REKOMENDASI TOP 10 BL SERIES 2022


Gak terasa ya, 2022 akan berakhir hari ini, dan hari ini juga nae akan memberitahu / merekomendasikan 10 BL Series yang nae tonton dalam 1 tahun terakhir terhitung (Desember 2021 - November 2022). -- Ingat! Juara yang nae urutkan ini bernilai relatif ya say,, mungkin bagi nae THE BEST, tapi menurut kamu b aja. So yeah, ini kembali ke selera masing-masing. 
Dan nae merekomendasikan nya dari BL-BL yang sudah nae buat reviewnya. Jadi kek ibarat, nyari The Best dari yang Best-Bestnya gitu low :v -- Mengurutkan ini juga menurut nae bukan hal yang mudah, karena nae harus pertimbangkan lagi mulai dari mana alurnya yang paling menarik perhatian nae, ostnya mana yang lebih addict, aktor mana yang paling membuat nae terpesona or se-enjoy apa nae menikmati seriesnya? itu semua udah nae nilai secara cermat dan inilah hasilnya. Check this out! :v

#10 ABOUT YOUTH


Diurutan 10, nae memilih About Youth sebagai BL favorit nae tahun ini. Sesuai judulnya, BL Taiwan satu ini mengusung konsep remajaable banget say.. Mengisahkan anak holkay YeGuang yang selama ini hidup sebagai anak perfeksionis, segalanya harus sempurna, dan itu bukan keinginannya tapi karena ortunya yang selalu mengontrol kehidupannya yang membuatnya gak bebas. Dilain sisi, QiZhang, cowo yang naksir YeGuang udah lama, masuk ke dalam hidup YeGuang dan membuat hari-hari YeGuang terasa lebih berwarna. Menurut nae, seriesnya UwU-UwU bin gemeshhh, sumpahhh! kalau kalian nonton seri ini pasti bolak balik senyam senyum melihat dedeck-dedeck gemas ini lagi kasmaran. Nae suka dengan pesan tersirat akan "Youth" di dalamnya. Tentang apa yang ingin kita lakukan di masa muda tanpa membuat penyesalan.


Selain karena Aktor dan plotnya, alasan paling utama kenapa nae nonton seri ini ya karena kecantol sama ostnya ketika trailer resminya rilis pertama kali. Nae langsung terpesona akut njirrr... antara ost yang catchy dan aktor yang menggemaskan banget. Sejak itu! nae memutuskan akan menontonnya kalau seriesnya tayang. 3 Kata untuk menggambarkan About Youth : CUTE, SWEET, YOUTHFUL. Seriesnya imut, manis, menggemaskan dan menggambarkan kisah cinta anak muda bangett.. Terutama Dek Shen Jyun sumpahhhhhhhh kiyowo banget tuh anakkk... mana dia pula jadi semenya... nae aja sampe "Hah!" sekiyowo ini jadi seme? pokoknya kamu harus coba nonton deh! ^^
RATING : 8/10

#9 THE ECLIPSE SERIES


Projek GMM2022 yang awalnya pengen nae skip gegara menurut nae nggak bakal seru! apalagi Couplenya sangattt diluar nalarrr bagi nae yes... First? dan Khaotung jadi couple? awalnya nae gak habis thinking gimana bisa GMM ngerombak-rombak CP BL seenak jidat! (ya bisa lah! kan dia pemilik PHnya :v) Tapi ketika penayangannya ternyata dapat respon positif, dan awalnya juga nae masih agak ragu, tapi dari minggu ke minggu banyak yang bilang makin bagus, nae pun jadi kepo kan, nae coba nonton dan yesssssshhhh! Nae suka banget. -- Series ini mengisahkan Aye, murid pindahan ke SMA Suppalo, untuk mencari tahu siapa pelaku yang membuat pamannya yang pernah mengajar disitu sampe bundir njir, melompat dari tebing! Dan begitu Aye masuk, misteri demi misteri kutukan Suppalo yang meneror murid-murid gak taat aturan menjadi tanda tanya besar. Siapa dibalik teror itu semua? Menurut nae plotnya interesting banget sih.. -- Selain plot, nae juga amaze dengan kemampuan akting Khaotung yang benar-benar berkembang banget.


Terus nae juga suka pesan moral yang dibahas disepanjang seriesnya yaitu Mental Health, yang dialami oleh pamannya Aye. Dan kemudian mental health ini yang juga secara tersirat perlahan-lahan meruntuhkan keoptimisan sang Ketua OSIS, si Akk. Which is disekolah itu OSIS benar-benar harus bisa diandalkan, jadi kalau ada masalah sekolah yang gak bisa ditertibkan oleh OSIS, guru-guru disekolahnya ntar bakalan marah dengan Ketua OSISnya. Jadi kebayang dong saat teror demi teror semakin gak terkendali, ke siapa disalahkan itu semua? Yes.. si Akk. Pokoknya mix feeling banget deh nae nonton ini. -- 3 Kata untuk The Eclipse Series : MASTERPIECE, INTERESTING. AWESOME. Semua yang disuguhkan dalam series ini menurut nae luar biasa... bagi yang suka konsep sekolah misteri-misteri dark gini, The Eclipse tontonan yang tepat sih. 
RATING : 8.2/10

#8 SKY IN YOUR HEART


Nae kenal p'Mek Jirakit dari Ugly Duckling Series - DON'T (2015) lalu. Dan saat itu nae pernah berharap, semoga suatu hari nanti p'Mek mau ngeBL walau sekaliiiii saja. Dan terkabulnya di 2022. Butuh waktu 7 tahun juga yes untuk berharap! :v wwkwkwk... Begitu nae tahu p'Mek bakal ngeBL di Star&Sky The Series tepatnya part Sky In Your Heart, nae excited banget dong! Mengisahkan Kuafah / Fah, abangnya Dao (Star In My Mind) yang habis diputusin pacarnya ditinggal nikahh pula lagi, ngeness banget coy! terus dia mabok-mabokan bersama temennya, dan mengalami kecelakaan. Sebagai hukumannya dia dan 2 temennya disuruh mengabdi pelayanan masyarakat ke sebuah desa di atas gunung. Disana, Fah bertemu dengan sang pengobat hati, si Prince, orang kaya gabut yang memilih jadi guru relawan disana. Yang selalu berpakaian sederhana, sopan santun, pokoknya disukai warga desa. -- Apa yang paling nae sukai dari series ini? LUCU. Iya... nae kira bakal nyesek-nyesek gitu kan, ternyata sejak episode awal udah capek perut nae dibuat ngakak sama adegan-adegan recehnya njir.


Projek ini juga sebagai sebagai projek terakhirnya p'Mek di GMMTV karena kontraknya habis dan gak memperpanjang lagi. Perpisahan yang tak terlupakan sih ini bagi nae. -- 3 Kata untuk Sky In Your Heart : FUNNY, SIMPLE, DEJAVU. Lucu, alurnya ringan, dan deja-vu karena 70% series ini membuat nae flashback akan A Tale of Thousand Stars. Set tempat, bahasa daerah, pakaian adat serasa nostalgia. Dan rasanya freshh banget, pemandangan-pemandangan pegunungan lebih banyak daripada scene di kota metropolitan nya. BL ini cocok juga bagi fans BL yang udah jenuh dengan BL yang ber-set di perkotaan. Enjoyable banget deh!
RATING : 8.3/10

#7 MY LOVE MIX-UP!


Berikutnya... My Love Mix-Up! or Kieta Hatsukoi. Nae ingat nonton seri ini Desember 2021 lalu. BL Jepang kedua yang nae tonton setelah Cherry Magic dan menurut nae Lucuuuu bangettt bikin ngakak sampe sakit peruttt... suwerr! -- Series ini berkisah tentang "kesalahpahaman" kesalahpahaman tentang penghapus yang Aoki pinjam dari cewe yang dia sukai, Hashimoto. Ehh... Aoki tau rahasia Hashimoto yang naksir cowo bernama Ida tertulis di penghapus itu. Cowo yang kebetulan duduknya di depan Aoki. Saat penghapusnya gak sengaja terjatuh, si Ida memungutnya dan gak sengaja membaca ada namanya dipenghapus itu. "Kesalahpahaman" lainnya pun terjadi, si Ida mengiranya si Aoki naksir samanya. -- Series ini dari episode ke episode serba salah paham mulu tapi nyambungg terus gitu plotnya loh! gak ada sampe terputus karena miss communication. Dan begitu mereka baru ngeh ternyata cuma salah paham, mereka be like : *terdiam-sejenak. "Oalah......!" itu loh pas scene Aoki dan Hashimoto menyebutkan orang yang mereka suka sama-sama Ida. Tapi Ida nya beda. Ho'oh.. Ada temen sekelas mereka juga pake nama -ida.


3 Kata untuk My Love Mix-Up! : SIMPLE, FUNNY, CUTE. Alurnya sederhana, tapi yakin dehhhh dibuat ngakak sengakak-ngakaknya sama series ini. Tapi scene dimana Aoki mulai menyadari dia juga punya rasa sama Ida, sampe-sampe nembak Ida malu-malu dibalik pohon, duhhh! nae ngebayanginnya aja manisnya udah ngalahin gula sayyy... -- Jujurly! nae jadi kangen sama IdaAoki. Semoga ada dong projek BL mereka lagi. T-T mana BL nya BL Syariah lagi. iya! gak ada kisseu nya. Tapi tetep enjoyable banget kok. 
RATING : 8.3/10

#6 HEARTSTOPPER


Well, jika selama ini nae selalu membahas BL-BL Asia. Kali ini nae kecantol dengan BL Asal Inggris ini. Sebelum menonton ini, jujur saja nae ada keraguan, which is walaupun nae suka nonton BL, gak semua BL dari berbagai negara nae tonton. Dan bisa dibilang ini BL Barat yang pertama kali nae tonton! nae ragu apakah bakal cocok dengan selera nae? atau bahkan saat itu nae gak bisa membayangkan gimana alurnya nanti, masih gak ada gambaran sama sekali dalam benak nae. But if we never try,, gimana kita bisa tahu endol apa kaganya ya kan? Nae pun coba nonton dan Wowwww! This is so mind-blowing. -- Mengisahkan Charlie Spring, cowo geh yang sering dibully disekolah bertemu dengan Nick Nelson, si Raja Rugby yang populer. Series ini menurut nae BL yang penggambaran alurnya realisitis. Dan cakupannya luas. Bukan sekedar Yaoi (G) aja. Tapi LGBTQ+ dalam 1 series ini dibahas.


Alurnya ringan tapi punya pesan yang deep, dan sangat remajaable banget, konflik dibahas pun tentang dilema akan orientasi seksual, or rasa takut akan pendapat orang lain saat mengetahui diri kita berbeda. Dilain sisi, series ini juga lucu kok. Malah nae yang awalnya juga ragu, apa mungkin BL Barat bisa menggemaskan? Ehhh malah dibuat baper banget njir... Moment uwu-uwuan Nick Nelson & Charlie Spring sukses membuat nae senyam senyum. -- 3 Kata untuk Heartstopper : NEW, FUNNY, MIND-BLOWING. Nuansa baru nonton BL yang nae rasakan, lucu dan sangat membuka pandangan lebih luas lagi. Gak sabar sama Season 2 nya. 
RATING : 8.4/10

#5 VICE VERSA SERIES


Yang satu ini! super duper unik.. BL GMM2022 yang sangat nae nanti-nantikan. Dan syukurlahh! gak mengecewakan nae. Mengisahkan Talay seorang Colorist & Puen seorang aktor terkenal, mengalami swap-body, di dunia paralel. Bayangkan mereka dua terjebak ditubuh orang di dunia lain. Jadi selama di dunia paralel, mereka berusaha mencari portkey untuk kembali ke dunia asal. Dan itu tidaklah mudah. Butuh 2 tahun Talay & Puen akhirnya bisa kembali ke bumi asal. Menurut nae konsep swap-body dan multiverse sekaligus bener-bener baru di dunia BL. Meskipun sama-sama berlatar di bumi (ya kali harus syuting di planet lain :v) dunia paralel dibuat berbeda banget kebiasaannya, gaya hidupnya dengan orang-orang yang berasal dari bumi. Jadi kita selama menontonnya kita akan sering merasa deja-vu juga gitu loh... Selain karena alurnya, nae suka dengan setiap warna yang mewakili perasaan tiap episodenya, terlebih lagi series ini sinematografinya bagussssssssssss banget, colorful dan wallpaperable banget.


Faktor lain kenapa nae makin suka sama Vice Versa, bcz kebetulan nae suka CP ini, I Love JimmySea :v kapal introvert nae. Sama-sama kalem. Dan banyak adegan dimana mereka ngegombal / bicara heart to heart dengan kata-kata puitis yang terkesan romantis berkepanjangan, ditambah suara mereka dua sama-sama ngebass duhhhh! lumer dah nae. -- 3 Kata untuk Vice Versa Series : DIFFERENT, ROMANTIC, COLORFUL. Berbeda, Romantis, dan Penuh Warna. Pokoknya memanjakan mata banget deh! Kalian harus nonton ini yaaa... karena nae jamin, ditahun-tahun yang akan datang, rasanya pasti sulitttt banget nemuin yang berkonsep seperti ini or bakal ini satu-satunya(?) who knows. 
RATING : 8.4/10

#4 BAD BUDDY SERIES


Saat line-up BL GMM2021, Bad Buddy termasuk yang nae nanti-nantikan. Wait a minute... jangan heran kenapa BL 2021 bisa masuk ke BL 2022 nae, karena masa tayang Bad Buddy masih berlanjut hingga tanggal 21 Januari 2022 lalu. -- Mau tau kenapa nae nanti-nantikan? kasus yang sama dengan p'Mek (Sky In Your Heart). Nanon juga begitu, nae kenalnya dari Ugly Duckling - "PERFECT MATCH" -- lalu series kedua dia yang nae tonton My Dear Loser - "Edge of 17". Dan dari semua riwayat series yang dibintanginya, gak ada genre BL. Dan begitu dia mencoba BL! Adalah kesempatan emas yang gak boleh dilewatin gitu loh! Apalagi kemampuan aktingnya gak perlu diragukan. -- Untuk plot ceritanya mengisahkan, 2 keluarga yang bertetangga, mulai dari ayah, emak, hingga anak-anaknya bermusuhan sama tetangga sebelah. Seperti judul dari novel ori nya "Behind The Scenes" konsep series ini memperlihatkan hubungan Pat & Pran yang dihadapan orangtua mereka dan temen-temen mereka selalu bermusuhan, tapi dibalik "akting" musuhan itu, Pat & Pran diam-diam menjadi teman, bahkan menjadi LEBIH dari sekedar teman.


Series yang menurut nae mix feeling banget. Humor ngakaknya ada, dapattttt banget dan bakal dibuat sakit perut karena ketawa mulu. Tapi begitu masuk scene emosionalnya, kita bakal dibuat ikutan mewek. Saat orangtua mereka tahu kalau Pat & Pran pacaran diam-diam. Apakah dendam keluarga harus diturunkan hingga ke anak-anaknya gak bersalah? berteman aja dilarang, apalagi lebih dari sekedar teman. -- 3 Kata untuk Bad Buddy Series : AWESOME, FUNNY, MASTERPIECE. Walaupun dengan alur yang nampaknya ringan ternyata punya rahasia luka mendalam kenapa ortu mereka bisa saling musuhan yang hingga diturunkan ke anak-anaknya juga. Akting OhmNanon bener-bener bikin nae amaze banget. 
RATING : 8.6/10

#3 TO MY STAR 2


To My Star season 2 is back! dan melebihi ekspektasi nae... Melanjutkan dari kisah hubungan Seojoon si aktor terkenal dan Jiwoo, si chef coolkas 20 pintu :v pasca selesainya kasus skandal Seojoon. Sekarang!, Jiwoo yang diam-diam pergi meninggalkan Seojoon hanya dengan secarik note perpisahan. Jadi selama Jiwoo pergi, Seojoon mencari-cari keberadaan Jiwoo. Begitu ketemu pun jangan harap hubungan mereka membaik. Pokoknya season 2 ini perjuangan Seojoon banget sih demi mendapatkan cinta Jiwoo, meskipun disakiti Jiwoo. -- Nae suka dengan series ini, karena nae melihat semua aspek dalam series ini benaran di upgrade, baik itu jumlah episode, durasi, perkembangan karakter tokoh, bahkan durasi jujitsu juga ditambah njir, gak pake acara mati-mati lampu segala :v -- Jika dilihat dari trailernya or poster-posternya maybe kek bakal terkesan bombay-bombay banget kan? nae kira bakal nangis-nangis mulu, nggak kok, masih ada manis-manisnya, romantis-romantisnya bahkan adegan ngakak! :v karena Seojoon bakal vs dengan mantan cewenya Jiwoo yang juga berharap hubungan kembali bersama Jiwoo.


Season ini nae menyebutkan sebagai fase pendewasaan dalam suatu hubungan. Ada pesen-pesen moral yang selama menontonnya membuat nae merasa takjub, dan jika diingat-ingat selama nae menonton To My Star 2, nae sampe berkaca-kaca pas scene Jiwoo nangis-nangis dihadapan Seojoon. -- 3 Kata untuk To My Star 2 : MASTERPIECE, ROMANTIC, HEART-WARMED. Penggambaran asmara 2 offak yang sangat-sangat indah, romantis, dan sangat menghangatkan hati. Kadang! dalam suatu hubungan gak selamanya harus dilalui dengan yang indah-indah, perselisihan pasti ada terjadi. Jangan coba lari, tapi hadapilah jika ingin hubunganmu tetap baik. Asekkkk... Jujur! waktu seri ini tamat, nae sampe tepuk tangan sendirian dikamar. Nyentuh banget sayyy...
RATING : 8.7/10

#2 SEMANTIC ERROR


Nae masih ingat betapa euforiaannya nae dengan Series ini sekitaran Maret 2022 lalu. Semantic Error, yang mengisahkan Chu Sangwoo, mahasiswa junior ilmu komputer yang mana dalam projek kelompoknya dia gak mencantumkan nama-nama seniornya (yang gak mau bantu, terus nyari alasan supaya gak ikut kerja kelompok!) alhasil seniornya, Jaeyoung, wisudanya tertunda. Takdir mempertemukan mereka kembali saat Sangwoo punya projek pembuatan game, dan dia disarankan seorang desain grafis yang kebetulan itu si Jaeyoung. Niat balas dendam Jaeyoung berubah menjadi perasaan suka yang mulai mencoba menaklukkan hati robotnya Sangwoo. -- Mungkin awal-awal nonton kalian akan bingung alurnya gimana, tapi begitu kita tonton, alur yang disuguhkan ringan tapi kemistri antara kedua tokoh bener-bener dapet banget feelsnya, Awww! Kebayangggg bangettt adegan-adegan super romantisnya.


Berhubung nae nggak baca manhwanya, puji syukur ekspektasi nae selama menonton series ini gak ada. Nae awalnya interest karena visual kapalnya, tapi semakin nae tonton nae menikmati alur dan dibuat baper berminggu-minggu gegara scene romantisnya. Dan kalian tau gak sih, Semantic Error adalah BL Korea yang paling booming di KorSel sana, bahkan Jaechan, Seoham sampe menang Best Couple. Terlepas dari popularitas Semantic Error yang melambung tinggi, dari aspek alur, kemistri, durasi, bahkan OSTnya nae enjoy banget... 3 Kata untuk Semantic Error : ROMANTIC, CUTE, HEART-FLUTTERING. Romantis, imut, dan bikin hati berdebar-debar saking bapernyaaaaaaa,, baper banget coooyyy... Semoga saat Park Seoham selesai wamil, semoga dibuatin season 2 nya T-T pengen liat mereka lagi...
RATING : 8.8/10

#1 NOT ME SERIES


Dan inilah dia! BL No.1 Favorit nae di 2022. Not Me Series. Sudah 2 tahun! series OffGun sukses mencuri perhatian nae. Nae bukan Babii yaaa... tapi nae percaya series BL yang dibintangi OffGun pasti bagus. Soal keraguan awalnya pasti ada, karena ini konsepnya dark. Nae kira nae gak bakalan suka, dan begitu nae tonton, fix! nae tahu ini yang bakal THE BEST bagi nae! Mengisahkan 2 saudara kembar, Black & White dengan sifat bertolak belakang, orangtua mereka cerai, Black ikut emaknya, White ikut bapaknya. Mereka berpisah sangat lama. Hingga suatu hari, White dapat telpon dari teman masa kecilnya memberitahu kalau Black sedang koma di RS. Dugaan karena Black anggota geng motor. Jadi untuk menguak siapa pelaku yang membuat saudara kembarnya koma, White gabung dengan geng motor dengan berpura-pura menjadi Black. -- Cerita yang disuguhkan bukan 1 plot itu saja, bukan sekedar misteri, bukan sekedar BL hubungan Sean & White semata, tapi jauhh lebih dalam dari itu semua. Yaitu mengangkat isu-isu sosial dalam kehidupan masyarakat, misalnya orang yang punya kekuasaan akan bersikap semena-mena dengan orang kecil, orang yang punya koneksi akan lebih mudah meraih pekerjaan daripada orang yang mati-matian belajar, hukuman diluar aturan hukum yang berlaku, kaum disabilitas akan sulit mendapatkan pekerjaan, diskriminasi terhadap kaum LGBTQ+, dll dibahas dalam series ini.


Kalian pasti mikir "Oh, kak Nae pasti orangnya suka politik dan berpikir kritis!" No Say, No! nae gak suka politik. Tapi apa yang disampaikan dari series ini, membuat nae banyak berpikir tentang isu-isu yang disampaikan, pada beberapa poin nae merasa ada benarnya, dan nae bisa rasakan! or kamu pernah merasakan kek misalnya temenmu masuk Kantor/Angkatan anu sampe membayar puluhan juta? or kita mendaftar ke suatu kantor/perusahaan duluan, tapi karena ada pendaftar lain yang punya orang dalam, malah dia yang masuk... dan kita auto tersingkirkan. Jujur saja! nuansa BLnya nyaris kaga terasa hampir setengahan jalan series ini, tapi dari pertengahan hingga akhir baru terasa. 3 Kata untuk Not Me Series : DIFFERENT, MASTERPIECE, MIND-BLOWING. Sangat-sangat bagus sih... sangat beda dengan BL umumnya, dan benaran membuat pikiran semakin terbuka. Nae sampe speechless mau ngomong apalagi saking bagusnya. 
RATING : 9.6/10

So, itulah 10 BL Series 2022 yang nae rekomendasikan untuk chingu-chingu semua :v sekali lagi ingat! ini bernilai relatif, angka yang nae cantumkan tidak harus menjadi patokan bagus atau tidaknya, tapi tergantung sesuai selera kamu juga. Tapi jika kamu penasaran, gak ada salahnya mencoba ya kan. -- Oh ya! untuk BL-BL yang udah nae tonton, menurut nae bagus/interesting tapi gak sempat nae review, nae masih merekomendasikan 4 BL Hotstar 2022 pilihan nae :





21 DAYS THEORY -- sweet banget deck.
THE MIRACLE OF TEDDY BEAR -- meaningful..T-T tofu jadi boneka lagi
OLD FASHION CUPCAKE -- romantis abizzz..I Love Togawa-kun pokoknya
BLUEMING -- romantis dan sangat underrated

Harapan Nae untuk 2023 :
Selama 2022 ini, nae berusaha kembali membangkitkan blog nae setelah insiden blog lama nae hancur. Dan semoga saja ditahun yang baru! blog ini bisa berkembang lagi. Nae kangen komenan para fans-fans BL yang sering meramaikan lapak nae ini. T-T Semoga juga ditahun yang baru, nae masih diberi kesehatan and kesempatan, supaya bisa membuat review-review bin curhat lagi. Nae harap kamu yang disana juga mendapatkan kebahagiaan ditahun yang baru! Dah itu aja sih :v gak mau berharap banyak-banyak ntar kaga terkabul pula wkwkwk.. Oke deh! nae pamit undur diri. See you! 
Merry Christmas and Happy New Year 2023. 
Love, Nae. ^^
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – LAST TWILIGHT SERIES (2023)