[REVIEW] – HIStory3 (2019) – MAKE OUR DAYS COUNT


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

***

Kenangan dari kehidupan kampus. Apakah kau ingat saat kita berusia 18 tahun?Keberuntungan terbesar dalam hidup adalah bertemu denganmu.

HIStory3 - MAKE OUR DAYS COUNT - 那一天 (2019) adalah judul kedua dari HIStory web series 3 yang tayang pada tanggal 16 Oktober 2019 s.d 18 Desember 2019 dengan total 20 episode. Sama halnya dengan Crossing The Line & Trapped, maka Make Our Days Count juga mengusung konsep 2 couple dalam 1 judul. -- Jujur, waktu trailer pertama MODC dirilis, nae gak begitu excited seperti saat pertama kali nae nengok trailer Trapped. Tapi karena nae percaya kalau HIStory selalu bagus buat serial BL nae pun akhirnya membuka hati buat menontonnya. MODC juga gak luput dari nyinyiran diluar sana, banyak yang bilang visual aktor Make Our Days Count itu gak secakep aktor History yang sebelum-sebelumnya. Terus itu, si YuXiGu.... Karena dia kurus banget, banyak yang sampai ngejudge kayak manusia tengkorak saking kurusnya. Nae juga sempat berpikir yang sama, tapi nae gak mau menghakimi lebih jauh dan nae mutusin buat nengok foto-fotonya sebelum ikutan HIStory3 dan tidak sekurus yang di film. So, nae yakin kalau dia sengaja menguruskan badan demi totalitas nya berakting.Nae juga heran, sampai ada juga fans BL yang sampe gak mau nonton seri ini karena katanya "ga mau ah, ukenya kurus, jelek!Masih mendingan si anu...." disitu rasanya pengen kutabok mukanya, taunya ngejudge doang. So.. Tanpa berlama lagi, mari kita mulai cekkidot.

Cast :


- Wayne Song as Xiang Hao Ting (20.12.1994)
- Huang Juan Zhi as Yu Xi Gu (22.04.1996)
- Wilson Liu as Sun Bo Xiang (08.07.1998)
- Thomas Chang as Lu Zhi Gang (22.10.1989)
- J'Twin (XiaEn & XiaDe) (12.08.1995)
- Shih Cheng Hao as Gao Xiao Chun (24.03.1995)
- sisanya cari di google aja.. :v

STORY (HAOTING X YUXIGU)
 

Hal pertama yang harus kalian pahami saat menonton ini tentu ya kita harus mengenal aktor-aktornya. Karena di MODC aktornya tergolong banyak, maka kalian harus cermat. -- Di sebuah sekolah, siswa kelas 12.. Ada cowo nakal bernama Xiang HaoTing, dia tipikal orang yang melakukan apa yang dia suka tanpa menghiraukan orang lain akan marah dsb, bahkan dia gak peduli dihukum gurunya, bahkan sering bertengkar dengan ayahnya. HaoTing memiliki geng yang sudah dianggap kayak saudaranya sendiri. Yaitu SunBo, si cowo berambut plontos, XiaEn & XiaDe (saudara kembar), walaupun kembar, kepribadiannya berbeda, XiaEn lebih nakal, suka memprovokasi sedangkan XiaDe lebih pendiam dan suka berpikir positif (cara membedakan mereka ; XiaEn punya tahi lalat dipipi kanan, kalau XiaDe tidak punya tahi lalat, lagian mereka juga gak sekelas) terus satu lagi anggota mereka si XiaoChun, dia sering nampak tapi sering nggak dapat part bicara, jadi kek cuma nampakin wajah doang, bicara cuma sesekali saja.

Awalnya.. Kehidupan sekolah mereka biasa-biasa saja, gak ada yang salah.  HaoTing enjoy dengan kenakalannya bersama gengnya,  serta menghabiskan waktu bersama pacarnya cewe, LiXiYu. Nah.. Ada momen dimana HaoTing bertengkar sama cewenya, dan cewenya kesal dan mulai melirik siswa teladan di sekolah bernama YuXiGu. (YuXiGu tipikal anak Introvert, yatim piatu, kerja paruh waktu di Kafe milih ZhiGang) yang ia pikirkan hanya belajar..belajar.. Dan belajar.. Kalau jam istirahat dia milih tidur di UKS dan makan pun nggak teratur, bahkan pernah nggak makan seharian saking miskinnya. Alasan dia giat belajar supaya dia bisa masuk perguruan tinggi favorit dan begitu lulus dia bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. -- TUNGGU! SO... INI MASUK AKAL KAN? Kenapa si JuanZhi harus diet sampai nampak kurus banget demi totalitas aktingnya sebagai YuXiGu miskin yang makan pun jarang.Kan gak masuk akal seandainya si YuXiGu diperankan sebagai anak miskin, jarang makan tapi badan berisi berotot. -- Karena cewe si HaoTing merasa si YuXiGu lebih baik dari segala aspek ketimbang HaoTing. Mulai lah kegatelan tuh cewe ngejar-ngejar si YuXiGu walaupun sering ditolak YuXiGu dengan muka masam. -- Kabar soal cewe itu mendekati YuXiGu sampai kekuping HaoTing lewat anggota gengnya itu si XiaEn, bahkan sempat memprovokasi, kek bilang si YuXiGu menggoda LiXiYu dan ingin merebutnya dari HaoTing. -- HaoTing pun kesal dan mulai membully YuXiGu. HaoTing sempat memukul perut YuXiGu kuat banget, dan membuat YuXiGu terlambat ngikuti ujian.Karena YuXiGu itu siswa teladan, dia tidak pernah terlambat masuk kelas sekalipun.Nah.. Gegara HaoTing sengaja menjebak YuXiGu, ia telat masuk kelas dan dilarang oleh gurunya ikut ujian..Adegan dimana YuXiGu memohon-mohon sampe berlutut dan menitikkan air mata serta disaksikan seluruh teman sekelasnya sempat membuat air mata nae ikutan nangis. Kalian bisa bayangkan, seorang anak miskin, gak punya orang tua, berjuang untuk masa depan terus dibully lagi behhh penderitaan yang berlipat ganda. Puncaknya... YuXiGu marah besar dan menonjok muka si HaoTing.

Ada titik balik setelah kejadian itu. Dimana HaoTing mulai dihantui rasa bersalah... Dia kembali mengingat bagaimana dia memukul perut YuXiGu, bahkan membuat YuXiGu sampai nangis berlutut sama gurunya. -- scene dimana HaoTing lagi galau karena rasa bersalahnya sumpah! Itu memanjakan mata banget XD secara ye kan, si HaoTing sambil topless gitu.. So! Niatnya pengen fokus ke jalan cerita eh malah natapin roti syobeknya mas HaoTing. -- Nae akui juga kalau HaoTing termasuk karakter yang gentlemen dengan apa yang dia perbuat, dia memberanikan diri untuk menemui YuXiGu, walaupun awalnya dia gugup, canggung , tapi siapa sangka rasa kasihan berubah menjadi cinta XD

Yassss.. HaoTing jadi bucin banget sama YuXiGu, dia membelikan makanan, ngekepoin segala aktifitas YuXiGu baik disekolah ataupun diluar sekolah, minta-minta foto YuXiGu dari cewe fujoshi yang kebetulan ngefans sama YuXiGu, nahh! Pertanyaan muncul dalam hati HaoTing, apakah rasa berbedar setiap kali dia bertemu sama YuXiGu itu perasaan cinta? Dia juga sempat curhat sama SunBo soal perasaannya terharap YuXiGu, dan untuk membuktikannya, HaoTing menemui YuXiGu dan menyatakan kalau dia suka sama si YuXiGu (Yup! Blak-blakan coy, bayangkan lu diganggu cowo, trus dia merasa bersalah, dan beberapa hari kemudian dah bilang "wo shi ai ni!" aku sungguh mencintaimu" behhh... Hanyut adek bang!)

FINE.. Mari membahasnya dari POV YuXiGu sendiri : Apa sih yang dipikirkan YuXiGu soal HaoTing? Bayangkan saya : Pengganggu & Bingung. Selama HaoTing sering ngapelin YuXiGu perasaan YuXiGu selalu merasa terusik, karena masih menganggap HaoTing akan mengerjainya lagi. Tapi ketika HaoTing mulai menyatakan cintanya secara blak-blakan disitulah YuXiGu mulai bingung dan heran... Plus HaoTing bukan hanya sekedar memberi perhatian bahkan merayu YuXiGu setiap kali bertemu.Gimana si YuXiGu gak luluh hatinya coba dan akhirnya mulai bisa menerima kehadiran HaoTing.Ketika HaoTing sudah yakin soal hubungannya dengan YuXiGu, HaoTing memutuskan cewenya (LiXiYu) dan memilih berada disisi YuXiGu.Menemani disetiap hari yang sepi bagi YuXiGu.Memberikan kehangatan dan kenyamanan sebagai sepasang kekasih.


Kapan Konflik datang?
Jika kita menonton full cerita nya ada beberapa konflik, tapi itu hanya konflik-konflik kecil yang bisa selesai dimenit-menit berikutnya. Konflik berat muncul di scene saat HaoTing membawa YuXiGu ke rumahnya dan kebetulan rumahnya kosong, naluri naenak ike kimochi mereka pun muncul, berawal dari saling goda, cipokan, desah, dan buka kancing baju, suasana makin panas coy. (Mereka yang cipokan, gue yang dikamar sampai kepanasan nonton scene itu). -- apesnya, pas mereka lagi begituan, orang tua HaoTing datang... So! Kita pasti tahu dong apa yang akan terjadi selanjutnya. Ya dimarahi, ditentang, dilarang bertemu segala macem. Tepatnya! Hubungan mereka gak direstui.

Scene dimana HaoTing nangis sambil curhat sama adek cewenya itu membuat hati nae ikutan nyesek, dan emak HaoTing mendengar curhatan dari balik pintu sambil nangis. Tapi nae salut dengan kegigihan cinta mereka berdua. Saat YuXiGu memberanikan diri untuk bertemu orang tua HaoTing supaya diberi restu emang tidak mudah... Sempat diusir, dibentak tapi emak HaoTing lebih dulu jauh lebih open minded dan membuat kesepakatan, jika YuXiGu bisa membuat HaoTing masuk universitas nasional dengan urutan 5 besar, maka mereka akan diberi lampu hijau. -- Awalnya bagi YuXiGu dan HaoTing itu bakal berat banget tapi mereka saling menguatkan, saling memotivasi. HaoTing belajar keras, hingga ia jatuh demam. Dan sempat sangean sama YuXiGu... -- dan see! Usaha nggak membohongi Hasil.

HaoTing masuk 5 besar universitas nasional, orang tua HaoTing pun udah be like "ya udahlah.. Terserahmu saja.!" -- HaoTing mulai mengontrak rumah untuk tempat tinggal berdua bersama YuXiGu nantinya... Eh, naasnya.. YuXiGu malah tewas kecelakaan mobil diusianya yang masih 18 tahun. -- Dan bayangkan perasaan HaoTing betapa perihnya itu, ditinggal mati orang yang paling dicintai secinta-cintanya. *btw-seketika-nae-pengen-muter-lagu-TINGGAL-KENANGAN. (Pernah ada... rasa cinta... antchara kitha. kini tinggal kenangan.... ingin kuyupakan semua tentang ..... duh! Mewek gue T_T)


Dan ini berdampak pada HaoTing di 6 tahun kemudian. -- 6 Tahun kemudian, HaoTing jadi orang yang berpendidikan yang bagus dan akan melanjutkan studi S2 nya ya? (Kalo gak salah) bakal ke Amerika Serikat. -- Walaupun dia berusaha menyibukkan diri, nyatanya dia masih belum bisa move on dari kecelakaan itu, dia masih mengingat betul kenangan-kenangan bersama YuXiGu selagi hidup.. -- Emang sih, HaoTing bertemu dengan orang yang mirip YuXiGu, dia junior HaoTing sekaligus teman hiking. Tapi HaoTing tidak mau mengejar cowo yang mirip YuXiGu itu karena dia tahu, wajah boleh sama, tapi hati setiap orang berbeda. Kita bisa bayangkan, andaipun kita terlahir dengan kembar 7, semua wajahnya sama, tapi kepribadiannya tetap berbeda-beda.  -- Ending Make Our Days Count ini benar-benar sad untuk couple utamanya. Dimana ukenya tewas, terus semenya gak bisa move on bahkan sering nangis karena rindu sama ukenya. HaoTing juga mengatakan kalau dia ingin pergi mendaki Gunung Everest dan biar bisa dekat menggapai bintang dan merasa dekat dengan YuXiGu.. -- ada 2 spekulasi fans soal omongan HaoTing akan mendaki Everest, ada yang mengatakan HaoTing akan bundir disana tapi ada juga yang bilang karena YuXiGu setiap kangen orang tuanya meninggal selalu menatap bintang-bintang. Nah! Begitu YuXiGu meninggal, HaoTing melakukan yang sama, menatap bintang buat mengingat ukenya itu.

STORY II (SUNBO X ZHI GANG)

Kita beralih ke 2nd couple dari part MODC ini, SunBo itu teman se-gang HaoTing dan orang yang paling deket sama HaoTing karena sama-sama suka cowo. ZhiGang itu usahawan yang membuka kafe susu kedelai, ZhiGang juga akrab dengan YuXiGu dan sudah menganggap XiGu sebagai adik kandungnya sendiri. History kelam ZhiGang yaitu dia selalu dicampakkan seme-nya hingga dia trauma menjalin hubungan ditambah dia dicampakkan oleh keluarganya karena yaoi. -- kisah SunBo X ZhiGang, bermula di tempat fitness, yes Gym! :v (so gay sekali ye kan... XD gym surga dimana kalian bisa cuci mata) begitulah dengan SunBo yang kerja paruh waktu di tempat fitness milik sepupunya (Sun Wen-Jie).Dia kecantol dengan ketampanan serta keseksian ZhiGang selagi ngegym dan sempat mengambil foto ZhiGang. btw reaksi dia saat nengok roti syobek persis 100% reaksi nae nengok roti syobek oppak XD LOL

Nae akui kalau SunBo jauh lebih gercep soal urusan cinta ketimbang HaoTing, begitu SunBo yakin dia suka..Maka dia langsung lakukan saat itu juga.SunBo langsung nembak ZhiGang tapi ditolak. Dengan alasan yang nae simpulkan be like "Kau masih anak sekolah, masih labil, kau gak tau arti cinta yang sesungguhnya!" - pokoknya alasan-alasan yang diberikan ZhiGang untuk menolak SunBo ya karena mengira anak sekolah itu emosinya labil, bisa saja bilang sekarang suka tapi beberapa bulan kemudian sudah nggak. Nae mengerti sih perasaan ZhiGang yang masih trauma, "sedangkan pacaran sama yang dewasa saja ditinggalin, apalagi pacaran sama anak sekolahan yang masih labil."

Kesal dengan penolakan yang berkaitan soal usia, labil. SunBo meyakinkan ZhiGang, kalau dia bisa menjadi pacar yang baik.Jika ZhiGang tetap gak mau menerima cintanya, SunBo memohon agar biar dia saja yang mencintai ZhiGang sepenuh hati.Disitu ZhiGang merasa tersentuh dan langsung memeluk SunBo. -- Sejak saat itu, mereka resmi pacaran dan kehadiran mereka di EP-EP berikutnya hanya sebagai pemanis / angin segar disaat kita mulai menghadapi bagian konflik cerita dari kisah YuXiGu & HaoTing.


Bagaimana ending dari SunBo X ZhiGang?
Mereka jauh lebih beruntung daripada kapal YuXiGu & HaoTing yang meninggalkan luka sampai nae nulis review ini. Cerita di 6 Tahun kemudian... ZhiGang diperbolehkan kembali balik ke rumahnya setelah sekian lama dicampakkan.Ini semua tak luput dari usaha SunBo untuk mendekati keluarga ZhiGang walaupun sempat diusir dan setiap kado tahun baru yang mereka beri selalu dipulangkan.Setidaknya usaha itu sudah membukakan pintu hati keluarga ZhiGang untuk kembali menerima ZhiGang walau orientasinya berbeda.SunBo juga bilang kepada HaoTing, kalau rencana kedepannya dia juga ingin menikah dengan ZhiGang. Behh..! Nae seketika saat itu langsung ngebayangin ZhiGang & SunBo duduk dipelaminan pakai jas, terus nae ada disana duduk sambil terharu.(STOP! HALU).

Review Time :

HIStory3 Make Our Days Count , seri BL yang dilihat dari segi storyline nya itu klise, hubungan yang gak direstu orang tua terus mereka berupaya untuk membuktikannya. Nah... Tapi walaupun menurut nae klise, nae gak bosan selama menontonnya, karena ada banyak scene-scene kocak, hot, romantis sampe menguras air mata.Gak cuma dari tokoh utamanya saja.Ada hal-hal lucu misal seperti XiaEn dkk nya membaca komik BL, sampai tuh komik bercahaya-cahaya.

Ada juga scene hot SunBo & ZhiGang yang dikamar mandi bikin nae kehabisan oksigen nontonnya. Bahkan menurut nae scene mereka ini jauh lebih hot ketimbang partnya YuXiGu & HaoTing. -- Jujur! nae sampe bolak balik nonton scene ini anjir XD hot banget... mimisan adek makk... mana mereka sama-sama berotot lagi XD eh iya... nae dari awal sudah tahu kalau SunBo itu seme.. makanya sebelum scene ini tiba banyak yang mengira kalau si SunBo itu uke XD karena notabene kak ZhiGang yang lebih menli ketimbang SunBo.. tapi nae akui kok walaupun SunBo kek pecicilan gitu alias banyak tingkah dan suka bercanda tapi begitu dia serius behhhhhhh aura semenya keluar.

Gak lupa juga universe HIStory yang kembali menghadirkan cameo Cheng Qing (Duke Wu) seme dari HIStory1 STAY AWAY FROM ME. Yang merupakan seorang seleb sekaligus famili dari ZhiGang, so! Mereka masih dalam satu keluarga besar.


Yang ingin nae sampaikan sih, nae awalnya ragu buat nonton ini tapi setelah ditonton itu seru banget... Tapi semua hancur saat nae tahu ini bakal sad ending, yeah! Nae paling gasuka ending sedih, karena jadi ikutan nyesek aja jadinya.Dari keseluruhan baik itu akting mereka, visual serta plot cerita sudah oke hanya saja ending yang membuatnya seakan tidak sempurna dimata nae.
Tapi, hikmahnya nae jadi bisa menyimpulkan dan mengambil amanat "Tidak ada yang sempurna!" bahkan jika itu film sekalipun. Yeah...Seri ini juga mengajarkan kita untuk belajar merelakan kepergian orang yang disayang. Dan jangan larut dalam kesedihan, jika kita terus larut dalam kesedihan, otomatis kita akan memandang dunia dari sisi gelap dan hidup kita merana. Percayalah..Dan coba bangun, lihat sekitar, masih ada orang yang menyanyangi kita. Emang sih, perih kehilangan orang yang dicintai, tapi kita harus bangkit kan? Hidup di masa depan masih panjang, jangan siksa diri kita dengan kesedihan itu.


Jadi quotes “Kenangan dari kehidupan kampus. Apakah kau ingat saat kita berusia 18 tahun? Keberuntungan terbesar dalam hidup adalah bertemu denganmu.” Pada saat teaser Make Our Days Count / That Day / Menghitung Mundur Waktu Kita.Itu menyiratkan kesedihan yang tersembunyi. Mungkin bagi kalian atau nae sempat nggak kepikiran ini bakal sad ending, secara History selalu Happy ending, nah ini benar-benar sesuatu yang baru, dan arti quotesnya itu mengarah pada sudut pandang HaoTing, dimana dia kembali flashback saat berumur 18 tahun, dia bertemu dengan YuXiGu, kekasih tercintanya yang membuat hidupnya bahagia dan merasa beruntung, tetapi kebahagiaan itu berakhir di usia 18 tahun juga. 18! Pokoknya angka keramat di seri ini dan punya bekas luka yang mendalam bagi tokoh ceritanya.

Ini recommended ga sih? banget! bagi kalian fans BL, kalian wajib menonton ini karena ya seperti nae bilang tadi, semua emosi kita baik itu senang, kesal, romantis, sampai sedih semua feelz nya dapet. dan sebagian dari mereka masih aktor rookie tapi nae salut dengan kemampuan akting mereka yang totalitas banget.

***


AH BAKAL ADA HISTORY SELANJUTNYA?
Tidak, nae yakin kalian juga tahu kalau HIStory sudah menutup buku dengan MAKE OUR DAYS COUNT sebagai judul terakhir dari web series yang eksis mulai 2017 ini.
Nae berterima kasih banyak kepada semua pihak terlibat dalam menciptakan serial BL bagus ini dan termasuk para subber.-- Karena HIStory sudah tutup buku, seketika otak nae flashback dengan HIStory1, HIStory2, HIStory3.
Nah! Jika ada yang ingin kalian sampaikan atau kalian pengen curhat soal Make Our Days Count, kalian boleh komen di kolom bawah ya, nae pasti balas kok.... :) nae selalu terbuka untuk kalian semua..

Nae rasa, sampai disini saja review filmnya, terima kasih bagi yang sudah baca, see you di next review..
Salam cinta tulus YuXiGu &HaoTing ^^ dan THANK YOU FOR 3 AMAZING YEARS With HIStory Web Series. byebye!

THE END

TRAILER HISTORY3 - MAKE OUR DAYS COUNT

XIAO BING CHIH "LIVE AGAIN"

4 comments

  1. Kakk jadi yu shi Gu itu beneran mati? Atau semacam bayang2 Hsiang hao ting aja supaya bisa melupakannya Karena dia mau ke amerika?

    Kaget bgt Pas yu shi gu jadi temen hiking nya itu kok kepribadiannya beda bgt dan Hsiang hao ting nya dinginn..

    Kalo emg meninggal Karena ketabrak duh sedih bgt ya dan itu Di scene dia lupa bawa dompet yah, trus Hsiang hao ting anterin dompetnya, disitu tragedinya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, ceritanya si Yuxigu benaran meninggoy bebs T-T gara-gara insiden mau beli garem kan, terus dompetnya ketinggalan, pas mau balik ngambil dompet disitu dek ketabrak T-T Haoting yang mau nganterin dompet udah lihat ayangnya sudah tidak bernyawa lagi (ya walaupun gak ditampilkan dalam bentuk adegan kecelakaannya) -- padahal kalau dipikir2 mereka baru aja berhasil menyelesaikan tantangan cinta mereka gitu loh.. tapi yaaa takdir sudah berkata lain T-T , jujurly, aku yang gak expect bakal sad ending nonton MODC sampe nyesek banget, ikutan galau T-T
      Dan temen hiking yang mirip si YuXiGu, ceritanya cuma "mirip" aja dari segi muka, tapi kepribadiannya tetap beda, makanya si haoting gak mau berharap banget sama teman hikingnya toh tetap gak kan bisa menyamai rasa cintanya sama YuXiGu yang asli T-T
      Oh ya! btw.. terima kasih banyak yes sudah mau mampir di blog nae ini wkwwkkw ^^

      Delete
    2. AAAAA thankyou for your warmly responnn kaaa.

      Akhirnya penasaranku terjawab Sudah, astagaaa jd gamonnn Pas tau ceritanya ternyata yu xi gu meninggal.
      Kisah cinta mereka ituloh astagaa Keren bgt, haoting yg tulus bgt.. berubah drastis semenjak kenal xigu. Bener2 truly love ya Ka T-T.
      Gue nonton series nya kek roller coaster sumpis, kadang sampe nangis kejerrr krn lumayan relate juga di gue for past day my ex has passed away tho huhuhu so it really reminds me back of him T-T. Tp habis itu bisa senyum krn scen comedy nya kece badai...

      Aahhh tapi masih gbs move on kalo ternyata sad ending huhu. I can't really imagine kalo gw Di posisinya haoting, bakalan jalanin hidup a bit clueless or hopeless tp disatu sisi kata emaknya haoting life must go on, slow down move on, just realize haoting still surrounded by people who loving him, especially his family and besties...

      THANKYOUUU REVIEW NYA KA. KEREN BGTTTTT.

      Delete
    3. Satu-satunya judul HIStory yang sad ending... tapi atleast itu better daripada HIStory4 apalagi HIStory5 yang bahkan aku gak tonton. hahahaha.... BTW... Sama-sama ya :)

      Delete


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)