[REVIEW] – THEORY OF LOVE THE SERIES (2019)


Perhatian :

Postingan ini berisi konten hal tabu. Bagi warganet yang nyasar di postingan ini dan tidak ramah dengan hal-hal berbau YAOI / Eiljibitih, diharapkan untuk segera meniggalkan laman ini sebelum timbul gejolak-gejolak tak mengenakkan.
Postingan ini juga mengandung spoiler besar-besaran, jadi pastikan kalian sudah menontonnya sampai tamat, dan baru lanjut membaca ulasan ini.
Selamat membaca, from Nae... ^^

*** 

THEORY OF LOVE SERIES - ทฤษฎีจีบเธอ - (Teori Cinta) adalah seri BL asal Thailand yang tayang di GMMTV sejak tanggal 1 Juni 2019 - 17 Agustus 2019 (DUARR!! MERDEKA..!!) dengan total 12 EP. -- Soal series ini bakal tayang sebenarnya sudah beredar sejak 2018. Pihak GMM sengaja membocorkan rangkaian seri-seri produksi mereka baik genre bxg ataupun bxb yang akan tayang sepanjang tahun ini. -- Dan nae pernah nulis di artikel pertama nae di 2019, kalau salah satu resolusi tahun ini "nae pengen membuka hati untuk seri BL lainnya" -- biasanya nae dalam setahun itu, 1 atau 2 judul udah hebat banget. Tapi sekarang, nae ingin nonton yang lebih.... Seperti biasa.. Nae awalnya nggak tertarik nonton ini, bahkan udah nonton trailernya juga nggak tertarik. Lalu kok bisa suka? Pake banget malah! Ceritanya nae lagi iseng-iseng main YT dan nemu cuplikan EP.1.. Karena bingung mau ngapain, nae nonton... Dan...... Bisa nae simpulkan kalau seri ini benar-benar berbeda dari seri GMM biasanya. Sebelum itu mari kita kenalan dengan abang-abang ganteng yang membintangi seri ini.

Casts :


Gun Atthaphan Phunsawat
a.k.a THIRD  (4 Oktober 1993)
Pernah membintangi film / seri seperti Love Love You, ThirTEEN Terrors, Puppy Honey, Secret Seven, The Gifted, Our Skyy dll... Nae paling ingat banget dulu kenal sama Gun pas di film Love Love You 2014 lalu XD gak terasa waktu cepet banget berputar yak..

Off Jumpol Adulkittiporn
a.k.a KHAI (20 Januari 1991)
Pernah membintangi Little Big Dream, Room Alone, Puppy Honey, U-Prince, Our Skyy, Wolf dll.- Tapi nae dulu kenalnya sama Off di serial Ugly Duckling part Pity Girl..

White Nawat Phumphothingnam a.k.a TWO (02.06.1995)
Pernah membintangi Love Sick The Series.. Yeah. Fans BL pasti tahu dong BL Series yang booming ditahun penayangannya itu XD, War Of High School, Waterboyy The Series, Reminders, dll.

Mike Chinnarat Siriphongchawalit a.k.a BONE (28 November 1993)
Umm.. Sejauh ini dia masih sebagai peran pendukung sih, di serial seperti Our Skyy, Wolf, Nobody Happy dan Theory Of Love ini.

STORYLINE :

Disebuah kampus, fakultas perfilman, ada 1 geng yang terkenal dengan kepopuleran mereka. Namanya Gang Savage yang terdiri dari KHAI (Si playboy cap buaya berkulit badakk..) sumpah.. Kadar playboynya dah overdosis kali yak, setiap fakultas wajib ada pacarnya kecuali dia gak mau pacaran sama sefakultasnya. -- TWO, dia terkenal karena kemampuan sebagai fotografer yang bagus. Jadi sistemnya kek sambil nyelem minum air, dia ngefoto dan dapat cewe.. -- BONE, dia gak ngerayu cewe, tapi dia punya aura tersendiri sehingga cewe-cewe datang dengan sendirinya.. The last,,, THIRD... Dibilang populer sih nggak juga, tapi kalo pun ada cewe mau deketin dia. dia gak segan nolak mentah-mentah. Terus nae perhatiin nih, tipikal kek THIRD ini dia sukanya to the point, fokus dengan apa yang dikerjakannya. -- Awalnya persahabatan mereka seperti biasa. Have Fun gitu lo.. Tapi kisah dimulai saat dalam cerita memberi tahu bahwa THIRD suka sama KHAI sejak hari pertama ospek kampus..  Dan dia gak pernah ngungkapin perasaan cintanya sama Khai,dia selalu memendam-memendam dan terus memendam.

Dan teruss..... Hingga... Dia terluka karena kebajingan si Khai. -- Okeh! Nae mengira seri ini akan seperti seri GMM yang klise banget. Emang sih gak semua alur seri GMM itu klise kayak FTV-FTV. Tapi untuk menemukan seri sebagus Sotus, atau Theory Of Love ini emang susah.. -- Saat nae memahami sifat karakter si Khai, nae awalnya nanggapinya b aja lo, be like "ah.. Tipe bad boy gpp kali, cowo biasa mah gitu.." tapi episode demi episode nae tonton, kebejatan si Khai ini gak bisa di toleransi. Dia dan Third emang sahabatan, tapi kenyataannya, Khai lebih sering memanfaatin si Third. Seperti, Third sering membantu Khai dalam hal beresin rumah atau tugas-tugas kampus. Kalo si Khai nyuruh, Third akan lakuin walaupun misalnya dia sedang jengkel dia tetep lakuin (karena yang third lakukan semata-mata "demi cinta"). Tapi setiap kali Third ngajak sesuatu, si Khai selalu ingkar janji. Bahkan sepeda motor milik Khai, gak boleh dinaikin si Third karena katanya yang boleh hanya pacarnya saja. Dan yang paling menyakitkan bagi Third, melihat Khai bermesraan dengan gonta ganti cewe dihadapannya. 

Didepan semua orang, si Third ini kek bersikap biasa aja. Seakan-akan gak ada masalah. "Aku gak-pa-pa." Padahal dalam hatinya udah hancur lebur... Bahkan dalam kesendirian dia sering menangis di kamar mandi sambil showeran *supaya-lebih-dramatis. XD *eh-air-mati XD humor qu anjlok. -- Two sahabat yang lebih dulu mengetahui kalau Third suka dengan Khai. Dia memperhatikan gerak-gerik Third yang sering jealous gitu. Awalnya Third mau nyerah, karena ga kuat disakitin Khai. Tapi Two memberi semangat pada Third agar dia gak nyerah dengan cintanya. Lewat ide, pura-pura rumahnya habis kontrak, ya ga sih? (Kira-kira gitulah XD maklum nae kan dah tuir, jadi suka lupa). Dan akhirnya Khai memperbolehkan Third tinggal di apartemennya. Gini lo say, kalian bisa bayangin kan, gimana rasanya serumah, sekamar, seranjang dengan orang yang paling kita sukai? Tentu senang pake buangeeeettt, ya kan? Itulah yang dirasakan Third. Tapi kesenangan itu tidak bertahan lama. Tujuan pindah ke rumah Khai awalnya agar memperdekat PDKT antara Khai dan Third. Tapi realita selalu bertolak belakang dengan ekspektasi. Third makin dibuat makan hati dengan kebiasaan Khai yang sering bawa cewe ke apartemennya. Bahkan ngusir halus Third dari apartemen supaya ada waktu berduaan dengan cewenya. -- Suwer.. Nonton serial ini, setiap kali scene Third menangis karena perbuatan si Khai yang seenak jidat dan merasa gak bersalah, disitu jiwa kebapakan nae kambuh lho ching, seketika jiwa baper nae kek ikutan tersayat. Ingin rasanya nae meluk si Third dan elus-elus pundaknya sambil bilang "udah say, jangan nangis, masih banyak seme diluar sana yang jauh lebih baik dari si BangKhai buaya itu.. Udah lupain aja dia, cowo bajingan kek gitu untuk apa dikejar-kejar, yang ada malah makin makan hati dibuatnya." 

Tapi apa daya... Karena saking bucinnya Third sama Khai. Dia tetep nyoba bertahan untuk mendapatkan cinta Khai. *hoh! Sungguh bodohnya kau Third -,- kalo nae jadi si Third, gue udah give up buat ngejar si BangKhai bajingan... Kan masih banyak toh cowo diluaran sana yang lebih panjang, umm.. Maksudnya yang lebih baik dari si Khai. -- jadi pernah juga, Third nyoba nyatain cinta nya pada Khai dengan cara nembak ala-ala film Love Actually. Menyatakan cinta dengan tatap-tatapan tapi tidak bicara, yang bicara adalah tulisan. Saat tulisan menyatakan "I LOVE YOU" untuk Khai. Nae mengira si Khai bodoh dan gak peka, karena menganggap si Third cuma ngasih ide buat si Khai agar bisa balikan ama mantannya. Ternyata.... Khai dan Bone punya rencana sendiri.

Rencana apa? Mengetest apakah si Third benaran suka sama si Khai. Karena si Khai ngerasa aneh dengan sikap Third dan untuk membuktikannya, dia merubah sikapnya. Yang awalnya sepeda motornya hanya boleh dinaikin pacarnya, Khai memperbolehkan Third naik sepeda motornya. Third sering digoda si Khai, sampe si Khai minta dicium pipinya, nyanyikan lagu spesial untuk Third... Bahkan pura-pura mabok mencivok bibir Third. -- selama Khai menguji Third, reaksi Third itu biasa aja, gak ada yang aneh. Tapi dalam hati Third dia senang banget kek be like "akhirnya Khai perhatian sama gue" dan lagi-lagi kebahagiaan yang dirasakan Third tidak bertahan lama. Dia mengetahui kalau si Khai hanya mencoba mengetest dirinya. 

Dari semua apa yang terjadi, rasa sakit yang belum sembuh, dilukai terus, dilukai terus, secara terus menerus tanpa henti. Third pun mengalami trauma cinta, dia akhirnya menyerah untuk mendapatkan cinta Khai dan mencoba move on dengan mengikuti kegiatan kampus yang kebetulan lagi ada projek drama. Jadi Third berusaha menyibukkan diri sendiri dengan ikut projek drama itu, agar dia tidak terlalu larut dalam kesedihannya. -- Gang savage juga tidak seperti dulu lagi, yang sering nongkrong bareng, bercanda bareng. Sekarang terasa dingin dan seperti ada jarak. Terutama antara Third dan Khai. Setiap Bone atau Two ngajak gengnya kumpul bareng, si Third selalu nolak dengan alasan dia harus fokus dengan projek drama kampus. Hari demi hari seperti itu... Third lebih banyak meluangkan waktu dengan kegiatannya. Sehingga, Khai pun mulai merasa ada yang hilang dalam hidupnya walaupun dia punya banyak cewe.

Khai dan Third emang gak sedekat dulu. Tapi Third bukan berarti memusuhi Khai, dia ingin mencoba bersikap "normal" dalam artian tidak terlalu masuk dalam kehidupan Khai lagi. Jadi kalo ada Khai butuh pertolongan, selagi Third bisa bantu, ya dibantu. Jadi ada saat scene Khai minjam laptop Third untuk ngerjakan tugas, eh gak sengaja Khai nemuin rekaman video yang berisi pernyataan cinta Third pada Khai sambil nangis, dan dia akhirnya tertegun.. Dalam hati mulai ada rasa bersalah disertai bingung, apakah yang dia rasakan karena kehilangan sahabat atau kehilangan cinta sejati? Khai memutuskan menghilang selama seminggu tanpa kabar untuk pergi menemui p'Ton untuk meminta saran. -- disitu dia banyak berpikir apa yang sudah dia lakuin selama ini sampai si Third akhirnya memilih menjauh. Dia juga saling sharing dengan p'Ton, kalau si Khai masih punya harapan untuk memperbaiki kesalahannya. p'Ton menyemangati Khai agar mengejar cintanya sebelum terlambat. 

Saat Third memilih untuk melupakan, Khai datang untuk mendapatkan kembali cinta Third. Khai banyak menginstropeksi diri, belajar berubah menjadi Khai yang lebih baik. Tapi itu semua tidak semudah membalik telapak tangan, karena Third sudah terlanjur trauma dengan cinta, Third gak percaya lagi dengan kata "cinta" -- cinta hanyalah luka baginya. -- Khai berusaha keras untuk mendapatkan cinta Third seperti saat ada acara lelang dikampus, Third melelang film Flipped, film favoritnya yang mana film itu adalah hadiah ultah dari Khai. Khai berjuang keras menawar dengan harga semahal-mahalnya agar kado yang dia beri pada Third tidak diberikan kepada orang lain. Terus, Khai juga menjadi orang yang menepati omongannya, dia gak pernah ingkar janji. Bahkan nae yang awal-awalnya sudah sempat kesal tujuh turunan nengok sifat bajingan si Khai, akhirnya mulai ada rasa memaafkan karena ketulusan hati Khai untuk mendapatkan cinta Third benar-benar tulus dari lubuk hatinya yang paling dalam.

Titik konflik lain datang, saat gosip-gosip kampus berhembus kalau p'An (diperankan Earth Pirapat) suka dengan Third. Bahkan senior mereka p'Shane, menyuruh Khai untuk merelakan Third bersama p'An. Disitu hati Khai sakit banget.. Apalagi Khai sering melihat Third dan p'An ngerjakan tugas berdua, bahkan nonton bioskop bareng. Rasa cemburu mendorong Khai untuk ikut dalam projek drama kampus. Tetapi dia malah semakin sakit hati karena melihat kedekatan Third bersama p'An. Khai menangis... Dia bisa mengerti sakit hati yang Third rasakan selama ini adalah persis yang ia rasakan. Sangat memilukan dan sakitnya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata selain air mata. Berpura-pura semua baik-baik saja, tetapi hati terasa sakit. Akhirnya bisa dirasakan Khai.

Tak berapa lama, Khai dan p'An bertengkar. Khai marah karena nengok p'An bermesraan dengan cewe disaat sedang mengejar cinta Khai. Sebenarnya yang namanya gosip, tanpa bukti itu seharusnya tidak harus dipercaya begitu saja kan? Dan terkuak, kalau p'An gak ada rasa dan ga ada mengejar Third selama ini. Hanya menganggap sebatas kakak-adik, Itu hanya akal-akalan p'Shane yang selama ini juga ngira An suka sama Third. -- Khai pun merasa dia punya harapan lagi. Dia menyatakan cintanya pada Third, tapi yang namanya luka apalagi luka yang dialami Third, itu benar-benar parah.. Jadi Third masih belum bisa percaya apakah Khai memang menganggap perasaan itu cinta atau karena dia butuh yang perhatian. Secara, ortu si Khai kan sibuk kerja mulu sampe  si Khai gak pernah dapat perhatian. -- si Two ngasih bocoran sama si Khai, jika Khai bisa merubah 7 kebiasaan buruknya yang dibenci Third. Maka peluang akan diterima Third semakin besar. Satu per satu Khai lakuin, dia mencoba untuk menjadi sabar, tidak suka bawa kereta kenceng-kenceng, termasuk meminta maaf sama semua mantan cewenya XD itu sumpah.. Scene ngakak banget gue, mantannya berbaris dan satu per satu nampar wajah Khai XD sambil nyumpahin XD -- But.. Tetep aja, si Third belum bisa nerima Khai.. Karena masih nganggap si Khai tidak bisa mencintai siapapun.

Si Khai ngilang lagi seminggu, bukan untuk ketemu p'Ton. Tapi untuk menonton film romantis sebanyak mungkin untuk mengetahui apa arti cinta yang sebenarnya. Dan puncaknya... Saat acara drama kampus selesai tampil dan saatnya memanggil siapa aja tim yang terlibat dalam pembuatan drama. Khai adalah satu-satunya anggota yang tidak hadir. Tapi dia buat Surprise dadakan yang membuat semua orang kaget. Khai datang, dan siap menyatakan cintanya pada Third ala-ala film Love Actually, mulut diam, tapi biarkan tulisan yang bicara.

Berisi : "Swasdee, hari ini seperti hari biasanya, tapi aku punya hal luar biasa yang ingin kusampaikan padamu. Kamu spesial! Bukan seperti superhero. Kau lebih dari itu! Hari ini, aku ingin memberitahumu tentang apa yang spesial untukku. Aku bahagia bahwa aku temanmu, aku bahagia bahwa aku mencintaimu, aku bahagia bahwa aku sudah melakukan banyak hal denganmu. Tapi yang paling ingin aku lakukan denganmu adalah menjadi tua bersamamu sebagai pasangan." -- Suwer!! Nae nontonnya waktu scene itu mata nae sampe berkaca-kaca. Yeah... T-T terharu. Khai mendekat, dia menyampaikan apa arti cinta itu.. Dulu, mungkin mendapatkan cewe itu sudah dianggap cinta. Tapi dia salah, cinta yang sebenarnya adalah rasa tulus yang diberikan oleh orang yang tersayang.

Terakhir, Khai be like "Bagiku, kamu bukanlah film, kamu nyata". Dan seketika air mata nae jatuh saat itu T-T kata-katanya ngena banget. finally.. Third menerima cinta Khai dan mereka resmi pacaran.

Happy Ever After :

Plot menuju ke 4 tahun kemudian, geng savage udah lulus kuliah. Dan bagaimana hubungan Khai dan Third yang masih bertahan dan berhasil mendirikan Production Home sendiri dan memenangkan Awards. -- Juga mereka sempat melakukan review film setelah sekian lama, membawa mereka nostalgia saat masa-masa kuliah... Btw.. I love scene civokan Khai-Third tapi kamera live masih online XD -- Untuk Two, dia sudah punya pacar, siapa? Lyn? No.. Pacarnya p'An XD -- dan Bone yang harus merelakan dosen tersayang nikah, tapi akhirnya dia nemukan belahan jiwa yang baru kok... 

Pada akhirnya, kita semua tahu, kalau tidak ada sad ending diseri ini, semua berakhir bahagia, dan membekas dibenak nae. Theory Of Love bukan hanya sekedar film cinta, tapi mengajari apa arti cinta sebenarnya... Acieeeee.... XD

Film Review :

Pertama, nae mau bahas soal akting mereka yang totalitas. Nae salut dengan mereka yang menghayati karakter masing-masing. Jika kalian yang menontonnya bisa merasa kasihan banget melihat Third dan jengkel banget nengok Khai. Berarti mereka sukses mendalami perannya. -- Bahkan nae sendiri, sampe nangis nontonnya TT yeah! Nae emang baper, karena gimana ya, nengok Third disakiti gitu nae gak tega aja, kasihan banget kan? Dia udah rela berkorban tapi malah yang didapat semuanya luka. Mungkin kalo nae jadi si Third ya pasti Trauma juga. -- Film ini memberi kesan suka duka kisah romantis tetapi tak lupa dengan sisipan humor yang bikin kita ngakak. Jadi kita nontonnya gak selamanya merasa terkurung dalam suasana sedih, jadi ada penyegarannya. 

Kedua, pengambilan POV / Sudut Pandang. Nae nengok si Third yang udah disakiti tapi masih bertahan dengan keputusan untuk ngejar si Khai sebenarnya bikin rasa bosen nae datang. Nae sempat be like "alur nya gitu-gitu aja, disakiti, baikan, disakiti, baikan, gitu aja teros sampe upin ipin ngehomok" -- Tapi perhatiin deh, POV untuk EP.1 - 6 itu oleh Third. Si tokoh (Third) lebih banyak bercerita tentang perasaannya terhadap si Khai, bagaimana suka duka yang ia rasa hingga akhirnya mengalami trauma cinta. Dan EP.7 - 12 itu oleh Khai, si Khai lebih banyak bercerita bagaimana dia merasa kehilangan dan upaya-upaya untuk mendapatkan kembali cinta Third.

Ketiga, pengalaman baru. Yeah! Theory Of Love juga memberi sentuhan gaya anak-anak perfilman. Kalau sedang jatuh cinta tidak harus mengatakan dengan ucapan,  tetapi ngasih kode lewat film, misal si A ngasih film bercerita cinta yang pupus kepada si B, terus si B membalas dengan ngasih film bercerita harapan cinta baru untuk si A" jadi istilahnya PDKT-annya menggunakan film.  Keempat, pemberian judul per episode serta sampul episode adalah parodi dari cover film yang sebenarnya. Seperti Best Friends, Love Actually, Friends With Benefits, Crazy Stupid Love, 10 Things I Hate About You, Eternal Sunshine, Flipped, The Proposal, Love Triangle, Begin Again, He's Just Not That Into You dan My Dear. Jadi OffGun berpose persis seperti cover film itu.


Terus, amanat.. Setiap nae nonton film, nae pasti mengambil pesan moral yang bisa dipetik.. Theory Of Love ini mengajari kita untuk memahami apa arti cinta sebenarnya, mengajari kita untuk peka terhadap orang sekeliling... Mencintai diri sendiri gak salah, tapi jangan berlebihan sampai tidak peka dengan sekitar.
Nae senang banget tidak melewati seri sebagus ini. Nae sangat rekomen bagi chingu sekalian, karena selain kisah Khai-Third, kalian bisa menyaksikan bagaimana kisah cinta Two yang awalnya suka sama cewe bernama Lyn eh akhirnya jadian sama cowo populer, p'An. Juga kisah cinta Bone yang suka dengan dosennya.

ORIGINAL SOUNDTRACK

OSTnya juga gak kalah bagus + bikin nyesek. Dibawakan oleh Getsunova berjudul "Fake Protagonist" MV nya sendiri sudah menembus lebih dari 17jt views di YT. Dan karena tingginya angka penonton dari fans internasional, pihak Getsunova juga merilis Fake Protagonist versi Bahasa Inggrisnya. Pokoknya.. Theory Of Love. Dari segi aktor, storyline, amanat, ost dan semuanya benar-benar membekas. Dan tidak bisa dinilai dengan kata-kata saking bagusnya.

Bagi kalian yang udah nonton, gimana pendapat kalian soal seri ini? Apakah kalian merasa kasihan nengok Third yang bolak balik disakitin sampai trauma cinta? Apa kalian juga ikutan kesal karena sifat si Khai? Jangan segan untuk memberi komentar ya di artikel ini, nae pasti bales kok. :)
Dan bagi yang belum nonton, segeralah nonton ini, karena nontonnya kalian gak akan repot kok, tersedia di channel official GMMTV di Youtube dan sudah tersedia subtitel Indonesia nya. Dijamin... Perasaan kita akan dicampur aduk antara kesal, sedih, lucu, senang pokoknya. Pengalaman luar biasa bisa menonton dan memahami serial ini.


Oh ya! Nae suka banget quotes yang si Khai bilang:
"BAGIKU, KAMU BUKAN BUKANLAH FILM, KAMU NYATA." -- Khai Theory Of Love (2019).
*but sayangnya offgun itu cuman film ya gengs :3 tidak nyata... Sekali lagi, salut dengan serial ini. BEST deh pokoknya.
So! Setiap awal pasti ada akhir kan? Dan saatnya nae pamit. Terima kasih banyak, bagi teman-teman sekalian yang sering mampir membaca dan memberi komentar serta masukan di blog ini. Kalian benar-benar penyemangat nae untuk terus menulis lebih baik kedepannya....
Sampai ketemu di review berikutnya ya say... Salam cinta tulus Khai & Third... Byebye.

TRAILER "THEORY OF LOVE"

GETSUNOVA "Fake Protagonist" MV

Comments


EmoticonEmoticon

BILLBOARD

[REVIEW] – WE ARE SERIES (2024)