[REVIEW] – FISH UPON THE SKY (2021)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

FISH UPON THE SKY (2021) adalah BL Series Thailand Produksi GMMTV yang tayang mulai tanggal 9 April 2021 s/d 25 Juni 2021 dengan total 12 Episode. Series ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya mbak JittiRain, penulis yang sama  dengan Theory Of Love & 2Gether. -- Oke! Mungkin jika pihak GMM nya tidak mencantumkan JittiRain bersama tulisan "Theory Of Love & 2Gether" di unofficial trailernya Fish Upon The Sky Desember 2020 lalu, nae memang kurang excited. Kek merasa be like "Oh tampaknya GMM mulai memperbanyak series BL buat asupan tahun depan." Tapi karena dicantumin JittiRain nae langsung excited, kenapa begitu? Ya... Bagi yang sudah nonton 2 series sebelumnya yang diadaptasi dari novelnya mbak JittiRain itu termasuk bagus-bagus lho, Theory Of Love yang masterpiece banget nyeseknya sampe ke ulu hati, 2Gether yang vairallllll booming keUwUan Sarawat-Tine sampe-sampe nih ya, yang non-fujodan aja kenal dengan yang namanya Bright Vachirawit dan Win Metawin. So, hati nae akhirnya memberi peluang untuk Fish Upon The Sky, apakah series ini bakal seru atau b aja?

Sebelum itu, mari kenalan dengan para dedek-dedek gemesh series ikan cupang di langit, Hai dekkkk :


PHUWIN Tangsakyuen (05.07.2003) – PI
POND Naravit (01.02.2001) – MORK
NEO Trai Nimtawat (14.01.2001) – DUEAN
LOUIS Thanawin (05.12.2000) – MEEN

Storyline :
(Bisa di skip ke bagian review karena spoiler besar-besaran)


Pi, mahasiswa tahun kedua kedokteran gigi. Yang berpenampilan culun, berkacamata, pakai behel dan selalu ditindas. Dia menyukai cowo bernama MueangNan. Awal mula Pi jatoh cinta kepada MueangNan itu berawal di hari valentine ketika dia hendak pulang setelah selesai menjadi cupid, tapi kebetulan hujan deras dan gak kunjung reda pula. Kemudian cowo cakep bernama MueangNan datang buat nawarin payung. Disitulah Pi langsung klepek-klepek, jatoh cinta pada pandangan pertama. (AW! PI.. Hati-hati-lo!-Pawangnya-Mix-ganas-lho! Haha.. *lirik-raksasa-hijau-seribu-bintang) -- Sejak hari itu, Pi sering memperhatikan MueangNan diam-diam, setiap kali dia melihat MueangNan, Pi itu senengggg bangetttt, hatinya berbunga-bunga, tapi kesenangan itu selalu hancur dengan kehadiran cowo dari fakultas kedokteran bernama Sutthaya / Mork. Dimana ada MueangNan, disitu ada Mork, gak cuma di dunia nyata, di sosmed pun Mork sering komen dilapak fb-nya MuengNan. Membuat Pi kesal, dan mengira Mork adalah saingannya untuk mendapatkan MueangNan. Kebencian pun membatu dalam hati Pi setiap kali melihat Mork.


Penampilan Pi yang culun membuatnya sering diolok-olok, padahal Pi imut lho pas mode culun gini, suweerrr.. Kalo memang dasarnya dah cakep, pas gaya culun pun kecakepannya masih nampak. Dia gak punya teman di kampus, dia hanya punya teman sosmed itupun teman rahasia yang gak mau memberi tahu identitas dirinya. Hanya sama temen sosmednya itu Pi menceritakan semua suka duka yang dia rasakan.
Ada scene dimana Pi merasa dipermalukan banget, saat di bar, dia foto bareng MueangNan, tapi begitu di up ke sosmed, Pi banjir hujatan, karena dianggap orang seculun Pi gak pantes bersanding di dekat cowo sekeren MueangNan,
Pi menyalahkan Mork, karena Mork yang menawarkan Pi fotbar MueangNan. Pi langsung suudzon gays, kek be like "Ini pasti rencana lo kan? Lo sengaja nyuruh gue fotbar, supaya gue dipermalukan". Ekspresi Mork di bar "Yawla, apa salah hamba?"


Dengan segala rasa sakit dan malu yang Pi terima selama ini. Dia memutuskan berubah menjadi.......... Ultramen? Power Ranger? Spiderman?  Yup! Make Over. Dibantu oleh Kakaknya, Duean & Geng Kitty, simsalabim! Pi yang culun berubah menjadi cakep, no culun culun club lagi. Actually, kalau dilihat perubahannya dikit sih, cuma lepas kacamata, lepas behel, terus rambutnya digayain, and taraaaaaa!! The New Pi coming out. Dia jadi perbincangan hangat. Tapi naasnya, penampilan barunya buat menarik perhatian MueangNan gagal. Ya! Itu tuh scene si Pi terkapar karena lari jauh-jauh dari fakultasnya ke fakultas MueangNan, terus si Mork ngompres pake es batu.


Mork seperti yang kita tahu, dia memang naksir Pi, tapi berhubung Pi sangat benci banget nget nget sama Mork, dia mencoba ingin menjadi temannya Pi, nae suka Mork mendekati Pi dengan tahap pelan-pelan tapi pasti. Hmm, tapi yang namanya hati batu ye kan, ogah si Pi buat temenan sama Mork. Kek be like "Dihhh, najissss gue temenan sama rival gue sendiri."  -- Kemudian Pi berencana buat nembak MueangNan seperti arahan abangnya, p'Duean, yaitu menyatakan perasaan sambil mabok. Awalnya berjalan lancar tapi semua gagal. Nae menyebutnya gagal yang berhasil sih, karena couple nya nanti kan memang Mork. Scene dimana Pi yang udah setengah mabok, terus terjatoh kena senggol orang, ketika dia bangkit dan menarik tangan Mork, dia mengira dia lagi hadap-hadapan gitu dengan MeungNan, Pi menyatakan perasaannya, bahkan mengira dia sedang mencium MeungNan, padahal yang sebenarnya yang dihadapannya itu adalah Mork. Yes! Of Course dong, Pi malah ciuman sama Mork.


Insiden MorkPi yang ciuman di bar jadi perbincangan hangat. Memicu duo BL Fans membuat Fanpage khusus MorkPi. Jadi orang-orang di kampus pada mengira Mork & Pi kini sedang menjalin hubungan. -- di lain sisi, Mork juga udah terang-terangan bilang kalau dia naksir Pi. Si Pi nya aja masih bebal banget hatinya. Kek menyangkal perasaannya gitu, nae bisa lihat kok, dia udah mulai nyaman dengan Mork, tapi dia mencoba untuk tetap membenci Mork. Memang benar ya kayak dibilang Mork be like "Lu sakit In Denial. Lu suka gue, tapi lu terus menyangkal. Gue bisa kok jadi vaksin lu!"  -- aw-Mork!-Nae-mau-dong-di-vaksin-juga-XD *vaksin-nae-dong-Mork. Aww!!
Karena fanpage MorkPi makin menjadi-jadi, dan Pi ga tahan dengan komentar-komentar yang membuatnya risih. Pi mendatangi langsung duo admin BL Fans itu, dan menyuruh untuk menghapus fanpage itu karna melanggar privasi.


Hubungan MorkPi semakin membaik semenjak adegan Pi yang nangis-nangis pergi dari rumah karena ketauan emaknya suka sama cuwu. Pas pula lagi hujan. Mork dateng menenangkan Pi. Pi pun menganggap Mork sebagai temannya. Soal perasaan Mork yang selalu terang-terangan mengatakan kalau dia naksir Pi, Pi masih mengelak terus. Dia menganggap Mork itu bukan vaksin yang tepat untuknya. (Serius lo Pi gak mau di vaksin cowo secakep Mork? Ya udah, vaksin nae aja lah Mork :3 nae siap disuntik wkwkwk) -- Mork sampe be like "Yo wes, gue gak bakal membuat lu menyukai gue, tapi gue bakal membuat lu mencintai gue!" -- saat Mork ngomong begitu, Pi gak sadar ada kamera yang merekam obrolan mereka dan video debat cinta MorkPi bocor lagi ke sosmed. -- Admin Fanpage BL itu kembali berulah, mereka membuat lagi halaman baru, bahkan Mork diwawancari oleh si adminnya tentang perasaan Mork terhadap Pi. -- Pi makin marah, dia bahkan dengan teganya menyuruh Mork jangan pernah ganggu hidupnya lagi. Sejak Pi mengatakan itu, setiap kali dia ketemu Mork, Mork gak pernah nyapa, menoleh pun kaga ada. Pi sampe merasa bersalah gitu, "apa gue terlalu kasar ya?" -- Tuh kan Pi! Makanya, jangan sok-sokan gabutuh Mork ya, tiba gak diganggu Mork lagi, kangen kan lu.


Oh ya, soal Duo BL Fans yang merupakan Admin fanpage MorkPi. Mereka jadi bertengkar gitu. Terpecah menjadi dua, yang satu kubu pendukung setia MorkPi, yang satu kubu pendukung real couple, MorkBam. Bam?
Iyap, Bam itu sahabatnya Mork semasa SMA dan satu kampus pula, si Bam ini bakal berpura-pura sebagai mantannya Mork yang kembali dekat dengan Mork. Perannya itu centil dengan nada suara yang sengaja dimanja-manjain supaya Pi cemburu. Dan sumpah! Kehadiran Bam selalu bikin nae ngakak, dan rencana Mork & Bam terbilang berhasil, karena si Pi selalu kesal & cemburu diwaktu yang bersamaan. Tapi setiap ditanya Mork kek be like "lo cemburu kan?" Pi be like "Ogah! Pfff...." *terus-aja-menyangkal-perasaan-lo-sendiri-ya-Pi.


Pi membalas Mork & Bam dengan cara menyindir adegan yang mau jatoh itu dengan MueangNan, dan MueangNan sadar kalau yang Pi lakukan itu ngesarkas. MueangNan pun memberi nasehat kepada Pi & dia memberi tahu, kalau temen sosmed Pi yang selalu nemani Pi chattingan disaat suka duka itu adalah Mork. -- Nampak sih dari ekspresinya Pi jadi merasa bersalah gitu, plus shock, ditambah dia orangnya mudah insekyor. Kek be like "Bagaimana cowo secakep dan sepopuler Mork bisa suka sama gue yang kentang ini?" -- Mork be like "gue suka lo apa adanya!" bahkan jauh sebelum Pi bertansformasi jadi cakep gini, Mork udah klepek-klepek dengan Pi karena kebaikan hati Pi. – Nah! Ingat ya gays,, jangan memandang seseorang itu dari covernya, tapi lihat hatinya baik apa kaga.


Ceritanya waktu itu Mork kebingungan dengan mesin fotocopy yang stuck, nah Pi yang mau nge-fotocopy juga dateng dan membantu Mork. Sejak saat itu, Mork sering memperhatikan Pi dari kejauhan yang dimanfaatin temen-temennya. Eh siapa sangka rasa respek berubah menjadi cinta. -- Dan scene MueangNan menawarkan payung kepada Pi, sebenarnya yang menyuruh MueangNan melakukan itu adalah Mork.


Mork menembak Pi, dan Pi menerima Mork dengan berbagai syarat, dan bisa nae simpulkan, Pi pengen dia dan Mork menjalin hubungan diam-diam. -- Pi juga berusaha keras menyembunyikan hubungannya dari abangnya p'Duean, tapi tetap ketahuan kok. Kekhawatiran Pi yang lain, yaitu "apa kata orang nanti tentang kita" jika dia ketahuan pacaran sama Mork. Karena itu Mork ngasih ide, supaya gak ketahuan pacaran, kemanapun MorkPi pergi, Bam akan selalu ada, istilahnya biar si Bam jadi tukang jaga nyamuknya. Eh... Sifat insekyor si Pi malah kumat, dia sendiri yang malah merasa jadi tukang jaga nyamuk, karena melihat Mork & Bam lebih akrab, dan lebih nampak cocok. Bahkan Pi membaca komentar-komentar kalau banyak yang mengatakan MorkBam itu pacaran. Yup! Cemburu lagi kan si Pi. Dan dia merasa gak pantas bersanding dengan cowo seperti Mork. Mork terus menasehati Pi, kek be like "gausah dengarkan apa kata orang, hidupmu pasti akan lebih baik" -- nae rasa itu ada benernya, kalau kita terus-terusan ingin menuruti apa kata orang, itu gak akan ada habisnya, kita juga pasti gak tenang kan?


Di acara ulang tahunnya Mork, Pi cemburu lagi melihat kedekatan Mork dengan Bam. Tapi dengan sigap Mork menenangkan Pi, dan mereka mengumumkan kepada seluruh orang yang di acara itu kalau mereka pacaran. Suasana jadi serba happy-happy manis riang gembira gitu deh. Para fans BL ikut histeris karena akhirnya kapal MorkPi mereka berlayar. Eits... Itu hanya sebentar kok, tiba-tiba saja semua orang dapat kiriman foto-foto Pi yang masih culun. Pi dibully dan diejek, Pi malu banget sampe nangis, dia marah dan nuduh Mork yang menyebarkan foto itu buat mempermalukan Pi dihadapan orang banyak. Karena foto-foto itu hanya Mork yang punya, yang Mork jepret diam-diam.


Pelakunya siapa? Ya si Bam dong, nae mengira dia hanya akting pura-pura suka sama si Mork tapi ternyata benaran suka, tapi dia bertanggung jawab kok, dia minta maaf kepada Mork dengan rasa bersalah. Tapi karena Pi sudah terlanjur marah kepada Mork. Bam memberi ide supaya hubungan Mork & Pi kembali membaik.


Kalian masih ingat gak scene Pi yang mau pulang tapi hujan deras pula pas di hari valentine. Dia pulang setelah menjadi salah satu cupid di kampusnya. -- Hah? Cupid? Maksudnya? Gini... Di kampus mereka itu ada tradisi bagi orang yang ingin menyatakan perasaannya kepada orang yang dia suka, maka akan kelilingi para cupid / dewa cinta / orang-orang yang membawa bunga, balon dsb. Disaat para cupid sudah mengelilingi si target, maka orang yang ingin menyatakan perasaannya datang buat mengungkapkannya. -- Maka Bam menggunakan tradisi itu buat menyatukan MorkPi kembali.


Hari valentine kembali datang, dan Pi diminta untuk jadi cupid lagi, karena bakal ada mahasiswa kedokteran yang akan menyatakan perasaan kepada mahasiswa kedokteran gigi. -- Pi membawa balon-balon ke rooftop, tapi sesampainya di lokasi cuma dia sendirian. Tiba-tiba para cupid datang ramai-ramai dan mengelilingi Pi. Dia kaget karena dicium kening oleh abangnya sendiri, disusul geng Kitty, dan terungkaplah mahasiswa kedokteran yang ingin menyatakan perasaan itu adalah Mork. Bam juga mengaku & minta maaf karena sudah menyebarkan foto culun Pi.
Pi masih khawatir jika dia tetap menjalin hubungan dengan Mork, Mork akan kena bully juga. Mork be like "Jadilah egois sesuka hati lo, karena gue sangat senang saat bersama lo, bukan karena mereka-mereka itu." ... MorkPi pun ciuman disaksikan para cupid dan yang lainnya.


Plot berjalan 2 tahun kemudian, dimana MorkPi masih menjalin hubungan. Mork yang jadi dokter, Pi yang jadi dokter gigi. Kebucinan mereka masih sama seperti 2 tahun yang lalu. Dan nae suka, ciuman ala-ala spiderman sebagai penutup series Fish Upon The Sky ini. Fix! Vaksinasi selesai.

Review  Time :


Ketika mendengar Fish Upon The Sky, apa yang terlintas dibenak kalian pertama kali? Kalau nae saat itu, langsung teringat ikan terbangnya Indosiar. Tapi itu salah ya, Fish Upon The Sky / Ikan di Langit. Adalah kalimat yang bermakna kemustahilan. Ya secara kalau dipikir secara logis, bagaimana mungkin ikan bisa sampai di langit? Ikan kan hidupnya di air, ikan bukan hewan bersayap. Mustahil dong, itulah garis besar yang awalnya ditekankan oleh si tokoh dalam series ini. Pi yang menganggap MueangNan adalah ikan di langitnya, mustahil untuk dimiliki karena MueangNan adalah langit, dan Pi ikan yang selamanya hidup di air. Tidak akan bisa menggapai langit. Di lain sisi, Mork juga menganggap Pi sebagai ikan di langitnya. Rasa-rasa mustahil, rasa-rasa sulit tuk dimiliki.


Untuk plotnya sendiri, memang bukan yang baru lagi. Konsep dimana si tokoh yang awalnya culun terus berubah jadi cakep dan jadi perbincangan hangat, udah banyak diluaran sana. Terus love and hate antara Mork Pi juga bukan hal yang baru lagi. Bisa dibilang ini klise.
Yang membuat nae akhirnya menyukai series ini, dan yang membedakan dari 2 judul yang sama karya mbak JittiRain, Theory Of Love & 2Gether. Fish Upon The Sky lebih banyak membawa kita ke sisi humor & keromantisan cinta. Terutama porsi humor yang mendominasi series ini bakal membuat kita bolak-balik ngakak. Sebelum menulis ulasan ini, sebenarnya nae udah baca review-review Fish Upon The Sky baik itu oleh temen sosmed nae, dari blog lain bahkan dari situs MyDramalist. Ada beberapa orang yang nae simpulkan berpendapat Fish Upon The Sky ini "terlalu alay! Penggemar toxic! dan tidak sesuai novel(?)"


Seperti yang nae katakan tadi, porsi humor lebih banyak mendominasi series ini. Dan nae sudah bisa menebak kalau Fish Upon The Sky ini memberi humor-humor receh dan ringan lewat adegan-adegan yang memang sengaja dilebih-lebihkan. Salah satunya di EP.1 saat Pi yang jatuh cinta pandangan pertama pada MueangNan, dia kecipratan becek, tapi gak cuma sekali, sampe berkali-kali hingga dia basah kuyup. :3 sia-sia dong kan dipayungi MeungNan supaya gak basah eh ujung-ujungnya basah sekujur tubuh. -- Mungkin si ts bakal ngomong "ih! Alay banget sih ni film." tapi bagi nae, justru inilah salah satu kunci humor yang disuguhkan dalam series ini, jadi bukan hanya satu atau dua adegan yang memang sengaja dilebih-lebihkan, tapi memang banyak dan berhasil membuat nae ngakak. Jadi nae gak setuju kalau Fish Upon The Sky dibilang gak worth it ditonton karena adegannya alay, malah justru itu adalah bagian dari sisi humor receh series ini.


Konsep gambaran penggemar Toxic, ini gak jauh beda dengan yang mengatakan seri ini "alay" , karena fans BL yang digambarkan di series ini juga dilebih-lebihkan. Karena fans BL nya termasuk berani-berani, ngeship dua orang yang statusnya saat itu masih belum jelas, terus mengambil foto MorkPi terang-terangan dihadapan MorkPi, dan beberapa ada melontarkan komentar yang menjurus ke pelecehan / pelanggaran privasi. -- Plis, menonton series ini jangan terlalu dibawa serius. Karena semua bakal serba salah dimata kamu. Tapi di real life memang ada sih karakter fans BL yang seperti duo admin fanpage MorkPi tersebut.


Tidak sesuai novel(?) di novel katanya ada adegan hotnya tapi kenapa diseries gak dimasukkan. Well, ini gak mengejutkan nae sih. Apa sih yang kamu harapkan ketika novel BL diadaptasi dari GMM? bagi yang udah kenal betul tuh production home, udah gak heran lagi, jika BL sehot apapun, bisa se syariah banget dibuat nya. Kemudian, karakter Bam yang gak sama, di novel katanya Bam gak centil, malah cenderung gak banyak ngomong, yang menyebarkan foto-foto culun Pi juga bukanlah Bam, tapi temennya Bam. -- Menurut kalian, apakah harus persis sama dengan novel secara rinci? Menurut nae sih, namanya juga adaptasi ya kan, ga harus sama persis tapi gak sampe melenceng bangetttttt dari yang di novel. Yang terpenting, meskipun agak beda dari novel, jika kita masih bisa enjoy dan terhibur dengan seriesnya, itu bukanlah masalah yang harus dibesar-besarkan.


Apa persamaan Sarawat (2Gether) dengan Sutthaya (FUTS)? Tukang Gombal hahaha XD dan punya panggilan sayang masing-masing dari ukenya, Sarawat = Saraleo!, Sutthaya = Sutt....Thaya! -- gombalan-gombalan seme ini sukses bikin lawan mainnya baper, iya kan Tine? Iya kan Pi? Bahkan nae saja sampe tersipu malu gitu. Tiba-tiba shy-shy-cat. Dan ciri khas gombalan mereka juga unik, kayak Sarawat yang selalu menggombal dengan istilah-istilah yang berhubungan dengan musik, maka Sutthaya menggombal dengan istilah-istilah kedokteran kayak "dopamin gue bla bla bla bla.. Serotonin gue bla bla bla bla!" -- Soal visualnya Pond, nae suka dia karena manis gitu, oke! Dilihat pertama kali emang gak langsung nancep, tapi kalo ditatap lama-lama kok makin cakep. Apalagi suaranya... Suaranya deep berat gitu kek abang-abang, gak heran sih, banyak yang jatuh cinta dengan karakter Sutthaya karena suaranya yang deep dan seksi.


Pi! kalian ngeh gak sih? Kalau si Pi ini lebih banyak bicara dalam hati, setiap apa yang dia rasakan mau senang, suka, duka, selalu bicara dalam hati. Kecuali dia lagi chattingan dengan teman sosmednya yang ternyata Mork. Maka suasana yang mulanya chattingan berubah menjadi bicara langsung dengan teman sosmednya itu tapi wajahnya gak ditunjukin. Ya memang sih apa yang kita rasakan gak harus keluar dari mulut, ntar jatohnya kayak sinetron. Maksud nae, sepanjang series ini sudut pandang nya berada pada Pi. -- Membuat nae flashback, bagaimana Theory Of Love mempunyai 2 sudut pandang, EP 1-6 sudut pandang Third, EP.7-12 sudut pandang Khai, jadi kita sebagai penonton bisa semakin mendalami perasaan karakter kedua tokoh utama.


Pelajaran yang paling bisa nae ambil dari series ini, yaitu "Stop Bullying" seriusan! Series ini memang bisa bikin kita ketawa-ketiwi, senyum-senyum gaje karena keimutan MorkPi. Tapi konsep Bullying yang dihadirkan benar-benar membuat mental si tokoh jadi trauma. Meskipun dia sudah make over, dari culun jadi cakep. Bukan berarti mentalnya juga ikutan berubah jadi pede, bahkan Pi masih sering insekyur, masih sering dibully. Dia lebih banyak dibully verbal, cuma lewat baca komentar-komentar buruk, tapi Pi udah merasa bersalah banget. Dia menjadi be like "apa kata orang nanti, apa kata orang nanti, apa kata orang nanti?"
Terkadang, kita memang perlu menjadi egois, dan mengabaikan semua omongan-omongan yang toxic. Selagi kita gak menganggu dan merugikan orang lain, jadilah diri sendiri dan abaikan suara-suara gak jelas. Karena kalau kita terus-terusan mau menuruti apa kata orang, itu gak akan ada habisnya. Yang ada hidup kita jadi gak tenang hanya karena pengen memuaskan keinginan orang untuk menilai diri kita baik dimata mereka yang toxic. Be yourself, love yourself.


Keunikan lainnya, Fish Upon The Sky, punya second couple. Yaitu Kisah Cinta Mahasiswa Tahun Kelima, abangnya Pi, p'Duean yang gak lulus-lulus kuliah. Dengan Lintah di langit, Adeknya Mork, yaitu Meen. Yang selalu nempel kepada Duean kemana saja bagaikan lintah. Hahaha... "Duean... Duean... Dueannn.....!" Duean be like "Alaaaaiiiii???" *kesal. *kata-yang-bisa-kita-dengar.
Nae sengaja memang gak membuat storyline singkat untuk DueanMeen, karena nae pengen kalian yang belum menonton nya bisa mencari tahu, kisah jalan cerita second couple series ini seperti apa.
Keunikannya terletak dimana? Kisah DueanMeen diselipkan diantara plot MorkPi, tapi dengan konsep CERITA. Ada judul pembuka, ada judul penutup. Resolusi yang awalnya full, akan menyempit menjadi ala-ala movie layar lebar dan ditambah suara Narator yang mengatur kapan kisah DueanMeen mulai dan berakhir. Plus.... Duean bisa berinteraksi dengan si Narator, jadi selama menontonnya, nae ngakak dan merasakan feel saat Duean bicara dengan si Narator serasa lagi bicara dengan nae / si penonton. Alur couple ini juga ringan tapi nae suka karena selain lucu memberi pengalaman unik menontonnya.


Soundtrack, series ini punya 4 lagu, yang nae ketahui, opening by Louis Thanawin 'Beside', closing by Mix Sahaphap 'What Kind Of Person?', Love Beans 'I Need Only You' (remix) & Getsunova "Fish In The Sky" (Unofficial Trailer) -- nae suka semua lagunya, dan bagi yang kepengen tahu apakah Fish Upon The Sky emang bisa ada? Bukannya mustahil? coba deh tonton MV Getsunova yang animasi versionnya. Disitu diceritakan, seekor ikan yang dilaut selalu bermimpi bisa terbang ke langit, dia terus berjuang dan berkelana hingga akhirnya dia benaran bisa sampai di langit. Meskipun sudah tiada. Kalian tahu gak, ikan apa yang yang benaran di langit? Salah! Bukan Ikan Indosiar. Tapi Ikan Pisces. Rasi bintang berbentuk ikan di langit. Deep banget ya artinya. Haha.

Cameo :
Mbak JittiRain bersama MeuangNan.


Top 4 Scene :
Ada banyak scene uwu-uwu manis bikin diabetes sampai rasanya gula cinta nae naik. Gemesh dengan adek-adek ikan cupang ini. Nae akan menyebutkan 4 saja ya yang nae sukai dan memoriable bagi nae.


4. Scene di mana Mork & Pi ketemuan di Mall, terus Mork nanya kek be like "Gue harus gimana supaya lu bisa maafin gue?". Pi be like "Jangan ngomong, jangan gerak, jangan nafas." eh benaran dilakuin si Mork, dia mematung dihadapan Pi. Pi meletakkan telunjuknya dibawa hidung Mork untuk mengetes apakah si Mork benaran nahan napas. Ini imut bangettttttt, sorot mata mereka tatap-tatapan, ditambah lagunya yang menggemaskan. Fix! Disini rasanya perut nae udah dipenuhi kupu-kupu. Actually, di scene ini Pi masih culun stylenya, tapi imut banget, seriusan deh imut nya pengen nae cubit-cubit pipinya. Gemeshnya kamu dek Phuwin.


3. Scene pengakuan cinta Pi kepada MueangNan, dia mengira itu MueangNan padahal dia lagi hadap-hadapan dengan Mork. Pi mencium Mork. Ciumannya memang gak hot, cuma nempel doang, tapi feelsnya sampe bikin nae baper. Romantis banget, dan lagi-lagi soundtracknya menambah keromantisan cinta ikan-ikan cupang ini. Nae sampe bolak-balik mukul-mukul guling tau gak, histeris sendirian di kamar. Sweet and romantic. Wuhh!


2. Scene Popcorn di rambut Pi. Ini nae shock banget. Nae gak ada ekspektasi sama sekali akan ada scene beginian selama menontonnya. Ceritanya MueangNan, Mork & Pi bakal nonton bioskop, jadi MueangNan ada urusan sebentar, MorkPi duluan masuk dan duduk, bersebelahan pula. Pi gak mau yang duduk disebelahnya si Mork, jadi dia nyuruh si Mork buat pindah tapi si Mork ga mau, si Pi ngalah dan mau pindah eh ditahan si Mork sampe Pi jatuh dipangkuan Mork dengan popcorn yang bertumpahan sampe ke rambut Pi.
Mork mengambil popcorn dirambut Pi pake tangan, terus Pi marah karena tangan si Mork nyentuh rambutnya. Karena ga boleh pake tangan, si Mork ngambil popcorn dirambut Pi pake mulutnya. Wah! Gila sih, scene beginian aja dah bikin mulut nae monyong kanan-monyong kiri bolak balik senyum. Sweet, sweet, sweet. Gula aja kalah manisnya.


1. Spiderman Kiss. Ciuman yang ikonik saat unofficial trailer Fish Upon The Sky rilis. Nae mengira nggak akan ada scene ini. Sempat akan merasa kecewa. Eh dapat kejutan di episode terakhir series ini, MorkPi akhirnya ciuman ala-ala spiderman. - berulang-ulang kali Pi mencium Mork dan itu juga adorable banget.


Top favorit nae ini memang semuanya yang UwU-UwU dan terasa manis. Dan masih banyak lagi sih kehebohan dan kelucuan di dalam series ini, seperti Duean & Geng Kitty pake baju ala-ala India, Bam yang kepedesan, Duo admin BL dengan kesengklekan otaknya ketika fangirling. Dijamin stres bakal hilang deh nonton ini.


Dari tadi nae rasanya kayak ngomong kesukaan ataupun kesan baik-baik akan series ini, apakah tidak ada hal yang tidak nae sukai dari Fish Upon The Sky? Ehmm... So far sih, nggak ada hal yang membuat nae terganggu selama menonton nya. Suwer! Karena dari awal nae sudah mencoba memahami series ini bakal seperti apa, jadi nae gak ada ekspektasi yang harus wow banget! Kalian mau tau apa harapan nae ketika awal-awal nonton Fish Upon The Sky? "Cukup dengan bikin aku ngakak dan terhibur disetiap episodenya." dan itu terkabul. Jadi kalau dibilang orang lain seriesnya alay, terlalu klise, bla bla bla bla... Nae ya ga harus nanggepin. Selera orang kan beda-beda.


Sudah 3 novel mbak JittiRain dijadiin novel. Theory Of Love, 2Gether, Fish Upon The Sky. Yang mana sih favorit nae? The answer is.... Theory Of Love. Nae masih menempatkan Theory Of Love sebagai BL series favorit yang diadaptasi dari novelnya mbak JittiRain paling ngena sama nae. Setiap rewatch TOL, selalu nyesek. But, tenang saja, 2Gether yang Phenomenal & Fish Upon The Sky yang mengocok perut tetap punya tempat masing-masing di hati nae. Gak akan nae lupain kok.


Apakah series ini nae rekomendasikan? Ojelas dong, series ini ringan, manis dan bakal membuat kalian tertawa sampe sakit perut. Ngakak mulu. Seru deh! Tapi ini kembali lagi ke selera masing-masing. Coba deh tonton satu episode dulu, kalau suka silahkan lanjut, kalau kurang suka bisa di skip series ini dari list tontonan kalian.


Postingan ini nae tulis tepat tanggal 5 Juli, tandanya? HAPPY BIRTHDAY to PHUWIN yang sudah genap 18 tahun. Terima kasih banyak karena sudah menghibur lewat Fish Upon The Sky, semoga karirnya makin bagus dan semoga ada projek bareng Pond lagi. :) Amin.
Buat Mbak JittiRain semoga GMM melirik novel mbak yang lain juga ya ^^ 
Nae rasa sampai disini reviewnya, terima kasih banyak sudah mampir membaca ulasan bin curhat nae ini. Hahaha..
Bagi yang belom nonton, segeralah ditonton, dan bagi yang sudah menonton hingga tamat, bagaimana tanggapan kalian tentang series Fish Upon The Sky. Kalian bisa memberi komentar / pendapat di kolom komentar ya, nae akan reply kok. Salam Kisah Cinta Ikan Cupang di Langit, see you again and byebye!

TRAILER FISH UPON THE SKY

MIX SAHAPHAP "WHAT KIND OF PERSON?"

GETSUNOVA "FISH IN THE SKY"
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)