[REVIEW] – SEMANTIC ERROR (2022)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meninggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

**
Annyeonghaseyooo T-T nae imnida... Sudah cukup lama nae tidak menulis ulasan bin curhat edisi BoysLove dari negri ginseng ya chingu, kali ini nae mau mereview BL Korea 2022 yang the mosttttt favorite nae banget sejauh ini. Tak bukan dan tak lain ya SEMANTIC ERROR.... Beri tefuk tangan meriah chingu-ya... T-T *Prok-Prok-Prok.


SEMANTIC ERROR (2022) adalah BL Korea produksi Watcha yang diadaptasi dari Manhwa aslinya berjudul sama karya Jeo Soo Ri. Drama ini tayang mulai tanggal 16 Februari 2022 s/d 10 Maret 2022 dengan total 8 Episode (Per episode durasinya ± 25 menit..) series ini bisa ditonton melalui apps Viki Rakuten & Gagaoolala.

Sebelum nae menonton Semantic Error, nae nggak ada persiapan sama sekali. Persiapan dalam artian, gak ada tahu info drama nya mau tayang, mungkin nae terlalu sibuk nyari cuan yes di real life, sampai-sampai ngeBL pun jadi agak terbengkalai. Nae tahu Semantic Error gara-gara trending cuy, mulai dari Twitter, Instagram, Fyp Tiktok, sampe grup-grup Facebook bahasnya “SEMANTIC ERROR.. TERERROR-ERROR!” – dan begitu nae cek trailernya, nae dah klepek-klepek njir T-T Semenya ganteng banget nget nget valid no debat. Dan begitu nae tonton! Jangan tanya kondisi perasaan nae gimana ya chingu T-T Baper... Galau... kek gak rela tamat secepat itu. Belum lagi ditinggal pas lagi sayang-sayangnya duhhhh... sampe detik ini nae masih gagal move on dari Drama BL satu ini tau ga. Karena blog nae ini spesialis review berbumbu CURHAT. So... mari kita kenalan dulu dengan kapal yang bikin nae GaMon berkepanjangan.


PARK JAECHAN Dongkiz (sekarang sudah berganti “DKZ”) sebagai Chu Sangwoo / Sangchu (Selada) HBD : 6 Desember 2001
PARK SEO HAM sebagai Jang Jaeyoung, Seoham merupakan eks member boyband KNK yang hengkang pada September 2021 lalu. 
HBD : 28 Oktober 1993
Gara-gara kalian dua ya! Tanggung jawab kalian T-T kenapa kalian selalu stuck di kepalaku, tiada hari tanpa mikirin Seoham-Jaechan. Eh! Btw, ada gak sih yang merasa Seoham sekilas agak mirip Charles Tu (Licheng) di HIStory4 Close To You dan Jaechan sekilas mirip Jisung NCT. Hmm.. Nevermind..!

Storyline :


Chu Sangwoo adalah mahasiswa junior ilmu komputer, karakter yang terkesan pintar, disiplin, dingin, kaku dan berperasaan seperti robot. Orangnya bomat dengan perasaan orang lain, dia juga suka menyendiri, apalagi ciri khasnya itu loh yang suka pake kemeja kotak-kotak dengan topi hitam makin menambah kesan “misterius” dari seorang Chu Sang Woo. *Lebih-dingin-dari-es-batu :v – Suatu hari ada heboh di kampus terkait senior-senior mereka dapat nilai rendah, karena ulah si Sangwoo ini, ada suatu projek yang harus dikerjakan senior-junior bareng tapi para senior gak ikut membantu karena berbagai alasan, alhasil Sangwoo ngerjakan projek itu sendirian, dan ketika mempresentasikan, dia tidak mencantumkan nama-nama orang dikelompoknya, dan menggantinya dengan namanya sendiri.


Hal ini sampai ke telinganya Jaeyoung, senior yang kebetulan segrup dengan Sangwoo (tapi dalam ceritanya mereka saat itu masih belum saling mengenal). Dampak dari perbuatan Sangwoo tersebut, Jaeyoung yang seharusnya bakal wisuda, maka wisudanya terpaksa ditunda.  Dia pun auto kesel dong...... Dia berusaha mencari Sangwoo susah payah kaga nemu-nemu, dan akhirnya bertemu karena teman Jaeyeoung minta tolong untuk membantu projek temennya yang tertarik dengan karya desain grafis Jaeyoung untuk projek pembuatan game. Mendengar hal itu, Jaeyoung langsung membara jiwa ingin balasdendamnya. – Yang membuat nae lucu disini dia balas dendamnya itu kek gak dibawa emosi, biasanya orang kalau mau balas dendam karena marah pasti kek be like “Awas lu ye! Bonyok lu ntar gue bikin.” Tapi ni anak beda, mau bertemu Sangwoo aja senangnya minta ampun, kek mau ketemu ayank.. (ya memang ayank sih!) kek be like : “Yeshh dapet lu!” terus joget-joget disepanjang jalan, tebar-tebar daun serasa nebarin bunga mawar.


Pertemuan mereka aura musuhnya terasa ya ching, ya biasalah urusan rumah tangga! Adu mulut...  tapi karena desain Jaeyoung menarik, makanya Sangwoo tetap memilih Jaeyoung sebagai rekannya dalam pembuatan game (dan dalam hati si Sangwoo sebenarnya kesel dan benci bangett ngett ngettt sama Jaeyeong). Plus, si Jaeyoung semakin memperpanas suasana dengan memakai pakaian serba merah. Karena pas dipertemuan mereka Jaeyoung nanya be like : ”warna yang lo benci?” Sangwoo dengan polosnya : “merah” – Danggg! Besoknya untuk makin membuat Sangwoo marah, Jaeyoung datang dengan outfit serba merah... bukan hanya dari segi pakaian doang, Jaeyoung juga memborong semua minuman favorit Sangwoo (itu loh.. kopi kaleng Blackholic! xD), mengambil posisi tempat duduk favorit Sangwoo, ikut makan siang ngegangguin Sangwoo, bahkan sampe pindah tempat tinggal persis disebelah kamarnya Sangwoo. Sangwoo be like : “dasar saiko sunbaenimm...!” Jaeyoung be like : “makasih durai hoobaenim...!” Awww.. eh tapi nae setuju sih, Jaeyoung kek ada saiko-saikonya gak sih T-T orang mana yang mau balas dendam sampe nguntitin keseharian kita dan rela pindah rumah segala. Tapi untung cakep... :v ehh... 


Perasaan Sangwoo tentu saja Bete bangett... nampak dari raut wajahnyanya sepanjang hari yang kesell, dongkolll tapi kalo dilawan si Jaeyoung pasti merasa senang karena yang dilakukannya berhasil manas-manasin Sangwoo. Iya kan? Makanya Sangwoo milih still calmmm... dan bersikap bomat. Dan untuk menyelesaikan kasus ini, si Sangwoo mikir keras cara-cara untuk menghadapi gangguan dari Jaeyoung, dia jadi datang lebihhh pagi lagi anjir T-T bengekkk.. pagi masih agak gelap udah berangkat ke kampus, menyetok kopi kaleng beberapa dus di kamarnya, bawa kayu pembatas segala lagi, berguna untuk dipake kalo lagi sebelahan duduk sama Jaeyoung. Kalo lagi makan siang, Sangwoo milih duduk di kursi keramaian yang bahkan dia gak kenal sama sekali, mungkin dalam pikiran tuh anak : “bomat sama orang-orang disamping gue, yang penting si saiko sunbaenim gak disebelah gue!


Dan perseteruan mereka, perlahan-lahan mulai ada kelunakan walaupun “secuil” – itu tuh insiden yang Sangwoo ikutan seminar tapi kang seminarnya malah ngajak minum-minum dan gak membahas soal topik seminarnya. Karena si Sangwoo gak tahan lagi, dia adu mulut, dan bertengkar sama kang seminarnya, sampe Sangwoo kena siram pake bir, dan pas saat hendak ditabok, ayank Jaeyoung datang untuk menolong dengan panahnya. Asekkk.. sebenarnya karena kebetulan Jaeyoung juga di bar itu bareng temen-temen segengnya. Mereka berdua pun kabur pergi keluar dari bar sambil berlari-lari, dan rasanya gemeshhh ga sih,, Sangwoo yang selama ini kaku, bomat tapi pas habis diselamatin ayank berlari dengan senyuman cerah bareng ayank lagi. So, apakah itu tandanya Sangwoo sudah melunak kepada Jaeyoung? No... sudah nae bilang, itu cuma secuil karena pas mereka sampe di depan pintu kontrakan masing-masing, Sangwoo balik ke mode awal, “bomat”. Karena menyelamatkan Sangwoo, Jaeyoung lupa barang-barangnya masih tertinggal di bar, dan dia mau minjem laptop Sangwoo buat menghubungi temennya. Awalnya gak dibolehin Sangwoo, tapi pada akhirnya Sangwoo bolehin pake laptopnya + boleh masuk ke dalam rumahnya Sangwoo.


Ini adalah momen yang menurut nae mereka sama-sama saling merasa terpesona ga sih? Kayak Jaeyoung yang melihat Sangwoo baru mandi, rambutnya masih agak-agak basah, imutttttt pake efek slowmo lagi... kek dedek bayi, pasti pake sampo kodomo. Dan Sangwoo yang lagi ngobatin luka Jaeyoung karena sudah menyelamatkannya, terus cara tatap-tatapannya itu lho.. T-T nae serasa bisa melihat ada aliran listrik sinyal cinta dari sorot mata mreka dua.
Dan nae rasa Jaeyoung tuh udah gak sepenuhnya “benci” kepada Sangwoo. Karena sejak itu, Jaeyoung sudah kembali ke karakter dia yang dulu, gak ada lagi outfit-outfit merah, tapi outfit hitam behhhh Jaeyoung damage nya bukan main. Sumpah ya! Nae bolak balik mlenyot nonton Semantic Error ini gara-gara ketampanan Jaeyoung T-T – Tapi kalau soal mengganggu Sangwoo, masih terus berlanjut dong. Tiada satu hari pun terlewat untuk menganggu crush ye kan.


Kalau untuk Sangwoo, dia udah mulai baper... kalian masih ingat scene yang dia mau bales dendam mau mencoret wajah Jaeyoung di perpus, karena pernah dikerjain Jaeyoung waktu dia ketiduran di kelas beberapa waktu lalu.  Dia kek dilema : “gue kok jadi gini sih? Gue kok jadi kekanak-kanakan gini? Itu bukan sikap Chu Sangwoo yang gue kenal selama ini.” – Yaaa! Jjinjja! Siapa yang gak baper sih, pas mau nyoret wajah orang yang dibenci tapi cakep dan tiba-tiba melemparkan senyuman lembut. Sejiwa robotic kek Sangwoo aja bisa baper, apalagi kek nae ini yang cuma tetesan kuah gochujang anjir.


Rasa dilema itu sepertinya sudah menyebar ke dalam rusuk belahan dada Sangwoo yes pemirsa, makanya tuh anak sampe gak masuk kampus. Apalagi Sangwoo dikenal anak yang gak pernah ketinggalan kelas pelajaran. Berarti kali ini dilema yang dirasakan Sangwoo sudah di NEXTTT LEVELLL... #aespa. – Dia gak masuk kampus demi googling mencari tahu penyakit aneh apa yang dialaminya? Hati berdebar-debar, terasa lemah kalo berada dideket si dia, sampe demam lagi. Duhhh Sangwoo... kamu itu lagi jatuh cinta sayanggg... sesulit itukah memahaminya say? Greget njir.. – di lain sisi, Jaeyoung yang tahu ayanknya gak masuk, langsung buru-buru nemuin ayank, beliin obat, tanya kabarnya ayank udah gimana? Tapi ayanknya malah ngambek kek cewe yang PMS telat dibeliin kiranti. Yap! Jaeyoung datang dengan perasaan cemas takut ayanknya kenapa-kenapa, tapi Sangwoo malah membentak-bentak Jaeyoung yang benar-benar menyakitkan, ngatain kek be like : “lo bikin gue gak nyaman, lo bikin gue prustasi! Pergi lo dari sini...!!” 
Jaeyoung benaran sakit hati lo. Dia gak pernah ngegangguin hidup Sangwoo lagi. Dia kek totally back to his life, kembali ke semula kala saat belum mengenal Sangwoo. Ya! Kalau nae di posisi Jaeyoung pasti sakit hati lah, kita sudah datang dengan niat baik tapi pas bertemu doi malah dikata-katain.


Well, seharusnya itu bakal menjadi hal yang melegakan bagi Sangwoo, gak ada lagi benalu yang selalu nempel padannya pagi siang sore malam. Totally Free! Tapi jauh dilubuk hati Sangwoo, ada perasaan yang justru membuatnya gak nyaman dengan kelegaan itu, dia merasa seperti... “kehilangan” Asekkk.... kehilangan ayank. – Yashh... Sangwoo jadi merindu Jaeyoung, di perpus belajar sendiri jadi gak bersemangat meskipun berhasil menyelesaikan berbagai soal. Jadi kepikiran ayank, sampe stalking ig ayank.. Screenshot foto ayank. – Dan nae yakin, Sangwoo pasti merasa bersalah karena perlakuannya, makanya dia ngajak Jihye untuk makan siang di restoran tempat dimana Jaeyeoung kerja parttime. – Wait! Jihye itu juniornya Sangwoo, dia suka sama Sangwoo, makanya tuh cewe selalu mencoba akrab dan dekat pada Sangwoo, dengan panggilan.. “sangchu” (selada).. kalau nae sih sebutnya seladachu.. wkwkwk.


Oh ya... setelah insiden dijauhi Jaeyoung, Sangwoo udah mulai berubah juga, dia udah gak pake topi lagi. Dan pas ingin ngajak baikan kepada Jaeyoung, Sangwoo yang selama ini keknya bagi dia najis manggil hyung sama Jaeyoung, demi ayank akhirnya dia manggil “hyung!!” Awww... nae masih ingat reaksi pertama nae saat mendengar Sangwoo pertama kali manggil Jaeyoung dengan hyung. Uwu banget ya ampun. Karena bolak balik manggil hyung, Jaeyoung yang masih marah dan kesel be like : “jangan panggil-panggil gue hyung lagi...” – Sangwoo : “tapi lu bilang, gue boleh manggil dengan sebutan itu.” – Jaeyoung : “Ani... Hajimaaaa!” (nggak! Hentikan!!) Duarr... Nyesek kan Sangchu? Kek gitulah perih yang dirasa ayankmu itu saat kamu bentak sayangggg..


Dan itu tidak membuat Sangwoo gentar untuk mengajak berbaikan dengan Jaeyoung dan kembali collab membuat game XD – Dia masih ngechat Jaeyoung terkait projek game, padahal nae yakin sih itu cuma akal-akalan aja supaya bisa baikan lagi. – Ceritanya saat itu, Jaeyoung disuruh temennya pemilik restoran, untuk mengembalikan barang Sangwoo yang ketinggalan. Dan pas dikembaliin pun, Jaeyoung gak banyak cing-cong kepada Sangwoo. Pas dah dibalikin, dia langsung pergi. Dan disitulah Sangwoo memohon kepada ayank : “Sunbae... (takut dimarahi lagi keknya kalau manggil hyung) aku maunya harus sunbae, tolong pikir-pikirkan lagi, aku yakin kita pasti bisa melakukannya.” Jurus andalan ni anak keluar memanggil Jaeyoung dengan lembut “Hyung!”  -- Plis... Jaeyoung auto lemah dong kalau dipanggil hyung oleh ayanknya. Dan disitulah Jaeyoung memaafkan Sangwoo. Mereka dua pun saling melempar senyuman salting. Plis ya pliss... Nae ikutan baper mlenyot nontonnya oy T-T terlalu manis ini woiii. Diabetes dah gue lama-lama.


Ada hal yang membuat nae shock, ternyata si Sangwoo lebih agresif njir.. karena nae gak ada baca manhwa nya sama sekali. So, nae gak ada ekspektasi si Sangwoo bakal duluan nyosor bibir Jaeyoung duluan. Ceritanya Jaeyeong saat itu lagi istirahat karena kecapekan, nah Sangwoo yang melihat Jaeyoung tertidur, mungkin gak tahan dengan pesona Jaeyoung which is definetely, tidur cakep T-T pliss... bibirnya Jaeyoung memang menggoda banget sih, Sangwoo be like : “Hyung udah tidur yaa? Benaran tertidur ya? Hyung...?” And... Jubbbb!! Tercipok dah bibir Jaeyoung. – Nah habis mencipok bibir Jaeyoung diam-diam. Kebiasaan nih anak. RUNN BESTIE... Langsung buru-buru kabur, melarikan diri dari perbuatan khilafnya. Dan begitu Sangwoo pergi, ternyata Jaeyoung pura-pura tidur T-T dan menyadari bibirnya udah dicipok Sangwoo.


Nah itu kan, Sangwoo yang nyosor Jaeyoung. Kalau ini, gantian dong! Jaeyoung yang nyosor Sangwoo. Pas adegan di bar, saat mereka mabok-mabok, terus mereka main game tuker umur, Sangwoo jadi hyungnya, Jaeyoung jadi dongsaeng (adeknya). Dari game itu pembahasan mereka lari kek “gue cakep gak?” tanya Jaeyoung. Sangwoo yang sedari tadi mabok dan gak tahan melihat bibir Jaeyoung yang seksi banget, gigitable, cipokable, isepable. Tapi nae merasa Jaeyoung juga peka ga sih? Dia kek ngasih aba-aba gitu kepada Sangwoo. ”Gue kasih peringatan! Gue bakal mencium lo dalam satu menit lagi, jadi jika mau melarikan diri, kabur saja...” – Bukannya kabur, Sangwoo langsung menarik baju Jaeyoung dan ciuman dong T-T – bedanya ciuman kemarin itu cipok kering ya chingu, kalau di bar ini, cipok basah... Ciumannya tolong.. bibir Jaeyoung dan Sangwoo saling melumat. T-T Nae gak kuat plisss... mereka yang ciuman, nafas nae yang terengah-engah, rasanya udara dikamar nae jadi tipis oksijenn melihat kedua bibir namja saling mengulum bibir.. Hmppsh. Aww..


Habis ciuman, seperti biasa Sangwoo langsung kabur, dan kejar-kejaran dengan Jaeyoung and Happp! Tertangkap dong! Disitu Jaeyoung menanyakan perasaan Sangwoo terhadapnya tapi Sangwoo nya kebiasaan gak mau memahami hati kecilnya, dia menganggap ciuman-ciuman yang terjadi diantara mreka hanyalah kekhilafan. Jadi Jaeyoung kek menasihati Sangwoo untuk lebih mendengar apa perasaan yang sebenarnya dia rasakan. Dan bahkan juga ngajak Sangwoo untuk percobaan pacaran selama dua minggu, untuk lebih meyakinkan lagi perasaan.


Sepanjang malam, Sangwoo benar-benar memikirkan dan mencoba mendengarkan apa kata hatinya. Dan akhirnya, dia menyetujui akan nyoba pacaran percobaan selama 2 minggu. Tapi, saat hari dimana Sangwoo akan memberitahu Jaeyeoung, bertepatan pula dengan hari dimana Jaeyoung diterima mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Seketika Sangwoo mengurungkan niatnya. Dan dari apa yang nae liat, Sangwoo nampak kek shock dan tiba-tiba nggak mood gitu. Jaeyoung juga peka loh... keknya dia mengerti sikap Sangwoo kek gitu makanya be like : “Atau gue gak usah pergi ya?” tapi Sangwoo tetap ngotot, “Lu harus pergi, lu jangan ngorbanin masa depan lo hanya karena gue!” *padahal-hati-dah-nyesek.


Karena Sangwoo tetap nyuruh-nyuruh pergi, Jaeyoung udah bersiap-siap nih mau otw ke luar negeri dan hanya sempat bertemu Sangwoo untuk memberikan file projek yang dia kerjakan. Sebelum Sangwoo benaran tahu Jaeyoung akan pergi, di hari itu dia bertemu dengan Jihye, dan Jihye mencurahkan isi perasaannya terhadap Sangwoo. Meskipun ditolak Sangwoo, Jihye gak merasa sakit hati, tapi lega dan bangga karena sudah berani dengan perasaan dirinya.


Nae rasa ini hubungannya dengan si Sangwoo kek menyadari, orang-orang disekitarnya yang menyukainya dengan jujur mengatakan kalau ada rasa padanya. Seperti Jihye yang tahu bakal ditolak tapi tetap berani menyatakan perasaannya. Begitu pula dengan Jaeyoung yang sudah lebih dulu menyatakan perasaannya terhadap Sangwoo. – Begitu Sangwoo sudah menyadari betul perasaannya, dia pun langsung bergegas ingin menemui Jaeyoung. Sambil mengayuh sepedanya, dia kembali flashback momen dimana pertama kali dia bertemu Jaeyoung dan merasa kesal dikerjain Jaeyoung, tapi ada juga momen dimana tidak hanya rasa kesal yang dia rasakan terhadap Jaeyoung, tapi momen hati yang berdebar-debar, momen yang membuat dia jatuh cinta dan tergila-gila. Membohongi perasaan dan mencoba bersikap baik-baik saja adalah hal justru menyakiti Sangwoo. Karena itulah, dia akan bertemu Jaeyoung, dan memperbaiki keerorran yang terjadi pada perasaannya.


Saat Sangwoo bertemu Jaeyoung, Sangwoo sempat ngomel-ngomel “gue nelpon-nelpon kok gak diangkat?” Pffff... “Lo benar-benar membuat sistem gue error! Gue tau gue harus melepaskan lo, gue tau apa yang gue katakan ini gak akan berguna, tapi meskipun gitu, gue masih menyukaimu..” – “Hyung... aku mencintaimu..” *mata-udah-berkaca-kaca. – Sangwoo membahas jawabannya soal pacaran percobaan selama 2 minggu, tapi Jaeyoung mengajak Sangwoo pacaran, benar-benar pacaran, bukan dalam masa percobaan lagi. Akhirnya.. Sangwoo mengiyakan ajakan pacaran Jaeyoung dengan ciuman tiba-tibanya. T-T YASHHHH... FINALLY JAEYOUNG SANGWOO berlayarr........
The last, Apakah Jaeyoung akan tetap pergi keluar negri? Tidak ya chingu T-T akhirnya Jaeyoung milih stay di Korea dan bersama ayank. Ayank Sangwoo.

Review Time :


ERRRORR... ERRORRR.. *Beep..Beep.. System Not Detected. T-T System sedang mlenyot. Yash.. Nae benaran tererror-error seperti temen-temen fujodan lain rasakan. 
Apa sih pendapat nae saat menonton SEMANTIC ERROR? 
Kalau berdasarkan alur, nae merasa lucky karena gak ada membaca manhwa atau mencari tahu spoiler kisah cerita aslinya seperti apa. Karena yang nae takutkan jika nae tahu alur asli, kita pasti punya ekspektasi akan seriesnya bakal seperti apa, iya kan? Jadi karena nae gak ada gambaran apapun, nae benar-benar nonton Semantic Error ini dari ekspektasi 0, gak berharap apa-apa. Cuma minimal feelsnya dapet aja. Itu sudah cukup bagi nae. Tapi yang nae dapatkan lebihhhhhh dari itu.
Bisa dibilang versi Dramanya tidak se”anu” versi manhwanya yang sampe ada adegan desah-desah. Darimana nae tahu? Karena setelah nae tamat nonton Semantic Error ini, nae baru nyari tahu manhwa nya seperti apa. Bahkan di Youtube pun ada cuplikan manhwanya, dan that’s so hawwtt chingu ya.


Apakah nae kecewa karena gak sehawt di manhwanya? Karena nae nontonnya gak berekspektasi apa-apa ketika awal nonton. Semantic Error versi drama nya ini udah Sangat.. Sangat.. Sangatt.. ngat... ngat.. membuat nae mabok kepayang chingu T-T – kisah cinta romantis cowo x cowo yang benar-benar jlebbb bikin nae baper dan susah move on. 
Dan itu semua tidak terlepas dari kemampuan akting Seoham dan Jaechan. Menurut nae karakter yang dibawakan mereka bagus sih dan kemistrinya jangan ditanya ya chingu T-T biasanya ada aktor yang berhasil akting dengan baik tapi kemistrinya kadang nggak klop dengan lawan mainnya, kek hanya sekedar “Oh.. its good.” Tapi untuk Seoham dan Jaechan, baik itu di drama atau di real life. Benaran gak ada canggung sama sekali. Di real life apalagi pas masa promosi Semantic Error yang singkat, pokoknya fans dibuat mabok kepayang gak sembuh-sembuh karena keuwuan Samchon dengan “uri aegi wassohh”. T-T 
Tidak ada karakter “antagonis” dalam drama ini, jadi totally tentang masalah “memahami perasaan”. Tapi gak tahu juga ya kalau versi manhwanya, karena katanya Semantic Error versi drama ini kalau berdasarkan manhwa masih sebagian, belum sampai benaran ke chapter terakhir. Apalagi manhwanya sampe sekarang masih on going loh.


Soundtrack :
Semantic Error punya 3 lagu track : Coldin “Romantic Devil” yang bikin candu banget. Apalagi pas di reffnya “Step into my heart, and you’ve become my world, Oh you’re Romantic Devil” duhhh... setiap dengar lagu ini teringat scene awal-awal dimana Jaeyoung dan Sangwoo saling membenci tapi Jaeyoung malah kesenangan karena ngerjain Sangwoo. – Coldin “Can You Stay” yang bikin baper. Btw, ini adalah OST Favorit nae di Semantic Error. Mendengar lagu ini makin menambah nuansa kebaperan nae. Apalagi di scene-scene kebimbangan atau keromantisan perasaan Jaeyoung dan Sangwoo. Lagu ini perfekta banget!! Suka T-T – BehindtheMoon (ft. The Hills,Plo6) “Error!” – Kalau lagu ini sih memang original soundtrack manhwanya yang rilis 5 Maret 2021 lalu, dan untuk versi dramanya lagu ini juga masih dimasukin dan menurut nae lagunya asik dan bikin baper, tapi gak sebaper kalau dengar Can You Stay sih. Can You Stay gila sih itu lagu T-T bapernya sampe meresap ke ulu hati.


Apa yang membuat nae kurang suka dengan Semantic Error? 
Overall, nae suka sih, gak ada hal yang harus diperdebatkan panjang lebar, baik itu dari aktor, alurnya... btw.. nae punya sedikit kendala, alurnya mungkin awalnya agak terasa “belibet” atau susah dicerna otak tentang mereka bahas apaan sih? Kayak nae yang awalnya bingung memahami apa yang dilakukan Sangwoo makanya Jaeyoung sampe gagal wisuda. Terus, mungkin karena Sangwoo tipikal cowo yang kek robot, yang gak mau cerita terus terang juga dengan perasaannya, dia kadang menggunakan kata-kata pengibaratan, misalnya : “Lo adalah kesalahan dalam system gue, seharusnya dari awal gue ngeformat lo...” jadi usahakan menonton dari apps streaming resmi karena indosubnya bakal lebih mudah dicerna, andaipun kamu nyari yang gratisan, setidaknya kamu harus bisa memilih yang hasil terjemahannya tidak seperti mentranslate baku dari google translate. Karena bisa saja arti yang diseri dengan terjemahannya tidak sama. Atau bahkan dari satu subber dengan subber lain berbeda hasil terjemahannya. Tapi jika kalian pengen mendukung aktornya bisa dari apps resmi ya... kalau soal harga ya.. lumayan priceyy sih! ± IDR. 95.000 dari Gagaoolala Tapi worth it kok. Karena bisa nonton BL yang lain juga sepuasnya indosub. – Yang membuat nae kurang suka, paling sih... ga jauh-jauh beda dengan review BL-BL Korea pada umumnya, durasi dan episode sedikit. So far, BL Korea yang nae suka dari segi durasi dan episode masih Light On Me. Dan kalau untuk Semantic Error, nae juga menyayangkan sih kok durasinya seuprit... padahal bagus, padahal versi manhwanya masih panjang perjalanan kisah cinta Jaeyoung-Sangwoo. Jadi jangan salahkan nae ya, jika nae berharap semoga dibuatin season 2 nya.


Oke... saatnya memasuki sesi Curhat! -- Curhat soal Seoham dan Jaechan. Jika ditanya perasaan yang paling... palingg... nae rasakan. Jujur! Hingga sekarang nae masih gak bisa move on dari drama ini, masih sering nae rewatch, baper... kangen.. terutama kangennn itu.. Kalian pasti udah denger kabar Park Seoham yang wamil tanggal 10 Maret 2022 lalu kan? Itu benaran nyesek sih, kek... “lo tega ya?” Ya! Ya! I know, wamil itu adalah kewajiban para cowo korea yang sudah memasuki masa usia wamilnya. Tapi namanya juga ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Seriesnya tayang kurang lebih 2 bulan, promosi dalam waktu singkat, kemudian ditinggal selama 2 tahun. Rasanya tuh... perihh gak sih T-T terus terang saja, waktu hari-hari selesai nonton Semantic Error tamat, nae mengalami galau berkepanjangan, ya! Ya! I know nae alay, dan baperan tapi memang rasanya kek sanggup ditinggal pas lagi sayang banget, padahal nae masih pengen liat lebih banyak momen Seoham dan Jaechan dipuncak popularitas Semantic Error. 


Ada rasa terharu dan kebanggaan ketika mereka mencoba projek ini. Followers mereka yang benaran melejitt.. dan menjadi trending topic dunia, biasanya di trending topic Indonesia kalau soal BL paling keseringan yang trending couple-couple BL Thailand, tapi nae benaran shock saat Semantic Error pun turut diperbincang hangatkan di negeri +62 ini. Gak cuma itu saja yang bisa dibanggakan, Semantic Error berhasil menjadi Drama yang paling banyak di tonton dalam apps streaming di Korea selama masa penayangannya. Berada di No.1 dan bisa mengalahkan poin produksi Netflix (Juvenile Justice, Twenty Five Twenty One, Bussiness Proposal dan The Pirates) & Disney+ Hotstar (Rookie Cops). – Dari situ saja bisa dilihat bagaimana netizen Korea pun banyak menanggapi Semantic Error dengan respon positif.  – Apalagi yang bisa dibanggakan? Pemotretan majalah pertama mereka langsung ludes sold out hanya kurun waktu ± 2 jam. Semantic Error masuk media cetak Korea dengan judul “BL Yang Tengah Naik Daun” , di Review dalam salah satu Broadcast MBC, stasiun TV Nasional Korea. Terharu gak sih T-T benaran se-booming itu loh dampaknya.


Kesimpulan :
Semantic Error adalah BL Korea terbaik sejauh ini di 2022 bagi nae. Alurnya mungkin terasa bingung diawal tapi kalau dicerna banget, sebenarnya tidak seribet yang nae bayangkan, justru sebenarnya simpel. Aktor dan Kemistri yang patut diacungi jempol, yang gak ada rasa canggung baik itu diseri bahkan direal life yang benaran... membuat nae amaze, biasanya BL Korea yang tamat, dan selesai promosi, aktornya bakal jarang fanservice atau bahkan udah gak pernah lagi. Kalau ini? Seoham yang lagi wamil aja, Jaechan masih sering membuat para fans menebak teori-teori yang membadutkan. Mulai dari Seoham dan Jaechan yang diam-diam pernah liburan berduaan ke Jeju, Jaechan yang sering memakai baju-bajunya Seoham dan ngeup di instagramnya. Belum lagi kedekatan Seoham dengan orangtuanya Jaechan! Karena Seoham tinggal sendirian, emaknya Jaechan pernah masakin makanan untuk Seoham, adeknya Jaechan pernah ngasih coklat ke Seoham pas valentine, Seoham juga pernah minum bareng ayahnya Jaechan. Jadi... dengan itu semua, apa kalian bisa secepat itu move on hah? Nggak kan? Begitu juga dengan nae... 
OSTnya juga mantoel-mantoel ya chingu. Soal durasi memang bikin elus dada, tapi walaupun durasi dan episode sedikit, setidaknya feels saat nae menontonnya itu dapat.


Harapan Untuk Semantic Error, Seoham dan Jaechan?
Untuk Semantic Error, dengan sebooming itu, dan mengingat masih sebagian dari manhwa, nae berharap setelah Park Seoham selesai wamil, bakal ada Season 2 Semantic Error atau projek BL baru lagi bareng Jaechan. Karena terlalu cepat untuk mengatakan selamat tinggal dengan BL satu ini. Satu-satunya yang bisa nae lakukan adalah menunggu dan berharap semoga bakal ada titik terang.
Untuk Park Seoham, andai nae ketemu langsung dihadapan dia sekarang nih ya.. nae pengen mukul-mukul dada bidangnya. “Waeyo hyung? Waee? Kenawhy hyung pergi disaat kami bucin banget sama suam dan sangchu T-T” – Sampe sekarang masih baper masih gak iklas, masihhh akhhh.. susah deh jelasinnya dengan kata-kata. Nae hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Seoham yang lagi wajib militer, semoga 2 tahun ke depan, setelah dia selesai wamil, semoga Seoham akan ngeBL setidaknya sekaliiiii lagi, sebelum akhirnya dia kembali main drama straight. By the way, bagi yang ada nyari info Seoham, kalian pasti tahu dia sudah menandatangani dengan agensi khusus aktor/aktris, bahkan ig-nya Seoham juga diam-diam dikendalikan agensinya. Itu loh, yang sempat heboh seminggu lalu, Following Seoham yang ratusan, tiba-tiba ngeunfoll temen-temennya sampe tersisa 1 akun yang diikuti itupun akun agensinya. Padahal Seoham lagi wamil. Jadi bisa dipastikan dengan agensi barunya, agensinya ingin membangun imej baru seorang Park Seoham. Apalagi followers Seoham udah sampai 600 ribu dan pasti akan bertambah kedepannya. 
Untuk Jaechan, bulan April 2022 nanti dia akan comeback dengan groupnya, dan semoga saja dengan dampak boomingnya Semantic Error, bisa membawakan DKZ untuk trofi pertamanya. Dan semoga saja mereka bisa dapat views jutaan, karena sedih sih, mereka debut di 2016, jangankan trofi, Mvnya pun gak ada yang menyentuh 1 jutaan sampai sekarang. Padahal lagu-lagunya addict banget seperti LUPIN. T-T – Oh ya... nae juga pengen berterima kasih dengan agensinya Dongyo Entertainment yang benaran memberi kesempatan dan benaran memberi dukungan terkait Jaechan main BL. Dan gak segan-segan membolehkan ngeUP Behind The Scene dari channel officialnya. Karena ada juga agensi yang tidak mau ngeup apapun tentang “BL Project” idol/aktornya mungkin bisa saja karena “BL” adalah hal yang tabu.


Semakin tinggi pohon tumbuh, semakin kencang angin menerpa. Sempat beredar rumor Jaechan pernah ngebully di masa lalu, dan langsung dibantah agensinya dan itu hoax. Lagian aneh sih netizen, pas sebelum namanya naik gak ada yang bahas begituan, tiba booming dan femes mulai ngorek-ngorek hal yang belum jelas kepastiannya. – karena Semantic Error juga sering trending topic Indonesia selama masa penayangannya, jelas kita juga gak bisa menghindari cibiran netizen / kpopers yang ga suka BL. Dengan kata-kata “Demi popularitas, rela banting stir ngeBL, padahal cakep.” – Gini! Itu adalah kata-kata yang sebenarnya sering nae denger, tapi sampe sekarang nae masih gak terima dengan ucapan seperti itu. Iya.. Seoham memang bukan aktor terkenal seperti Gongyoo, Lee Min Ho, Park Seo Jun ataupun Jaechan bukan dari boyband terkenal. Tapi apa yang membuat nae bangga dengan mereka? Setidaknya mereka lebih “berani” dalam mengambil keputusan untuk ngeBL. Lagian mereka memilih main BL Drama pasti bukan hanya memikirkan popularitas saja? Malah nae merasa miris sama orang yang pola pikirnya “NgeBL auto famous” padahal gak semua BL Drama bisa membawa kesuksesan, itu tergantung rezeki masing-masing. Kalau seriesnya booming ya booming, kalau nggak ya pasti b aja tergantung mau genre apapun yang mereka perankan. – Mereka juga sebelum mengambil peran pasti udah memikirkan matang-matang apa dampak positif/negatif dari genre BL ini. Dan lagi-lagi nae amaze dengan pola pikir mereka yang sama sekali tidak keberatan dan tidak segan-segan melakukan fanservice. Jadi, jika mereka saja menyikapinya dengan santuy, jadi kenapa harus malu main BL Drama? Ingat! BL Drama sama dengan Straight Drama, perbedaannya cuma di gender saja. Satu-satunya orang yang patut dihindari, adalah orang yang gak bisa saling menghargai, yang jelas-jelas tidak merugikan kehidupan orang tersebut. Jadi bagi yang phobia sama genre beginian, ga usah nyebarin atau membuat kata-kata “jijik.. eneg... mau muntah segala macem liat dua cowok ciuman.” – Series BL dibuat target pasarnya bukan untuk kalian yang homophobic. Tapi untuk para fujo, fudan. Lagian simpel aja sih, kalau suka ya ditonton, kalau nggak suka ya skip aja, gak usah ninggalin hujatan berkedok sekedar mengingatkan trus baru di skip. Cukup saling menghargai saja. Sumpah! Kadang nae baca komen-komen begituan, ikut gedek jadinya. Jengkel sumpah!


OK! Nae rasa itu saja sih yang mau nae sampaikan, chingu mohon harap maklum yaaa.. jika yang kalian baca lebih banyak curhatan nae ketimbang membahas dramanya. Karena bagi nae BL bagus ya bakal bagus dimata nae dan nae orangnya gak tukang komplain hal-hal kecil di dramanya. Nae lebih suka mencurahkan isi perasaan nae ketika menontonnya. Nae pengen kalian tahu apakah perasaan nae ini sama dengan yang kalian rasakan? 
Apakah Semantic Error nae rekomendasikan? Yashhh. Berada di Barisan Depan! Seriesnya manis-manis bikin senyam senyum, bikin baper dan gagal move on. Njir.. menulis ini nae jadi flasback scene uwu-uwunya, ketika Jaeyoung minta izin pengen ngelus kepala Sangwoo. Sampe Sangwoo dikamarnya senyum-senyum sendiri karena kepalanya dielus ayank. Saat Sangwoo manggil Jaeyoung “hyung!*duh-lemes-dah-nae. Kiss scenenya duh.... meresahkan. Belum lagi dibuat ngakak dengan Jaeyoung vs Jihye yang bertengkar memperebutkan Sangwoo. T-T lucu banget... biasanya uke vs cewe memperebutkan seme, ini malah semenya vs cewe rebutan uke. Pokoknya Suka banget deh dengan Semantic Error. Semoga ya selesai wamil, Seoham bakal ada projek bareng Jaechan lagi. Ya mana tau kan ada Semantic Error 2.


Jika menuruti keinginan curhat nae, sebenarnya nggak bakal ada habisnya, jadi yeah... nae harus mengakhiri review bin curhatan ini kan? Bagi yang sudah menonton Semantic Error kalian bisa berbagi perasaan kalian di kolom komentar, apakah kamu gagal move on juga seperti nae yang hingga sekarang masih tererror-error? Dan bagi yang belum nonton, pliss... nonton ya T-T seru! Bagus! Manis.. ahhh speechless nae nih. Akhir kata, nae pengen ucapkan terima kasih yang sudah mau mampir... Salam kisah cinta Jaeyoung dan Sangwoo. Mari kita terus layarkan Samchon x Uri Aegi wassohh... T-T Seoham see you 2 tahun lagi dan Good luck buat Comebacknya DKZ. Byebye!

ERROR! ERROR! ERROR! SYSTEM IS FAILED TO MOVE ON.

SEMANTIC ERROR TRAILER

COLDIN - ROMANTIC DEVIL

COLDIN - CAN YOU STAY

2 comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)