[REVIEW] – THE ECLIPSE SERIES (2022)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

THE ECLIPSE adalah BL Series produksi GMMTV yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Prapt. Series ini tayang mulai dari tanggal 12 Agustus 2022 s/d 28 Oktober 2022 dengan total 12 Episode. Dan seperti biasa, bisa ditonton melalui channel official Youtube GMMTV yesss :v


Casts :
First Kanaphan Puitrakul as Akk 
Khaotung Thanawat Ratanakitpaisan as Aye / Ayan
Neo Trai Nimtawat as Khan
Louis Thanawin Teeraphosukarn as Thua
AJ Chayapol Jutamas as Wat
Pawin Kulkaranyawich as Namo
Ployphach Phatchatorn Thanawat as Bu Sani
*Sisanya-tanya-sama-mbah-Google-aja-say!

Storyline :


Series ini mengisahkan Aye. Murid pindahan dari SMA Parot ke SMA Suppalo. -- Suppalo ini SMA elit khusus cowo ya say, terkenal karena reputasi baik dan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Itu semua berkat peraturan-peraturan ketat yang dijalani sejak duluuu hingga sekaranggg... lebih dari 1 abad loh dari generasi ke generasi. Asekkk... ada hal menarik dari sekolah ini. Yaitu cerita "kutukan" yang sudah nge-urban legend di sekolah itu, konon katanya sihhh... barang siapa yang tidak taat akan peraturan-peraturan Suppalo, ntar kena teror kutukan saat hendak menjelang gerhana. -- Sebagian ada percaya, sebagian ada juga yang nggak.. Tapi di kepemimpinan OSIS angkatan sekarang, menghadapi masalah yaitu adanya 1 geng yang menamai dirinya "Geng Dunia Mengingat" selalu suka demo dan gak mentaati aturan di sekolah itu. Hingga menimbulkan kutukan Suppalo kembali datang... saat mereka lagi asik-asik demo, tiba-tiba datang mobil tanpa pengemudi hampir menabrak geng itu... :v Hiiihhh! TBL TBL TBL Takutt bangett lochh! -- Nah! Hubungannya dengan si Aye apaan? Sebenarnya ada beberapa faktor. Pertama! Parot itu sekolah saingannya Suppalo. Dan kehadiran Aye di sekolah itu kek dianggap sebagai mata-mata, ancaman yang bakal merusak reputasi Suppalo... ya mau gimanaaa... Dia murid pindahan tapi tipikal murid yang gak taat aturan pula, dia juga mendukung Geng Dunia Mengingat itu supaya makin gencar demonya.


Pokoknya hadirnya si Aye ini menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh keanggotaan OSIS dan guru-guru di sekolah itu. Oh yaaa... Ketua OSIS nya sekarang bernama Akk, cowo yang berasal dari keluarga kecil, dan tertarik menjadi OSIS karena menurutnya itu keren! dan terlebih lagi, jika dia menjalankan tugasnya dengan baik, ntar dapet beasiswa dari sekolah. Dia punya temen anggota OSIS yang lain, si Wat (cowo yang suka bikin video indie), Khan (cowo yang punya rasa sama si Thua tapi masih mencoba menyangkal :v), si Thua bukan anggota OSIS, dia Ketua Kelas, cowo pendiam dan selalu jadi bahan ejekan murid lain. Dan 1 lagi, Namo, cowo yang terobsesi dengan OSIS tapi sayang dia gak bisa jadi Anggota OSIS karena gak sesuai kriteria keanggotaan OSIS. -- Keanggotaan OSIS dipimpin oleh Pak Chadok, guru yang pembawaannya selalu serius. Kaku banget mukanya njirr... gamau senyum dikitpun. dan bersama wakilnya, Ibu Sani, guru baru yang menggantikan guru lama yang berhenti. Ibu Sani ini karakternya perhatian banget...


Dan guru lama yang berhenti itu bernama Pak Dika. Pamannya Aye. -- Ada kisah pilu, kenapa Aye memutuskan pindah sekolah dari Parot ke Suppalo. Pamannya meninggal bundir, loncat dari tebing njirr karena depresi, dan itu tepat beberapa waktu setelah beliau berhenti dari Suppalo. -- Jelas dong Aye terpukul banget akan kepergian pamannya, dia dan pamannya udah kek jari telunjuk dan jari tengah rapattttttt banget, akrabbbbb bangetttttt. Jadi disaat pamannya memilih untuk mengakhiri hidup dengan cara yang tragis. Aye ga terima! lagian pamannya pun selama ini gak ada cerita apa-apa tentang masalahnya, tapi ada satu buku peninggalan pamannya, yang membuat Aye kuat untuk bangkit dan ingin mencari tahu apa yang dilakukan oleh sekolah Suppalo itu sampe membuat pamannya sangat putus asa, dan berencana untuk membalaskan dendamnya...!


Karena pihak sekolah dan OSIS ga tau motif pindahnya Aye ke sekolah itu, si Akk terpaksa harus selalu mengawasi gerak gerik si Aye. Kapanpun, dan dimanapun, sampe-sampe si Akk kepo isi buku yang selalu dibawa Aye kemana-mana dan gak boleh ada satupun orang yang tahu. Tapi yang nae suka berkat si Akk yang selalu mengawasi si Aye, dia tahu si Aye gak seburuk apa yang mereka kira selama ini loh, hingga pada akhirnya, si Akk mulai ada rasa, itu loh pas scene si Akk ngajarin si Aye latihan judo. Ngebanting si Aye sampe jatuh, ehh malah ikutan jatuh si Akk nya :v #JatuhCinta -- Ho'oh.. yang duluan ada rasa itu si Akk, mungkin karena kebiasaan si Aye setiap kali si Akk selalu memojokkannya, si Aye be like : "Lo mau gue cium?" *terus-memonyong-kan-bibirnya. Si Akk nampak risih awal-awalnya tapi sekarang setiap kali si Aye bilang gitu dia jadi salting-salting. Awww... Gemeshhh! -- Si Akk juga sampe kasihan melihat si Aye yang dibuat jadi sasaran empuk para guru yang "Memberi Pelajaran" -- gak dilibas sih.... tapi memang diberi pelajaran banget si Aye, baru aja gurunya selangkah masuk ke kelas si Aye udah dihujani pertanyaan materi pelajaran bertubi-tubi anjirr... Kalo gak bisa jawab, disalah-salahi gurunya. Wahh itu gila sihh... si Aye sampe nangis bersandar dipundaknya Akk be like : "Lo gak akan terlalu kejam sama gue juga kan?" -- Si Akk pun akhirnya ngomong sama gurunya supaya dia aja yang menanganin si Aye.


So, sejauh ini kalian udah nangkap dong! permasalahan apa yang dihadapi dalam di series ini. Yaitu Apa tujuan sebenarnya Aye pindah ke Suppalo? dan Kembalinya Kutukan Suppalo. Kalo untuk tujuan Aye pindah ke Suppalo, nae udah gak bertanya-tanya lagi, karena seriesnya sedari episode-episode awal sudah menceritakan dari sudut pandang si Aye. Yang menjadi pengalih perhatian adalah cerita kutukan Suppalo itu... Karena masih meneror murid yang gak taat aturan itu. Iya.. Geng Dunia Mengingat. Murid-murid bebal tapi yang disampaikan mereka pun menurut nae make sense loh! mereka punya hak untuk menyampaikan opini mereka, tapi pihak sekolah gak mau mendengarkan dan menganggap mereka akan merusak reputasi sekolah. Hingga teror kutukan lain datang, mulai dari pot yang tiba-tiba jatuh dari lantai atas nyaris mengenai anggota Geng Dunia Mengingat itu, markas geng dunia mengingat dipenuhi oleh tumpahan darah, poster demo yang ditempelin oleh Geng Dunia Mengingat di penjuru sekolah pun bisa hilang semua bersih lenyap keesokannya. Termasuk Aye yang ikut kena, buku yang selalu dibawanya itu hilang gayss... dan Aye marahh banget sama si Akk. Soalnya si Akk pernah kedapatan ngobrak-abrik tasnya mencari buku itu. Tapi si Akk gak ngaku kalau dia yang ambil. 


Kalian mau tau siapa dalang dibalik kembalinya kutukan Suppalo? itu si Akk sendiri woeeyy anjirr pelakunya... Dia yang Ketos, dia pula yang membawa kutukan itu. Ini nih definisi sepandai-pandainya terong menyodok, pasti lemes juga! Selama ini murid-murid lain menganggap kutukan Suppalo itu berkaitan dengan hal-hal mistis, tapi akhirnya si Akk keciduk si Aye saat akan melancarkan aksinya membakar boneka milik Geng Dunia Mengingat. -- Si Aye jelas marah dongg, kek be like : "Maksud lo apaan membawa kutukan Suppalo? lo udah buat kejahatan tau gak! bagaimana jika ada yang sampe metong?" -- si Akk awalnya gak mau ngaku, tapi akhirnya dia ngaku kok... Perlahan-lahan kita jadi tahu dibalik sosok Akk yang si Ketos yang dibanggakan sekolah, paling bisa diandalkan ternyata punya rasa cemas, takut dan menanggung beban sekolah dipundaknya sendirian karena yaaaa... dia ketua OSIS. Dikit-dikit kalau ada yang gak beres disekolah, guru-gurunya be like : "Akk kamu masa gak bisa atasi masalah ini? lu Ketua OSIS loh!" -- Makanya si Akk terpaksa membawa kembali kutukan Suppalo, supaya murid-murid pada takut melanggar aturan sekolah. Dia gak pengen reputasi sekolah hancur pas disaat dia menjabat sebagai Ketua OSIS. 


Hubungan Akk dan Aye dari hari demi hari semakin deket. Bahkan udah 2x ciffokan njir... pertama pas nginap di kos-kosan Akk, si Aye mengalami mimpi buruk, terus ditenangin Akk.. ehh malah ciuman. Terus saat pergi ke rumah ortunya Akk, pas di kamar, ciumannn lagi tuhhh... :v tapi walaupun mereka udah ciuman, si Akk masih denial akan perasaannya, padahal si Aye udah berulang kali ngajak bicara heart to heart tau gak, udah be like : "Bisa gak lo kasih tau perasaan lo sama gue?" tapi si Akk : "nggak! gue nggak seperti lo! gue gak bisa! jangan bahas ini lagi!" Prett... tiba disodorin bibir lagi sama si Aye, lo lumat juga Akk.. -,- Kapan mereka akhirnya jadian? tenang! gak lama kok, akhirnya lambat laut si Akk mengikuti kata hatinya dan jadiann dehh! itupun mereka pacaran diam-diam :v


Oke! kita lanjut bahas soal kasus buku Aye yang hilang itu. Setelah si Akk benaran ngaku dia yang membawa kutukan Suppalo tapi bukan dia yang mencuri buku si Aye. Mereka sama-sama mencari tahu disemua pelosok ruangan sekolah. Hingga suatu hari, bukunya ketemu ditumpukan buku-buku berserak deket meja Pak Chadok. -- Kalau untuk kasus Kutukan Suppalo! Ada yang lebih mengejutkan... Si Akk kan udah gak ada ngebuat kutukan-kutukan lagi, tapi saat Geng Dunia Meningat kembali demo, kutukan Suppalo kembali datang meneror, dengan spanduk berisi ancaman yang ditulis dengan darah. Sontak donggg,, kembali hebohh lagi bahas kutukan-kutukan Suppalo. -- Awalnya si Aye ngelabrak si Akk karena dia kira pelakunya si Akk. Terlebih lagi si pelakunya punya akun sosmed buat menyebarkan hasil kutukannya. Tapi si Akk meyakinkan kalau bukan dia pelakunya! Jadi siapa dong? So far sih yang dicurigai itu si Namo. Cowo yang terobsesi dengan OSIS, tapi setelah dicari tahu, bukan si Namo pelakunya. So... siapa orang dibalik berlanjutnya kutukan Suppalo?


Teror masih berlanjut. Setiap kali Geng Dunia Mengingat demo! pasti ada saja kutukan yang menghampiri. Kali ini boneka Geng Dunia Mengingat dibakar dibelakang sekolah! Dan Yapp! Hebooooohhh lagi. Semua rentetan masalah, geng dunia mengingat yang gak jera-jera meski berulang kali dihampiri kutukan, terus murid-murid yang membangkang dengan peraturan Suppalo semakin banyak. Para Guru imbas marahnya ya ke si Akk, karena Ketua OSIS, dianggap gak becuss lahh, dianggap kinerjanya lemahh, dianggap masa kepemimpinan OSIS yang paling mengalami penurunan. Sampai-sampai si Akk merasa tertekan banget dan mentalnya gak kuat dan akhirnya menangis dipelukan Aye. Dan nae suka banget sama kata-kata si Aye tau ga, bilek : "saat lo kehilangan arah, saat lo lagi gak baik-baik saja, saat lo merasa cemas, genggam kalung ini(milik Pak Dika). Gue pengen lo memilikinya." -- Disitu juga si Aye cerita tentang kasus pamannya (Pak Dika) yang bundir setelah berhenti mengajar di Suppalo, dia takut apa yang dilakukan pamannya, akan dilakukan Akk juga. Karena tekanan, takut, rasa depresi, merasa kehilangan arah yang semakin nampak dari raut wajah Akk, membuat Aye takut kehilangan Akk juga. 


Mengingat sekolahnya akan diadakan Hari Jadi Suppalo, Pak Chadok nyuruh Akk harus lebih ekstra kerjanya untuk menertibkan murid-murid. Awalnya berjalan dengan baik, si Akk juga berhasil mendapat penghargaan Ketua OSISnya. Tapi saat Ketua Yayasan mau pulanggg, Geng Dunia Mengingat ini kembali demo dan yaaaa rusuhhh lagi! Mereka demo tentang ketidakadilan disekolah itu, bahkan kasus peneror kutukan Suppalo juga, gak kunjung ketemu siapa dalangnya. Dan disinilah kita tahu siapa pelaku sebenarnya.. Yess! Thua.


Murid yang selama ini dikenal pendiam, diejek pun diam saja. Kali ini kek beda 180 derajat tau ga. si Thua membeberkan kalau si Akk yang membuat konspirasi kutukan Suppalo kembali. Si Akk akhirnya terpojok! dan dia akhirnya ngaku sambil nangis-nangis. T-T -- Si Thua benaran tanpa ampun njir sama si Akk. Mungkin kalau bisa diungkapkan dengan kata-kata refleks. Omongan si Thua kek belike : "Nih! ini nih pelakunya! ini nih dalang kutukannya! pantes saja kaga nemu-nemu pelakunya, dan dia pasti suruhan Pak Chadok." terus si Aye "Jangan nuduh kalau gak ada bukti!" dibalas lagi sama si Thua "Kan lo buktinya! lo tau dia pelakunya, kenapa lo nutup-nutupin kesalahannya? padahal dia berbuat buruk sama lo! Oh ya... kalian kan pacaran! gue menghormati cinta lo! tapi jangan bikin alasan cinta untuk menutupi kesalahannya!" Savage njirr.... Pokoknya hari itu si Thua jujur dan mencurahkan unek-uneknya, kalau dia yang melanjutkan Teror Suppalo, dia yang nge-up ke sosmed, dia juga yang mengambil buku Aye diam-diam, dan mengkambing hitamkan Akk dan Pak Chadok supaya jadi sasaran kecurigaan Aye. 


Jadi Aye selama ini yang menyangka Pak Chadok dibalik bundir pamannya. Ternyata nggak bersalah... Malah justru Pak Chadok sayang banget sama Pak Dika. Ho'oh... Ibu Sani yang udah lama tau pun ngasih tau kalau Pak Chadok menjalin hubungan dengan Pak Dika. Tapi sayang kisah cintanya gak berjalan mulus say... Saat Pak Dika masih ngajar di Suppalo, hidupnya terasa berwarna, hingga berencana akan nikah sama Pak Chadok. But, ketahuan sama Kepseknya yang super homopobic njirr... Supaya bisa dimaafkan, Pak Chadok diberi kesempatan kedua di Suppalo, sementara Pak Dika pindah ngajar ke SMA Parot. -- Dari waktu ke waktu, Pak Dika menantikan Pak Chadok untuk pindah ke Parot, tapi Pak Chadok gak kunjung resign juga dari Suppalo. Hingga, Pak Dika mengalami depresi, dan mulai nih nulis-nulis di buku yang si Aye bawa-bawa. Karena Pak Chadok gak mau ada yang tau tentang mereka, dia merobek lembaran-lembaran bukunya dan membuat Pak Dika kecewa lalu memilih untuk mengakhiri hidupnya. T-T #RIPPakDika


Karena tersangka dibalik teror Suppalo adalah Akk dan Thua, mreka dua dihukum, kena skorsing 1 semester njirr... si Thua yang udah tau resiko perbuatannya pun eskpresinya kek be like : "Yaudah deh! gue pasrah!" beda sama Akk yang merasa kecewa sama dirinya sendiri. Selama masa diskorsnya, dia balik ke kampung halaman dengan perasaan putus asa. Dia harus ngaku tentang perbuatan salahnya. Disaat masa-masa terkelam, si Akk pun mendapat support dari ayanknya Aye, ortunya, temen-temennya bahkan Bu Sani pun ikut memberi dukungan agar si Akk bangkit lagi.


Ending :
Semuanya tentu menjadi lebih baik. Pak Chadok yang selama ini patuh dengan peraturan ketat Suppalo pun memilih mengundurkan diri. Membuat Kepseknya merasa terpukul banget. Bcoz, Kepseknya memberi kesempatan kedua sama Pak Chadok karena Pak Chadok itu guru yang bisa diandalkan untuk menjalankan aturan-aturan itu. Kini sudah nggak ada lagi... -- Dan itu membuat Suppalo sekarang udah gak seketat dulu lagi. Banyak peraturan-peraturan yang sudah disesuaikan dengan zaman sekarang... Bu Sani kini menggantikan posisi Pak Chadok di Suppalo. Ketua OSISnya udah bukan si Aye lagi, digantikan si Wat. Dan Namo yang dulunya gak bisa jadi anggota OSIS karena gak sesuai syarat keanggotaan. Berkat peraturan baru, si Namo diterima jadi Anggota OSIS. Khan dan Thua resmi pacaran secara terang-terangan -- Geng Dunia Mengingat udah gak perlu repot-repot bikin spanduk-spandok demo agar opini didenger pihak sekolah, karena mereka udah dibikin satu klub khusus untuk murid yang ingin menyampaikan suaranya. -- Aye pun mengikhlaskan kepergian pamannya walau masih terasa pedih. Atleast, kini dia sudah bisa lega misinya sudah selesai dan memiliki orang yang dia cintai, yaitu Akk. Si Akk sekarang pun jadi bisa bernafas lega, gak ada lagi beban dipundak yang membuat mentalnya down. Series ini ditutup dengan scene ciuman Aye dan Akk di kamar pas lagi gerhana.

Review Time :
The Eclipse ini salah satu BL GMM2022 yang diumumin Desember 2021 lalu yang nae sangat.... sangat.... nggak tertarik sama sekali. Suwer! Dibenak nae, Khaotung dan First? di couplein? ini GMM doyan banget ngerombak-rombak couple BL tanpa ampun diluar nalar cok... nae aja gak pernah ada kepikiran Khaotung dan Fisrt jadi BL Couple Series. -- Tapi kenapa nae jadi menonton series ini? dan nae suka...


Sebagai orang yang aktif main sosmed nih ya say,, pas series ini tayang, responnya pada bagus-bagus. Kalian bisa cek BL GMM 2022 yang nae review ada berapa? dikitttt banget. Karena ada beberapa yang gak sesuai ekspektasi nae dan nae stop nonton dan yeahhhh! nae gak buat reviewnya. Hingga The Eclipse sisa 3 episode lagi mau tamat, baru deh nae coba tonton.. (iseng!) Reaksi nae awalnya! antara perasaan weird(?) tapi takjub gitu loh. Weird mungkin persepsi diotak nae yang awal-awal nonton masih gak nyangka Khaotung dicouplein sama First. Masih mencoba beradaptasi. Tapi dilain sisi takjub karena alurnya menarik.


Alur tentang si Aye yang pindah sekolah ke Suppalo demi mengungkap alasan dibalik bundir pamannya, Pak Dika. Selama dia mencoba mencari tahu, kembali heboh dengan Kutukan sekolah yang datang mereror murid-murid yang gak taat akan aturan. Jadi fokus ceritanya gak sepenuhnya ke kisah cinta BL nya, tapi kisah menguak siapa pelaku dibalik Kutukan Suppalo, dan kisah cintanya berkembang seiring jalannya plot. Menurut nae itu interesting sih, dan menjadi salah 1 faktor juga yang membedakan BL ini dengan BL-BL basic pada umumnya. 
Nae juga sempat agak nge-underestimate deck Khaotung, meibi karena teringat perannya di Tonhon Chonlatee. Nae kek be like : "Apa mungkin bisa dia membawakan peran seperti ini?" which is berbandinggg terbalik bangettt jauhhh dengan karakter Chonlatee. Tapi selama menontonnya juga nae amaze dengan karakternya sebagai Aye yang baik tapi badung plus misterius. 


Ada 1 plot lagi yang gak nae tuliskan di review ini, yaitu kisah cinta Khan dan Thua. Nae memang  sengaja gak membuatnya supaya you sendiri aja yang nonton :v tapi kalau males nyari tahu, intinya kalau ditarik dalam satu paragraf, si Khan ini sering mendengar si Thua diejek temen-temennya, dan dia gak terima sampe berkelahi dengan murid itu. Dilain sisi dia belum yakin dia melindungi Thua karena kasihan or karna suka. Bahkan dia udah nyiffok si Thua pun dia masih kek agak denial gitu. Dia juga membuat akun baru gak dikenal supaya bisa lebih dekat dengan Thua sekaligus meyakinkan perasaannya. -- Tapi nae kok ngefeeling juga alasan lain si Thua membeberkan kelakuan si Akk dan hubungan cinta si Akk dan Aye, karena cemburu juga kisah cintanya gak seperti Akk dan Aye. Pas si Khan menciumnya saat tidur. Si Thua sebenarnya gak tidur itu, udah terbangun... Tapi pas mau ditanya, si Khan nya langsung mengalihkan topik. Plus si Thua menjadi saksi kemesraan Aye dan Akk diam-diam. Melihat Aye dan Akk ciuman di kolam. Tapi nae senang diendingnya mereka jadian, dan si Khan berani ngumumin hubungan mereka secara terang-terangan.


Jika ditanya, apa pesan moral dari sepanjang series ini? Yang sangattt... sangattt terasa itu adalah tentang mental health. Depresi, takut, merasa putus asa, merasa kehilangan arah, merasa gak berguna. -- Ini adalah sisi lain dari series ini yang membuat nae amaze gitu loh! -- Terutama fokusnya pada karakter si Akk yang diawal-awal series rasanya bakal bisa diandalkan tapi ternyata merasa terbebani banget karena Ketua OSIS. -- Tapi mau berhenti pun, dia nggak bisa karna ga mau mengecewakan kedua ortunya. -- Ada satu kalimat favorit nae di series ini, pas scene si Akk balik ke kampung halamannya karna diskorsing dia lagi merenung sendirian di tepi pantai. Terus ortunya datang dan bilang gini : "Akk! ada berapa banyak orang penting yang kamu miliki dalam hidupmu?" memang sih terkesan cuma pertanyaan biasa, tapi jika dipikir-pikir lagi, misal nih kita lagi merasa putus asa banget, merasa gak ada satupun orang di dunia ini yang sayang sama kita, semua rasanya seperti sendirian di dunia yang ramai ini. Terus orang terdekat nanya "ada berapa orang yang penting dalam hidupmu?" kalau nae berada di posisi itu, yang dibenak nae pasti kebayang ortu nae, kakak dan adek nae... mereka pasti sayang sama nae walaupun mungkin mereka secara tidak langsung mengungkapkannya. Sekarang itu pilihan ada ditangan kita, apakah kita cukup berani untuk mengungkapkan apa yang kita pendam dengan orang-orang yang kita anggap penting? atau malah memilih memendam sendiri dan menganggap seakan-akan semua orang gak ada yang peduli dengan perasaan kita. -- Dan aplikasi pemahaman ini dalam seriesnya yaitu si Akk yang akhirnya dia coming out dan ngaku pacaran dengan Aye. Ortunya punn tipikal yang open minded ya say, pas si Akk nangis-nangis karena mengira ortunya pasti kecewa kalau dia ternyata suka sama cowo juga. Tapi sebaliknya ortunya malah memberi dukungan. "Kamu pasti sudah menanggungnya begitu lama, akhirnya kau punya keberanian untuk mengeluarkannya." -- Saluttt sih!


Kesimpulan :
The Eclipse ini adalah BL Series yang awalnya nae kira gak bakal seru! plus kaget bisa-bisanya GMM ngekapalin Khaotung dan First? Awal-awalnya memang nae masih butuh beradaptasi dengan couple ini. Tapi kalau untuk segi akting, bahkan alur. Nae patut acungi jempol. Nae suka karakter si Aye! yang berhasil mematahkan pandangan remeh nae terhadap Khaotung, yang ragu apakah dia bisa membawakan peran seperti Aye ini! Alurnya juga menarik! setiap episode, kita serasa akan diajak ikut menebak siapa pelaku dibalik kutukan Suppalo! jadi ada sensasi suudzon-suudzon nya gitu loh say! saat tahu orang yang kita curigai ternyata gak bersalah itu serasa berdosa banget sih nae! wkwkwk.. Ingat! diseries ini karakter yang kita curigai, yang kita anggap pasti pelakunya, padahal perannya baik, berbanding terbalik dengan karakter-karakter yang kita anggap baik, yang kita kira mana mungkin dia pelakunya, malah justru dialahhh pelaku sebenarnya! -- Soundtrack! The Eclipse cuma punya satu 1 OST doang, "Over The Moon" by Khaotung Thanawat yang rilis 9 Agustus 2022 lalu. Lagunya tipikal lagu-lagu kalem bikin candu ya say. Heran deh GMM! sekalinya ngasih series ada yang OST kedikitan cuma 1 tokk doang, ada series yang OSTnya menurut nae kebanyakan sampe 8 Lagu njirr OSTnya. Yang adil dongg! minimal ada untuk opening dan closing aja. 


Tapi ini kembali lagi ke selera masing-masing sih say, soalnya ada temen fujo nae nih katanya alurnya memang menarik tapi dia masih kesusahan beradaptasi dengan Khaotung x First makanya dia gak lanjut nonton. Serasa liat uke x uke katanya... eh.. tapi iya juga sih, nae agak bingung siapa yang jadi semenya, si Aye gak sih? ntahlah... :v yang penting cowo x cowo.


So, nae rasa cuma ini saja yang pengen nae sampaikan, bagi yang masih ragu apakah bakal sesuai selera kamu apa nggak, coba deh tonton 1 or 2 episode, kalau suka bisa lanjut, kalau nggak ya skip aja seri ini say... Tapi bagi yang sudah menonton The Eclipse sampai tamat, kalian bisa berbagi opini, kritik or curhatan kalian selama menonton series ini di kolom komen ya! nae akan reply kok. :) -- Salam cinta gerhana Aye dan Akk! Nae pamit ya say.. See you di review yang lain... Byebye!

TRAILER THE ECLIPSE SERIES

KHAOTUNG THANAWAT - OVER THE MOON MV
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)