REKOMENDASI LAGU ASIA FAVORIT DAN BL SOUNDTRACK 2021


Gak terasa ya, 2021 tinggal hitungan hari. Dan disepanjang tahun ini, nae kecantol dengan lagu-lagu yang nae temuin dari BL Series dan beberapa lagu yang nae temui secara random dari YouTube. Karena sejauh ini blog nae bahasnya BL Korea, Thailand, Taiwan dan Jepang. Jadi lagu-lagu yang nae rekomendasikan hanya berasal dari 4 negara tersebut. Jika kalian bingung, mau lagu apa didengerin, gak da salahnya kok mendengar lagu-lagu yang nae rekomendasikan berikut ini.

Part I : LAGU FAVORIT NAE DI 2021


THREE MAN DOWN – “Bad Guesser”
Lagu ini dari band terkenal di Thailand, yes.. Three Man Down, lagu ini rilis masih di bulan-bulan awal tahun 2021 tepatnya 23 Februari 2021 lalu. Nae kenal band yang satu ini gegara nemu lagunya di scene En Of Love “Love Mechanics” yang “City” terus, nae coba denger-denger lagunya, dan ternyata asik lho... termasuk salah satunya lagu ini. Bad Guesser! Lagu nya kurang lebih memberi gambaran tentang orang-orang yang susah menebak akan cinta. Apakah cinta yang datang itu hanya untuk “main-main” doang atau benaran cinta sepenuh hati? Jadi disepanjang liriknya seperti bertanya-tanya be like “lu ciyus sayang sama gue? Gue gak bisa nebak maksud kedatangan lo ke dalam hidup gue, tapi kalau bisa sih lo benaran sayang sama gue, karena gue gak mau cuma menjadi mimpi doang, tapi menjadi milikmu dengan sepenuh hati.” – lagunya dan MV Bad Guesser ini vibesnya ceria kok, jadi cocok di dengar pas mood lagi bagus, misalnya lagi ngerjakan tugas, terus sambil denger lagu ini, sukses bikin kepala nae ikut bergoyang, meskipun nae kaga tau arti lagunya sebelum akhirnya nanya ke mbah google.


THREE MAN DOWN – “There I Have You, There Is Have iQiYi”
Lagu ini rilis tanggal 1 Oktober 2021 lalu, dan seperti judulnya “There I Have You, There is Have iQiYi” garis bawahi “iQiYi” yup! Lagu ini adalah lagu promosi dari platform iQiYi Thailand. Lagunya tentu saja memiliki lirik-lirik mempromosikan platform tersebut, istilahnya “Mau nonton film yang seru bareng pacar? Nonton dari iQiYi aja... dari K-Drama, Dorama, Lakorn hingga beragam genre movie ada dalam satu aplikasi iQiYi ” duhh! Nae kesannya kok malah jadi promosiin ni aplikasi sih.. wkwkwk... padahal kaga di endorse :v (yuk bisa yuk iQiYi endorse nae juga promosiin aplikasinya) #halu. – jika Bad Guesser bagi nae lagunya terasa ceria, maka lagu ini berlipat-lipat kali lebih ceria, fun, lucu dan tentu saja easy listening and catchy, nae jamin yang pertama kali dengar lagu ini akan setuju kalau lagu ini memang asyikkk...ii.. banget. Tapi, bagi yang penasaran sama lagunya, sayang banget sih kita gak bisa mendengar lagunya dengan bebas di Youtube. Karena Mvnya hanya di set untuk negara Thailand doang, pake VPN negara manapun tetap gak bisa nemu nih lagu, kecuali pake VPN Thailand. But, dont worry gays,, nae punya solusi kok, kalian bisa cari keyword “Three Man Down X iQiYi” dari mbak google, ntar nemu sendiri kok MV nya yang juga di upload dalam Fanpage Facebook iQiYi Thailand.


BLACKBEANS – “A Life”
Blackbeans sendiri adalah Band Indie asal Thailand yang debut 29 April 2018 lalu, yang membuat nae amaze dengan grup ini adalah, semua personilnya adalah teman sewaktu masa sekolah sejak kelas 3 SMP, mempunyai minat yang sama dalam musik dan membentuk band yang sudah mengeluarkan banyak lagu. Dimana nae bisa ketemu sama lagu ini? Jujurly, awalnya dari tiktok, dan bukan lagu A Life ini sih, jadi setelah lagu mereka nae nemu dari Tiktok dan nyari lagu-lagu lainnya, kecantollah sama lagu “A Life” ini. Liriknya sendiri kurang lebih be like “semua ada awal dan akhir” dan gak harus dalam hubungan cinta doang sih, terkadang dalam hidup atau merelakan seseorang, akan ada dimana awalnya terasa senang, bahagia dan akan berakhir dengan menitikkan air mata. Jadi yang bisa kita lakukan apa? Kita harus belajar menerima dan mengikhlasnya, memeluk diri dan meyakinkan diri kita akan baik-baik saja suatu hari nanti dan biarkan luka itu sembuh seiring waktu berjalan. Ketika nae dengar lagunya, vibesnya terasa sendu, dan cocok didengar pas lagi mendung-mendung atau ketika hati lagi merasa not fine. 


NONT TANONT – “Are You Sure?”
Dalam rangka perayaan 3 tahunnya JOOX. JOOX berkolaborasi dengan beberapa pernyanyi Thailand dalam projek JOOX Original Album : 100 x 100 Season 3. Dan pernyanyi di dalamnya ya salah satunya Nont Tanont ini dengan lagu “Are You Sure?” – Lagu ini menurut nae benar-benar defenisi dari ‘Lagu galau’ tapi bukan tipikal lagu yang melow-melow. Kayak lagu-lagu band Indo, makanya sekali dengar nae langsung merasa cocok dengan genre lagu ini meskipun lagunya berbahasa Thailand. Liriknya sendiri kurang lebih mengisahkan seseorang yang harus jujur mengatakan perasaannya kepada sang kekasih yang sudah gak sama lagi seperti dulu. Plus kalau nonton Mvnya, kalian pasti salfok sama penyanyinya, soalnya imut banget... Eh.. tapi seriusan lagunya memang bagus kok.


SIZZY – “Unstoppable”
Di SIZZY ada mbak Torfun 1000 Stars, Peach My Dear Loser, sengklek Miriam dan bestie Chonlatee si Pang alias Aye, Jane, Jan dan Ciize. Untuk lagunya sendiri ketika nae belum nonton Mvnya bakal ballad gitu, cuma duduk sambil nyanyi-nyanyi. Ternyata diluar dugaan, yup! Meskipun lagu galau, gak ada yang namanya nangis dikamar sambil meluk guling meratapi nasib, tapi ngedance donggg... luapkan kesedihan dengan ngedance ye kan girls... Nae menyebut lagunya ini “menolak tuk jadi pelakor”  karena liriknya berisi perasaan yang baper dan gundah karena merasakan getaran cinta kepada orang yang sudah memiliki kekasih. Dan berusaha untuk menolak perasaan itu, tapi apa daya ya, hati gak bisa bohong, karena sudah terlancur cinta. Alunan lagu dan dancenya slow-slow gitu dan yup.. asik sih nih lagu. Bikin candu meskipun lagu galau, kalau liat dancenya jadi pengen ikutan ngedance galau. Asiik..


NUM KALA – “Drown”
Another lagu galau favorit nae berikutnya “Drown” oleh Num Kala. Nae tau Num Kala karena lagunya “Wind” di  series EarthMix A Tale of Thousand Stars. Jadi ketika lagu ini rilis, nae coba denger, mana tau cocok ke telinga nae. Dan yeah! It works. Nae suka lagu ini dari segi lagu, lirik bahkan storyline yang ditampilkan dalam Mvnya. Nae gak tau kenapa lagu-lagu band Thailand kebanyakan cocok di telinga nae, apa mungkin karena genre alunan musiknya mengingatkan nae sama lagu-lagu band Indo ya? Liriknya sendiri mengisahkan seseorang yang masih tenggelam dalam kenangan masa lalu, mengingat orang dia sukai sudah tidak akan pernah kembali selamanya. Liriknya nyambung dengan storylinenya which is lagu ini punya Short Filmnya ‘Drown’, dibintangi oleh New Chayapak (yang jadi Au di I Promised You The Moon), Jinna Navarat dan Belle Kemisara. Spoiler! BL! Ceritanya si New jadi member klub dayung yang belum mahir mendayung, dan Jinna bakal jadi coach dayungnya. New dan Jinna saling suka tapi belum menyatakan perasaan. Tapi karena ada sesuatu terjadi, si New tenggelam dan ditolong oleh mas Jinna. Ketika New yang sudah sadar, dia lupa ingatan. Pokoknya nyesek deh... ini cinta segitiga, si mbak Belle suka sama si New, tapi si New suka sama mas Jinna. Tapi sayang, mas Jinna ceritanya sudah meninggal karena tenggelam demi menyelamatkan Dek New. Dalam durasi 15 menit membuat nae baper dengan alur dan lagunya.


YIN & WAR – “Not So Good”
Cukup dengan 3 lagu galau Thailand di atas, saatnya kita beralih dengan lagu yang tipikal “Sweet, Soft, Cute, narak narak menggemaskan” dengan lagu Not So Good nya Yin & War. Oh My! Salah satu couple BL series favorit nae sih ini. T-T gak sabar tahun depan seriesnya Love Mechanic Full Series. Catat! Kalian juga wajib nonton serinya tahun depan. Liriknya kurang lebih tentang seseorang yang gak pandai bermanis-manis dalam pacaran tapi sebenarnya sayangg banget sama kekasihnya itu. Yang membuat nae suka lagunya bukan karena liriknya, because, setiap kali nae dengar lagu yang bukan berbahasa Indo, yang penting itu genre dan alunannya cocok di telinga nae. Nae suka alunan lagunya soft dan terasa manis. Apalagi kalau sudah nonton Mvnya behhh... nae sampe senyum-senyum sendiri. Ya gimana gak senyum-senyum sendiri coba, wong di dalam Mvnya YinWar imut, ganteng banget sumpah ga da obatnya. Ceritanya ada cewe dapet bingkisan isinya VR Box, jadi ketika VR Box nya dipake tuh cewe, dia bisa melihat YinWar, dan berinteraksi dengan YinWar. Meibi bagi si cewe, kencan diteman dua cogans, tapi bagi fujodan yang liat sih, pasti YinWar nya. Pokoknya imut deh, gemeshh.. Akhh


RAY HUANG – “Us”
Nae suka lagu ini langsung pertama kali saat denger di dalam trailer novel terbarunya Lin Pei Yu. Gak kenal ya? Beliau adalah penulis genre BL, dan karyanya diantaranya HIStory1 Obsessed, HIStory2 Right or Wrong & Crossing The Line, HIStory3 Trapped & We Best Love No.1 For You & Fighting Mr. 2nd. – Terlepas dari si penulisnya, lagu ini menurut nae sangat cocok vibesnya dengan kisah cerita yang dihadirkan dalam trailer, dimana dua cowok yang lagi dikejar-kejar(?) trus salah satu diantara mereka kena tembak. Lagu-lagu nyesek tapi terasa adem didenger, terasa chill gitu. Lagunya membuat nae kecanduan. Mvnya romantis banget T-T nae sampe terharu. Karena pengetahuan nae sangat minim soal lagu-lagu berbahasa Mandarin, jadi nae taunya cuma merekomendasikan lagu ini saja tapi dijamin kamu pasti suka. Oh ya! Soal novel “Miracle” dan lagu ini jadi ost trailer novelnya. Nae ada dengar rumor, yang dulu ketika HIStory3 Trapped tayang, tercantum di list HIStory nya : Trapped & Miracle. Kemudian, nae gak tau apa yang terjadi, penulis seri HIStory nya ganti, dan ditukar Miracle dengan Make Our Days Count. Dan sekarang novel Miracle sudah rampung, dan besar kemungkinan bakal jadi projek series BL berikutnya Lin Pei Yu. Kalo ditanya soal vibes ceritanya, sepertinya bakal familiar seperti Trapped. Ada dark dark nya getoh. *eh-ini-rekomen-lagu-kok-malah-bahas-BL-series-njir-!


JO1 – “Our Season”
Well, jika lagu di atas satu-satunya lagu Taiwan yang nae rekomendasikan. Maka lagunya JO1 ini menjadi satu-satunya lagu JPOP yang nae rekomenin untuk kalian denger. Banyak orang pasti berpikir orang-orang suka JO1 pasti karena sudah ngikutin mereka sejak era Produce 101 Japan. Tapi kalau untuk nae, nae denger lagunya gak sengaja sih pas denger-denger lagu dari Youtube, dan lagunya JO1 ke play. Dan nae rasa, nae cocok dengan lagu-lagu JO1 yang vibes lagunya sering mengingatkan nae akan lagu-lagu KPOP era generasi kedua. Sebelumnya nae kecanduan dengan lagu mereka yang Shine A Light. Sekarang, nae kecanduan dengan single terbarunya berjudul “Our Season”. Nae merasa dejavu ketika mendengar Shine A Light & Our Season ini. Rasanya familiar tapi beda. Bedanya Shine A Light lebih ke summer vibes, sementara Our Season lebih ke sendu ala-ala musim gugur/dingin. Lagunya sendiri ± berkisah tentang perasaan rindu kepada sang kekasih dan harapan akan sebuah penantian di musim yang semakin dingin. Lagunya asik dan nggak heboh, jadi cocok didengar saat-saat musim dingin gini. Ehmm.. musim hujan.. kan Indo kaga ada musim dingin XD


GAHO – “Rush Hour”
Memasuki Area KPOP! Nae memang Kpopers. Tapi jiwa Kpopers nae yang sekarang sudah tidak sama lagi ketika nae Kpopers 1 dekade yang lalu. Jika dulu setiap lagu baru rilis auto download dan dengerin sering banget. Kalau sekarang? Gak peduli dari grup besar/kecil asalkan musiknya cocok ditelinga nae, nae pasti dengerin lagunya. Gaho... salah satu solois Kpop yang nae amaze dengan kemampuan vokalnya yang bukan kaleng-kaleng, pure talentaaa. Jadi gak cuman modal tampang doang ya gayss.. :v ehh.. – Lagunya bergenre R&B Soul dengan summer vibes yang membuat nae ketika mendengarkan terasa sangat refreshing gitu. Kalau dari segi lirik, nae menyebut ini “lagu bucin” karena mengisahkan seseorang yang lagi benar-benar kasmaran dan sangat terpesona dengan orang dia sukai. Kalian harus dengar lagu Gaho ini, terasa fresh, happy dan bakal hanyut dengan vokal high notenya Gaho.


GAHO – “Home”
Masih bersama Gaho. Tapi dengan lagu “Home” rilis sekitaran awal Februari 2021 lalu, lagu bergenre Ballad, diiringi alunan piano yang manis dan vokal Gaho yang OhmyGod! Nae sampe speechless. Lagunya adem, chill dan punya pesan yang mendalam. Seperti judulnya “Home” Rumah. Merindukan seseorang yang sudah dianggap seperti rumah (orang yang memberi rasa nyaman) dan gak sabar ingin kembali pulang tuk melepaskan rasa rindu. Bagi yang berada diperantauan sendiri dan merasa Homesick, kangen suasana rumah, kangen keluarga. Lagu ini nae rekomendasikan banget karena vibesnya juga terasa homesickablenya(?) bayangkan ketika lagi perjalanan pulang menuju rumah tercinta, mendengar lagu ini pake earphone dan part lirik “I’m homeeee...... now i know, so i’m coming home....” beh.. banjir sudah. Reaksi pertama nae saat dengar lagu ini malah sampe nangis. Nae orangnya gitu ya gaysss.. kalo nemu yang sesuai hati banget kadang sampe nangis.


NCT 2021 – “Beautiful”
Rasanya gak cukup kalau nae hanya nangis saat dengar lagu Gaho “Home” karena lewat salah satu lagu di Album terbaru NCT 2021 Universe, ada 1 lagu yang penuh kehangatan dan pesan yang sangat menginspirasi untuk kaum anak muda dan relate dengan generasi anak muda zaman now, bahkan nae yang mendengar lagunya dan membaca liriknya sampe ikutan menangis dan rasanya thankfull banget karena lagu ini. Lagu ini mengajarkan untuk : Menjadi diri sendiri, menjadi percaya diri, percaya dan berjuang untuk mimpi, jangan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena setiap orang punya waktunya sendiri untuk mekar, bersinar dan dengan keindahan diri sendiri. Ini heart-warmfull banget. Lagu ini rilis dibulan penghujung 2021, jadi rasanya seperti disemangati lagi. Oh my! Nae mengetik ini mulai berkaca-kaca mata nae jadinya. Pokoknya lagu ini nae rekomen banget bagi kamu yang selalu merasa insecure dan lagi ngedown. Semoga lagu ini bisa membuat harimu lebih baik. 

Part II : BL SOUNDTRACK FAVORIT NAE DI 2021


SEASON FIVE – “Real World” (from Nitiman)
Ini adalah salah satu ost BL yang langka. Biasanya BL series ataupun film-film genre percintaan tuh pasti lagunya kalau nggak yang galau pasti yang lagi kasmaran, iya kan? Nah! OST Opening Nitiman satu ini justru bertema “Fight Song” dengan alunan musik yang penuh semangat. Lagu ini memberikan motivasi kepada kita untuk semangat mengejar mimpi, berani keluar dari zona nyaman dan menghadapi rintangan-rintangan. Part lirik paling favorit nae dan membuat nae masih amaze sampe sekarang tuh ketika ada bagian “musik kemenangan akan terdengar jelas jika pake earphone, jika kau ingin sukses, kau harus keluar dari zona nyaman. Menggosok batu besar menjadi sebuah permata yang bersinar.” Itu rasanya langsung jleebb ke hati. So, nae merasa double untung ketika menonton Nitiman. Nae bisa enjoy fanboying BL nonton BbombJin, nae juga mendapat motivasi karena lagu ini. Andaipun misal ada yang gak suka BL ketemu artikel ini, coba abaikan BLnya, coba fokus diliriknya, benar-benar memotivasi banget.


GUN NAPAT – “A Tale Of Thousand Stars” (From 1000 Stars)
Lagu yang membuat nae merasa damai, membuat nae merasa tenang. Alunan seruling, petikan gitar dan melodi yang manis serta vibes lagunya yang chill. Rasanya ketika dengar lagu ini seketika sekeliling nae  yang perkotaan, rumah-rumah berubah menjadi perdesaan dengan hamparan sawah dan pegunungan serta udara yang sejuk setelah hujan. Lebay ya? Wkkwkwk... but, jujurly, lagu ini memang adem banget, rasa penat dan kesal serasa dinetralisir karena lagu ini. Untuk lirik nya sendiri kira-kira be like “seperti dongeng yang sudah keberapa kali kuceritakan padamu, begitulah cintaku padamu yang tak kan pernah berubah.” menyatakan cinta nya begitu besarnya dan terus berharap agar selalu berada disisi sang kekasih. – Lagu ini memang fit banget dengan konsep series A Tale of Thousand Stars tentang penjaga hutan yang jatuh cinta dengan cowo relawan di desa terpencil. Lagu ini sangat cocok didengar ketika pagi hari, ketika hari libur ya. Kalau hari kerja sama aja nae tetap bete pada akhirnya XD wkwkwk karna kan harus kerja, beban pikiran nambah. Dan bisa juga didengar lagi jalan-jalan, terus menatap pemandangan dari kaca jendela sambil denger lagu ini. Behhh... serasa jadi Tian.


MIX SAHAPHAP – “What Kind Of Person?” (From Fish Upon The Sky)
Setiap mendengar lagu ini, nae tiba-tiba flashback scene dimana Pi yang mabok mengira dia lagi menyatakan cinta dan mencium bibir MeuangNan, tapi nyatanya dia malah mencium Mork. Ciumannya memang nempel doang, dengan angle kamera yang mutar-mutar sampe nae mabok plus lagu ini menambah vibes keromantisan adegannya. Nae langsung kecantol dengan lagu ini bersamaan dengan scene ciuman MorkPi itu, rasanya %^!T@&*Y duh sumpah! Nae sampe speechless waktu itu, pokoknya manis banget deh. Arti lirik lagunya fit dengan perasaan Mork yang suka sama Pi, tapi Pi benci sama Mork, sementara Pi naksir MeuangNan, malah MeuangNan yang gasuka sama Pi. perasaan minder, perasaan yang selalu terabaikan dan tidak pernah dilirik oleh si doi. Jadi kek bertanya-tanya “Gimana sih tipe orang yang bisa membuatmu jatuh cinta? Aku akan ngelakuin apa saja, sesulit apapun itu.” – terlepas dari liriknya yang terkesan menyedihkan. Ketika nae belum mencari tahu arti lagunya, vibes lagunya terasa romantis ditambah suara Mix yang soft ya ampun lumer banget deh.


WAR WANARAT (ft. Tik Playground) – “Corner” (From The Best Story)
Lagu remake dari band Playground yang rilis tahun 2004 silam. Kemudian, di 2021 hadir dibawakan oleh p’War sebagai OST mini series The Best Story.  Dari sini kita bisa juga mengambil poin positif, kalau sebuah karya akan tetap bernilai dan mengesankan, tak peduli sudah berapa tahun berlalu. Buktinya seperti lagu Corner, yang sudah berusia 17 tahun.  Perbedaan lagu original dengan remakenya ini, kalau original memang terasa alunan lagu-lagu anak band, sementara versi p’War alunannya lebih soft dan ditambah suara manis dan unik p’War lagu ini terasa romantis dan mengingat arti liriknya membuat nae bisa merasakan sayatan-sayatan sakitnya mencinta secara sembunyi-sembunyi, memperhatikan si dia hanya dari sudut kejauhan, dan menyadari si dia tidak mungkin melihat ke arahmu. Lagunya pas banget dengan adegan-adegan di The Best Story ketika “Best” hanya memperhatikan “Dew” dari sudut-sudut tersembunyi untuk mengagumi cowok yang rasanya mustahil akan menjadi miliknya.


BEVER PATSAPON – “Wanna Say I Love You” (From The Best Story)
Soundtrack dari series yang sama, Lagu Bever Patsapon sudah membuat nae falling in love dengan lagu galaunya saat pertama kali dengar. Lagu ini bercerita tentang betapa sakitnya harus memendam perasaan suka kepada orang dicintai, ada rasa ingin jujur mengutarakan perasaan, tapi dilain sisi, ada rasa ketakutan. Bagaimana jika orang yang disukai ternyata tidak menyukainya balik? Bagaimana jika setelah menyatakan perasaan, si dia malah menjauh bahkan menghilang? Kegalauan tertuang penuh disepanjang lagu ini, dan of course vibes lagunya terasa nyesek tapi tetap enak didengar ditelinga. Nae juga merasa deja-vu dengan lagu ini karena mengingatkan nae sama lagunya Jeff Satur “Afraid To Say”. Coba deh kalian dengan 2 lagu itu, kalian pasti mengira “ih iya lo mirip!” tapi bagi nae pribadi, nae gak ada maksud nuduh, karena jujurly nae suka kedua lagu galau itu. 


ALEX CHOU – “Hard To Let Go” (From We Best Love)
Kalian masih betah gak baca rekomendasi OST BL Favorit nae lagi? Soalnya lagu yang satu ini masih golongan “Lagu Galau” tapi beda negara, jika beberapa lagu di atas dari Thailand, maka yang satu ini dari Taiwan. Lagu ini digunakan sebagai lagu penutup series We Best Love dan di adegan-adegan yang bikin mewek. Untuk lagunya sendiri, bercerita tentang ketidakrelaan akan perpisahan. Ketika kita mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang disukai, kemudian dia menghilang dari pandangan mata kita, kenyataannya sebenarnya belum rela berpisah dan orang yang disukai masih membayangi di dalam hati dan pikiran. Nyesekkkk.. of course. Tapi dari segi vibes lagunya, ini lebih ke nyesek-nyesek-asik(?) alunannya. Ketika mendengar lagu ini, memang langsung tahu kalau ini lagu galau tapi bikin candu banget. Dan tentu saja membuat nae flashback scene-secene sedih di We Best Love, salah satunya ketika ShuYi diam-diam mengunjungi GaoShiDe ke Amerika tapi dia malah melihat ShiDe sama cewe lain. Ini salah paham sih, ShuYi mengira ShiDe selingkuh, tapi akibatnya, ShuYi patah hati banget dan hubungan mereka gantung hingga 5 tahun kemudian. Sumpah! Lagu ini akan mewakili banget rasa sakit hatinya ShuYi.


JOHNNY – “I’ll Be There” (From To My Star)
Kalau lagu ini memang dari BL Korea, tapi originalnya dibawain dalam Bahasa Inggris, ada sih versi Koreanya tapi dinyanyikan orang yang berbeda. “Ini lagu galau lagi ya kak?” Nope! Lagu ini tepatnya lagu kesetiaan sih kalo nae bilang. Mengisahkan orang yang bakal selalu ada dengan orang yang dia suka, tidak peduli itu ketika melewati hari yang indah atau masa-masa sulit, dia akan tetap berada disamping orang dia sukai. – Lagunya asik banget, tipikal lagu-lagu yang bahkan non-fujodan gak tau ini lagu ost apa, pasti mengira ini lagu luar, karena berbahasa Inggris. Lagu ini menjadi ikoniknya To My Star, dan mengingatkan nae dengan scene-scene To My Star yang begitu romantis dan penuh kharisma. Nae harap untuk Season 2 To My Star, pasti bakal ada soundtrack baru, tapi semoga saja lagu ini masih bakal ada sebagai pengisi dari suatu adegan. Jadi supaya merasa nostalgia akan To My Star ketika pertama-tama kali tayang.


NANON KORAPAT – “Just Friend?” (From Bad Buddy)
OST yang satu ini, datang dari BL Series Thailand yang lagi on going, yang lagi booming, trending dan heart fluttering tentunya. Yes! Bad Buddy The Series. Nanon membawakan OST dengan judul “Hanya Teman?” sesuai judulnya lagu ini bercerita tentang hubungan yang dia dengan orang yang selalu memberinya perhatian itu apakah karena “suka” atau cuma sebatas “teman” tapi jika cuma teman biasa, kenapa dia memperlakukan hal-hal yang jarang/bahkan tidak dilakukan oleh orang yang statusnya hanya teman biasa. Jika memang tidak serius dengan perasaannya, lebih baik hentikan. Ntar makin baper anak orang! Yaa... kira-kira gitulah lagunya. Dan lagi, nae merasa lagu ini fit dengan scene dimana Pat & Pran sebenarnya ada rasa, tapi karena kebawa dendam keluarga yang membuatnya menjadi musuhan. Seriesnya benar-benar bagus banget dan bikin baper. Dan nae gak sabar pengen menulis review Bad Buddy setelah seriesnya tamat dan menumpahkan segala perasaan nae selama menonton seriesnya.


NANIWA DANSHI – “Beginner LOVE” (From My Love Mix Up)
Sudah dari OST BL Thailand, Taiwan, Korea. Dan berikut ini, lagu favorit nae dari BL Jepang. Yang baru tamat sekitar 2 minggu lalu, My Love Mix Up (Kieta Hatsukoi). Selain sebagai Soundtrack BL, lagu ini masuk dalam lagu single dan pertanda debutnya Naniwa Danshi di dunia J-POP. Dan salah satu member Naniwa Danshi “Michieda Shunsuke” membintangi Kieta Hatsukoi sebagai “Aoki”. Lagunya terasa ceria dan cerah, mengisahkan indahnya kasmaran cinta pertama. Dimana hati berdegup kencang ketika melihat orang yang disukai, dan selalu terngiang-ngiang di benak. Mvnya juga colorful, dengan outfit mereka serba pink jadi nampak cute-cute boy getoh. Lagu ini sering berada di scene penutupan series Kieta Hatsukoi dan di scene-secene manis Ida-Aoki. Terkadang, nae mendengar lagu ini sebagai moodbuster nae ketika lagi mengerjakan sesuatu, karena benar-benar terasa banget keceriaan dalam lagu ini.


SNOWMAN – “Secret Touch” (From My Love Mix Up)
Mari baper dalam lagu “Secret Touch” nya SnowMan, boy band J-POP yang debut tahun 2020 lalu. Lagu terbaru mereka rilis sebagai soundtrack Kieta Hatsukoi, dan salah satu membernya Meguro Ren memerankan “Ida” di dalamnya. Lagu ini berkisah akan perasaan yang terasa mekar dengan sentuhan rahasia yang membuat jantung berdebar-debar. Kalau baca liriknya, lagu ini terasa puitis dan romantis. Sementara alunan dan vibes lagunya, bernuansa ballad, sendu dan cocok didengar kalau lagi mendung-mendung. Dan nae mengira ini bakal Ballad song, ternyata ada dancenya. Dan di dalam Kieta Hatsukoi kita menemukan lagu ini adegan-adegan yang menjurus ke nyesek atau kadang ke adegan yang membuat baper juga. Karena lagunya meskipun terasa sendu, bukan termasuk yang galauable yang pas dengarnya bakal terasa tersayat-sayat nih hati. Berhubung seriesnya sudah tamat, nae berencana akan menulis review My Love Mix Up. Dan nae akan Up sekitaran Januari 2022 mendatang. Nae harap kalian mau mampir baca dan menuangkan apa yang kalian rasa ketika menonton seri Kieta Hatsukoi ini. 

Dan itulah lagu-lagu yang nae rekomendasikan untuk teman-teman sekalian, paket komplit yang nae suka, mulai dari lagu cinta-cintaan, lagu galau, lagu motivasi semua ada dan beragam genrenya. Ketika kalian membaca post ini, sebenarnya alangkah baiknya jika kalian membacanya dari komputer/laptop, karena ketika nae membahas suatu lagu, kalian bisa langsung ngesearch di Youtube dan memastikan lagu tersebut cocok apa tidak ke telinga kalian.
Sebenarnya, ada banyak lagu yang nae dengarin, termasuk lagu Western dan lagu-lagu Kpop lainnya, tapi karena blog nae membahas seputar BL dan semenjak jadi BL Fans nae jadi kepo dan candu nyari lagu-lagu Thailand yang cocok dengan selera nae. So, inilah yang nae rekomendasikan.
Dari postingan ini, kita juga bisa mengambil pesan tersirat di dalamnya. Jadi nae nulisnya bukan sekedar “Ini lagu-lagu Asia yang wajib kalian dengar!” atau “Ini list BL favorit gue!” tapi kita bisa menyadari satu hal. Ketika kita menyukai dari lagu berbahasa asing, gak peduli mau bahasa dari negara apapun, karena kita menyukainya karena musiknya. 100% pun kaga ngarti sama lagunya, asalkan enak didengar, why not? Dan kadang saking keponya “ih lagunya kok nyesek amat ya? Emang artinya apa?” dan membuat kita jadi belajar juga apa terjemahan dari lagu tersebut. Dan ketika kita makin mengerti keseluruhan lagunya, kita bisa mengambil hikmah lebih yang disampaikan melalui lagu tersebut. 

Nae harap, kalian yang baca post ini bisa menemukan lagu yang cocok untuk kalian atau mungkin kita ada lagu favorit yang sama? Kalian bisa juga berbagi atau merekomendasikan kepada nae lagu apa aja yang lain, yang mesti nae coba denger. Projek nae setelah ini sih, berikutnya nae mau membuat Rekomendasi BL series favorit nae di 2021. Dan ini tentu saja dalam rangka Postingan Akhir Tahun yang selalu nae buat setiap tahunnya. Dan masih ada lagi Projek BL-BL Review, dan postingan-postingan yang nae masih mencari ide untuk membuatnya. Terima kasih banyak sudah mau mampir baca. Jika ada yang ingin kalian sampaikan kepada nae, ingat! jangan pernah sungkan untuk memberi opini/kritik dari kolom komentar ya ^^ nae pamit undur diri. See you di next post.. Byebye!
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)