kecemburuan" Puen & Talay sebagai bagian konflik untuk meyakinkan perasaan kedua tokoh, disamping itu, andai nae ditanya, jika waktu diputar ke belakang... sebelum seriesnya tayang, apakah nae setuju kalau ditambah pemeran antagonisnya? Menurut nae sudah lebih bagusan seperti ini. Emang lo pada ga kasihan? mereka berusaha nyari portkey, berusaha mencari cara pulang ke dunia asal, cemburu-cemburuan, terus mau ditambah lagi menghadapi orang jahat? prett... jangan dong! Terjebak di dunia paralel aja udah membuat PuenTalay kalang kabut menyesuaikan diri ditubuh orang lain. -- Mau tau berapa lama PuenTalay menjalani hidup di dunia paralel? 2 tahun cokkk...


Soundtracks :
Vice Versa Series punya 4 OST, yaitu :
Sea Tawinan - Have I Found (rilis 9 Juli 2022).
Ini lagu favorittttttttt nae banget T-T ini lagu yang nae dengar dari trailer official langsung nyantol ditelinga nae. Lagu yang bercerita, apakah dia sudah menemukan orang dia cari selama ini? yang akan membuat hidupnya kembali terang :v asekkk... 
Jimmy Jitaraphol & Sea Tawinan - The Key (rilis 6 Agustus 2022).
Jujur saja! lagunya bukan tipe nae! maaf! tapi bukan berarti gak bagus ya, mungkin bukan selera nae aja genrenya. Btw, lagu ini sering dipake untuk scene PuenTalay lagi happy-happy. Momen mereka asik-asikan di dunia paralel :v momen lagi gak kepikiran dunia asal :v
Indy Thanathat - Complicated (rilis 30 Agustus 2022).
Nah! yang ini lumayanlah... nae menyebut lagu ini lagu spesialis cemburu! ;v lagunya sendu galau dan sering dipake di scene saat PuenTalay lagi mode cemburu.
Jimmy Jitaraphol - By My Side (rilis 10 September 2022).
Lagu sendu lainnya bedanya ini romantis vibes, ditambah suara deepnya pak dok Jimmy :v setiap kali nae dengar lagu ini, nae jadi teringat scene-scene romantisnya PuenTalay. Tipikal lagu-lagu yang cocok didenger pas lagi mendung-mendung deket jendela meratapi kejombloan ini :v #GalauAkut
Ada juga lagu favorit nae banget, Three Man Down "City". Nae kira cuma untuk backsong unofficial trailernya aja dipake. Ternyata ada juga di seriesnya. Love it.


Kesimpulan : 
Vice Versa Series adalah BL yang bener-bener berkonsep unik, tukeran jiwa di dunia paralel! konsep dunia paralel yang disuguhkan dalam series ini, dibuat semudah mungkin dicerna oleh otak udang kek nae ini. Jadi dont worry, kamu ga bakal puyeng dibuat konsep dunia paralel seri ini. 
Selain karena alurnya, nae memang udah sukakk pake bangettt sama CP ini, Yes! JimmySea. Soundtracknya enjoyable, dan nae suka setiap episode diwakili oleh warna-warna yang cocok dengan suasana ceritanya. Plus.. Sinematografinya bukan main cantiknya wei, permainan warnanya ibarat series rasa MV. Colorful dan walpaperable banget. Jika ditanya ada gak yang nae kurang sukai dari series ini? Ada. Sebenarnya udah lumrah kan di series-series GMM ada sponsor, iklan lewat. Tapi untuk Vice Versa nae rasa agak kelewatan banyaknya XD LOL. Tapi yaudahlahh ya, bukan masalah besar, toh overall nae enjoy dengan series ini.


Ghibah bentar kuy!
Nae merasa Vice Versa ini salah satu BL GMM 2022 yang underrated. Nae ada baca tweet-tweet kan, ada yang nonton series ini karena OhmNanon, dan ada yang merasa pusing dengan konsep ceritanya! bahkan MVnya belum ada yang nyentuh 1 juta views. 
Ya, kembali lagi sih ke selera masing-masing, tapi kalau bagi nae series ini bagus, unik, sangattt-sangattt berbeda dengan BL umumnya, garis bawahi DIFFERENT, ROMANTIC & COLORFUL. Love It... 
Bagi yang belum menonton series ini coba deh icip satu atau dua episode, mana tau kecantol. Dan bagi yang sudah menontonnya, kamu bisa berbagi opini, kritik or curhatan kamu selama menonton Vice Versa Series kepada nae! Nae pasti reply kok. :)


Ada satu pertanyaan terakhir! Dan kamu harus jawab yaaa!! :v
Andai nih... Andai! misalnya kamu terbangun besoknya di dunia paralel. Yang mana di dunia itu kehidupan yang akan kamu jalani jauh lebih baik. Kamu bakal memilih menetap di dunia paralel itu? atau memilih kembali ke dunia asal karena masih ada orang yang kamu sayangi meskipun kehidupanmu tak seindah di dunia paralel?

Nae rasa, sampai disini aja ulasannya! Sekaligus menjadi BL Terakhir yang akan nae review di tahun 2022 ini. Karena nae mau menyiapkan postingan tahunan gengsss :v Terima kasih banyak bagi yang sudah mampir di ulasan panjang lebar nae ini! Salam cinta beralih dunia, PuenTalay! Nae pasti menantikan projek lainnya dari CP Introvert kesayangan nae ini! JimmySea. Byebye!

TRAILER VICE VERSA SERIES

SEA TAWINAN - HAVE I FOUND MV

JIMMY JITARAPHOL - BY MY SIDE MV
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)