[REVIEW] – MY ENGINEER THE SERIES (2020)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

*** 


MY ENGINEER THE SERIES adalah serial BL / BoysLove asal Thailand yang tayang sejak tanggal 14 Maret 2020 s/d 30 Mei 2020 dengan total 14 Episode . Serial ini tayang setiap sabtu di WeTV Thailand & Channel YT Officialnya My Engineer Series. Seri ini adaptasi dari gabungan 2 novelnya 'Mom,Mom' yaitu : My Engineer Has A Gearbox (Kisah BohnDuen) & Space Between Us (Kisah RamKing).
Oh ya, hal penting yang harus nae kasih tahu pada kalian di awal yaitu, serial ini termasuk BL Syariah, jadi jangan berharap ada adegan mantap-mantap, dapat kisseu-scene aja dah puji Tuhan, auto sujud syukur. But, bagi fans BL yang lebih suka momen-momen romansa manis-manis BxB, ini pilihan yang tepat.

Hmm... Nae pengen curhat dikit aja! Boleh ya! *kebiasaan-gue!-sering-ngegibah-dulu-baru-ngereview-Haha. -- Actually, nae nyaris ngeskip series ini dari list tontonan BL series nae di 2020. Walaupun awalnya nae udah kecantol dengan trailernya, kenyataannya waktu penayangan perdananya, nae jauh lebih interest dan fokus ke 2Gether The Series & Why R U The Series. Pertanyaannya "Jika memang nyaris di skip, apa alasan milih buat nonton My Engineer?" jawabannya tak bukan dan tak lain ya karena sudah kehabisan asupan. 2Gether tamat, Why R U tamat dan yang on going saat itu tinggal My Engineer walaupun sudah tinggal 3 Episode lagi. Nae awalnya ragu mau nonton, takut ntar merasa garing pas nontonnya kan, nae pun nanya pendapat temen-temen fujodan nae di sosmed. Ada yang bilang seru, ada yang bilang bikin baper, ada yang bilang garing, so nae simpulkan aja sih, daripada nae harus berpihak sama komen-komenan orang, kenapa nae gak nyoba nonton sendiri? Yang menilai seru/tidaknya suatu film itu bukan pendapat orang, tapi pribadi & selera kita sendiri. Bisa saja orang lain bilang "ah! Ceritanya garing, bla bla bla bla!" tapi bisa saja bagi kita seru, begitu pula sebaliknya. Keesokannya, nae mutusin buat ngedownload yang EP.1 ditempat kerja nae (Ojelas! Ada wifi gays! :v) dan nae tonton pas malemnya, disitu nae baru ngeh, series ini BL syariah, tapi ada momen-momen manis bin romantis yang mana membuat nae merasa agak menyesal karena gak ngikutin seri seru ini dari awal. Dan baru kecantol di minggu-minggu series ini akan tamat. Sial!

Tapi keuntungannya sih, karena nae udah telat banget nontonnya, nae nontonnya pake sistem 1 Day 1 Episode, jadi nae gak perlu harus nunggu seminggu baru keluar episode barunya.
*woi-mana-reviewnya?-ngebacod-mulu-T-T Oke guys, ini saatnya untuk membahas kisah kapal BL di My Engineer The Series.

Menonton series ini, kita gak akan hanya merasakan kisah cinta kapal utama #BohnDuen. Karena di series ini punya 4 kapal BL. #Daebak ^^
Bayangin guys, kita ini ibarat lagi di Pelabuhan Cinta Yaoi, terus ada 4 kapal yang siap dinaiki sekaligus. 4 kapal itu ialah : #TeamBohnDuen, #TeamRamKing, #TeamMekBoss, #TeamTharaFrong. -- Pembagian durasi antar kapal yang satu dengan yang lain itu terbilang "adil" jadi kita gak akan hanya difokuskan pada 1 kapal doang.

STORY SHIP 1 : BOHN X DUEN


COOPER Patpasit Na Songkhla – BOHN
HBD : 23 Oktober 1996
Yang pernah nonton My Bromance The Series (2016) pasti kenal dong sama babang Cooper ini sebagai Golf. :v Nae kenal kok, tapi gak sampai tamat nontonnya, makanya pas nonton My Engineer, nae merasa gak asing gitu mukanya, kek pernah nengok, tapi dimana yessss... Eh ternyata dia yang di My Bromance. Kita dipertemukan lagi syay! Haha XD

PROY Kritsanapong Soonthornchatchawet - DUEN (*nulis-namanya-susah-banget-T-T)
HBD : 16 Maret 1999
Hot debut!

Plot : Papa Bohn, Mama Duen


Sebelumnya, nae berterima kasih banget kepada Biawak yang telah mempertemukan Bohn (anak teknik) & Duen (anak kedokteran). Bohn, si cowo yang terkenal dengan aura bedboii pleiiboii and fakboiinya, Duen yang polosnya nauzubillahhhh bagaikan anak bayi baru lahir. Polos banget sampe kadang kukira bego XD untung cakep kamu beb. --  Yup! Ceritanya Bohn gak sengaja kesandung kaki Duen yang tidur di kursi taman. Dan kaget ada Biawak di deket kursi Duen tidur. Niat Bohn sih mau ngebangunin Duen, ngasih tau ada biawak disitu. Tapi Duen yang terbangun + kaget + mengira bakal dicium auto menonjok wajah Bohn sampe mimisan.
Karena si Duen orangnya polos banget, ketemu si usil Bohn. Dah lah.... Dikerjain lah tu anak, si Bohn nyuruh Duen buat tanggung jawab + harus ngasih bunga mawar untuknya selama 1 bulan setiap pagi. Fun fact! Si Bohn udah kecantol dengan keimutan si Duen.


Konsep cinta BohnDuen itu berawal dari Hate to Love, sebenarnya ini lebih tertuju pada Duen yang awalnya merasa terbebani dengan tanggung jawabnya harus ngasih mawar dan ketemu Bohn tiap hari. Tapi siapa sangka dong, berkat ngasih mawar setiap hari dalam sebulan sukses mengubah rasa benci menjadi cinta. Ada banyak momen manis dalam hubungan ini. Momen rayu merayu, gombal-gombalan maut Bohn, serta dibalut omelan Mama Duen, membuat nae merasa gak bosan walaupun konflik cerita yang nae rasakan musim ini tidak begitu kuat.


Yes! Talking about Konflik BohnDuen. Di awal-awal Episode My Engineer udah menghadirkan gesekan api, dimana... Yang menyukai Duen tidak hanya Bohn doang, tapi Frong (anak Manajemen Tahun kedua) sekaligus saingan Bohn dalam kontes Prom Kampus. Frong (p'Yim ku sayang) dan Duen bisa saling kenal karena mereka gak sengaja ketemu saat Duen mau ke fakultas Teknik, dia nyasar ke fakultas Manajemen, dan ketemulah sama babang Fronggg yang cakepnya astagaaa... Kalo Frong tersenyum itu sukses meluluhlantahkan isi rahimku. #Eih. -- Tapi gesekan api dalam memperebutkan Mama Duen terbilang sebentar sih, karena Frong pada akhirnya memilih untuk merelakan Duen bersama saingannya si Bohn.


Ketika BohnDuen resmi pacaran, konflik lain yang nae rasakan tidak datang dari tokoh lain. Tapi justru karena mereka sendiri. Tepatnya karena Bohn yang level kecemburuannya itu lho, parah abisssssss... Posesif-an orangnya. -- Bohn sering cemburu kalau udah nengok Duen ngobrol dan ketawa-ketiwi bareng cowo lain, padahal cuma ngobrol biasa. Duen ngobrol sama anak SMA, Bohn cemburu! Duen pergi beli bunga diam-diam sama cowo penjual bunga, Duen cemburu! Bahkan Duen ngobrol sama sepupunya, p'Thara, Bohn cemburu abis dah.... Ribet yak punya seme tukang cemburuan gini. -- Dan kadang-kadang juga si Bohn suka ngeprank si Duen. Kek pura-pura cemburu, padahal memang sengaja supaya membuat Duen merasa bersalah.
Sekali, dua kali, tiga kali, mungkin berulang kali Bohn melakukan itu, menunjukkan sisi cemburunya. Kita mungkin seakan-akan bisa melihat, dan beranggapan cemburunya Bohn itu sebagai tanda sayangnya Bohn kepada Duen. Tapi tidak bagi Duen, yang pada akhirnya merasa insecure hubungannya dengan Bohn.


Ada scene dimana mereka lagi trip kemah amal, disitu Bohn bertingkah, padahal dia cuma ngeprank Duen lagi. Si Bohn ceritanya ngambek dan pergi entah kemana. Dan di ikuti uke pelakor, Mind. Dia nyium Bohnnnn donggggg,,,, dan Duen ga sengaja nengok Bohn & Mind ciuman. -- dan pas Duen nanya pergi kemana, si Bohn gak mau jujur, disitulah Duen udah benaran gak yakin lagi dengan hubungannya. -- Duen pun memilih untuk mutusin Bohn. Duen yang galau sampe membuatnya kehilangan arah, dia milih pergi dari hutan walaupun ujung-ujungnya tersesat. Tapi syukurlah, Bohn berhasil menemukan Duen yang udah galau berat. Disitulah Bohn minta maaf banget kepada Duen kalau dia selama ini gak jujur, dan itu hanya salah paham. Mereka berdua berciuman, bahkan... Nengok Bohn nyium dan meluk Duen sampai menitikkan air mata. Nae bisa melihat sisi cinta tulusnya pada Duen.

STORY SHIP 2 : RAM X KING


PERTH Nakhun Screaigh – RAM
HBD : 6 Juli 1994
Dia blasteran Australi-Thai, lancar 3 bahasa: Thai, Inggris & Jepun. Dan awalnya nae kurang sreg dengan visual ala-ala bule. Btw bukan bermaksud rasis, nae BL itu lebih suka yang feel-feel Oppa, daripada bule. Tapi beda dengan Perth sebagai Ram di My Engineer ini. Dia bisa imut, cool di saat bersamaan. Love ya!!

LAY Talay Sanguandikun – KING
HBD : 9 September 1995
Visualnya ni anak sumpah, cakep banget!! Who's here yang dah nonton dia di My Engineer & YYY sekaligus. Behh... Serasa poliandre ni anak punya dua seme. Cipok sana, cipok sini ya Lay :v

Plot :


Ram & King itu sama-sama anak teknik. Bedanya si King itu seniornya, si Ram juniornya. Bicara soal karakter mereka juga jelas beda. Kalau si King itu terkesan sebagai orang yang enjoy sih, enak diajak bergaul, dan dari semua anggota gengnya kalau ngumpul, ni anak yang lebih terkesan smart. Btw.. King takut anjing T-T sama dong King, nae juga takut anjing, tapi kalau anjingnya seimut kamu, nae mau kok :v #Ehh -- Berbanding terbalik dengan Ram yang orangnya benar-benar kalem, pendiam, jarang senyum. Dia orangnya gak mau ngomong sama orang yang gak dikenal, jangan kan orang lain, kalau Ram bersama gengnya aja lebih banyak nyimak daripada ikut komentar.


Karena keunikan Ram itulah makanya King interest buat temenan dengan Ram. Nae suka banget cara King manggil Ram itu "cowo keren" ya memang keren sih... Apalagi Ram ada tatonya behhh mungkin kalau nae jalan sama si Ram udah bagaikan Babu & Bodyguard. -- Menjalin relasi pertemanan bagi orang lain bisa saja mudah, tapi tidak ketika King ingin mencoba temenan sama Ram yang lebih banyak diam. Mau sebanyak apapun King bicara, si Ram paling mengekspresikannya dengan tatapan matanya. Kalaupun Ram ngobrol itu lewat chattingan.
Momen dimana mereka lebih sering bertemu sebenarnya udah mulai bisa membuat Ram lebih banyak bicara. Memang sih gak banyak-banyak amat tuh anak bicaranya, setidaknya dibandingkan di episode-episode awal, dia kek cuma tukang nyimak doang.


Keunikan kapal ini, diantara 4 kapal yang berlayar di My Engineer, RamKing paling banyak interaksi dengan para fujoshi. Mulai dari 3 fujoshi akut yang selalu best momen ketemu RamKing dan histeris setiap momen romantis RamKing *mewakili-nae-banget. Terus, kakaknya Ram sendiri juga fujo akut yang benaran menyupport hubungan adiknya bersama Ram. Bahkan anak kakaknya masih kecil juga udah diajarin emaknya buat mengabadikan momen BL. Sumpah! Nonton series ini dijamin bakal ikutan ngakak dengan humor-humor yang bersangkutan dengan cewe-cewe fujoshinya.


Konflik?
Actually, Ram punya masalah keluarga. Ayahnya selingkuh sama cewe lain. Tapi Ram gak tega buat memberitahu kepada emaknya. Situasi rumit, dan membuat Ram memutuskan untuk pergi dari rumah dan tinggal bersama King. -- Karena Ram orangnya pendiem, dia gak ada cerita masalah ini kepada siapapun, termasuk temen-temen di gengnya. Dia curhat masalah keluarganya cuma sama King. Karena Ram be like "orang yang gue percaya, adalah elo!" behhhhh...... Mimisan gue dong, ni anak diam-diam menghanyutkan. Sekali menggombal, bergetar jiwa jablai ini cyin. Yup! Ram suka sama King.


Bagaimana dengan King? dari lensa fudan nae bisa melihat ketertarikan King buat temenan dengan Ram awalnya karena sifatnya yang unik. Tapi, banyaknya momen manis yang mereka lewati selama ini, membuat King terjebak antara perasaan teman biasa & suka. Apalagi, makin kemari, Ram selalu menunjukkan perhatiannya pada King.
Tidak ingin terjebak terlalu dalam, King memilih buat jaga jarak. Tapi bukannya semakin melupakan Ram tapi justru membuatnya semakin terpuruk.
Yes! Ada scene dimana para aktor My Engineer lagi main kartu sambil mabok-mabokan. Disitu King nyuruh Ram buat menjauh darinya. Karena katanya "gue tersiksa karena lo!"


Tersiksa kenapa? Ojelas dong, bingung dengan perasaannya, dan selalu menahan diri buat tidak oleng dengan Ram. Dan Yupppppsssssss.... RamKing ciuman dongggggggggggg... Disitu  mata nae sampai berkaca-kaca. Nae yakin, King juga sudah menaruh perasaan buat Ram. Tapi dia kek berusaha untuk tidak jatuh cinta. Dan kisah mereka masih ngegantung.

STORY SHIP 3 : MEK X BOSS (Kapal imut x imut) XD


RYAN Peng – MEK
HBD : 3 Juli 1999
BTW, dari semua cast My Engineer, Ryan Peng yang paling nae suka. Tapi sayang....... T-T Fix! Tahan dulu curhat dan air matanya, ada sesi dimana kita akan bahas ni anak yang malang.

INTOUCH Naphat Chalermphonpakdee – BOSS
HBD : 18 April 1995
Defenisi cowo cantik, Intouch lah orangnya...

Plot :


Masih seputaran kisah cinta anak teknik, Mek & Boss itu temen se-gengnya Bohn & King. Julukan mereka dua dikenal di kampus itu Suami pendiam & Istri Cerewet. Yes, Mek orangnya pendiam. Tapi gak sependiam Ram sih. Sedangkan Boss, si pecinta wanita. Asal ada cewe lewat, auto digombal dengan rayuan pulau kelapanya. -- Kapal ini menurut nae menarik, karena mengisahkan yang namanya "DONT STUCK IN FRIENDZONE" -- Oh ya, RamKing meibi kelihatan kayak Friendzone juga kan? Menurut nae ini beda, RamKing itu lebih ke rasa bingung perasaan yang mana pada awalnya keduanya memang belum ada rasa cinta satu sama lain, perlahan-lahan cinta berkembang dihati keduanya. Kalau MekBoss, baru yang namanya Friendzone. Karena Mek udah suka Boss sejak mereka baru pertama kali kuliah. Tapi Mek gak pernah mengungkapin perasaannya, karena dia tidak ingin pertemanannya dengan Boss rusak.


Mek tipikal bucin, dia diam-diam ngoleksi foto Boss dan nempelin di lemari pakaiannya. Dia juga nyimpan bet nama yang dibuang Boss selama masa ospek. Boss sering ngegombal Mek dengan sebutan "suamikuuuuu"..... Ya walaupun itu hanya gurau-gurauan aja. Tapi Mek merasa udah senang banget.
Konflik kapal ini hadir, saat Boss suka sama cewe yang kebetulan temannya dulu pas masih sekolah, namanya Fon.


Hubungan Boss & Fon sebenarnya tidak berjalan dengan baik. Karena si Fon merupakan seorang idol, dia harus menjaga reputasinya, bahkan untuk ketemuan bareng Boss aja sering gagal karena kesibukan kerja sebagai idol. Dan siapa yang mengisi kekosongan Boss? Tentu Mek, yang selalu ada menemani Boss disaat suka ataupun duka.
Ada adegan dimana Boss mabok, karena galau disuruh manager si Fon buat putus. Si Boss yang mabok be like "kenapa semua orang gak ada yang peduli sama gue?" Mek yang gak tahan mendengar ucapan itu pun langsung mencipok Boss... *enak+banget+pasti+dicium+ryan-peng T-T


Logikanya, siapa yang tahan coba dengar ucapan kek gitu, Boss bilang gak ada orang yang peduli padanya. Padahal udah jelas-jelas orang yang peduli banget nget nget ngettt itu tepat dihadapan biji matanya itu lho. Hanya saja dia nggak peka. Mek membawa Boss ke kamarnya dan menunjukkan foto-foto Boss yang dia tempel selama ini ngebucin Boss diam-diam.
Nae ngerti banget perasaan Mek, ketika kita sudah jujur perasaan kita terhadap teman kita sendiri, apalagi temen deket ya kan, situasi Friendzone yang dijaga selama ini bisa saja berubah jadi rasa canggung bahkan musuh. Tapi untung saja Boss mengerti perasaan Mek. Dan menerima Mek sebagai pacarnya.


Eits! Masalah belum berakhir. Saat manajer Fon nyuruh Boss buat mutusin hubungan dengan Fon. Sebenarnya, dia belum putus dengan Fon. Saat acara kemah amal, Fon datang menemui Boss membuat Mek merasa dibohongi, kayak merasa dia hanya pelarian semata oleh Boss yang galau.
Oh ya, Fon sebenarnya bukan karakter jahat disini. Malah sebenarnya nae sedih dengan kisah cintanya Fon. Dia cewe baik-baik, berusaha mencapai mimpinya menjadi idol, sudah jadi idol dan punya pacar non-idol itu sulit. Fon juga bilang dia bakal keluar dari industri hiburan supaya bisa tetap pacaran sama Boss. Tapi Boss menolak, Boss menyuruh Fon buat terus melanjutkan karirnya, lagian Boss sudah move on, dia sudah ada Mek yang selama ini mencintainya. Jadi pesan nae buat Fon "Yang tabah ya sis, nae yakin kamu bisa nemuin cowo yang lebih baik. Relakan saja cowomu, Boss pacaran dengan cowo seimut Mek, mereka udah cocok banget sis. Sudah jangan nangis lagi." *auto-peluk. Suweerrr... Akting nangisnya Fon disini natural banget. Kek tulus bangetttttt. Tapi namanya BL Series & nae itu fans BL, mau sebaik apapun cewenya, pasti berharap si cowo tetap pacaran sama cowo juga. :v sorry girl.


Mek masih marah sama Boss. Dengan sigap Boss ambil pengeras suara dan langsung mengumumkan be like "Mek! Berhenti. Semuanya dengar gue, Lu adalah suami gue, kita ini pasangan. Suamiku, gue minta maaf." Behhhh.... Sumpah! Scene yang sukses bikin nae senyum-senyum nabok bantal. Saking gemeshnya dengan kapal ini. Akhirnya MekBoss berlayar, bukan sekedar julukan suami-istri sebagai candaan orang-orang selama ini, kini mereka nyata.

STORY 4 : THARA X FRONG


MD Nutthapong Phibunthanakiet – THARA
HBD : 10 Februari 1995
Oh ya waktu nonton My Engineer nae juga merasa familiar dengan ni anak. Yang pernah nonton Film Thai Love Julinsee (2011) pasti kenal dia dengan perannya sebagai Boat. Dulu, nae sering nonton Love Julinsee di More TV, sering banget tuh film diputer. Gak nyangka bisa ketemu MD lagi disini ;)

SHANE Nutchapol Cheevapanyaroj – FRONG
HBD : 4 Agustus 1997
Senyumannya melemahkan banget :V Uke rasa seme goda-adek-dong-bang!

Plot :


Thara (anak kedokteran tahun ke-5) & Frong (anak Manajemen bisnis tahun ke-2). Thara itu sepupunya Duen, sifatnya dewasa banget, dan paling utama! Sopan santunnya, 4 jempol bual pak dokter :v bagaimana si pak Dokter dan Frong bisa deket?
Awalnya sih, ada percikan api dari Frong nya sendiri. Ceritanya toko bunga milik keluarga Frong mau tutup, dan si Thara dateng mau beli bunga, si Frong dah kasih tahu dia mau tutup gitu ya kan, tapi pak dokter Thara nya masih ngeyelllll mau beli. Frong auto jutek dong, kek dah already mau baku hantam sama pak dokter. Tapi untung saja pak dokternya dah dewasa dan gak jadi beli bunga.


Momen mereka juga dipertemukan kembali, saat si Frong lagi berobat, dan dokternya si Thara, dan obat yang dikasih cuma parasetamol. Makanya julukannya nae bilang "Dr. Tharasetamol" haha..
Oh ya, bicara soal konflik, sebenarnya kalau berkaitan dengan hubungan mereka gak ada sih, lagian ni kapal baru ketemu di ¾ jalan cerita. Jadi udah jelas sih kapal ini yang sangat-sangat ngegantung. Tapi kalau dari sidenya Frong, dia punya masalah yang terus kepikiran soal ibunya yang di prediksi sakit Kanker, dan selama perobatan ibunya, selalu ada si Thara yang merawat dengan baik, dan Thara juga selalu ada buat memberi support kepada Frong.


Keduanya ikut dalam acara kemah amal. Disitu kalung Frong hilang, dan berhasil ditemukan si Pak Dokter Thara. Di Endingnya Thara minta Line Frong, karena kata pak dokter "Kita kan saudara!" - Ebuseeettt Phi-Nong-Zone njirr... Yang lain dah ciuman, awas kalian dua kalau gak ciuman di musim berikutnya yes... Bakal gue ciduk kalian dua, nae paksa supaya kisseu kisseu.

Review Time :


Dari segi visual para aktornya, nae yakin kalian pasti setuju kalau visual mereka benar-benar memanjakan mata, bening-bening banget deh... Suwer... Tapi, bagaimana dari segi akting? Ummm... Menurut nae sih yang lain udah pada oke, tapi yang nae rasa masih agak kurang dapet itu di aktingnya Duen, terutama setiap adegan nangisnya. Nae nyaris mengira dia lagi ketawa, padahal ceritanya lagi menangis. Tapi itu bukan masalah besar sih, nae masih bisa enjoy nontonnya.


Biasanya, series yang di produksi dari PH-PH Thai (*selain-PH-besar-kayak-GMM). Sering / bahkan gak segan-segan banyak memberikan fan service berupa hot scene untuk mendongkrak penonton, iya kan? Coba deh kalian pikirkan serial BL apa saja diluar produksi GMM? Pasti ada saja adegan hotnya kan? Tapi, series ini membuktikan bahwa, tidak perlu hot scene untuk mendapatkan cinta penggemar. Cukup dengan momen romantis BL, penggemar sesungguhnya akan datang.
Kenapa nae bilang gitu? Karena kebanyakan dari temen-temen nae sukanya yang ada adegan hotnya. Kadang kalo mereka tau di series itu gak ada adegan hot, mereka be like "ah, gak ada mantap-mantapnya."
Let me told you gays, nae gak munafik kok, kalaupun ada  BL dengan hot scene, selagi seru nae akan nonton. Tapi, jujur...... Nae tipikal fans yang lebih suka BL romantis, maksudnya disini momen romansa diantara BxB tanpa berbau porno, seperti tatap-tatapan, saling rangkul, pegangan tangan, saling lempar senyuman, salah-tingkah-salah-tingkah. Pokoknya momen-momen kayak orang pacaran. Itu lebih bisa membuat nae senyum-senyum kegirangan.. Bagi nae, hot scene itu hanya bonus. Tanpa hot scene, selagi itu BL, nae masih bisa nontonnya.
Dan itu juga alasan nae bisa suka banget sama series ini, walaupun pergerakan alurnya terasa lambat, atau jika kita gak bisa cermat mencerna alur series ini, mungkin serial ini terasa kayak gak punya masalah.


Then... Adakah yang diantara kalian bertanya-tanya be like : Kenapa Ryan Peng gak ikutan promosi bareng anak-anak My Engineer? Kenapa Ryan gak pernah di mention anak-anak My Engineer? Kenapa Ryan dan Anak-Anak My Engineer gak saling follow-followan di IG. Kenapa suara Ryan di Dubbing? Kenapa? Kenapa? KE-NA-PA?? WHYYYY?

Btw, dari 8 aktor di atas, nae paling ngefans sama Ryan Peng. Dan pertanyaan itulah yang menghantui nae selama nonton series ini. Seketika nae flashback sebentar mengingat beberapa bulan lalu. Series ini tayang bulan Maret kan? Sebenarnya nae sempat nonton My Engineer EP.1 tapi cuma kisaran 5 menitan, karena tiba-tiba kurang minat, soalnya 2Gether lagi booming-boomingnya waktu itu. Nae lebih excited nonton SarawatTine. Tapi, nae sempet dengar ada kabar ramai di grup BL katanya ada salah satu aktor My Engineer katanya di kick karena attitudenya jelek. Nae juga sempat melihat foto-foto Ryan  Peng sekilas aja. Karena nae saat itu ga ngikutin My Engineer ya Nae gak ada kepoin terlalu jauh.


Begitu nae ngikutin series ini, nae mulai kepo akut soal masalah Ryan Peng.
Bahkan pihak TriCreaton & Ryan Peng sudah tell public soal hubungan keduanya.
Dari pihak TriCreaton :
"Mr.Ryan Peng artis dibawah TriCreation Internasional Company dari My Engineer telah berperilaku tidak pantas, melanggar ketentuan kontrak disiplin yang bertanggung jawab saat syuting series, dia juga melanggar dengan memilih untuk tidak bekerja sama untuk tampil pada tanggal yang ditetapkan untuk film, ini menyebabkan keterlambatan dan ketidaknyamanan bagi seluruh tim. --- Perusahaan memiliki hubungan yang baik dan tidak pernah memiliki masalah dengan tim dari Tiongkok. Dan memiliki standar kepedulian, syarat dan ketentuan yang sama untuk para aktor baik dari Thailand maupun China, oleh karena itu perusahaan memperingatkan dan memberi kesempatan untuk mengubah perilaku berkali-kali tetapi itu tidak efektif dan Mr.RyanPeng masih tidak mau bekerja sama dan menunjukkan sikap yang tidak pantas. dan kata-kata terhadap tim kru. Karena itu, membuat pekerjaan pembuatan film serial "My Engineer" tertunda. --- Oleh karena itu perusahaan ingin memberi tahu bahwa kontrak artis Mr.RyanPeng akan berakhir pada 18 Desember 2019 dan seterusnya, tindakan atau perilaku apa pun dari Mr.Peng setelah tanggal 18 Desember 2019. Perusahaan tidak akan menerima tanggung jawab sama sekali."

Setelah surat pemberitahuan ini tersebar di internet, nae banyak nemuin komenan netizen yang bilang "Ryan Peng itu ditendang dari My Engineer, dia gak disiplin, gak profesional, sering datang telat. Percuma cakep, tapi attitudenya jelek. Pantes aja di kick!"

Terus nae cari video-video Behind the scene My Engineer / snapgram selama Ryan Peng masih ikut syuting di Youtube. Dia orangnya totalitas kok, disaat aktor yang lain istirahat nunggu giliran syuting, Ryan & Intouch sibuk latihan script. Dia juga bekerja keras, dia tetap berusaha belajar naskah walau terkendala bahasa. Kalian juga tahu kan, kalau si Ryan aslinya orang China. Bayangkan, Intouch & Ryan latihan itu harus pake bahasa inggris sekedarnya, sisanya yang pake perasaan dan gerak gerik tubuh buat komunikasi. Kalau gak percaya, coba searching di YT momen behind the scene Ryan di My Engineer -- Jadi, apakah kita harus mempercayai selembar kertas itu yang katanya si Ryan Peng tidak mau diajak kerjasama, tidak disiplin sampai membuat ketidaknyamanan bagi para tim?
Nae yakin, ada "something" yang gak beres secara internal, yang mana ujung-ujungnya mau gak mau harus menyudutkan si artis sebagai sumber masalah.

Selain bukti-bukti video si Ryan yang selama ini attitudenya sebenarnya baik. Lebih baik kita berpikir secara logika aja ya, si Ryan Peng itu aktor rookie, namanya belum besar, untuk apa dia berlagak songong kayak gak disiplin, dateng telat, gak mau kerjasama, apalagi dia di Thailand sana statusnya sebagai pendatang yang buta bahasa Thailand. Pikirkan baik-baik, apa itu mungkin? Apa itu masuk akal dia bisa bersongong ria di Thailand sana? Komunikasi aja susah karena beda bahasa. Apa itu masuk akal hah?

Nae sering nemu komenan yang ngatakan Attitude si Ryan jelek. Padahal dia anak baik-baik, dari semua video beredar, semua menunjukkan kerja keras, keprofesional dan kesungguh-sungguhan Ryan Peng dalam mempelajari akting di series ini.
Berbulan-bulan setelah statement itu dirilis pihak TriCreaton, Ryan Peng bungkam, dia gak pernah bahas masalah kontraknya di sosmed. Semua terasa misteri, disamping dia semakin mendapat banyak hate comment. Dan pada akhirnya dia speak up tentang kontraknya pada 26 Mei lalu yang di up di Weibo-nya. Berisi :


"Saya (Ryan Peng) secara resmi memutuskan hubungan agen artis dengan mantan agen dalan Ms.ZhangWei pada tanggal 3 April 2020. Dan menghentikan semua kerja sama dalam urusan apa pun. Semua tindakan yang dilakukan oleh Ms.ZhangWei sejak saat itu tidak ada hubungannya dengan saya. Saya akan memulai dari awal lagi sebagai aktor individu.
Maaf mengganggu semua orang yang peduli dan mendukung saya. Bantuan yang saya dapatkan dari kru, dan para aktor, saya akan menyimpannya dalam pikiran dan hati saya.
Terima kasih semuanya. Saya akan bekerja lebih keras dan berusaha yang terbaik untuk menjadi orang yang lebih baik."
(*dalam-hal-ini,-si-Ryan-Peng-yang-memutus-kontrak-dengan-agensinya).

Bukankah ini sebuah keanehan? Jika memang si Ryan yang bersalah. Kenapa malah dia sendiri yang memilih memutus kontraknya dengan Agensi China? Kenapa gak dari awal pemberitahuan TriCreaton soal katanya si Ryan gak mau inilah, itulah, anulah langsung cuzzzzzz diputus aja. Tapi kenyataannya? Agensinya bungkam, gak ada pembelaan/pernyataan apapun soal Ryan Peng. Hingga akhirnya tuh anak sendiri yang speak up udah memutus kontraknya dengan agensinya. Dan memilih untuk tidak dinaungi agensi manapun.

Dari apa yang nae lihat, nae cermati, nae pikirkan baik-baik. Nae yakin, Ryan Peng hanyalah korban. Dia dibilang gak mau kerjasama, gak disiplin. Padahal anak orang mati-matian belajar skrip supaya bisa tampil membawakan perannya dengan baik. Nae yakin, ada yang gak beres.. Sehingga mau gak mau ni anak ditumbalkan seakan-akan dialah yang bersalah. Sumpah! Kasihan banget ni anak, padahal aktingnya bagus. Hanya agensi bodoh, yang menyia-nyiakan aktor bertalenta dan bervisual luar biasa ini.


Biasanya nih ya, kalau ada kasus seperti ini, sekali disinggung pasti menjadi hal yang sensitif. Misal nih, si A keluar dari grup ABCD, begitu ada pertanyaan atau hal-hal berkaitan dengan grup mantannya yang ABCD, si A bakal memilih bungkam/tidak membahas hal-hal apapun yang bakal menyangkut ABCD. Tapi tidak bagi Ryan Peng, walaupun statement yang dikeluarkan memang kurang enak, faktanya, kalau dia lagi ngelive di DouYin, dia masih sering membahas Thailand, membahas episode-episode My Engineer, mendengarkan OST My Engineer dan membahas Intouch tentunya.

So, pertanyaan-pertanyaan seperti Kenapa Ryan Peng gak ikutan promosi bareng anak-anak My Engineer? Kenapa Ryan gak pernah di mention anak-anak My Engineer? Kenapa Ryan dan Anak-Anak My Engineer gak saling follow-followan di IG. Kenapa suara Ryan di Dubbing?
Karena si Ryan Peng udah bukan aktor TriCreaton, dia udah gak punya kewajiban buat ikutan kumpul bareng buat promosi. Begitu juga sebaliknya, TriCreaton hanya mempromosi artist-artis dibawah manajemennya. Sudah tidak ada kontrak yang mengikat kedua belah pihak.
Soal kenapa gak pernah di mention / di follow IG? Ini sebenarnya hak si artis pribadi masing-masing buat ngefollow siapa yang mereka ingin. Tapi Ryan Peng sendiri, hanya ngefollow IGnya Intouch. Dan jika kalian sering nonton video reaction anak My Engineer di YT, mereka masih sering ngereact pas part si Ryan muncul. Intouch juga sempat bahas di sesi Q&A kalau selama syuting itu sulit banget karena terkendala bahasa. Tapi Intouch merasa semua akan oke-oke aja, dan memuji kerja keras Ryan Peng. -- so, kalian mau percaya isi surat yang katanya si Ryan gak mau diajak kerjasama? Padahal artist yang lain mengatakan si Ryan sudah bekerja keras.
Kenapa di dubbing? Dia buta bahasa Thailand, makanya suaranya di dub, kadang pas nonton rasanya kurang enak aja, gerakan bibir & suara yang didenger kaga sinkron. Tapi ya mau gimana lagi ya kan. Sudah begitu keputusan yang dibuat.


Ini review film kok malah jadi Gosipin Film sih?
Karena menurut nae ini hal yang jauh lebih penting untuk disampaikan. Siapapun yang mengikuti series ini pasti akan bertanya-tanya apa yang terjadi dengan Ryan Peng.
Please, jangan hanya percaya dengan 1 pihak, coba cari tahu sumber-sumber dan bukti lainnya.
Anakku, Ryan Peng, dia gak pantas mendapatkan hate kommen hanya karena isi selembar kertas itu, dia sudah bekerja keras, dia korban. Tolong support dia, beri dia cinta yang banyak. Jika ada yang membaca ini salah satu dari orang yang ikut-ikutan ngejudge nih anak, sadarlah... Perbuatanmu jauh lebih buruk.
Nae pengen dengan pemberitahuan dan opini-opini nae bisa membuka mata dan pikiran kalian kalau ni anak tidak seburuk berita diluaran sana. Nae pengen postingan ini bisa membantu, jika di masa mendatang ada orang yang mau nonton My Engineer dan kepo soal kasus Ryan, dia tidak akan kemakan komentar negatif. Meskipun yang nonton cuma 1 orang, setidaknya dia punya kesan dan pandangan baik dalam menilai Ryan Peng.

***
Amanat apakah yang bisa dipetik dari My Engineer the Series?
Series ini mengajari kita bahwa, dalam suatu hubungan percintaan, perlu yang namanya kepercayaan satu sama lain. Tidak semua hubungan percintaan itu rusak karena orang ketiga. Salah gak sih, kita cemburuan sama pacar kita? Nggak salah kok. Tapi terlalu cemburuan itu juga gak baik. Justru kurangnya kepercayaan membuat salah satu pihak bisa merasa insecure dengan hubungannya. (terinspirasi dari Bohn yang terlalu cemburuan terhadap Duen).
Terus, soal Don’t stuck on Friendzone dan mencoba jujur. Pernah gak kalian suka sama temen sendiri, tapi selalu berusaha nutupin perasaan itu. Please belajarlah buat jujur dan jangan mau dibayangi yang namanya Friendzone. Ya memang itu gak mudah, karena bisa saja pertemanan rusak gara-gara kita nyatakan cinta sama temen sendiri. Tapi coba menyikapinya dengan pikiran terbuka. Ya andai cintamu diterima, itu rezekimu, hubungan bisa naik dari teman ke pacar, tapi kalau ditolak ya jangan kamu jadi membencinya, terkadang, hubungan persahabatan jauh lebih baik dari pacaran. (terinspirasi dari Kisah MekBoss & RamKing).


Karakter lain yang nae sukai di series ini adalah si YingYing, dia karakternya lucu banget, dia selalu berteman sama cowo-cowo, dan sialnya dia yang jomblo harus nengok cowo cakep pacaran sama cowo cakep pula. XD I feel you girl.. I feel you.

So! Series ini rekomen gak sih?
Yes, nae rekomen series ini buat kalian tonton. Terutama bagi kalian yang sudah kehabisan asupan, dan belum nonton My Engineer? Maka segeralah.
Sebenarnya series ini ringan banget, ya walaupun gak se-Wow beberapa BL Series popular lainnya kayak Sotus, 2Moons, 2Gether tapi My Engineer masih punya cara tersendiri buat memikat penontonnya. 
Sekali lagi nae ingetin, My Engineer itu BL Syariah, no mantap-mantap scene. Tapi banyak adegan-adegan BxB romance nya, banyak momen-momen fanservice ala-ala orang pacaran yang siap baperin kita pas nontonnya. 
Soal dibilang bagus atau tidak, boring atau tidak. Bagi nae secara pribadi, series ini menghibur kok. Jadi jangan kemakan omongan orang lain kalau katanya gak seru. Coba tonton 1 atau 2 episode, kalau kamu memang merasa kurang nyess nontonnya, kamu bisa stop. Tapi kalau seru, ya silahkan lanjot trozzzz….

Original Soundtrack :
MOD3G X JOELONG – The Person I Waited 
TON THANASIT – Love Without Rules
MERRY DANCERS X GOH M – Are You OK
MB BAND ft. OPAL – Confession
*kalau-ada-yang-kurang-kalian-bisa-tanya-sendiri-sama-mbah-google-yes!

Behind The Write :


Harapan nae untuk series ini simple kok. Karena nae kebetulan ngefans sama Ryan Peng, nae pengen banget bisa nengok dia lagi di season 2. Tapi itu rasanya mustahil. Udah kemungkinan kecil dia akan balik walaupun sebenarnya kalau dipikir-pikir lagi dia masih punya peluang. Why? Dia udah individu actor, jadi dia yang mutusin bakal ikut atau nggak, dan sebenarnya kalau dia mau, dia bisa perbarui kontrak baru dengan tim My Engineer. Tapi kita tahu kendalanya kan? Yup.. bahasa. 
Dan nae ada denger rumor terbaru, katanya untuk musim 2, si Mek bakal diganti sama actor Thai yang lain. Sedih sih pasti ya.. Tapi ya, doakan aja yang terbaik untuk Ryan Peng dan untuk Tim My Engineer, semoga sukses dijalan masing-masing.

So, bagaimana tanggapan kalian soal My Engineer the series, jika ada yang ingin kalian sampaikan, mau opini, kritik, curhat segala macem kalian bisa tuangkan di kolom komentar, nae pasti akan bales kok :) Gak usah segan buat nulis komen, anggap aja blog ini udah kayak rumah kedua kalian. 
Nae rasa sampai disini dulu review filmnya, ya walaupun isi postingan kali ini lebih banyak ngegibah tapi namanya juga Jeritan seorang fans Ryan Peng yakan, so yeah maklumi aja yes. Sampai ketemu di Review berikutnya.. See you!

TRAILER MY ENGINEER THE SERIES

TON THANASIT "LOVE WITHOUT RULES"
Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)