[REVIEW] – 2MOONS2 THE SERIES (2019)


Perhatian :
Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

*** 
Oh ya! Saat Kabar Akan Ada Kelanjutan dari 2Moons kita semua pasti auto teringat dengan mereka-mereka ini kan?


Seketika otak udang nae kembali flashback ke 2017.
Teringat akan p'Pha (Godt Itthipat) bersama Wayo (Bas Suradej) si uke sejuta ummat 2017, Ming (Kimmon Varodom) *Btw.. Nae-dulu-ngefans-berat-sama-si-Kimmon-sayang! Terus p'Kit Kat (Copter Panuwat). Beam (Tee Tanapol) & mas Forth (Tae Darvid).
Rasanya mengingat kembali dua tahun kebelakang, nae kek ngerasa, "Wah! Waktu ini cepat banget berputar!" - Nae ingat dulu saat nae doyan banget komen-komen gila dilapak aktor 2moons terus di like itu rasanya Tuhan senangnya luar byasaahh. dan kabar akan adanya kelanjutan 2Moons tentu hal yang sangat nae nanti-nantikan.

Tapi......... ITU SEBELUM NEGARA FIRE MENYERANG T-T

Selang waktu tak lama dari pengumuman akan adanya kelanjutan 2Moons. Kabar terbaru mengungkapkan kalau untuk projek musim kedua 2Moons alias "2Moons2 The Series" tidak akan menggunakan cast lama. -- pro dan kontra pun terjadi, bahkan Bass sendiri tidak tahu kalau untuk projek musim kedua tidak memakai cast lama. Akhirnya pihak produksi dan Bass mengkonfirmasi ke media bahwa itu memang benar.

Jika tidak pakai cast lama, itu artinya mereka menemukan cast baru kan? Yes.. Lewat audisi 2Moons2 dan dapetlah 6 cogan yang siap mengambil alih peran Phana-Wayo, Ming-Kit, Forth-Beam.
Ternyata, dampak dari pilihan pihak produser untuk mengganti aktor lama tetap berimbas ke aktor baru yang tak tahu menahu apa-apa. Simpelnya gini, yang punya masalah itu antara produser & cast lama, tapi yang ikut-ikutan dihujat itu cast baru. Sementara mereka hanya ikut audisi dan terpilih saja.
Antara Pro & Kontra, nae simpulkan kebanyakan kontra soal penggantian cast lama. Nae banyak nemukan komentar buruk soal aktor baru 2moons baik itu di fanpage FB, Twitter, Instagram yang be like :

"Apa-apaan ini? Visual cast lama jauh lebih baik daripada yang baru." - comment1
"Aku sudah melihat cast baru, dan tidak ada yang membuatku terpanah... Semua b aja.." - comment2
"Kok cast barunya malah jelek-jelek sih?" - comment3
"Kurasa musim ini akan sepi penonton wkwkwk!" - comment4

Dan na'asnya, nae termasuk orang yang kontra soal kasus ini. Kalian ngerti nggak, perasaan saat kita ngidolain seseorang, terus karyanya masih ngegantung dan saat kita tunggu dan tunggu eh idola kita kaga dipake. Itu nyesek, jangankan nae, yang cast lama juga pasti sedih kenapa gak mereka yang tetap melanjuti serial ini. Saking kesalnya nae saat itu, nae sampe nulis komentar buruk juga. Yeah! Nae ingat betul, saat itu nae bilang :

"Cuih.. Jelek-jelek semua! Kita lihat saja nanti. Kusumpahin supaya ni seri kaga laku. Biar tahu rasa mereka kurma itu manis. Seandainya seri ini tayang, aku gak bakal sudi nontonnya.. Cam kan itu!!"

Kasar? Jelas... Bahkan nae mengetik ini sambil merasa bersalah, kenapa nae dulu ikut-ikutan ngejudge cast baru. Logikanya kan, mereka gak salah, gak tahu apa-apa. Tapi, Tuhan membalas nae dengan memberi kurma berkualitas yang manis itu pada nae. Faktanya, nae tergila-gila dengan ketampanan dedek Joong & bisepnya si Pavel. XD bahkan jika dilihat-lihat, cast baru juga cakep kok. Meibi dulu sempat berkata kasar dan ngejudge karena terbawa emosi saja....

Setelah huru hara berakhir... Tentu! Kita gak mau larut kan dalam perdebatan itu. Toh  juga mau semarah apapun kita tidak akan mengubah kenyataan bahwa musim ini tidak pakai cast lama.


2Moons2 The Series, adalah musim kedua dari serial BL Thailand yang tayang 2017 silam. Serial ini berjumlah 12 Episode yang mulai tayang sejak tanggal 22 Juni 2019 s/d 14 September 2019. Untuk fans Internasional, kita dapat keistimewaan karena kita bisa menonton 2Moons2 secara official dan sudah tersedia engsub di channel YT Mello Thailand. Kalian pasti ingat kan? Gimana susahnya mau nonton 2Moons dulu. Tapi sekarang, mereka sudah mengerti bahwa peminat serial BL bukan hanya orang Thailand saja tapi sudah diberbagai negara.

Cast Baru :


Ben Benjamin Brasier a.k.a PHANA

HBD : 27 Januari 1997 (T-T Yawlaa.. Beda setahun kami)
dia blasteran bule-Thailand jadi first impression nae saat nengok si Ben emang ngerasa mukanya kek rada western gitu. Eh ternyata emang bener...

Earth Thirapat Reungritkun a.k.a WAYO
HBD : 7 Maret 1997 (njir!! Aktor zaman jigeum makin muda boy T-T merasa gagal akutuh)
Pertama kali nengok si Earth sih, dia imut juga kok. Bahkan actually dia itu menggemesin banget, kek squishy XD


Joong Archen Aydin a.k.a MING
HBD : 10 Maret 2001 (Wait... T-T masih seumuran kecambah toge ni anak dah main serial BL)
SUMPAH! Nae langsung suka nengok si Joong saat pertama kali nengok, nih anak manis banget senyumannya. Teros nae heran waktu masih bayi ni anak mungkin udah disuguhin susu boneto, tingginya menjulang gengssss.. Andai nae kaga tau dia line01 meibi nae akan anggap dia kek umur 22 atau 23 karena kek udah dewasa nampaknya. Eh tau-taunya masih kecambah XD -- Apalagi diumurnya yang masih 18 dia udah punya roti syobekkkk, gilaa.. Paket komplit ni bocah.

Nine Konchit Boonsatheepakdee a.k.a KIT
HBD : 11 Juli 1999
Ini lagi satu ni anak, imutnya kaga ketulungan, dia bakal meranin Kit yang selalu marah. Tapi kalo dia tersenyum atau dibelakang layar dia masih nampak brondongnya...


Phoom Naret Promphaopun a.k.a FORTH
HBD : 6 Mei 1997
Jika Joong nae suka karena wajah manisnya, apa kabar Phoom yang nae langsung klepek-klepek karena bisep dan roti syobeknya. Bahkan kalo kalian lagi stres dan butuh asupan cuci mata, nae rekomendasikan buat mampir di lapak IG si Phoom. Karena banyak fotonya yang pamer bisep, roti syobek, kalo pake baju selalu yang shirtless, andai kaos yang dipake pasti yang ketet biar otot-ototnya tercetaqqq. Lemahhhhhh rahimmku massss *sok-punya.

Dome Woranart Ratthanaphast a.k.a BEAM

HBD : 11 April 1998
Dari semua cast, idk why nae ngerasa si Dome ini umurnya yang paling tuir. Nae bukan bermaksud rasis atau apa, nae ngerasa ada aura kebapakan dalam diri Dome XD tapi saat tahu dia line 98 nae langsung terkejod be like "ya ampun, seumuran gue, dia kok kek dewasa banget sementara gue kek gembelll?"

STORY : #1 PHANA-WAYO


Kalian masih ingat nggak, bagaimana kisah 2Moons musim pertama? Tentang bagaimana Wayo yang harus mengejar cinta p'Pha dengan ikut menjadi bulan kampus dan di 2Moons2, kita akan diajak flashback selama 4 Episode. Dalam 4 episode itu, storyline yang ada di musim pertama dirangkum menjadi singkat agar mengingatkan kita kembali dengan plot ceritanya. Mengingat sudah 2 tahun dari penayangan musim pertama meibi banyak diluar sana yang tidak ingat betul gimana alurnya. So maka nya dibuat.


Di musim ini juga, pembagian menjadi lebih merata antara kapal yang satu dengan kapal yang lain. Untuk Phana-Wayo kisahnya berlanjut dimana mereka sudah resmi pacaran. Dan konflik yang dihadapi di musim kedua ini adalah "KESETIAAN CINTA"  -- Resminya hubungan p'Pha dan Wayo banyak diketahui oleh pelajar kampus. Dan popularitas Wayo menarik perhatian orang-orang termasuk salah satu tokoh Antagonis yang disuguhkan bernama PARK. -- Pernah dengar istilah gak? Jangan pandang ciki dari bungkusnya. Gede bukan berarti isinya penuh  kan? Begitu juga dengan si jurassik Park ini, orangnya manis tapi hatinya tidak semanis wajahnya, hatinya busuk bunga bangke. Bahkan kehadiran Park dalam hubungan Phana-Wayo itu rada creepy a.k.a seram. -- nae tahu kok dari ekspresi si Park, kalau dia suka sama si Wayo tapi si Wayo gak merasa nyaman kalo bersama si Park. Apalagi kan si Wayo dah punya cowo, ntar p'Pha salah paham.. Dan juga p'Pha kaga suka nengok kelakuan si Park yang suka ngedeketin ukenya.


Rumor pun muncul, kalau ada fanpage yang nyebarin hoax berisi Wayo itu lonte. Dan nae salut dengan geng yang berisi cowo-cowo cantiknya itu buat membantu Wayo menghadapi masalah. -- Nae juga udah yakin sih, dalang dari semua mulai dari yang menulis kata kasar di mobil pha pakai cat semprot, yang nyuruh admin fanpage membuat berita hoax sampai yang menyebarkan foto Wayo yang lagi tidur dengan bekas cupang dilehernya itu perbuatan si Park.
P'Pha sempat menonjok si jurassik Park kurang ajar itu. Begitu teganya dia melakukan itu semua. Dan sialnya lagi "To Be Continued..." yah.. Masih ngegantung.. Masa tamatnya disaat konflik baru menuju puncak? Hohohoho.. I smell something, but mari kita lanjut ke lapak sebelah..

STORY : #2 MING-KIT


Ming juga terpilih sebagai bulan kampus fakultas teknik. Dan ambisi Ming untuk mendapatkan Kit semakin menggebu-gebu. Jadi si Ming sering banget menganggu si Kit, sebenarnya gak menganggu sih kalo dari sudut pandang nae, kek semacam ketemuan terus digombal-gombal. Si Kit nya aja yang jutek mulu kek lagi dateng bulan tiap hari. Asal ketemu si Ming pembawaannya mau marah aja terus.. Heh Kit, kalo lu kaga mau sama si Ming, bilang aja sama nae.. Nae juga mau kok digombal-gombal :v *apa-sih.


Fakta lain bahwa Kit itu tsundere banget, sok-sok jaim, gak butuh Ming eh kenyataannya dia juga sebenarnya suka sama si Ming. Alasan lain dia masih ragu nerima cinta Ming karena menanggap si Ming playboy dan tidak akan serius kalo berpacaran. Sampai-sampai berusaha mengetest Ming dengan Kit berpura-pura pacaran dengan Beam. Saat Ming tahu kalau Kit dan Beam pacaran perasaan Ming itu remuk gitu, galauuuu.. Sampe mabok-mabokan, terus dibawa Kit kekamar andddd kisseu kisseuuuuuu XD seketika KITtiger berubah menjadi KITty. Meong!! *btw-itu-first-kiss-nya-joong-dan-dikasih-sama-cowo-duh-senangnya-aku XD


Walaupun mereka udah cipokan tapi belum resmi pacaran. Resminya kapan? Saat Ming mengantarkan Kit pulang ke rumahnya. Ming akan mencipok bibir Kit sialnya ketahuan sama kakak iparnya Kit. Kakak iparnya cerewet banget dah, pengen kusumbat tuh mulut pake tomat. Marah-marahin Ming-Kit dan menyuruh Kit untuk menjauhi Ming. -- nae salut dengan keberanian Ming yang mau menentang dan berkata untuk berusaha membuktikan yang terbaik untuk Kit. Kit juga tidak ingin pisah dari Ming. Alhasil si kakak ipar pun be like "yowes lahhh! Tapi jangan bikin adik iparku ini sakit hati. Kalo nggak, patah leher kau tu deekkkk" *kakak-iparnya-mantan-gangster-cuy! -- Kit akhirnya menerima cinta Ming, dia juga bilang sudah capek bersikap tsundere. (*lagian-siapa-suruh-kalo-dideketin-cogan-harus-jutek²?) ketika mereka resmi pacaran, Kit pun udah berubah dia udah kaga suka ngomel-ngomel lagi. Dan yeah!! Mereka bahagia sebagai pasangan... Dasar anak muda jaman sekarang yeah.. XD

STORY : #3 FORTH-BEAM


Ini adalah couple buangan, Forth yang gagal mendapatkan Wayo, dan Beam yang punya rasa pada Kit tapi disembunyiin mulu. Wow! Kumpulan kaum-kaum tersakiti XD -- Nah! Cerita mereka berdua dimulai disaat Beam galau dengan perasaannya terhadap Kit. Saat acara mabok-mabokan si Beam dengan semangat 45 meneguk tuak. Teman Forth menyuruh Forth untuk membawa si Beam ke kamar. Istilahnya biar si Beam tidur dikamar aja.. Eh sampe dikamar si Beam malah curhat, kemudian tercipoklah mas Forth.. And the last, Beam ngajak Forth untuk naenak ikeh kimochi (One Night Stand). Meibi saat itu si Forth ceritanya lagi sangean kali ya, makanya pas diajak ngewe langsung lampu hijau, mengulum bibir Forth, melepaskan kaos ketatnya (WOW... OTOT GENGSSSSSS!!!!) dan yeahhhhhh baby, cinta satu malam oh indahnya, cinta satu malam buat ku melayangggg, walau satu malam, akan kukenang slama-lamanya... *CROTT (#NP Melinda)


Saat terbangun Forth udah sendiri dikasur dan buru-buru nemuin Beam. Beam nyuruh Forth untuk melupakan aktivitas naenak ike kimochi semalam. Tapi Forth gak bisa melupakan begitu saja. *meibi-karena-terlalu-enak-genjotannya. XD -- Tapi disini nae langsung bisa merasakan kalau karakter Forth ini orangnya bertanggung jawab. Meibi kalo orang yang suka dunia malam sering anggap One Night Stand itu cuma hiburan aja, gak dianggap serius. Beda halnya dengan Forth yang malah khawatir dengan Beam. Hingga benih cinta tumbuh dalam satu malam kenikmatan. Yup! Forth memilih untuk mengejar cintanya Beam. Ciyee.. So sweet.


Forth jadi sering memberi perhatian pada Beam. Bahkan Beam sampe ngerasa aneh, cowo se bad boy Forth memperlakukannya seperti seorang istri.. *ya-emang-beam-istrinya-forth-kan-XD -- Forth juga orangnya romantis, dengan segala rayuan dan gombalan pulau kelapanya. Sehingga lambat laun Beam juga ada rasa sama Forth. Apalagi scene saat si Forth nyuruh junior-juniornya untuk mengatakan kalau si Forth suka sama si Beam.. XD kyaaa... Meibi hebat si Beam cuma senyum-senyum canggung. Sempat nae jadi si Beam, auto meleleh ditempat. -- Mereka resmi pacaran saat mereka melakukan kunjungan sosial di perdesaan. Kek semacam kunjungan sosialisasi gitu, ngasih makan anak-anak, membangun ruangan, memperbaiki bangunan yang rusak. Btw.. Nae salfok dengan si Forth yang lepas kaos T-T Anjirr... Ototnya menggemaskannnnn... Sampe nelen ludah nengoknya. Nah.. Saat memperbaiki atap, palu yang dilekatkan Beam terjatuh ga sengaja kena kepala Forth. Dan saat di kamar *UKS disitulah mereka jadian dan sempat cipokan...


Btwey.. Ini ceritanya gantung amat kan? Masa Phana-Wayo tamatnya saat masalah belum selesai. Ataupun Ming-Kit dan Forth-Beam yang tamat saat baru udah pacaran. Oh ya... Arti "TO BE CONTINUED..." diakhir seri tentu artinya bersambung kan? Ojelas dong, karena ini hanyalah permulaan.. Pihak produksi juga mengonfirmasi kabar baru terkait akan adanya 2Moons3. Banyak rumor yang bilang akan ganti cast baru tapi terpecahkan saat produsernya sendiri balas tweet fans kalau cast untuk 2moons3 masih tetep. - Itu melegakan sih, lagian kalo ganti, itu ribet karena harus audisi buat nemuin orang yang tepat meraninnya juga sulit buat fans yang harus berusaha beradaptasi lagi dengan aktor baru. So! Mari menunggu musim ketiga dari 2Moons.

REVIEW TIME :


Sebenarnya, konflik 2Moons itu klise. Gak jauh beda dengan konflik serial BL lainnya. Tapi disini ada juga scene yang bikin kita senyum-senyum. Dan yang paling mencolok yaitu : perasaan membandingkan cast baru dengan cast lama. Baik itu sengaja atau gak disengaja kita pasti ada perasaan membanding-bandingkan. -- Selama nae menonton 2Moons2 ini, nae akui.. Di EP.1 - EP.4 itu rasanya males banget, karena nae tipikal orang yang  males ngulang nonton series. Jadi kalo udah nonton sekali ya udah, kemungkinan untuk nonton ulang itu sangat-sangat kecil. Jadi nae maksain diri aja buat nonton karena nae ingin merasakan perbandingan feelznya. Tapi begitu masuk EP.5 keatas, nae jadi semangat karena itu sudah memasuki cerita baru.
Cast lama memang dari segi visual cakepnya sekali nengok langsung nancep kehati. Tapi nae masih ingat betul ada scene yang terasa canggung di musim pertama.. Dari gaya jalannya ataupun ekspresi mimik wajah. -- untuk cast baru, emang sih.. Visualnya itu step by step, mungkin kita nengoknya biasa aja pertama kali, tapi kalo dilihat terus menerus mereka gak kalah Oke kok. Dan nae gak tahu, apa cuman nae yang ngerasa ini  kalau nae merasa kualitas akting 2Moons2 lebih natural dan ada perkembangan. -- nae gak bermaksud fanwar ya, ini hanya opini nae saja soal seri ini.

LAIN-LAIN :
Terima kasih untuk pihak 2Moons yang sudah membuat serial ini dan menjadi asupan nae tahun ini. Saat penayangan episode terakhir serial ini. Nae ikutan sedih aja, nae flashback saat nae ngejudge mereka bahkan mereka sendiri yang harus banjir hujatan akhirnya bisa membuktikan kalau mereka bisa dan patut mendapatkan cinta dari penggemar. Baik itu Ben, Earth, Joong, Nine, Phoom dan Dome mereka debut bersama tahun ini dengan judul yang sama. Membaca pesan postingan mereka soal perjalanan karir 2Moons2 sukses membuat nae berkaca-kaca. Gimana mereka awalnya yang gak dikenal dan bisa menjadi terkenal. Semua cinta dan harapan mari kita wujudkan bersama untuk mereka di 2Moons3.. Coming Soon.

So, sampai disini Review Filmnya, ingat! Jika ada yang ingin kalian sampaikan, pesan kesan dan tanggapan selama nonton serial 2Moons2 ini nggak usah segan buat ngasih komen di kolom komentar, nae akan bales kok. Karena nae juga pengen tahu tanggapan penonton lain soal seri ini. :) -- mari menunggu 2Moons3. Nae pamit undur diri, salam dua bulan, byebye!! :*

TRAILER 2MOONS2 THE SERIES

AUGUST VACHIRAVIT "BETWEEN US"

Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)