[REVIEW] – NITIMAN THE SERIES (2021)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***
“Series yang nae gak punya ekspektasi bakal nonton. Saat trailernya rilis pun, nae nggak sreg sama sekali. Alias, series ini nae skip dari BL list tontonan nae tahun ini.
Tapi.... Bagaimana pada akhirnya nae malah menonton dan terbilang “suka” pula, bahkan berharap semoga ada season 2 nya? Mari kita bahas series yang berjudul NITIMAN ini.”


NITIMAN THE SERIES adalah BL Thailand produksi Plan.T Entertainment yang tayang mulai 7 Mei 2021 s/d 9 Juli 2021 dengan total 10 Episode. Series ini bisa ditonton di WeTV & Channel YouTube Officialnya Plan.T Entertainment. Series ini diadaptasi dari novelnya Chamai J berjudul "NITIMAN, SOCIETY AND LOVER". Yang masih kaga paham apa itu NITIMAN, "Niti" itu bahasa Thai nya Hukum/Law. Jadi kalau diartikan menjurus ke Cowo (MAN) dari Fakultas Hukum (NITI).


Main Cast :
NOH Phouluang Thongprasert – BBOMB
JOM Thanathorn Khuankaew – JIN


Support Cast :
KONG Sarun Boonmongkol – KEAM
FOURWHEELS Chayanond Boonmanawong – BALL
KAOWNAH Kittipat Kaewcharoen – SONG
TURBO Chanokchon Boonmanawong – JAY
BHU Bhudis Viseshchitra – JACK
TONTAE Tinnakorn Puwasakdiwong – SINGH
WINNER Tanatat Kunaneksin – ULTRA
DAN Kreangsak Muangsaen – U
(*Sisanya cari di google aja ya! Jariku kriting ngetiknya.. 555)

Storyline :


Awal mula series ini dibuka dengan kandasnya hubungan asmara Jin dengan cewenya, si Aim. Ya! Mereka putus. (Horeee!! :v) Jin galau akut dan belom bisa muf-on dari mantannya. Plus... Jin melihat-lihat postingan fb si Aim lagi deket sama cowo kalem, cakep, populer, yes My Bbomb.  Jin mengira Bbomb lah yang merusak hubungan dia & Aim. Si Jin marah-marah gitu sama Bbomb, dia berkata kasar segala macem, ehh dibales Bbomb dengan gombalan. Yang itu tuh Bbomb be like "I'm single, you can mingle." seketika Jin yang awalnya marah kesetanan berubah jadi kikuk-awkward. -- Nae rasa, disinilah rasa kertarikan nae sama series ini mulai bertunas. XD Yang awalnya datar-datar aja, tiba-tiba nih bibir refleks senyum.


Di hari-hari berikutnya, Bbomb & Jin jadi sering bertemu. Baik itu di event kampus ataupun diluaran. Tapi Yeah! Jin selalu kesal sama Bbomb, dan bukan pertama kali ini mereka ketemuannya. Jin sering nongkrong di club malam, dia juga sering melihat Bbomb perform sebagai vokalis band. Trus, si Jin akhirnya tahu kalau Bbomb & Aim itu gak pacaran (woiya dong! Kan mereka sepupu!). Fix! Itu berarti, seharusnya Jin udah gak ada alasan lagi dong untuk membenci Bbomb.


Kalau Bbomb, dari awal nae nonton, nae udah bisa melihat kalau dia nampak banget suka sama Jin. Dia sering menggombal Jin. Tapi feel gombalan Bbomb tuh gak terkesan kek rayuan cowo buaya. Nae aja yang nonton kadang refleks 'gombalin-nae-juga-dong!-haha #canda -- Gombalannya Bbomb bikin baper, termasuk Jin juga. Jin mulai luluh dan ekspresinya yang nae tangkep tuh "beginikah rasanya digombalin dan dinaksir oleh cowo cakep?" si Jin masih sering ngegas kalo ngomong sama Bbomb, tapi gak beneran karena benci, kadang di akhir scene mereka, misal entah Bbomb selesai ngegombal dan pergi, Jin senyum kecil gitu. Awww... Gemesshh dehhhh.


Nae menyebut Bbomb & Jin ini sebagai, couple pincang termanis. Kenapa? Karena bolak balik pincang.... Gak percaya? Silahkan tonton.
Jin mengalami cedera pertama ketika pertandingan bola, dan kakinya pincang sebelah, selama dia pincang, Bbomb sering nemenin Jin, dan sejak itu juga Bbomb jadi sering nongkrong di kamar Jin. Oops! Sampe nginap pula... XD Gak cuma nginep, telponan tiap malem kek orang lagi kasmaran, apakah ini pertanda Jin sudah menyadari dia suka Bbomb?
No! Dia masih belum peka akan sikap perhatian Bbomb selama ini, malah si Jin mulai menggombal cewe yang kebetulan suka samanya. *lirik-Somsom-gatel. ( -,-)


Setelah Jin sembuh, beberapa EP kemudian, dia cedera lagi. Ketika pertandingan bola juga, but kali ini bukan pure cedera. Tapi karena disengaja musuhnya yang gak suka melihat Jin. Dia menyengkang kaki Jin dan harus dibawa ke RS, dia dibantu oleh Somsom. Sementara Bbomb yang juga ada dihadapan Jin bagaimana? Dikacangin njir... Nyesek tau gak. Oke! Yang dikacangin memang bukan nae tapi gak tega gitu lho. Ada cowo cakep, yang naksir lu, baik, perhatian, merawat lu disaat suka duka. Disaat lu terluka dan dia dateng mau menolong, malah gak lu dipeduliin. Apa ga nyesek tuh?


Karena Jin gak peka akan perasaannya. Bbomb dapat ide dari si Jack. Kekuatan paling ampuh untuk membuat Jin sadar akan perasaannya. Yaitu "Ghosting" -- Bbomb gak pernah lagi menghubungi Jin setelah adegan dikacangin di lapangan itu. Telpon gak diangkat, sms ga dibales, chat di read aja kaga, gak pernah lagi ketemu di kampus, gak pernah lagi nongkrong / tidur di kamarnya Jin. Jin jadi merasa kehilangan. Somsom yang menyatakan perasaannya kepada Jin, Jin sudah gak peduli lagi. Yang ada dibenaknya "Bbomb kemana ya? Kok gak ngabari gue lagi?"


Ada scene dimana Bbomb & Jin ketemuan ga sengaja. Itu pas Bbomb baru belanja dari Indomaret, trus berpapasan dengan Jin. Posisi mereka tuh sama-sama pake alat bantu jalan, yes! Kayak nae bilang tadi, couple pincang termanis.
Kok bisa ya Bbomb jadi ketularan pincang? Begindang.... Setelah Jin yang dibuat cedera oleh si pelaku. Ketika giliran Bbomb yang bertanding, dia melakukan yang sama, dia merelakan kakinya harus pincang supaya membalas perbuatan si pelaku. Bbomb menyengkang kaki si pelaku. Ekspresi Bbomb setelah berhasil membuat si musuh juga cedera be like "Rasainnn bngsd!! Kek gitulah yang lu buat kepada uke gemoy tercinta gue. Fucek!" itulah asal mula kenapa Bbomb berpartisipasi jadi pincang.
Saat berpapasan didepan Indomaret pun, Jin yang duluan mulai menyapa. Ekspresi Bbomb udah cuek banget, kek udah gak ada lagi rasa yang tersisa untuk Jin. (Padahal ini adalah bagian dari rencana si Jack).
Bbomb terus mengilang. Emang ya! The power of ghosting itu damage nya bukan main. Ya gimana bukan main coba, bayangin aja ada orang yang ngegombal kita sampai baper, samper terlanjur nyaman, eh tiba-tiba menghilang gak ada kabar. Nyesek kan? Begitu juga dengan Jin, dia akhirnya gak tahan dan mengajak Bbomb untuk bicara heart to heart.


Heart to Heart disini, si Jin akhirnya menumpahkan seluruh perasannya, dia sampai nangis-nangis. Inti dari semua ucapan panjang lebar yang keluar dari bibir Jin itu cuma 'Rindu!' tapi ya namanya juga sama-sama cowo ya kan, masih terlalu ego buat mengatakan "gue kangen sama lo, kangennnn" tapi gak mungkin lah ya kan, si Jin nangis banget, Bbomb juga gak tega nengok uke gemoynya mewek dihadapannya. Dipeluk Bbomb deh, terus kecup bibirnya. jinak lah itu....
Bbomb be like "Lo harus pacaran sama gue, supaya gue gak menghilang lagi." – Jin gak ambil pusing, langsung di okekan. Kuy lah pacaran! Yesss.... BbombJin resmi jadi sepasang kekasih. Mission success!! But... Mereka pacarannya diam-diam T-T


Meibi kita bakal mengira hubungan cinta BbombJin bakal sweet n sweet terus ya kan? Ternyata tidak.... Bbomb & Jin masih sering overthinking satu sama lain, cemburuan. Tapi yang paling nampak cemburuan itu ya Bbomb. Ceritanya si Jin ada projek drama di kampus, nah dia dekat dengan seniornya, p'Mark. Bbomb mengira p'Mark bakal merebut Jin darinya makanya kalau Bbomb melihat Jin & p'Mark berduaan, mukanya mau marah.
Tapi nae gak bisa menyalahkan Bbomb dengan mengatakan *Bbomb-si-seme-kalem-but-posesif. Si Jin juga gak bisa menjaga perasaan Bbomb. -- Bbomb ini seme kalem tapi perhatiannya behhhhh.... Kalau kata si Jin, "makan siang yuk!" Bbomb be like "Ayuk! Mau makan apa? Sup? Goreng? Bakar? Steak? Bla bla bla bla"
Kalau kata si Jin "Jemput gue!" Bbomb yang lagi asik-asik nongkrong sama gengnya, langsung detik itu juga beranjak dari tempat duduknya dan berangkat menjemput Jin.
Tapi ketika bersama p'Mark sering kali Jin berpihak sama p'Mark (alasannya sih karena p'Mark itu seniornya dia segan menolak). Contohnya, misal nih dah malem di bar/kampus, si Jin mau pulang, dia gak mau nelpon Bbomb karena sudah ditawari diantar pulang oleh p'Mark.
Bbomb jelas marah dong, kek be like "Gue pacar lo, tapi lo lebih milih pulang dianter cowo lain."


Selama ini Bbomb semarah apapun dia memilih untuk diam. Tapi ada saatnya dia udah gak tahan lagi dan marah sama si Jin. Mereka berdebat sampe si Jin nangis banget.. Sumpah! Jin nangisnya imut banget, kek ga tega gitu ga sih? Andai nae bisa masuk ke seriesnya nae pengen langsung peluk Jin sambil elus-elus rambutnya *modus :v trus nae be like "Udah Jin, udah sayang, jangan nangis lagi." *kecup-keningnya. (*auto-dibacok-Bbomb).
Omongan Bbomb yang nae rasa menyakiti hati Jin yang itu kek be like "Lo juga gak menghargai perasaan gue, kenapa lo gak pengen orang lain tahu hubungan kita, karena supaya lo bisa menggoda orang lain, ya kan?"
-- Setelah membuat Jin menangis, Bbomb merasa bersalah dan menenangkan ukenya yang udah nangis kejer nyesek ulu hatinya karena pertama kali dimarahi oleh seme tercinta. Makanya Jin, orang kalem tuh memang gak banyak ngomong, tapi sekali marah, meledak tuh bom atom dihati. Nyesek kan dimarahi Bbomb.


Membahas di sisi lain, apa kalian mengira teman-teman Bbomb & Jin gak tau kalau mereka sebenarnya sudah pacaran? Baik itu dari geng hukum atau geng engineer, mereka udah tau kok kalau Bbomb selama ini memang mengejar-mengejar Jin, Aim juga turun tangan dalam kasus ini, dia udah yakin banget kalau BbombJin udah menjalin hubungan tapi yup.... pacaran diam-diam. Dia punya ide mengumpulkan seluruh temen-temen deket Jin, Bbomb, dua admin somplak & termasuk p'Mark. Mereka bekerja sama untuk mengompor-ngompori BbombJin supaya mau mengungkapkan kalau mereka memang pacaran benaran.


Aim juga meminta maaf kepada Jin, dia mengungkapkan kalau selama ini yang duluan naksir Jin itu Bbomb.  -- By the way, nae malah jadi teringat, awal mula Bbomb kecantol dengan Jin karena saat pertama masuk kuliah, Bbomb minta tuker nasi kotaknya kepada seniornya karena Bbomb gakuat makan makanan pedes. Senior be like "Ada yang mau tukeran ga?" Jin angkat tangan! *mau-minta-sendok. Tapi si senior mengira Jin yang mau rela tukeran nasi. And then, ditukerlah nasi kotak mereka. Si Jin sampe heran, ekspresi mukanya kek be like "Lah... gue minta sendok, kok lauk gue ikutan dituker!"
Bbomb merasa berterima kasih, dia menatap Jin dan saling melempar senyuman. Ah! Gila... Gila.. Gila... Manis banget! Kalau nae ada di TKP pasti nae histeris nengok momen dua cowo manis saling melempar senyuman.
OK! Kita sudah sampai dimana tadi? Ah iya! Yang si Aim minta maaf kan... Ya memang semua Bbomb duluan yang naksir Jin, tapi Jin malah naksirnya sama Aim waktu itu, makanya Aim yang nerima cintanya Jin.
Aim minta maaf dan berpelukan dengan Jin. -- Eh, mereka pelukan kelihatan oleh Bbomb, Bbomb mengira Jin & Aim malah balikan. Bbomb sakit hati.


Dia pergi pulang ke rumahnya di ChiangMai, gak mengabari siapapun. Semua temen-temennya udah susah payah menghubungi Bbomb tapi gak diangkat. But akhirnya mereka semua tahu alasan Bbomb bersikap kayak begitu, karena dia melihat Aim & Jin pelukan dan mengira bakal balikan.
Aim membawa Jin ke rumah Bbomb, disitu si Aim menjelaskan kepada Bbomb apa yang terjadi sementara Jin di prank emaknya Bbomb.. Pranknya gimana? Ya kalian harus nonton seriesnya sendiri dong XD sampe si Jin ngaku "Saya pacarnya Bbomb tante!" awwww....


Dengan semua lika-liku kesalahpahaman cinta mereka, Jin menandai sedang berpacaran dengan Bbomb di facebook, dan itu memberitahu kepada temen-temen mereka kalau mereka pacaran dan tidak ada ditutup-tutupi lagi. Rencana Aim, Mission Complete!
Scene mereka ditutup dengan scene BbombJin berduaan di tepi danau(?)

Review Time :


1. ALUR SEDERHANA DAN SEPERTI BL KLASIK UMUMNYA
Dari segi alurnya, Nitiman memang tergolong biasa aja, gak ada yang wow, dan nae yakin kalian yang menontonnya bakal merasa dejavu karena sudah sering menemukan BL series dengan alur-alur seperti ini. Jadi jika kalian kepengen menonton series ini, jangan terlalu berharap terlalu tinggi. – Terus, pengalaman nae selama menonton seriesnya, nae merasa series ini seperti berjalan dalam rutinitas karena didominasi scene “pagi kuliah, makan siang dan malamnya ke club” ya memang! Diceritanya juga ada kegiatan drama, pertandingan bola dan acara amal. Tapi, keseringan scene rutinitas itu. 
Nae mengira Nitiman akan sampe 12 Episode, karna kan biasanya BL Thailand itu rata-rata sampe 12 EP. Eh lumayan kaget ketika dikonfirmasi cuma sampe 10 EP doang. Itupun di EP terakhirnya nae merasa gak puas. Di EP.1-EP.9 nae merasa semua berjalan dengan halus dan lembut, meskipun nae menyebut alurnya  b aja tapi pergerakan alurnya lembut dan bertahap, nggak terkesan tergesa-gesa. Jadi di episode terakhir itu baru terasa tergesa-gesa,  nae merasa semua kisah tokohnya dituntut harus selesai saat itu juga. Be like “Pokoknya kita harus tamat hari ini ya!


2. TOKOH DAN FANSERVICE MANIS ALASAN NAE NONTON NITIMAN
Dibandingkan nae yang melihat aktor Nitiman pertama kali dengan yang sekarang, feelsnya itu beda. Pertama kali nonton trailernya nae merasa gak ada visual tokohnya yang masuk “selera” nae. Sudah alurnya b aja + aktor yang b aja, itulah alasan kenapa awalnya nae gak memasukkan Nitiman sebagai BL yang mau nae tonton. Karena semua pasti serba b aja. – Eh! Pas scene Bbomb menggombal Jin di EP.1 nae auto senyum. Nae sampe merasa “Anjir, kok bisa sih gue senyum sama series yang gue anggap bakal boring” – Begitu seriesnya bersambung, dalam hati nae muncul rasa penasaran, berikutnya bakal seperti apa ya hubungan mereka? 


Fanservice yang disuguhkan Nitiman bukanlah tipikal adegan yang harus lepas-lepas baju, ciuman dengan suara-suara desahan yang bakal membuat kita becek. Justru sebaliknya, Sweet, adorable dan rasanya penuh kupu-kupu. Ciuman aja cuma nempel doang, dengan gombalan-gombalan manis sudah bikin mulut nae monyong kanan, monyong kiri saking gemeshnya. Ini bisa mematahkan pemikiran bahwa gak semua BL 18+  lebih seru ditonton. Ada kok BL series yang hanya dengan fanserive manis-manis bisa banyak disukai.
Nonton Trailer Nitiman, nae juga mengira series ini bakal banjir couple. Soalnya ada banyak banget cowo-cowonya. Dari poster promosi juga semua dijejerin aktor-aktornya. Kenyataannya selama menontonnya, series ini lebih banyak menyorot kisah cinta BbombJin, kalian gak usah takut couple utamanya gak banyak mendapat screentime. Karena aktor lainnya cuma sebagai pemeran pendukung. Tapi nae feel so bad pada second couplenya. Yes! KeamBall. Nae juga ngefavoritkan couple KeamBall. Alasan nae suka KeamBall sih ya nae suka dengan karakter si Keam.


Karakternya kalem dan misterius. Saking misteriusnya nae sampe bingung nih anak sukanya sama siapa? -- Keam sudah punya cewe, tapi dia cemburu melihat Jin dan Bbomb berduaan. Of course, karena Keam juga ada rasa kepada Jin tapi dia menyembunyikan perasaannya. Dah galau nih dia ceritanya melihat Jin dan Bbomb berduaan, terus ga sengaja bertemu dengan Ball. Seketika galaunya hilang berubah menjadi senyum semangat. Makanya nae sampe heran, lo pilih yang mana sih Keam? Kalau ada cewenya, manis kali bibirnya, suka sama Jin, suka sama Ball juga. Plis deh Keam.. tentukan pilihanmu dari sekarang. Jangan bikin nae bingung! #TakeBallOut
Oh ya feel so bad nae sih tepatnya karena screentime mereka dikit dan langka, bahkan di episode terakhir aja kisah hubungan KeamBall masih ngegantung, belum ada pergerakan apakah mereka bakal lanjut ke hubungan yang lebih atau cuma sekedar naksir-naksiran doang.


Siapakah Karakter Paling Favorit Nae di Nitiman?
Langsung saja ya! Bbomb (Noh Phouluang). Melihat dia pertama kali di trailernya, nae merasa b aja. Ga ada feel yang langsung menancap dihati nae. Tapi setelah nae tonton serinya dan memahami karakternya. Nae suka Bbomb sebagai tipikal seme yang gak banyak ngomong, gak banyak cing-cong, kalem tapi begitu dia jatuh cinta, dia memperlakukan pacarnya dengan sangat baik dan penuh perhatian. Gombalannya juga gak berlebihan. Akhirnya nae menyadari Bbomb itu ternyata sweet dan boyfriendable banget. Kita akan dibuat terpesona juga penampilan Bbomb yang sering pakai kaos tanpa lengan dan celana pendek, jadi bisa cuci mata melihat otot dan kulitnya yang bening. Aww! Mata nae emang agak genit ya XD maklumin aja.


3. SOUNDTRACK YANG MEANINGFUL DAN ROMANTIS
Nitiman The Series mempunyai 3 Soundtrack :
a. SEASON FIVE – REAL WORLD
Nae menyebut lagu ini lagu cenat cenut. Hahaha! Karena bagian reff lagu ini serasa dengar “cenat cenut celup celup!” OK! Ini cuma salah dengar aja ya. Lagu ini vibesnya memang heboh dan full energi, nae sarankan kalau mendengar lagu ini sambil membaca liriknya. Karena lagu ini termasuk Fight Song, lagu yang berpesan semangat berjuang untuk generasi muda. Nae merasa be like “Hah? BL Series tapi ostnya lagu Semangat Meraih Mimpi?” – nae enjoy banget dengan lagu ini dan merasa tertampar dengan liriknya yang ngena banget salah satunya ada lirik yang artinya be like “Musik kemenangan akan terdengar jelas jika kau memakai headphone, jika kau ingin meraih sukses, kau harus keluar dari zona nyaman, menggosok batu besar menjadi permata yang bersinar.”
Nae suka dengan lagu bertema motivasi seperti ini, karena di era sekarang juga banyak generasi muda yang memilih menyerah untuk mencapai mimpinya. Atau orang-orang yang bakal mengejudge “Nonton BL itu hanya memberi pengaruh buruk” but, faktanya BL series bisa memberi kita pandangan baru dan berpikir secara terbuka melihat sisi lain dunia. Salah satunya ya series ini, lagunya bisa memberi motivasi, ditambah kita bisa senyum-senyum menonton BL seriesnya.
b. NOH PHOULUANG – READY
Lagu ini bikin nyesek, liriknya serasa berisi curhatan Bbomb yang perasaannya gak pernah dibales oleh Jin. Scene dimana Bbomb mulai ngeghosting Jin. Dan Jin melihat Bbomb menyanyikan lagu ini. Nae serasa ikut nyesek aja gitu lo. Secakep Bbomb perasaannya digantung mulu sama si Jin. Untung si Jin cepat menyadari kalau dia sudah suka sama Bbomb. 
c. BOSS THAWATCHANIN – LOVER
Lagu yang full of love, lagu yang rasanya membuat suasana terasa hangat dan penuh mawar dan kupu-kupu berterbangan. Lagunya easy listening dan menambah kesan romantis dalam setiap scene romantis dalam series ini.
Nae rasa, 3 lagu soundtrack ini sudah mewakili perasaan selama menonton seriesnya : semangat, galau, dan keromantisan cinta.


4. OPINI TENTANG UNDERRATED
Series yang nae gak punya ekspektasi bakal nonton. Saat trailernya rilis pun, nae nggak sreg sama sekali. Alias, series ini nae skip dari BL list tontonan nae tahun ini.” Nae rasa nae harus menarik kata-kata nae itu. Ini bukan kali pertama nae menilai suatu BL series dengan kesan meremehkan. Kadang BL yang terkesan biasa aja lebih bisa menarik perhatian nae ketimbang BL dengan yang alur yang berani tampil beda. 
Kunci utamanya adalah “Feels” – Mau secakep apapun aktornya, mau sebagus apapun jalan ceritanya, mau sehot apapun adegan panasnya, kalau kita nggak dapat “feels”nya, semua gak akan ada artinya. 
Jadi nae bukanlah orang yang mempermasalahkan alurnya klise lah, b aja dsbnya. Gak masalah alurnya b aja asalkan feelnya bisa dapet. Dan itu yang nae rasakan selama menonton Nitiman, alurnya membuat nae merasa “gue dah pernah nonton BL yang alurnya begini” tapi karena Feelnya tadi, nae bisa menonton series ini sampai tamat dan berharap ada season 2.
10 Episode bagi nae terasa kurang dan terasa cepat untuk disuruh mengatakan Goodbye kepada adorable series ini, mungkin ini karena nae gak puas dengan episode terakhirnya yang terkesan “gitu doang?” ga da ciuman perpisahan gitu? Terus KeamBall yang masih menggantung. Nae nggak tahu apakah akan dibuatin atau nggak tapi nae gak berhenti untuk berharap. Masih kangen moment BbombJin lagi. 


Aktingnya kaku, ceritanya membosankan, aktornya tidak menarik, lagunya bising” – sebagian ada yang berkomentar seperti itu. Ingat! Kepala berbeda, pendapat setiap orang pun berbeda-beda, Kunci utamanya adalah “Feels” . Bagi nae pribadi, nae dapat “Feels” kok selama menontonnya. Jadi jika kamu yang merasa tidak sreg dengan Nitiman membaca ulasan ini dan merasa kok bisa sih nae suka sama seriesnya. Karena bagi nae, feelsnya dapet. Dan nae suka adegan-adegan manis BbombJin meskipun alurnya biasa saja. Kembali ke selera masing-masing saja sih. Kita juga gak bisa kan memaksa orang lain untuk menyukai/membenci apa yang telah kita tonton. Cukup saling menghargai.


Underrated. Tapi sayangnya Nitiman bukanlah BL Series yang booming tahun ini. Masih banyak Fujodan yang mana kalau nae up foto aktor Nitiman mereka bakal komen “Mereka siapa? Dari series apa?” Dan banyak juga terkecoh mengira series ini bakal membosankan banget, seperti nae awalnya. 
Tipsnya, coba tonton 2 - 3 episode, jika kamu masih belum dapat feelsnya, kamu bisa skip series ini. Tapi jika suka, silahkan dilanjut.

Scene Favorit Nae :






"Gimana? Manis kan? Nae saja bikin review ini sampe senyum-senyum sendiri, pengen semuanya nae screenshot, tapi gak mungkin XD percaya deh! seriesnya oke kok :)"





"Oh ya! Actually, nae penumpang kapal hantu lho! 555 XD penumpang GhostShipnya BbombKeam (NohKong) maaf ya, karena melanggar Hukum Nitiman, Bbomb sama Keam juga cocok, Keam ntar jadi ukenya. Duhhh.. tatapan Keam, kek punya rasa tersembunyi untuk Bbomb ku." 


"Keam manis banget, rada mirip Singto :D suka banget sama gaya rambutnya, uhhh gula darah cinta nae tiba-tiba naik drastis" 


Kesimpulan :


Nitiman The Series, seriesnya ringan dan manis. Gak ada adegan hot tapi sukses bikin nae bolak-balik tersenyum. Seriesnya juga gak terkesan ribut, sound effectnya digunakan secukupnya. Kan kadang ada BL series yang nyaris disetiap tindakan aktornya kasih sound effect, Nitiman beda, kadang ada scene yang diisi adegan doang tanpa backsound ataupun backsong, jadi kita menontonnya bisa lebih menghayati. Adorable banget. Menggemaskan. Manis. Bukan BL Series yang Wow tapi bagi nae Feelsnya dapet. Rekomendid.


Nae rasa, ulasan nae sampai disini saja, Oh ya! Nae juga kepengen ngucapin selamat buat Nitiman yang berada di posisi 2 sebagai BL Series yang paling banyak ditonton di WeTV Thailand Semester 1 Tahun ini. Yuk! Bisa yuk! Dibuatin season 2 nya hahaha.
Baiklah, bagi yang belum menonton, coba icip-icip dulu, mana tau bisa suka kayak nae. Dan bagi yang sudah nonton Nitiman kalian bisa berbagi pendapat kalian tentang series ini di kolom komentar ya, nae akan reply kok. Salam kisah cinta Nitiman, nae pamit undur diri, see you again di ulasan berikutnya, byebye!

TRAILER NITIMAN THE SERIES

NOH PHOULUANG – READY

BOSS THAWATCHANIN – LOVER
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)