[REVIEW] – WHERE YOUR EYES LINGER (2020)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

*** 
Pertama-tama, izinkan nae bernyanyi dulu :
"Baby you oneulttara nuni bushyeo,
saenggakjido mothan sungan...
eoneusae naege soksagineun you........." CUT....!!!


WHERE YOUR EYES LINGER (2020) adalah web seri BL pertama asal Korea Selatan yang tayang mulai tanggal 22 Mei 2020 s.d 12 Juni 2020, dengan total 8 Episode dimana perepisodenya berdurasi 10 menitan (miris T-T). Seri ini bisa di akses melalui app W-STORY (Korea), Viki Rakuten Japan (Japan) We TV (Filipina & Thailand), Viki (Worldwide fans).


Ghibah Time syay! XD
Siapa diantara kalian yang ngikutin ajang Produce X 101? Masih ingat gak Top 5 pick idol kalian? Karena nae kebetulan kpop fans juga, so.. Nae pasti nonton dong tuh ajang survival walaupun gak sampai tamat. Yup! Sebenarnya stop nonton karena smua top 5 pick nae udah keburu ke eliminasi, yaitu ada : Yuri, Lee Mi Dam, Park SunHo, Han Gi Chan & Kim Dong Bin. Kalau teringat tuh ajang, nae jadi flashback masa-masa dimana nae sering ngevote dari Dear101... T-T mengenang 5 biasku gak ada satupun debut di X1. Tapi, gpp sih, lagian X1 juga sudah disband gegara Mnet tersandung kasus kontroversi manipulasi hasil jumlah voting.


Suatu hari, nae lagi on di sosmed, dan melihat timeline udah rame membahas foto teaser & poster promosi Where Your Eyes Linger dengan headline "Korean First BL Web Series" starring by. Han Gi Chan & Jang Eui Soo sekitaran pertengahan April 2020.
Disitu nae ingat ucapan yang keluar dari mulut nae be like "Wah! Asyik, BL Korea cuy, mana aktornya cakep-cakep pula lagi. Wajib nonton nih!" -- dan sesaat kemudian, nae baca ulang lagi kan nama aktornya. HAN! GI! CHAN! Otak udang nae langsung mulai ngeloading, nae merasa mukanya familiar banget, namanya juga rasanya kek sering denger, tapi dimana yes? Then, "O....jangan-jangan si depok?" :o setelah nae googling dan bener dong T-T Han Gi Chan from Fantagio Entertainment yang pernah ikutan ajang Produce X 101.

Disitu nae nyaris menjerittttttttttt tau ga, nae di kamar sambil mukul-mukulin guling kesenangan. Kek seakan gak percaya gitu "Duh! Mampus gue! Seriusan, ini bener gak sih? Gichan? Gichan uri uri depok, semenya dek Bulan Hyunbin itu? Anjir, Bias gue! Jadi Aktor BL! Ini bukan kembarannya yang lain kan? :v"
Ini plot twist banget, waktu nonton Produce X 101 nae gak ada pemikiran sama sekali ni anak bakal mau terjun ke dunia PerBLan, apalagi Korea kan masih tabu dengan hal-hal Yaoi or Eljibitih gitu.
Kalian bisa bayangkan gak? Kita ngebiasin suatu idol, ngedukung dia, ngebucinin dia tiap hari, hingga akhirnya tereliminasi, kabar dia pun nyaris hilang ditelan waktu, disaat bias kita kembali, dia menjadi Aktor BL, BL genre favorittttt nae yang bahkan membuat nae merasa "gue mimpi apa sih kemarin-kemarin? Han Gi Chan, bias gue di Produce, tiba-tiba ada kabar bakal debut sebagai Aktor, Aktor BL pula!"

Pro dan kontra pasti ada dong ya, nae ada nemu banyak komentar positif dan komentar negatif. Gausah jauh-jauh bahas komenan netizen luar negri, di Indo sendiri banyak kpopers yang bilang gini "Miris, sampai putus asanya gak debut bareng X1, dia sampe banting stir jadi aktor serial gay!" *what-the-fucek tau ga sih. Nae sempet naik darah baca komenan itu, emang salah banget ya kalau dia milih debut Aktor BL? Orang-orang homopobic yang merasa benar dan suci bebas dosa hanya bisa menilai tanpa faham apa isi dari suatu film itu. Mereka berpikir BL itu suatu tontonan yang gak pantes, bahkan menganggap orang-orang yang terlibat dengan BL itu sebagai orang yang hina. Padahal BL tidak seburuk yang mereka pikirkan.

Soal pernyataan, BL Web Seri Pertama Korea? Bukannya Korea sebelum-sebelumnya sudah punya film bertemakan yaoi? Kayak The Regret, Hello My Love, A Crimson Mark, ataupun yang menyisipkan BL/Yaoi di dalam plot ceritanya kayak The Boys Next Door, Matching Boys Archery Club, At Eighteen. Nah... Nae rasa kalian udah tau kan perbedaan Sinetron, Movie, Series dan Web Seri. Kalau Sinetron itu yang jumlah episodenya bisa puluhan, ratusan bahkan ribuan kek Tukang Porridge Naek Haji, Movie itu film dengan durasi sekitaran ± 1-2 jam lebih dan ceritanya langsung tamat dalam waktu itu juga, Series itu film yang terbagi menjadi beberapa episode kisaran 1-20an dengan durasi kisaran 40menitan s.d ± 1 jam. Then, Web Seri adalah film yang berdurasi pendek, sekitaran 15-30an menit perepisode dan tayangnya di platform streaming web.
So, Gelar ini memang pantes kok Where Your Eyes Linger disebut sebagai BL Web Seri Korea pertama, karena kebanyakan hanyalah movie-movie gay Korea, dan baru kali ini ada web seri dengan genre BL, di produksi serta di promosiin secara terang-terangan ke publik.

Cast :


Han Gi Chan (6 September 1998) - HAN TAEJOO
Jang Eui Soo (22 Januari 1990) - KANG GOOK

Storyline :


Seri ini mengisahkan Han TaeJoo (anak pewaris dari TB Group) & Kang Gook (Bodyguard) yang sudah berteman lebih dari 15 tahun. Si TaeJoo punya bapak, yang menurut nae kesannya kek setara sama guru killer di sekolah. Gak siap PRmu? Habis lah kakimu biru-biru dilibas pake rotan. --  Karena si TaeJoo merupakan pewaris holkay, makanya ayah si TaeJoo menyuruh Kang Gook sebagai pengawal & menjaga TaeJoo kemanapun berada. -- Bicara soal karakter, TaeJoo disini perannya usil, manja gitu, tepatnya selalu manja banget kalau sudah berada di deket KangGook. Sedangkan KangGook itu tipikal cowo yang emang auranya persis seperti kita nonton drakor pada umumnya, cowo yang cakep, tinggi, kalem, jarang senyum, tapi perhatian... Bedanya disini nih seme rada tsundere. XD


Karena ini ada 8 episode : sebenarnya plot ceritanya sudah terbagi sesual judulnya yaitu : EP.1 Kebiasaan buruk, EP.2 Hubungan Yang Seimbang dst. -- Si TaeJoo ini usil banget orangnya, dia suka menganggu temennya di sekolah (si Pilhyun) dan suka banget megang-megang telinga orang. Sementara KangGook justru punya kelemahan, apa itu? Of course... Telinganya. Kalau telinganya sudah dipegang TaeJoo, dah lah... Auto lemes nih anak kek habis orgasme menggauli TaeJoo XD (Aw!-RIP-my-brain).


Awalnya mereka sekolah itu dengan kehidupan yang fine-fine saja. Semua mulai berubah, saat negara fire menyerang.... (Lu-kire-avatar-the-legend-of-eeng!) :v -- Maksudnya, saat seorang cewe datang menyerang... (Choi HyeMi) siswi-pindahan-baru-disekolah. Si HyeMi punya resto, dan kebetulan emaknya seorang fujoshi XD
NAH.. Si HyeMi kecantol sama ketampanannya KangGook dan meminta nomor HP KangGook di depan TaeJoo. Titik konflik pun mulai masuk di mana, KangGook mulai merespon HyeMi sehingga TaeJoo mulai merasakan yang namanya cemburu membabi rabun.


Setiap kali TaeJoo melihat momen KangGook & HyeMi hang out berdua, tertawa bersama, bahkan sampai di lindungi. Membuat TaeJoo cemburu akut, marah, kesal... Of Course, actually TaeJoo suka sama KangGook. Dan ada juga scene yang akhirnya TaeJoo mengakui perasaannya sama KangGook. Kalau dia menyukai KangGook. But, namanya KangGook si seme tsundere yes, dia juga kayak nolak gitu, kek menganggap KangGook hanya menganggapnya sebagai pengganti sosok ibu yang selama ini memberi perhatian yang banyak kepada TaeJoo ketimbang bapaknya. Padahal dia juga punya rasa untuk TaeJoo.


Konflik lain bertambah, saat Pilhyun ngasih tahu ke ayahnya Taejoo kalau dia pernah melihat TaeJoo & KangGook ciuman di sekolah. (Padahal-ga-kena). Nah... Si Taejoo pun di ciduk di bawa ke rumah bapaknya. -- Dan KangGook berusaha datang untuk menemui TaeJoo walaupun halangannya berat. Yes... Semenjak kasus ciuman TaeJoo & KangGook diketahui bapak si TaeJoo, dia kek dianggap orang lain gitu lo, kek gak boleh bertemu TaeJoo lagi, dia sampai dihajar pengawal-pengawal bapaknya Taejoo persis dihadapan TaeJoo sendiri.
Bayangin lho! Didepan mata kita, orang yang kita sayangi rela dihajar demi kita. Beh.. Melihat tatapan KangGook yang tulus mencintai TaeJoo membuat nae sampai speechless.
Karena TaeJoo gak tega melihat KangGook dihajar, dia memutuskan akan belajar ke Inggris, asalkan dia bisa pulang untuk terakhir kalinya bersama KangGook.


Plot berjalan 3 tahun kemudian, dimana KangGook akhirnya memutuskan akan pergi ke Jepang untuk move on dari TaeJoo yang tak kunjung pulang. Btw salfok sama Jidatnya KangGook, sumpah! Level kegantengannya naik seribu kali lipat njir... XD makin cakep ya kalo oppak korea nampak jidat gini. - eh eh.. Fokus dulu ke ceritanya, si KangGook duduk di taman deket tepi danau sendirian, kemudian TaeJoo dateng (Surprise!) buat menemui KangGook.
Nae bisa lihat kok, rasa rindu KangGook akhirnya terbayarkan setelah dia bisa melihat TaeJoo lagi. Taejoo memegang telinga KangGook, KangKook auto nyipok TaeJoo dong.... (Sumpah! Nangis beneran aing T-T) mereka saling melempar senyuman dan ciuman di hari yang menjelang sore..... Tamat.

Review Time :


Nae akui, kalau akting dan kemistri Han Gi Chan & Eui Soo benar-benar dapet banget. Ini rasanya persis seperti nonton Drakor, tapi bedanya ini BL. Dimana nae bisa merasakan sensasi lain dari drakor korea selama ini yang banyak mengusung konsep si cowo keturunan orang kaya yang jatuh cinta sama cewe miskin dsb.
Terus dari segi alur, kalau disimpulkan ini adalah rasa bingung dua remaja cowo terhadap perasaannya, mereka terjebak dalam situasi pertemanan, hubungan kasta tuan&bodyguard dan perasaan cinta. Dari segi visual aktor, akting, kemistri, plot menurut nae udah bagus kok, menarik.
Apalagi kehadiran tokoh cewe di seri ini bukanlah penyebab utama rusaknya hubungan kedua tokoh. Untuk ukuran web seri super pendek gini nae rasa pemilihian konfliknya sudah pas.


Yang nae sayangkan sebenarnya durasinya, saat series ini diumumkan dengan 8 episode dimana perepisodenya hanya kisaran 10 menitan disitu reaksi nae kek be like "what? 10 menit?" (*shock + kaga terima gitu lo). Karena pas nonton seri ini juga, nae nontonnya aja kek gak terasa saja sudah 10 menit. Tiba-tiba nae be like "Yahhh... Dah habis??" sumpah! Kesel banget. Nunggu seminggu, yang ditonton pun gak sampe setengah jam.
Web Series ini sukses mendapatkan rating 9.7/10 di viki rakuten. Angka yang mendekati angka sempurna, dimana rata-rata yang ngevote itu ngasih poin 10. Dan juga menjadi Trending No.1 di China mengalahkan drakor straight korea lainnya. Chukkae!
Director Cutnya akan dirilis bulan Juli di Line TV, versi movienya dimana isi cerita Where Your Eyes Linger akan berbeda 25% dan bakal ada Soundtrack baru.


Menonton series ini, membuat nae sebenarnya masih merasa kek percaya-gak-percaya gitu lho. Dulu............. Nae pernah berharap, andai ada BL Series Korea. Dan di tahun ini, harapan nae terwujud secara plot twist. Dimana bias nae, HanGiChan jadi aktornya pula.
Terus, beberapa minggu lalu, sempat rame di sosmed saat Fantagio mempromosikan Where Your Eyes Linger dengan sebutan Romantic Bromance. Jadi membuat sedikit kebingungan bagi fans BL yang lain, padahal di Viki, WeTV tertulis ini genre BL, sementara Fantagio menyebutnya Romantic Bromance.
Nae ngerti kok, di Korea, genre beginian masih tabu, makanya Fantagio memperhalus lagi sebutan BL dengan Romantic Bromance. Nae juga gak ada berekspek Where Your Eyes Linger bakal ada kiss scene secara you know kan Korea masih tabu.. Makanya pas di Episode terakhir nengok scene TaeJoo & KangGook ciuman bikin nae shock, speechless rasanya mata nae udah berkaca-kaca. Serasa mimpi be like "ini benaran bibir bias gue, gichan dicipok oppak korea". Daebak!!!!


Terlepas dari itu semua, nae pengen berterima kasih banget kepada Fantagio Entertainment yang sudah memperbolehkan aktornya buat ambil peran di genre yang masih tabu. -- Memang sih ini bukan pertama kalinya Fantagio melakukannya, sebelum-sebelumnya kan sudah ada kayak Mendiang Cha In Ha sebagai WonSeok di Drakor Love With Flaws, Moonbin ASTRO sebagai Oh Je di Drakor At Eighteen, yang ceritanya dia suka sama Ketua Kelasnya. Tapi masih ada perbedaan, kalau Mendiang ChaInHa & Moonbin di alurnya masih sebagai minoritas/sisi lain cerita. Sedangkan Han Gi Chan langsung dibolehin menjadi Tokoh utama di Serial BL.

Perilisan Where Your Eyes Linger sebagai pematah stigma buruk terhadap kaum LGBT. Menurut nae berhasil kok. Bahkan merupakan langkah yang baik, ya! Dunia ini tak akan lepas dari orang-orang yang doyan berkomentar buruk, yang merasa suci. Tapi melihat perolehan rating yang tinggi, komentar-komentar positif, nae jadi berharap bakal ada season 2 ataupun projek-projek BL Korea lainnya di masa mendatang.
Bayangkan jika suatu hari nanti, Korea bukan hanya populer karena gelombang Hallyu doang (KPOP, KFashion, KFood, KBeauty, KDrama) tapi populer karena K-BL juga. Nae rasa ini bukan pilihan yang buruk, karena Korea kan dikenal dengan banyaknya remaja berbakat disana ingin menjadi idol disuatu boyband. Andai K-BL bisa menjadi fenomena baru & mencontoh Thailand yang mengejar target pasar dengan menjadikan BL sebagai peluang dalam mencapai pundi-pundi keuangan dan popularitas. Korea pasti salah satu negara yang unggul dalam produksi BL Series. -- Sayang banget kan, Korea terkenal juga dengan banyaknya Manhwa, tapi sangat minim dalam produksi BL Series. Bahkan Where Your Eyes Linger ini katanya yang di produksi PH Jepang, tapi dengan konsep drakor.

Original Sountrack :
THE MAN BLK "YOU" --- Lagu favorit nae banget ni!
KEUM JO "Light"
RUNY "Looking At You"
HEO JUNG "See You"

Where Your Eyes Linger sangat nae rekomendasikan bagi chingu-chingu sekalian yang tertarik untuk nonton BL Korea. Serial ini adorable, singkat tapi kemistri dan emosi kita bisa ikutan dipermainkan. Ostnya juga enak-enak kok.


Untuk Han Gi Chan, my depok.. congratulation boy! Kamu memang gagal debut jadi member boyband di Produce X 101. Tapi siapa sangka rezekimu bukan disitu, tapi rezeki mu menjadi Aktor BL.
Begitu pula dengan Jang Eui Soo, dia termasuk udah senior di dunia perfilman, ya walaupun kebanyakan sebagai pemeran pendukung / bintang tamu kayak di He Is Psychometric baru-baru ini. Nae ingat betul, saat pengumuman bakal ada Where Your Eyes Linger, followers IGnya cuma 8ribuan. Dan sekarang keduanya sudah lebih dari 100ribu followers.
CONGRATULATION BUAT PENCAPAIAN SUKSES DEBUTMU GICHAN. Seneng banget bias gue debut jadi aktor gak harus nyipok nuna-nuna, tapi malah dicipok oppak Korea. :*
Pihak PH nya pun sempet bilang, kalau series ini booming, kedepannya bakal ada projek BL lainnya. Amin..
Ayo, ditunggu yang lainnya dari Fantagio jadi aktor BL :V kek Eunwoo? Mau nyoba? OngSeungWoo? Mau nak? Ayo! Idol-Idol Korea jangan disia-siakan ketampanannya dong. Selagi cakep, daftar aja jadi aktor BL, dijamin lebih enak hidupnya ketimbang jadi idol yang ribetnya minta ampun.
Sial... Andai nae punya production home di korea dah nae buka lowongan buat jadi Aktor BL.

So... Sampai disini review kali ini, nae sangat puas dengan keseluruhan Where Your Eyes Linger kecuali durasinya yang secuil upil. Bagaimana tanggapan kalian soal BL Web Seri pertama korea kali ini? Kalian bisa sampaikan kritik, pesan, saran ataupun curhatan kalian selama menonton seri ini di kolom komentar, nae pasti bales kok. ;) Where Your Eyes Linger, salam cinta buat HanGiChan & JungEuiSoo... See You again. Byebye!

OFFICIAL TRAILER - WHERE YOUR EYES LINGER

THE MAN BLK "YOU"
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)